10 Nama Makanan Unik di Indonesia yang Bikin Gak Habis Pikir

Ada nama meong si majikan banyak orang

10 Nama Makanan Unik di Indonesia yang Bikin Gak Habis Pikir

penulis:

Dian Rahma Fika Alnina

Bagikan:

Kekayaan kuliner Indonesia tidak hanya mencakup jenis hidangan saja, melainkan juga nama dari panganannya. Sebut saja empal gentong yang terdengar unik sebagai nama makanan. 

Selain itu, kita juga bisa menemukan nama makanan unik dan aneh lainnya yang tersebar di Indonesia. Penasaran ada apa saja makanan khas yang nama makanan unik tersebut? Baca selengkapnya di Yummy App, ya!

1. Kue cubit

ilustrasi kue cubit yang dijual
ilustrasi kue cubit yang dijual (flickr.com/Chandra Marsono)

Daftar nama makanan unik dibuka oleh kue cubit, jajanan yang populer di kalangan pelajar karena sering dijual di depan sekolah.

Nama kue yang terbuat dari terigu dan susu ini mengacu proses pembuatannya yang dicapit oleh penjepit makanan. Adonan kue yang dicetak ke loyang logam aneka bentuk, kemudian diangkat dengan penjepit seperti dicubit saat matang.

Beberapa orang juga menyukai adonan yang masih basah, lalu ditambah taburan meses untuk menyempurnakan rasa. 

2. Roti jala

ilustrasi roti jala
ilustrasi roti jala (flickr.com/nur syafiqah)

Bagi kamu yang pernah mencicipi roti jala, mungkin sudah paham mengapa makanan khas Melayu ini dinamai demikian. 

Roti jala terbuat dari adonan tepung yang dicampur air dan telur, kemudian dicetak dengan alat khusus yang hasilnya menyerupai jaring penuh rongga. Karena bentuknya yang tak biasa itu, roti jala termasuk makanan yang memiliki nama unik. 

Setelah dibentuk di atas wajan datar, roti jala lalu digulung untuk memudahkan dicocol ke kuah kari ayam atau kambing. Cara menikmati roti jala tersebut sudah dilakukan turun temurun oleh warga Sumetera Utara.

3. Kue ape atau kue tete

potret kue ape atau kue tete
potret kue ape atau kue tete (Google Maps/Aneka kue jadul Kue ape)

Jajanan tradisional khas Betawi juga memiliki nama makanan unik yang sempat jadi perbincangan banyak orang. Kue yang berbentuk bulat dengan tonjolan di tengah ini lebih dulu dikenal sebagai kue ape. 

Namun, tidak sedikit juga yang memanggil makanan ini dengan kue tete, yang konon bentuknya dianggap mirip payudara. Terlepas dari namanya yang unik, kue ini memiliki rasa manis dan wangi khas yang berasal dari arang. 

Kalau kamu berkesempatan mencoba, silakan cicipi kudapan favorit warga Jakarta dan sekitarnya ini, ya!

4. Onde-onde ketawa

ilustrasi onde-onde ketawa
ilustrasi onde-onde ketawa (facebook.com/Lydea Ikoro)

Nama makanan unik yang juga dari kategori camilan adalah onde-onde ketawa. Bukan karena kalau dimakan bisa membuat kamu terbahak-bahak, melainkan bentuknya yang mirip ketika orang tertawa.

Dinamakan demikian juga untuk membedakan dengan onde-onde biasa yang diisi kacang hijau. Onde-onde ketawa tidak memiliki isian khusus, hanya dibelah empat pada bagian atas agar merekah saat digoreng.

Umumnya, makanan dengan taburan wijen yang melimpah ini lebih tahan lama dibanding versi onde-onde orisinal. Hal itu disebabkan onde-onde ketawa tidak punya isian dan digoreng sampai kering. Jadi, sangat cocok untuk dicamil seharian. 

5. Lidah kucing

ilustrasi kue lidah kucing
ilustrasi kue lidah kucing ala Sasi's Recipe (app.yummy.co.id/resepsasi)

Lidah kucing adalah kue kering (kuker) yang sering jadi rebutan saat lebaran. Meski meminjam nama bagian tubuh kucing, kue kering ini tidak punya banyak kaitan dengan hewan itu selain karena bentuknya yang panjang dan pipih, mirip lidah kucing. 

Dengan rasa yang manis-gurih, kue warisan Belanda ini sudah menjelma jadi kesukaan orang Indonesia. Tekstur yang renyah juga menambah kelezatan saat menikmati kue lidah kucing. 

Baca Juga: ​7 Makanan Khas Parepare yang Unik dan Wajib Dicoba

6. Nasi kucing

ilustrasi nasi kucing di angkringan
ilustrasi nasi kucing di angkringan (flickr.com/Arie P. Prasetyo)

Kreativitas orang Indonesia dalam memberi nama makanan unik juga merambah ke menu utama alias main course. Dinamai nasi kucing, tapi hidangan khas angkringan ini sepenuhnya ditujukan untuk manusia. 

Kalau kamu belum sempat bertanya ke penjual angkringan alasan di balik penamaan nasi kucing, kamu bisa menemukan jawabannya di sini.

Sebagai informasi, nasi kucing biasa disajikan dalam porsi mini dengan lauk yang juga sangat minim. Sebungkus nasi kucing bisa kamu lahap dalam 3 suapan, dengan taburan ikan teri, tempe, atau suwiran ayam yang sangat ngepas

Penyajian dalam porsi kecil itulah yang dianggap mirip jatah makan kucing. Per bungkus nasi kucing juga dijual murah, mulai dari Rp2.500,- saja.

7. Sate kere

potret sate kere
potret sate kere (flickr.com/FX Sudarmadi)

Kalau berbicara nama makanan unik, kita gak bisa melewatkan sate kere khas Solo, nih. Dalam bahasa Jawa "kere" berarti miskin, yang mewakili harga miring sate ini. 

Berbeda dengan sate daging yang harganya relatif mahal, sate kere adalah alternatif yang lebih aman untuk dompet. Dibuat dengan tempe gembus, sate kere dibakar dan dilengkapi bumbu kacang yang rasanya menyatu saat dinikmati bersama. 

Selain lebih terjangkau, sate kere juga bisa jadi opsi menarik untuk kamu yang vegan. Seratus persen terbuat dari bahan nabati, sate kere tentu jadi daya tarik tersendiri, bukan?

8. Kerupuk melarat

potret kerupuk melarat yang dijual
potret kerupuk melarat yang dijual (facebook.com/Rhidwan Firdaus)

Tidak jauh-jauh dari konsep hemat budget, kerupuk melarat berhasil masuk dalam nama makanan unik yang terkenal. Kerupuk dengan warna-warni yang mencolok ini berasal dari Cirebon, dan banyak dipasarkan di sepanjang jalan. 

Melarat yang merupakan sinonim dari miskin, menjelaskan bagaimana kerupuk ini dibuat. Disebut melarat karena alih-alih digoreng dalam minyak, kerupuk ini disangrai menggunakan pasir yang dipanaskan di atas wajan. 

Tidak hanya unik, kerupuk melarat juga lebih aman dinikmati sebagai camilan ringan. Warga Cirebon biasa menambahkan sambal asam ketikan mengonsumsi kerupuk melarat yang renyah dan nagih ini.

9. Singkong bajingan

potret singkong bajingan
potret singkong bajingan (facebook.com/Nining Susetyowati)

Bagi orang di luar Temanggung, nama olahan berbahan dasar singkong ini mungkin terdengar menyinggung. Padahal, namanya yang unik mencerminkan bentuknya yang mirip hewan bajing atau tupai. 

Kudapan ini dibuat dengan merebus ketela pohon dengan santan yang dicampur gula jawa. Setelah matang, bentuk singkong yang memanjang dan berwarna cokelat dinilai menyerupai penampakan bajing. 

Terlepas dari namanya yang menggelikan, makanan ini sangat legit dan patut dicoba sebagai variasi olahan singkong.

10. Tahu gimbal

potret tahu gimbal
potret tahu gimbal (flickr.com/tori triastama)

Penutup daftar nama makanan unik kali ini adalah kuliner khas Kota Atlas, Semarang. Perpaduan bahan utama berupa tahu dan gimbal (udang goreng tepung) yang disiram sambal kacang adalah kenikmatan tak terelakkan. 

Dinamai gimbal karena adonan udang goreng tepungnya adalah tipe yang lunak dan basah, seperti gumpalan tak beraturan. Namun, begitu irisan gimbalnya disatukan dengan kondimen lain, teksturnya menyatu dengan sempurna. 

Seporsi tahu gimbal disajikan dengan lontong, tauge, kol, dan telur goreng. Untuk rasa terbaik, jangan lupa diaduk biar bumbunya tercampur rata, ya!

Nama makanan unik dan aneh seperti di atas seringkali membekas di ingatan dan bikin kita penasaran. Penciptaan nama yang tidak biasa itu ternyata menunjukkan ciri khas dari masing-masing makanan. Meski semuanya memiliki sebutan spesial, mana, nih, yang bikin kamu kepikiran?

Baca Juga: 20 Makanan Khas Maluku, Kuliner Unik Indonesia Timur

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Anugrah Lestari

Anugrah Lestari

Tahu Gimbal

Tahu Gimbal

(5.0)

6 langkah

380

Mrs Kori

Mrs Kori

Kembang Tahu Goreng Isi Ayam

Kembang Tahu Goreng Isi Ayam

(5.0)

60 mnt

recooks-0
recooks-1
recooks-2

Artikel Lainnya di kuliner