12 Minuman Khas Bali, Segar dan Wajib Dicoba!

Berikut ragam minuman khas Bali yang wajib dicoba!

12 Minuman Khas Bali, Segar dan Wajib Dicoba!

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Bali adalah destinasi wisata yang terkenal akan keindahan alamnya. Turis dari dalam negeri maupun luar negeri berbondong-bondong ke Bali setiap tahunnya untuk menikmati keindahan alam tersebut. Tapi, Bali nggak cuma menarik dari segi destinasi wisatanya lho!

Bali juga terkenal akan sajian makanan dah minumannya. Kali ini, Yummy App akan merekomendasikan 12 minuman khas Bali yang segar dan wajib untuk dicoba!

1. Brem Bali

1. Brem Bali
IDNTimes

Siapa yang tidak familiar dengan minuman khas Bali yang satu ini? Brem Bali adalah salah satu minuman asal Bali yang cukup terkenal. Minuman ini sering dijumpai pada saat upacara keagamaan di Bali sehingga nilai tradisionalnya cukup melekat. Tak hanya itu, banyak pula turis yang memilih Brem Bali sebagai buah tangan mereka, lho!

2. Kopi Bali

2. Kopi Bali
IDNTimes

Penggemar kopi tentu wajib untuk mencicipi kopi khas Bali. Kopi Bali hingga saat ini masih diproses secara tradisional. Mulai dari proses pemanggangan, sangrai, hingga pelepasan biji kopi. Proses yang masih tradisional dan terlepas dari mesin ini memberikan cita rasa khas yang kental. Aroma kopinya menggoda dan rasanya sedap di lidah!

3. Teh Jahe Bali

3. Teh Jahe Bali
IDNTimes

Dari Brem Bali dan kopi, sekarang mari kita bahas Teh Jahe Bali. Sesuai dengan namanya, Teh Jahe Bali adalah minuman teh yang telah dicampur dengan larutan jahe. Kandungan jahe pada teh ini pasti akan memberikan kehangatan pada tubuh pun juga menyehatkan. Tapi jangan salah, Teh Jahe Bali juga bisa disajikan selagi dingin bagi kamu yang menginginkan minuman khas Bali yang segar!

4. Arak Bali

4. Arak Bali
IDNTimes

Selain Brem Bali, minuman khas Bali yang satu ini juga tidak kalah terkenal. Arak Bali merupakan air kelapa yang melalui proses suling pada pembuatannya. Sama seperti Brem Bali, Arak Bali juga menjadi incaran banyak turis untuk dicicipi. Rupanya, Arak Bali sudah menjadi buah bibir turis dari seluruh penjuru negeri!

5. Loloh

5. Loloh
IDNTimes

Hadir dengan rasa yang nano-nano, kamu pasti akan terkejut dengan sensasi minuman tradisional Bali ini. Namanya Loloh, yang terbuat dari daun cemcem. Kamu akan merasakan beberapa sensasi dalam sekali teguk mulai dari asam, manis, pedas, hingga asin. Unik, bukan?

6. Es Daluman

6. Es Daluman
IDNTimes

Apa kamu tahu? Bali memiliki es cincau versinya sendiri, lho! Minuman khas Bali ini disebut Es Daluman yang merupakan sajian segar cincau, santan, dan gula jawa. Beberapa penjual Es Daluman juga menyajikan potongan buah nangka kecil untuk memberikan rasa tambahan.

7. Es Bir

7. Es Bir
IDNTimes

Iklim Bali cenderung panas, terutama karena pulau Bali tidak terlalu besar dan langsung dikelilingi pesisir pantai. Angin panasnya sering menambah cuaca semakin gerah. Untuk itu, Yummy App merekomendasikan kamu untuk mencicipi Es Bir. Paduan bir, kelapa muda, dan jeruk nipis dijamin segar diminum di cuaca Bali yang panas.

8. Es Kuwut

8. Es Kuwut
IDNTimes

Segar dan sehat, itu dia kesan yang bisa dirasakan ketika melihat dan mencicipi Es Kuwut. Es Kuwut merupakan campuran serutan tipis buah melon dan blewah yang dilengkapi selasih dan jeruk nipis. Tidak jauh berbeda dengan Es Bir, Es Kuwut juga tidak kalah segar untuk diminum di cuaca panas, lho!

9. Tambring

9. Tambring
IDNTimes

Familiar dengan es kopyor? Ya, minuman kelapa yang dicampur dengan sirup atau gula jawa itu! Di Bali ada minuman mirip dengan es kopyor yang dikenal dengan nama Tambring. Kalau es kopyor biasanya dihidangkan dengan gula jawa atau sirup, Tambring diracik dengan campuran putih telur dan asam jawa. Tertarik mencoba?

10. Es Waneng

10. Es Waneng
instagram.com/jalanmakanbali

Jika kamu akan berkunjung ke daerah Tabanan, kamu wajib mencoba minuman tradisional Bali yang satu ini!

Dikenal dengan nama Es Waneng, yang namanya diambil dari nama penjualnya yaitu I Nengah Waneng, es ini ada sejak tahun 1938. Rasanya yang segar dan harganya yang terjangkau menjadikan minuman ini menjadi salah satu minuman khas Bali yang unik dan dicari-cari.

Es Waneng yang memiliki warna cokelat ini terbuat dari campuran gula merah dan santan yang berasal dari kelapa yang dibakar. Biasanya, Es Waneng disajikan dalam kondisi dingin dan diteguk bersama sepotong roti. 

11. Es Kopyor

11. Es Kopyor
IDN Times

Setelah membahas Tambring yang mirip dengan Es Kopyor, kami juga mau membahas es kopyor di artikel ini. Es kopyor juga merupakan minuman khas Bali yang cukup terkenal di penjuru negeri. Minuman ini cukup populer bahkan kamu pasti sering menemukannya dijual di mana-mana.

12. Es Ancruk

12. Es Ancruk
idntimes.com

Minuman tradisional khas Bali yang terakhir adalah Es Ancruk. Terkenal di kawasan Kota Singaraja, Buleleng, Es Ancruk bisa dibilang memiliki kesamaan dengan es kolak yang umum ditemukan di kota-kota lain di Indonesia. 

Isiannya pun seperti es kolak pada umumnya, yaitu terdiri dari kolak pisang, bubur sumsum, agar-agar, kuah santan, dan sirup merah. Komponen yang membedakan adalah ancruk di dalamnya.

Ancruk adalah bola-bola kecil yang terbuat dari tepung ketan dan memiliki warna yang beragam. Bola-bola kecil ini direbus untuk nantinya menjadi campuran tambahan di dalam Es Ancruk.

Itu dia ragam pilihan minuman khas Bali yang bisa kamu coba ketika kamu berkunjung ke beberapa daerah di Bali. Mulai dari minuman yang familiar hingga minuman beralkohol yang menjadi favorit turis mancanegara, Bali punya minuman khasnya yang unik! Jangan lewatkan rekomendasi minuman khas Bali di atas ketika kamu berkunjung ya, Sobat Yummy!

Penulis: Embun Nadha Pawestri

Baca Juga: ​20 Makanan Khas Bali yang Wajib Dicicipi, Jadi Incaran Wisatawan!

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Yummy Official

Yummy Official

Es Kopyor Sintetis

Es Kopyor Sintetis

(4.7)

30 mnt

10 rb

Yummy Official

Yummy Official

Es Kuwut

Es Kuwut

(4.8)

15 mnt

recooks-0

Artikel Lainnya di kuliner