15 Menu Prasmanan Pernikahan Sederhana tapi Mewah dan Enak

Jamuan enak ga mesti bikin budget bengkak

15 Menu Prasmanan Pernikahan Sederhana tapi Mewah dan Enak

penulis:

Dian Rahma Fika Alnina

Bagikan:

Buat yang sedang merencanakan pesta pernikahan dan ingin menghemat anggaran, kamu bisa menyajikan menu prasmanan yang sederhana tapi terasa mewah, loh. 

Selain mengatur anggaran, menu prasmanan juga perlu menyesuaikan selera tamu undangan yang berasal dari beragam latar belakang.

Mulai dari makanan khas Indonesia hingga hidangan populer manca negara, berikut rekomendasi menu prasmanan pernikahan sederhana tapi mewah ala Yummy App untukmu.

1. Nasi Goreng Oriental

potret nasi goreng oriental
potret nasi goreng oriental (flickr.com/Joo Photography)

Nasi goreng adalah makanan populer dari yang menjadi kesukaan orang Indonesia. Untuk menyajikan menu prasmanan pernikahan sederhana tapi mewah, pilihlah nasi goreng oriental ala Chinese food.

Hidangan yang rasanya gurih ini menggunakan bumbu sederhana dari saus tiram, minyak wijen, bawang putih, dan kecap inggris. Di balik kesederhanaannya itu, nasi goreng oriental menyimpan kejuatan rasa dari telur dan udang yang ditambahkan.

Corak nasi goreng yang putih akan terlihat menggoda dengan potongan sayur beraneka warna.

2. Capcai Goreng

Kuliner Tiongkok yang juga bisa menjamu para tamu undangan adalah capcai goreng. Makanan berisi aneka sayur yang ditumis kecap ini cukup mengenyangkan dan mudah dibuat. 

Tambahkan sumber protein hewan seperti bakso dan telur untuk menambah kesan sajian premium. Dengan begitu, capcai goreng menjadi menu prasmanan sederhana tapi mewah. 

3. Bakmi Jawa Goreng

potret bakmi jawa goreng
potret bakmi jawa goreng (unsplash.com/R Eris Prayatama)

Rasa bakmi jawa goreng yang manis gurih ini pasti sudah familiar bagi tamu undangan. Kamu bisa memberikan sentuhan spesial dengan menambahkan topping suwiran ayam dan udang kupas. 

Sertakan pula sawi hijau unutk memberi rasa segar khas sayuran. Jangan lupa taburi banyak bawang goreng agar aroma wanginya menyebar mengundang rasa lapar. Sajikan kerupuk di toples besar agar tamu leluasa mengambilnya, ya.

4. Spageti

Hidangan sejenis mi dari Italia ini juga bisa menjadi menu sederhana tapi mewah, loh. Pasta spageti termasuk olahan yang digemari banyak orang, terutama karena dibalut dengan saus tomat yang enak.

Agar tampilan dan rasanya tidak monoton, tambahkan cincangan daging sapi secukupnya. Taburi dengan parutan keju untuk melengkapi hidangan.

Baca Juga: 6 Resep Saus Spaghetti dan Cara Membuatnya yang Anti Ribet

5. Sandwich Mini

potret sandwich mini
potret sandwich mini (pexels.com/Archie Binamira)

Untuk tamu yang tidak punya banyak waktu menjelajahi menu prasmanan, sandwich adalah pilihan praktis yang sering diincar. 

Kamu bisa menyajikan sandwich isi smoke beef atau telur dan dilengkapi sayur pilihan. Tambahkan dressing yang cocok untuk memunculkan kesan mewah dalam hidangan cepat saji ini. Jangan lupa, potong sandwich seukuran dua kali gigitan agar mudah dimakan.

Baca Juga: 10 Resep Sandwich Buah Simple, Enak dan Sehat

6. Soto Lamongan

resep soto ayam lamongan
ilustrasi soto ayam lamongan (youtube.com/chechekitchen)

Makanan kebanggaan Indonesia ini juga direkomendasikan jadi menu prasmanan sederhana tapi mewah. Dengan menggunakan potongan daging ayam dan telur, kamu bisa menyuguhkan makanan berkuah yang mengusir rasa lapar. 

Keistimewaan soto ini tentu ada pada bubuk koya yang menambah kelezatan. Jadi, persilakan tamu untuk free refill bubuk koya, ya. Jangan lupa irisan jeruk nipis dan sambal adalah hal wajib untuk soto lamongan.

7. Bakso Malang

rekomendasi bakso malang
potret bakso malang (flickr.com/Adam Lai)

Mencari menu prasmanan sederhana tapi mewah tentu harus memasuk bakso dalam daftar rekomendasinya. Hidangan ini tidak pernah mengecewakan lidah karena rasanya gurih dan lezat.

Agar makin istimewa, pilihlah bakso malang daripada bakso daging biasa. Bakso malang punya isian yang lebih variatif, mulai dari pangsit, bakso tahu, hingga bakso gorengnya. 

Berikan kebebasan para tamu undangan untuk meracik bumbunya dengan menyediakan sambal, saus, dan kecap secara terpisah.

Baca Juga: 7 Bakso Malang Paling Enak, Pernah Coba?

8. Zuppa Soup

Zuppa soup adalah hidangan sup kental berisi sayur dan olahan daging yang disajikan dalam mangkuk lalu ditutup kulit pastry.

Setelah dimasukkan ke pemanggang, kulit itu akan menjadi renyah dan memberikan tekstur untik saat disendok bersama sup creamy yang hangat. 

Pilihan ini masuk dalam menu prasmanan sedehana tapi mewah karena rasa dan pengalaman memakan zuppa soup sangat berkesan. 

9. Chicken Cordon Bleu

potret chicken cordon bleu
potret chicken cordon bleu (unsplash.com/R Eris Prayatama)

Chicken cordon bleu merupakan hidangan asli Perancis yang terbuat dari daging ayam, keju, dan smoke beef. Semua bahan itu ditata berlapis, digulung dan dibalurkan tepung panir lau digoreng sampai kecokelatan. Lelehan keju saat dipotong memberikan rasa mewah begitu masuk mulut. 

Sajikan dengan saus khusus untuk meningkatkan keistimewaannya. Karbohidratnya bisa dari nasi putih atau kentang goreng.

10. Nasi Gandul

Makanan Nusantara yang kerap dijumpai dalam pesta pernikahan adalah nasi gandul khas Pati. Nasi ini disajikan dalam piring yang dilapisi daun pisang, lalu diberi potongan daging dan jeroan sapi yang dibumbui. 

Kuahnya berwarna cokelat dengan rasa manis gurih dari santan dan gula merah. Penyuka pedas bisa menambahkan saus sambal untuk menyeimbangkan rasa. Sebagai pelengkap, tempe krispi tidak boleh terlewat. 

Baca Juga: 12 Menu Makanan Vegetarian yang Praktis Dibuat

11. Bakso Aci

ilustrasi bakso aci
ilustrasi bakso aci (pexels.com/Meggy Kadam Aryanto)

Bakso aci adalah makanan kekinian yang terkenal akan rasa pedasnya yang menggugah. Sesuai namanya, adonan bakso aci terbuat dari tepung tapioka lalu diisi tetelan sapi. 

Tekstur kenyal dan rasa pedas dominan membuat hidangan ini banyak disukai anak muda. Pugasan beraneka rupa dari pilus, siomay kering, cuangki, juga menambahkan keistimewaan bakso aci.

Menyajikan bakso aci sebagai menu prasmanan adalah kejutan menyenangkan bagi para tamu undangan.

Baca Juga: 10 Resep Baso Aci Enak, Mudah Dibuat dan Murah

12. Sate Buah

Makanan simpel seperti buah potong juga bisa dibuat terkesan premium dengan penyajian khusus, loh. Buatlah sate buah dari aneka macam buah menyegarkan seperti semangka, nanas, melon, atau stroberi.

Untuk mengubah sate buah menjadi menu prasmanan sederhana tapi mewah, diperlukan saus celup yang diracik khusus. Misalnya fla cokelat atau vanila, sudah cukup untuk meningkatkan pengalaman menyantap buah secara berbeda.

13. Aneka Dimsum

potret aneka dimsum
potret aneka dimsum (unsplash.com/Febrian Zakaria)

Makanan ringan seperti dimsum juga bisa memberikan pengalaman menyenangkan bagi tamu yang ingin menikmati menu prasmanan.

Sajikanlah beberapa macam dimsum yang mudah dimakan, seperti siomay udang, bakpao, lumpia, hingga hakau. Memberikan variasi beragam bisa membuat para undangan terkesan dengan pesta yang kamu selenggarakan. 

Meski dimsum terkesan sederhana, tapi begitu merasakan isian yang juicy pasti rasa mewahnya terasa di mulut.

Baca Juga: 15 Macam Jenis Dimsum Terpopuler di Indonesia dan Dunia

14. Puding dan Es krim

Makanan penutup seperti puding adalah ending manis dari sajian menu prasmanan. Banyak variasi rasa puding yang bisa dipilih, mulai dari cokelat, stroberi, hingga kopi yang aromanya wangi. 

Agar memberi kesan mewah, sajikan satu scope es krim vanila yang rasanya netral di atas potongan puding. Gabungan testur kenyal puding dan lelehan es krim yang dingin pasti sukses menghadirkan rasa kemewahan dalam semangkuk kecil dessert.

15. Cupcake

potret aneka cupcake sebagai menu prasmanan
Ilustrasi aneka cupcake sebagai makanan tinggi gula (pexels.cpm/fu zhichao)

Terakhir, cupcake adalah makanan manis yang patut dipilih ketika ingin menyajikan menu prasmanan sederhana tapi kemewahannya terasa. 

Hal yang menarik dari cupcake adalah ada banyak variasi resepnya, jadi kamu bisa sesuaikan dengan yang kamu inginkan. Tampilan cupcake yang warna-warni dengan cream di atasnya juga membuat suasana hati menjadi lebih cerah karena enak dipandang. 

Usahakan untuk membuat cupcake yang tidak terlalu besar agar lebih mudah dihabiskan.

Dari sekian rekomendasi menu prasmanan sederhana tapi mewah tersebut, mana, nih, yang paling membuat kamu tertarik?

Pilihan yang disarankan oleh Yummy App adalah menu yang aman disajikan karena sudah populer dan digemari berbagai kalangan.

Ada baiknya untuk memilih jenis masakan sesuai dengan tema pesta pernikahan, misalnya makanan khas Indonesia untuk adat lokal. Jadi, tercipta keselarasan dari budaya kuliner dan tradisi peraayaannya.

Baca Juga: 20 Ide Menu Katering Harian ala Rumahan, Mudah Dibuat dan Lezat

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Yash Larasati

Yash Larasati

Soto Lamongan Bubuk Koya #JelajahBarat

Soto Lamongan Bubuk Koya #JelajahBarat

(5.0)

6 langkah

2.1 rb

Artikel Lainnya di kuliner