20 Menu Sarapan Pagi Simpel dan Murah untuk Keluarga

Bisa bikin kenyang sampai siang!

20 Menu Sarapan Pagi Simpel dan Murah untuk Keluarga

penulis:

Dian Rahma Fika Alnina

Bagikan:

Sarapan dalam bahasa Inggris disebut dengan breakfast. Sesuai namanya, aktivitas menyarap di pagi hari itu adalah jeda (break) dari waktu berpuasa (fast) semalam ketika tidur. 

Perut yang keroncongan saat bangun tidur menandakan tubuh perlu mengisi kembali energi sebelum memuai aktivitas. Sarapan sendiri diumpakan bahan bakar untuk mengisi ulang suplai glukosa agar diubah menjadi tenaga.

Menyempatkan untuk sarapan pagi dapat meningkatkan kemampuan konsentrasi dan menunjang produktivitas lebih baik. Sementara melewatkannya mungkin bisa berpengaruh negatif terhadap kualitas kegiatan yang kita kerjakan. 

Untuk itulah, memilih menu sarapan pagi cukup penting. Kalau kamu suka menu sarapan pagi simpel dan enak untuk keluarga, berikut rekomendasinya!

1. Nasi Telur Pontianak

potret nasi telur pontianak
potret nasi telur pontianak (Google Maps/bagus muslih)

Menu sarapan pagi simple pertama yang bisa kamu coba adalah nasi telur pontianak. Seporsi hidangan ini berisi nasi putih dan telur mata sapi yang dibumbui kecap dan minyak wijen. 

Sederhana memang, tapi rasanya dijamin bisa membangkitkan selera makan. Kunci kelezatan nasi telur pontianak adalah telur ceplok yang dimasak setengah matang. 

Jadi, saat disajikan kuning telurnya lumer dan beraroma wangi karena bercampur dengan cincangan bawang putih. Menu ini juga dijual murah dan mudah disontek di rumah!

2. Pecel

potret pecel untuk sarapan
potret pecel untuk sarapan (flickr.com/as'ad as'ari)

Pilihan menu sarapan pagi simple yang enak dan mudah didapat adalah pecel sayur. Nasi yang dipadukan campuran sayur rebus seperti bayam, taoge, daun singkong, dan kacang panjang, terasa gurih dengan siraman saus kacang. 

Kebanyakan pecel disajikan dengan peyek kacang, jadi itu makin memperkaya tekstur. Harga pecel yang murah memberi keleluasaan untuk memilih lauk pendamping yang beragam. 

Misalnya gorengan, telur dadar, sate jeroan, hingga telur asin. Karena tinggi serat dan karbohidrat, menikmati pecel di pagi hari bisa menjadi ide sarapan pagi yang bisa membuatmu kenyang sampai makan siang!

Baca Juga: Tampilan Sangat Mirip, Ini Perbedaan Lotek, dan Gado-gado, serta Pecel

3. Nasi Kuning

ilustrasi lauk nasi kuning
ilustrasi lauk nasi kuning (flickr.com/Dapur Sadewa)

Hidangan Nusantara yang cocok jadi menu sarapan pagi yang simpel adalah nasi kuning. Makanan ini bisa dengan mudah kamu temukan saat pagi hari karena banyak dijual. 

Nasi berempah kunyit yang gurih, disajikan dengan lauk lengkap mulai dari kering tempe, telur dadar, ayam goreng, hingga sambal yang sedap. 

Baca Juga: Kalori Nasi Kuning, Kandungan Gizinya, Perbandingan dengan Nasi Uduk

4. Nasi Uduk

potret nasi uduk
potret nasi uduk (flickr.com/Amri Novan)

Rekomendasi menu sarapan pagi simple yang enak berikutnya adalah nasi uduk. Makanan khas Betawi ini beraroma wangi dan rasanya gurih khas santan. 

Umumnya menu sarapan pagi rumahan ini ditemani lauk yang cukup beragam, dari kering tempe, bihun goreng, ayam goreng, telur balado, hingga sambal cabai. Waktu terbaik menikmati nasi uduk adalah selagi hangat. 

Seporsi nasi uduk cukup mengenyangkan dan gak bikin kantong jebol!

Baca Juga: Kalori Nasi Uduk dan Kandungan Gizi Nasi Uduk

5. Siomay

potret siomay bandung
potret siomay bandung (flickr.com/Dicky Setiawan)

Siomay adalah makanan sejenis dimsum yang diwariskan dari kuliner Tiongkok. Terbuat dari adonan daging ikan dan tapioka yang dikukus, tekstur siomay kenyal lembut di mulut.

Siomay bisa menjadi menu sarapan pagi simple untuk kamu yang tidak ingin makan nasi. Rasanya yang gurih manis khas saus kacang pasti tidak akan mengecewakan. Kamu bisa menambah banyak sambal kalau tidak ingin rasa manisnya dominan. 

6. Nasi Rames

potret nasi rames
potret nasi rames (Google Maps/Amirotul Choiriah)

Menu sarapan pagi simple yang enak dan murah bisa kamu dapatkan dari sepiring nasi rames. Nasi yang kerap dijajakan di warteg ini memiliki ragam lauk yang sangat variatif. 

Baik itu kering tempe, tumis kacang panjang, tumis kangkung, mi goreng, ada banyak lauk lezat yang bisa dipasangakan dengan ide sarapan pagi ini. Kebanyakan nasi bungkus juga menyajikan menu rames di dalamnya. 

7. Soto Lamongan

potret soto lamongan
potret soto lamongan (flickr.com/Gage Batubara)

Kalau kamu mendambakan menu sarapan pagi simple yang hangat dan menyegarkan, soto lamongan adalah jawabannya. Kuah soto bening yang gurih didapatkan dari kaldu ayam kampung yang direbus lama. 

Disajikan dengan irisan daging ayam yang lembut, potongan telur rebus, dan jeroan, semangkuk soto lamongan adalah hidangan enak yang mengenyangkan. Apalagi ditambah taburan bubuk koya yang gurih, kenikmatan soto lamongan akan sulit ditolak!

8. Timlo Solo

potret timlo solo
potret timlo solo (Google Maps/Donna Liem)

Hidangan berkuah lain yang bisa masuk menu sarapan pagi simple kamu adalah timlo khas Solo. Hidangan ini aslinya berasal dari masakan Tiongkok bernama kimlo. Namun, penyebutannya berubah menyesuaikan kebiasaan warga lokal. 

Timlo merupakan sup bening yang berisi kembang tahu, irisan wortel, jeroan ayam, telur semur, hingga potongan sosis solo. Timlo biasa disantap dengan sepiring nasi hangat. Taburan bawang goreng yang melimpah melengkapi semangkuk sup timlo yang gurih.

9. Bubur Ayam

potret jenis bubur khas Indonesia
potret bubur ayam (flickr.com/Dapur Sadewa)

Bubur ayam adalah salah satu menu sarapan pagi rumahan favorit orang Indonesia. Seporsi bubur yang gurih, diberi suwiran ayam yang menggunung dan disiram kuah berbumbu. 

Bubur ayam biasa ditemani sate jeroan yang menambah selera makan. Tak ketinggalan taburan kacang goreng dan kerupuk akan menyempurkan kelezatan bubur ayam.

Baca Juga: ​10 Cara Membuat Bubur Ayam yang Enak dan Mudah

10. Ketropak

potret ketoprak
potret ketoprak (Google Maps/Aris Mulia)

Ketoprak adalah hidangan yang terbuat dari ketupat, bihun, taoge rebus, yang dicampur dengan sambal kacang yang pekat. Meski didominasi rasa manis, tapi ketropak bisa dibuat pedas karena ulekan cabai rawitnya bebas request.

Keunikan ketroprak terletak pada cara penyajiannya. Saat memesan ketoprak, beberapa sendok bubuk kacang tanah akan diulek langsung di piring saji. Dengan hanya tambahan sedikit air, sambal kacang itu menyatukan semua komposisi ketropak menjadi menu sarapan pagi simple yang nikmat.

Lauk yang biasanya mendampingin sepiring ketoprak adalah telur ceplok atau telur dadar goreng. Jangan lupakan kerupuk renyah yang menciptakan tekstur unik saat terkena saus kacang.

Baca Juga: 10 Nama Makanan Unik di Indonesia yang Bikin Gak Habis Pikir!

11. Gado-gado

potret gado-gado
potret gado-gado (flickr.com/Julien Falissard)

Hidangan berbumbu saus kacang berikutnya adalah gado-gado. Dengan sumber karbohidrat dari potongan lontong, gado-gado adalah menu sarapan pagi simple yang cepat mengisi energi. 

Ditambah aneka sayur rebus sebagai sumber serat, gado-gado adalah sajian bergizi karena lengkap dengan tahu dan telur rebus untuk proteinnya. Cara paling tepat untuk merasakan kenikmatan gado-gado adalah mengaduk semua isian termasuk kerupuk. 

Penyajian yang campur aduk mendeskripsikan arti dari gado-gado itu sendiri.

Baca Juga: 10 Resep Gado-Gado Nusantara, Enak dan Mudah Dibuat di Rumah

12. Lontong Sayur

ilustrasi lontong kare tahu
ilustrasi lontong kare tahu (flickr.com/Tam Chiak)

Tak hanya enak dimakan dengan saus kacang, lontong juga cocok dinikmati bersama kuah santan yang melimpah.

Lontong sayur ini biasa menjadi ide sarapan pagi andalan banyak orang, biasa ditemani tahu goreng, telur rebus, dan kacang panjang. Santan kelapa yang ditambah ke bumbu kare menghasilkan rasa gurih yang nagih.

Satu porsi lontong sayur bisa menjadi menu sarapan pagi simple yang praktis dan enak. Sepiring lontong juga bisa membuatmu kenyang sampai siang!

Baca Juga: Aneka Resep Lontong Sayur, Menu Sarapan Hingga Spesial Lebaran

13. Nasi Rawon

potret rawon
potret rawon (flickr.com/FX Sudarmadi)

Terkenal dengan warnanya yang hitam pekat, rawon adalah makanan khas Ponorogo yang berisi irisan daging sapi. Sup yang berwarna gelap diperoleh dari penggunaan keluak, buah dari pohon kepayang.

Kuah rawon yang manis-gurih sangat nikmat dicampur dengan nasi panas. Makanan yang sering jadi menu sarapan pagi simple ini dilengkapi tauge dan telur asin . 

14. Misoa Kuah

potret misoa kuah
potret misoa kuah (Google Maps/Bambagn wijanarko)

Misoa adalah sejenis mi tipis yang dimasak dalam kuah kaldu yang gurih. Pugasan yang melengkapi hidangan ini adalah telur semur yang dipotong memanjang agar mudah dimakan. 

Kamu bisa mencicipi misoa kuah sebagai menu sarapan pagi simpel dengan mencarinya di gerobak-gerobak penjual bubur ayam.

Semangkuk misoa hangat adalah pilihan lezat kalau kamu bosan makan nasi. Itu tidak terlalu mengenyangkan seperti mi ayam, jadi sangat pas dinikmati saat pagi hari. 

15. Nasi Gudangan

ilustrasi nasi gudangan
ilustrasi nasi gudangan (Google Maps/Annisa Udiyah)

Gudangan adalah sajian mirip urap yang berisi campuran sayur rebus dibumbui sambal kelapa. Gudangan memiliki rasa asin-manis dengan aroma kencur yang khas. 

Kamu bisa menemukan aneka sayur dari bayam, wortel, taoge, daun singkong, hingga kol di dalam gudangan. Nasi hangat bisa ditambahkan sebagai sumber karbohidrat. 

Ikan dan tempe goreng adalah lauk serasi untuk menyantap nasi gudangan khas Semarang ini.

16. Nasi Megono

potret nasi megono
potret nasi megono (Google Maps/Toharatna Von Krueger)

Dilihat dari tampilannya yang minimalis, nasi megono bisa mengisi daftar menu sarapan pagi simple yang praktis. Sebungkus nasi megono disajikan dengan urap nangka muda yang dicincang dan dibumbui parutan kelapa.

Dengan itu saja, kamu bisa merasakan kenikmatan nasi megono yang sederhana. Pelengkap wajib untuk makanan khas Pekalongan ini adalah tempe goreng yang masih hangat. 

Kalau kamu suka ikan, boleh juga ditamabahkan sebagai lauk pendamping yang bergizi.

17. Lontong Kupang

potret lontong kupang
potret lontong kupang (Google Maps/Rico Yudha Permana)

Hidangan ini bukan berasal dari Kupang, Nusa Tenggara Timur, melainkan berkomposisi kerang mini bernama kupang (Potamocorbula fasciata).

Lontong kupang disajikan dengan siraman kuah berwarna pekat yang terbuat dari petis. Lalu dilengkapi setumpuk kerang kupang yang telah direbus serta lentho, semacam gorengan dari adonan kacang dicampur singkong. 

Karena menonjolkan bumbu petis, menu sarapan pagi warga Sidoarjo dan sekitarnya ini punya rasa pedas, asam, dan asin. Lauk yang tak boleh ketinggalan adalah sate kerang dara yang berbumbu gurih-manis. 

18. Lenjongan

potret lenjongan
potret lenjongan (flickr.com/Agung Nugroho)

Buat kamu pecinta menu sarapan pagi simple yang manis, kamu wajib mencoba lenjongan. Makanan yang terkenal di area Pasar Gede Harjogano, Solo ini berisi aneka jajan pasar yang menggugah selera. 

Setiap bungkus lengjongan versi lengkap akan mendapat 12 macam isian berupa cenil, getuk, Klepon, tiwul, sawut, ketan hitam, gatot, grontol, Jongkong, putri pisang, gendar dan lupis. 

Setelah disatukan di wadah beralas daun pisang, lenjongan akan ditaburi parutan kelapa dan disiram gula cair. Selain manis, kamu akan merasakan gurih dari kelapa, jadi rasanya tidak berlebihan.

Kini lenjongan sudah menyebar ke berbagai daerah Jawa Tengah dengan harga jual yang murah, sekitar Rp5.000 saja.

19. Serabi Kuah

potret serabi kuah
potret serabi kuah (Google Maps/Melki Isnaeni20)

Serabi solo identik dengan makanan yang digulung dengan daun pisang. Sementara ada juga versi lain dari serabi yang bisa dinikmati dengan kuah santan. 

Kalau berkunjung ke daerah Yogyakarta dan sekitarnya, kamu bisa menemukan serabi kocor dengan mudah. Serabi itu berukuran agak kecil dan disajikan bersama santan encer warna putih dengan rasa gurih.

Nah, kalau bergeser ke Ambarawa, Jawa Tengah, hidangan serupa juga ada. Bedanya, serabi ambarawa ini kuahnya berwarna cokelat karena dicampur gula merah. Rasanya lebih legit, dan enak sekali dijadikan menu sarapan pagi yang simple dan murah, tetapi cukup mengenyangkan.

20. Bakpao

potret bakpao
potret bakpao (flickr.com/Robin)

Kalau kamu mencari menu sarapan pagi simple yang benar-benar praktis dan murah, maka bakpao harus dipertimbangkan. Kudapan dengan ragam isian dari daging cincang hingga pasta kacang hijau ini tinggi karbohidrat. 

Kamu juga tidak perlu peralatan makan untuk menikmatinya. Kamu bisa langsung melahap bakpao saat terburu-buru. Sekalipun sederhana, tapi roti kukus yang lembut dan hangat tentu bisa diterima di mulut.

Ada banyak menu sarapan pagi simpel dan harganya terjangkau di sekitar kita. Makanan dari berbagai daerah di Indonesia yang sudah menyebar juga memudahkan pencarian sarapan yang dadakan. Pilih sesuai selera dan jangan sampai melewatkan makan pagi, ya!

Baca Juga: 10 Makanan Viral di Tiktok Terbaru, Ada Es Krim Indomie!

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

laily puspitasari

laily puspitasari

Sup Timlo ala Solo

Sup Timlo ala Solo

(5.0)

8 langkah

2.0 rb

Artikel Lainnya di kuliner