20 Menu Masakan Harian Sederhana dan Murah

Bingung menentukan ide menu harian? Berikut rekomendasinya!

20 Menu Masakan Harian Sederhana dan Murah

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Umumnya, kita membutuhkan makan tiga kali sehari agar tubuh kembali berenergi. Selain makanan bergizi, kita juga membutuhkan makanan yang lezat agar nafsu makan meningkat. Namun, ada lagi faktor yang perlu diperhatikan ketika menyiapkan santapan tersebut, yaitu: sederhana dan murah.

Makanan sederhana dan murah dapat membantu kita untuk berhemat baik dari segi waktu dan juga uang. Nah, kali ini Yummy App punya beberapa rekomendasi menu masakan harian sederhana dan murah yang bisa kamu coba di rumah. Yuk, simak!

1. Sayur Sop

1. Sayur Sop
From Garden to Soup Bowl

Salah satu makanan berkuah gurih ini bisa berisi apa saja sesuai selera. Yang paling umum adalah sop sayuran yang berisi wortel, kentang, buncis, jagung, dan kol. Beberapa juga menambahkan protein, seperti daging sapi, tetelan, daging ayam, bakso, atau tahu.

2. Ayam Goreng

2. Ayam Goreng
Millers Food Market

Makanan kaya protein ini juga mudah dibuat! Resep yang tersebar pun bermacam-macam. Ada ayam goreng lengkuas yang gurih, ayam goreng bumbu kuning, ayam goreng kalasan, hingga ayam goreng tepung yang memiliki banyak sekali penggemar!

3. Ikan Goreng

3. Ikan Goreng
Sandal Fish Restaurant from Foursquare

Sama seperti ayam, ikan goreng pun banyak diminati oleh masyarakat. Menu yang tersebar pun bermacam-macam. Ikan goreng bumbu kuning adalah menu yang paling umum. Selain itu, bermacam-macam pula ikan yang digunakan pula sebagai bahan utama. Ada ikan bandeng, ikan bawal, ikan gurami, ikan lele, dan lain-lain.

4. Ayam Bakar

4. Ayam Bakar
Cisco Lin on Unsplash" target="_blank">Unsplash.com/Cisco Lin

Jika bosan dengan ayam goreng, kamu bisa coba memasak ayam bakar. Saat ini beragam pula cara pengolahan ayam bakar yang bisa kamu coba.

Mulai dari ayam bakar bumbu rujak, ayam bakar kecap, ayam bakar pedas, hingga ayam bakar taliwang. Yang pasti, menu ini sangat cocok sebagai ide menu masakan harian yang mudah dan murah!

5. Ikan Bakar

5. Ikan Bakar
Denis Agati on Unsplash" target="_blank">Unsplash.com/Denis Agati

Sama seperti ikan goreng, ikan bakar juga menjadi menu ikan yang banyak digemari. Dengan atau tanpa bumbu, ikan bakar sudah enak untuk dinikmati karena rasa daging ikan sendiri yang sudah manis. Biasanya ikan bakar akan dilumuri bumbu kecap dan dimakan dengan sambal kecap. Hmm, sedap!

6. Sapo Tahu

6. Sapo Tahu
Wok and Kin

Makanan perpaduan antara Cina dan Indonesia ini menggunakan bahan dasar tahu sutra yang dipotong kemudian disiram dengan kuah kental. Sebagai pelengkap, bisa ditambah juga sayuran, seperti wortel, sawi, kembang kol, jamur, jagung putren, dan lain-lain. Bisa juga ditambah dengan protein hewani seperti ayam, bakso, otak-otak, atau boga bahari.

7. Orek Tempe

7. Orek Tempe
Taste Atlas

Menu masakan harian sederhana ini sangat mudah untuk dibuat. Orek tempe terbuat dari tempe yang ditumis menggunakan kecap, jadi rasa manis lebih mendominasi. Bisa juga ditambahkan cabai atau paprika jika ingin ada rasa pedasnya.

8. Bihun Goreng

8. Bihun Goreng
Serious Eats

Jika bosan makan nasi, bihun goreng bisa dijadikan sumber karbohidrat, lho! Rebus bihun, kemudian tumis dengan minyak, kaldu, kecap, dan sambal. Tambahkan protein, seperti ayam atau bakso. Kamu juga bisa menambahkan sayuran seperti sawi, kol, atau wortel agar cita rasa bihun goreng makin nikmat dan kaya akan tekstur.

9. Mi Goreng

9. Mi Goreng
KCET.org

Sama halnya dengan bihun goreng, mi goreng bisa dijadikan alternatif sumber karbohidrat jika sedang bosan makan nasi. Bahan-bahan dan cara membuatnya pun tak jauh beda dengan bihun goreng. Hanya saja tekstur mi yang lebih tebal dan kenyal lebih mendominasi di menu mi goreng.

10. Sambal Goreng Kentang

description
dok. Yummy App

Sambal goreng kentang pun juga bisa jadi alternatif karbohidrat. Masakan harian ini terbuat dari kentang yang digoreng matang, kemudian ditumis dengan sambal goreng. Bisa ditambahkan juga dengan ati ampela, udang, atau petai untuk menambah cita rasa.

Baca Juga: ​15 Rekomendasi Makanan yang Awet untuk Anak Kos

11. Tempe Bacem

Tahu Tempe Bacem
dok. Yummy App

Mirip dengan orek tempe yang dimasak menggunakan kecap, menu masakan harian berupa tempe bacem juga dimasak menggunakan kecap. Bedanya, tempe bacem dimasak menggunakan gula merah, air kelapa, dan ketumbar dan dibiarkan hingga meresap sebelum akhirnya digoreng. Rasa manis dan berempah berpadu jadi satu!

12. Tahu Bacem

12. Tahu Bacem
Freepik.com

Bumbu dan cara memasak tahu bacem sama dengan tempe bacem. Hanya saja, tahu bacem menggunakan bahan dasar tahu. Tekstur lembut tahu akan berpadu dengan rasa manis dan gurih dari bumbu bacem membuat selera makan makin meningkat.

13. Sayur Bayam Bening

13. Sayur Bayam Bening
Noob Cook

Salah satu menu masakan harian yang murah dan mudah untuk dibuat adalah sayur bayam bening. Berbahan dasar bayam rebus yang dibumbui sedikit garam dan bawang putih, sayur bayam bening juga dapat ditambah sayuran lain seperti wortel dan jagung. Rasanya hangat dan segar.

14. Cah Kangkung

14. Cah Kangkung
Wikipedia

Cah kangkung merupakan masakan harian yang mudah dibuat. Tinggal tumis kangkung dengan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, terasi, dan cabai, cah kangkung siap dimakan bersama nasi hangat.

15. Sayur Asem

15. Sayur Asem
Freepik.com

Seperti namanya, sayur asem menggunakan asam jawa sebagai bahan dasar sehingga kuahnya terasa segar. Biasanya, isinya terdiri dari sayuran seperti labu, jagung, kacang panjang, dan melinjo. 

16. Capcay

16. Capcay
IDNTimes

Sama seperti sapo tahu, capcay juga makanan perpaduan antara Indonesia dan Cina. Capcay berbahan dasar berbagai macam sayuran seperti wortel, sawi, sawi putih, jagung, jagung putren, brokoli, kembang kol, dan jamur. Protein hewani atau nabati biasa melengkapi capcay seperti ayam, bakso, atau tahu.

17. Cah Buncis

Tumis Buncis Ayam
dok. Yummy App

Cara membuat cah buncis mirip dengan cah kangkung, hanya saja cah buncis memakai buncis. Kadang ada beberapa resep yang menambahkan protein ke dalamnya seperti daging cincang atau tempe.

18. Cah Taoge

18. Cah Taoge
Umami Days

Pembuatan cah taoge mirip dengan cah kangkung dan cah buncis, hanya saja bahan dasarnya berbeda. Kadang, ada juga yang menambahkan tahu atau ikan asin ke dalam cah taoge agar lebih nikmat.

19. Tumis Tahu Taoco

19. Tumis Tahu Taoco
Pinterest

Bumbu taoco adalah bumbu berbahan dasar kedelai yang difermentasi. Rasanya yang asin cocok dipadukan dengan tahu, kemudian ditumis hingga matang. Tumis tahu taoco adalah masakan harian yang murah dan mudah dalam membuatnya.

20. Telur Balado

Telur Balado
dok. Yummy App

Telur balado sejatinya adalah telur yang ditumis dengan sambal. Hanya saja penyajian telurnya berbeda-beda. Ada yang digoreng mata sapi, didadar, atau direbus bulat-bulat lalu digoreng.

Itu dia tadi rekomendasi menu masakan harian sederhana dan murah versi Yummy App. Semua makanan cocok untuk disantap bersama keluarga saat makan siang atau makan malam. Jadi, kamu mau recook yang mana, nih?

Penulis: Muhammad Rafik Harisi

Baca Juga: Aneka Resep Camilan Sehat untuk Diet yang Mudah Dibuat di Rumah

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Yummy Official

Yummy Official

Telur Balado

Telur Balado

(4.6)

60 mnt

recooks-0
recooks-1
recooks-2
recooks-3

+14

Yummy Official

Yummy Official

Bihun Goreng Jawa

Bihun Goreng Jawa

(4.6)

30 mnt

57 rb

Artikel Lainnya di kuliner