8 Minuman Manis dan Segar, Adakah Minuman Favoritmu?

Minuman manis yang menyegarkan

8 Minuman Manis dan Segar, Adakah Minuman Favoritmu?

penulis:

Lulu Luqyana Najmi

Bagikan:

Minuman manis cukup digemari oleh siapa pun karena minuman manis bisa menaikkan mood. Selain memberi efek bahagia bagi siapa pun yang mengonsumsinya, minuman manis banyak variannya, lho, mulai dari minuman bersoda sampai minuman mengandung susu.

Di sini, Sobat Yummy akan mengenali berbagai variasi minuman manis. Siapa tau Sobat Yummy tertarik untuk mencoba jajaran minuman ini. Simak, yuk!

1. Milkshake

Ilustrasi minuman manis (youtube.com/thecookingfoodie)
Ilustrasi minuman manis (youtube.com/thecookingfoodie)

Milkshake adalah minuman populer yang ditemukan pada tahun 1922 di Amerika Serikat. Awalnya, minuman ini dibuat oleh salah satu pegawai Walgreens Chicago. Ia menggabungkan minuman malt rasa cokelat dengan es krim vanila sebanyak dua sekop. Tak disangka minuman ini menjadi populer karena rasanya yang manis dan unik pada saat itu.

Kini, milkshake sudah banyak variasi rasa, seperti stroberi, cokelat karamel, dan cookies and cream. Bahkan milkshake era modern dimodifikasi dengan penambahan topping yang tak hanya mempercantik penampilannya, tetapi juga membuatnya semakin enak.

2. Milk tea

Sobat Yummy juga pasti familier dengan minuman yang satu ini. Milk tea adalah salah satu minuman populer di seluruh penjuru dunia. Awalnya, minuman ini muncul di negara-negara Eropa, seperti Britania Raya dan Belanda dan negara-negara yang dekat dengan Himalaya, Nepal, dan Tibet.

Sejarah membuktikan bahwa minuman ini sudah ada sejak zaman kuno. Namun, milk tea dikomersilkan di tahun 2020 di Asia, hingga pada akhirnya, minuman ini pun masuk ke Indonesia. Biasanya, teh yang digunakan untuk milk tea adalah varian teh hitam, seperti Earl Grey, English Breakfast, Taiwanese Black Tea, atau Teh Oolong.

3. Smoothie

Ilustrasi minuman manis (youtube.com/joyfoodsunshine)
Ilustrasi minuman manis (youtube.com/joyfoodsunshine)

Smoothie muncul di tahun 1930-an di West Coast, Amerika Serikat. Minuman manis ini dijual di salah satu toko di daerah tersebut. Dengan tekstur purée yang terbuat dari buah-buahan segar yang dibekukan terlebih dahulu membuat minuman manis ini menjadi kegemaran siapa pun untuk melepas dahaga.

Seiring berkembangnya zaman, smoothie juga semakin dikenal oleh masyarakat luas, bahkan hingga ke luar Amerika. Kini pun banyak variasi smoothie, tidak hanya dari buah saja, tetapi juga dicampur sayuran dan yogurt.

4. Es cokelat

resep es cokelat
ilustrasi es cokelat (freepik.com/topntp26)

Es cokelat adalah salah satu minuman manis yang ngehit di Indonesia. Rasanya yang manis dan legit menjadi primadona untuk meredakan haus. Berawal dari budaya minum cokelat panas di luar negeri saat musim dingin, minuman ini pun disesuaikan dengan iklim tropis Indonesia dengan ditambahkan es di dalamnya.

Sobat Yummy bisa membuatnya sendiri dengan mecampur bubuk cokelat, susu plain, dan es batu, lho! Namun, kalau terlalu repot untuk membuatnya, kamu bisa menemukan es cokelat di kedai minum atau cafe, lho!

Baca Juga: 10 Rekomendasi Merk Yogurt untuk Diet Sehat Terbaik

5. Mojito

Ilustrasi minuman manis (youtube.com/tastydishesbyrashmi)
Ilustrasi minuman manis (youtube.com/tastydishesbyrashmi)

Mojito (baca: moʊˈhiːtoʊ) adalah minuman manis yang sangat laris di negara-negara tropis karena menyegarkan. Mojito merupakah salah satu jenis koktail. Dahulunya, minuman ini merupakan ramuan obat dan banyak yang mengatakan kalau mojito berasal dari Kuba.

Sesuai perkembangan zaman, mojito yang awalnya terbuat dari rum, gula, limun, air soda, dan daun mint, kini memiliki banyak macam. Kamu bisa menemukan mojito berbagai rasa dengan isian potongan buah segar. Bahkan ada versi mojito tanpa alkohol.

6. Es campur

es campur
Ilustrasi es campur (Instagram.com/panganlestari)

Es campur merupakan salah satu minuman manis yang paling banyak ditemui karena minuman ini berasal dari Indonesia. Es campur ini biasanya berisi buah-buahan tropis, seperti nangka, alpukat, dan bahkan durian. Selain itu, ada roti tawar, ketan hitam, kolang-kaling, sagu mutiara, dan cincau. Bahkan, ada yang menambahkan tape ke dalam minuman ini. Kuah es campur ini biasanya merupakan campuran dari es batu dan kuah santan atau kuah susu.

Baca Juga: ​15 Buah untuk Diet dan Menurunkan Berat Badan, Sehat dan Kaya Nutrisi

7. Sup buah

Ilustrasi minuman manis (youtube.com/uliskitchen)
Ilustrasi minuman manis (youtube.com/uliskitchen)

Siapa, sih, yang tidak mengenal minuman manis satu ini? Sup buah merupakan minuman manis yang biasanya terdiri dari berbagai buah-buahan, seperti pepaya, nanas, semangka, alpukat, anggur, dan melon. Minuman ini disajikan dalam sirup manis dan menyegarkan yang terbuat dari gula, air, dan terkadang santan. Sop buah biasanya dihidangkan untuk berbuka puasa.

8. Durian kocok

Durian kocok merupakan minuman manis tradisional Indonesia yang berasal dari Jawa Barat. Minuman ini dibuat dengan cara memadukan durian, dengan santan, es, dan pemanis. Durian kocok dinamai demikian karena minuman ini dibuat dengan cara dikocok. Daging durian tersebut disatukan dengan santan, es, gula, dan kental manis atau susu evaporasi, lalu dikocok hingga tercampur rata.

Baca Juga: 8 Cara Memilih Durian Manis dan Berdaging Tebal

Dari minuman manis yang mendunia hingga minuman manis tradisional, minuman manis memberikan pengalaman rasa yang tak terlupakan bagi para pecinta manis. Untuk terus mengetahui berbagai minuman manis atau makanan manis jangan lupa untuk install Yummy App!

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Eka Susanti

Eka Susanti

Es Cao Jadul

Es Cao Jadul

(5.0)

15 mnt

1.1 rb

Artikel Lainnya di kuliner