30 Menu Masakan Sehari-hari untuk 1 Bulan, Sehat dan Nikmat!

Makro dan mikro nutrisi dijamin tercukupi dan pastinya lezat

30 Menu Masakan Sehari-hari untuk 1 Bulan, Sehat dan Nikmat!

penulis:

Hafi Nur Habiba

Bagikan:

Menu masakan sehari-hari untuk 1 bulan memang ada baiknya dibuat variasi agar tidak jenuh dan asupan nutrisi terpenuhi setiap harinya. Jika Sobat Yummy bingung dengan ide menu masakan, sini merapat. Yummy App kali ini membagikan rekomendasi menu masakan sehari-hari untuk 1 bulan, beserta link resep yang bisa kamu klik. Simak dan catat, ya!

1. Ayam kecap berempah

Menu ayam pasti sudah menjadi masakan sehari-hari yang familiar bagi keluarga. Tentu Sobat Yummy juga sudah pasti tahu masakan ayam kecap. Coba, deh, buat ayam kecap yang next level dengan penambahan rempah-rempah yang bervariasi.

Sobat Yummy bisa ikuti resep ayam kecap berempah ala Yummy App. Menu ini memiliki cita rasa khas yang hampir mirip dengan kresengan India. Yuk, coba agar menu harianmu tidak membosankan.

2. Tahu terong kuah santan

tahu terong kuah santan menu makanan sehari-hari
ilustrasi tahu terong kuah santan (instagram.com/qiutin.kitchen)

Ingin masakan dengan cita rasa pedas? Tahu terong kuah santan ini bisa menjadi pilihan menu masakan sehari-hari untuk 1 bulan.

Rasa kuahnya yang gurih dan pedas nikmat dengan perpaduan lembutnya terong dan tahu. Lezat banget! Tapi masakan ini juga bisa dibuat versi non pedasnya, yakni mengganti bahan cabai merah keriting dengan cabe merah besar. Sesuaikan dengan seleramu, ya!

3. Tumis jamur kancing

Menu harian selanjutnya, yakni tumis jamur kancing. Untuk kamu yang terkadang bingung dengan mengolah jamur kancing menjadi masakan enak, kamu patut coba resep tumis jamur kancing yang satu ini. Dengan tambahan potongan cabe hijau dan wortel dapat menambah asupan nutrisi dalam sekali suap.

4. Mi tek-tek

mi tek-tek menu makan sehari-hari
ilustrasi mi tek-tek (instagam.com/warunkbasian)

Bosan dengan nasi? Yuk, coba masakan dengan karbo berupa mi, seperti mi tek tek. Masakan satu ini cukup simpel tapi rasanya lezat. Bisa banget untuk ide masakan akhir bulan!

Sobat Yummy juga bisa menambahkan aneka topping seperti bahan protein seperti suwir ayam, daging, sosis, atau sayuran dan lainnya.

5. Beef teriyaki

Melipir ke masakan Jepang. Beef teriyaki bisa menjadi pilihan menu harian. Masakan ini memiliki cita rasa manis asin gurih yang nikmat.

Kamu bisa menggunakan saus marinasi teriyaki langsung atau jika tidak punya cukup siasati dengan permainan kecap, yakni campuran kecap inggris, kecap manis, dan saus tiram. Kamu bisa ikuti resep beef teriyaki ala Yummy App untuk lebih lengkapnya.

6. Sarden

sarden menu makanan sehari-hari
ilustrasi sarden (guaishushu1.com)

Penuhi asupan omega 3 dengan mengonsumsi aneka olahan ikan sarden, salah satunya saden kentang. Selain itu, untuk mencegah bosan, Sobat Yummy bisa menambahkan bahan makanan favoritmu, seperti petai, jengkol, ataupun kentang.

7. Sup ayam

Rekomendasi menu masakan sehari-hari untuk 1 bulan selanjutnya, yakni sup ayam. Segar dan gurih, masakan ini nikmat dimakan saat hujan dengan suasana dingin. Sup ini dapat menghangatkan tenggorokan dan tubuh, sehingga menambah relaks disaat hari yang suntuk.

8. Oseng baby corn daging

oseng baby corn untuk menu makan sehari-hari
ilustrasi oseng baby corn (yummy.co.id/arunika)

Masakan ini menjadi langganan eksis di buffet resepsi pernikahan. Rasanya yang gurih nikmat, dengan daging yang juicy dan baby corn bertekstur crispy.

Oseng baby corn daging ini bisa menghabiskan nasimu. Anak dan suami pasti suka. Yuk, coba recookresep oseng baby corn daging ala Yummy App!

9. Sayur lodeh

Beralih ke masakan bersantan, sayur lodeh bisa masuk ke daftar menu harianmu dalam sebulan. Masakan ini selalu menjadi andalan di setiap dapur rumah tangga.

Sobat Yummy bisa tambahkan jagung ataupun kelapa muda untuk menambah tekstur yang mantap pada masakan ini. Ikuti resep sayur lodeh yang satu ini, ya!

10. Udang mentega pedas

udang mentega pedas menu makanan sehari-hari
ilustrasi udang mentega pedas (instagram.com/dpr.mamaku)

Tidak lengkap jika tidak ada masakan udang dalam daftar menu harian. Udang mentega pedas pembuatannya simpel tapi rasa tak perlu ditanya.

Sobat Yummy bisa tambahkan bawang bombay untuk rasa yang lebih mewah. Bakal cocok banget sebagai menu bekal makan siang anak atau suami.

11. Tumis kacang panjang

Menu selanjutnya yakni tumis kacang panjang. Menu rumahan yang nikmat dengan cara memasak yang simpel. Pada masakan ini, Sobat Yummy juga bisa menambahkan pilihan bahan protein, seperti ayam, atau udang. Jika ingin lebih pedas, tambahkan cabai rawit sesuai selera saat penumisan.

12. Soto ayam

soto ayam menu makanan sehari-hari
ilustrasi soto ayam (instagram.com/mus.cook)

Masakan segar, dengan cita rasa umami. Soto ayam dapat dipadukan dengan potongan kubis dan keripik kentang, yang dapat menambah tekstur crispy pada masakan berkuah ini. Kuah kaldunya juga dapat menghangatkan tubuhmu, membuat relaks setelah seharian bekerja.

13. Sambalado ikan asin

Bingung mengolah ikan asin? Coba masak menjadi sambalado ikan asin. Cita rasa asin gurih nikmat dengan pedasnya sambal, dijamin masakan ini dapat mencuri nasimu banget. Untuk kepedasan sesuaikan seleramu, ya!

14. Fuyunghai

fuyunghai menu makanan sehari-hari
ilustrasi fuyunghai (instagram.com/bangrelichannel)

Mampir ke Chinese food, fuyunghai dapat masuk list daftar menu harianmu. Fuyunghai merupakan omelet telur yang dicampur dengan sayuran, seperti kacang polong, wortel, dan bawang prei.

Makannya disiram dengan dengan saus merah kental dengan rasa manis asam gurih, yang klop banget dengan telur fuyunghai. Ingin membuat makanan satu ini? Yuk, langsung recook cek resep fuyunghai ala Yummy App, lengkap dengan saus.

15. Cumi pedas manis

Untuk selingan, kamu bisa masukkan menu berbahan dasar cumi-cumi, yuk, cobain masakan satu ini. Tapi, perlu diingat untuk memasak cumi jangan terlalu lama, agar tidak alot. Gurih dan pedasnya nikmat, cumi pedas manis cocok untuk makan siangmu. 

Baca Juga: Cara Membersihkan Cumi Asin dan Mengolahnya Jadi Makanan Lezat

16. Tempe orek

tempe orek menu makan sehari-hari
ilustrasi tempe orek (pinterest.com/efx)

Jangan lupa untuk memasukkan masakan berbahan dasar tempe dalam daftar menu harianmu. Orek tempe merupakan menu sederhana dan gampang ditiru, tapi rasanya sangat lezat. Sobat Yummy juga bisa menambahkan topping seperti ikan asin atau petai pada tempe orek.

17. Nasi goreng terasi

Menu nasi goreng juga jangan dilewatkan. Nasi goreng terasi mudah untuk dibuat terlebih sangat cocok untuk sarapan dihari yang terburu-buru. Sobat Yummy bisa tambahkan topping sesuai selera seperti udang, ayam, ataupun sosis.

18. Ayam goreng ketumbar

ayam goreng ketumbar menu makanan sehari-hari
ilustrasi ayam goreng ketumbar (instagram.com/siu_jung)

Menu satu ini sempat viral diberbagai lapak sosial media. Ayam goreng ketumbar bisa menjadi menu andalan di daftar menu harianmu juga.

Digoreng dengan style ketumbar membuat ayam tampak lebih lezat. Kamu juga bisa tambahkan baluran tepung saat menggoreng untuk menambah extra crispy pada ayam. Anak pasti suka, deh!

19. Sayur bayam

Penuhi asupan vitamin dan zat besi, dengan menghadirkan menu sayur bayam. Agar tidak jenuh, tambahkan bahan lain untuk meramaikan isi masakan sayur bayam. Seperti wortel, gambas, ataupun jagung seperti resep sayur bayam yang bisa kamu cek di Yummy App.

20. Tumis kangkung

tumis kangkung menu makanan sehari-hari
ilustrasi tumis kangkung (instagram.com/emmy_gho)

Tumis kangkung merupakan masakan rumahan yang selalu menjadi favorit. Rasanya yang gurih lezat, terlebih pembuatannya juga tidak ribet. Cocok untuk sarapan maupun makan siang cepat. Tambahan tomat dan cabai merah besar, dapat menambah cita rasa segar dalam masakan ini.

21. Bakwan jagung

Lauk bakwan jagung tidak pernah salah disandingkan dengan masakan berbasis sayur apapun. Dengan sayur bayam, sup, ataupun tumisan, dimakan dengan bakwan jagung tetap cocok.

Sobat Yummy bisa menggorengnya dengan bentuk tipis agar lebih crispy. Tapi jika ingin bakwan yang lembut, kamu bisa menggorengnya dengan bentuk lebih tebal.

22. Pecak gurame

pecak gurame menu makanan sehari-hari
ilustrasi pecak gurame (instagram.com/rzianarr)

Ingin makanan segar berbasis ikan? Pecak gurame bisa menjadi pilihan yang tepat. Masakan ini sangat unik, perpaduan antara lembut dan gurihnya daging gurame dengan sambal limau yang segar. Warnanya pun juga sangat cantik dapat menambah nafsu makan.

23. Udang crispy

Satu lagi menu yang akan jadi makanan favorit si kecil. Udang crispy merupakan definisi perpaduan rasa yang lezat dengan tekstur yang mantap. Buat juga saus ala-ala yang bisa menjadi teman cocolan makan menu satu ini. Cocok banget untuk bekal anak.

24. Capcay

capcay menu makanan sehari-hari
ilustrasi capcay (instagram.com/healthy.initiative)

Full sayuran, capcay menjadi pilihan menu sehat untuk daftar harianmu. Umumnya sayuran pada capcay yakni wortel, baby corn, pokchoy, jamur, dan sawi putih. Tapi Sobat Yummy bisa tambahkan sayuran favorit sesuai selera seperti brokoli atau kembang kol. Tambahkan ati ampela dan potongan ayam juga untuk menambah kelezatan.

25. Opor ayam

Satu lagi menu ayam yang harus ada di daftar menu masakan sehari-hari untuk 1 bulan, yakni opor ayam. Masakan kaya rempah dan bersantan ini, siapa yang tahan akan kenikmatannya? Tapi jika Sobat Yummy tidak mengonsumsi santan bisa diganti dengan fiber crème.

26. Bibimbap

bibimbap menu makanan sehari-hari
ilustrasi bibimbap (instagram.com/thesilverchef)

Berkunjung ke masakan Korea, bibimbap dapat kamu coba untuk masakan harianmu. Makanan khas ini mirip dengan nasi campur Indonesia.

Bedanya bibimbap di aduk dengan saus merah gochujang yang lezat. Bahannya pun juga sederhana, seperti bayam, wortel, bawang bombay, tauge, telur, atau bisa kamu tambahkan tumisan daging.

27. Tamagoyaki

Everyone loves egg. Telur memang tetap lezat dibuat masakan apapun. Seperti masakan satu ini.

Dalam pembuatannya, campur telur dengan potongan kecil-kecil sayuran favorit, sebagai penambah nikmat bahkan mempercantik telur. Tamagoyaki cocok dijadikan bekal makan siang anak ataupun suami.

28. Bihun sayur

bihun sayur menu makanan sehari-hari
ilustrasi bihun sayur (instagram.com/mattan_chai)

Full sayur dan lezat, kamu perlu menghadirkan menu ini di masakan harianmu. Sobat Yummy juga bisa menggunakan sayuran favorit ke dalam masakan ini. Jika ingin porsi bihun sayur yang lebih banyak, gunakan resep bihun sayur yang bisa kamu sontek di Yummy App.

29. Rawon

Sup daging dengan kuah hitam yang nikmat khas Jawa Timur. Rawon cocok banget jika dimakan dengan telur asin, dan tauge kecil, serta sedikit perasan jeruk nipis. Wah, sudah ngiler, bukan?

30. Semur daging

semur daging menu makanan sehari-hari
ilustrasi semur daging (instagram.com/bangreiichannel)

Menu dengan banyak rempah memang nikmat dan kaya rasa, seperti semur daging. Pas banget untuk makan spesial bersama keluarga.

Buat daging menjadi empuk dengan dilakukan presto atau direbus terlebih dahulu daging yang akan dimasak. Resep semur daging bisa kamu sontek di Yummy App.

Hadirkan menu lezat harian yang berbeda dalam satu bulan agar tidak bosan. Ikuti menu masakan dari Yummy App di atas, yuk! Banyak varian, dengan cita rasa lezat, dan bergizi tinggi. Jadwalkan saja menu sesuai dengan seleramu.

Yuk, download aplikasi Yummy untuk dapatkan informasi dan resep masakan terbaru dengan mudah.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Menu Bekal Anak SMP Sederhana dan Praktis!

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

rosalin hapsa

rosalin hapsa

Udang Mentega Pedas

Udang Mentega Pedas

(4.4)

5 langkah

3.4 rb

Artikel Lainnya di kuliner