8 Resep Olahan Daging Kambing untuk Menu Sehari-hari

Enak, sedap, dan gak bau prengus

8 Resep Olahan Daging Kambing untuk Menu Sehari-hari

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Memasak olahan daging kambing untuk perayaan Idul Adha klasik dengan hidangan tongseng, gulai, dan rendang. Selain itu, apakah ide resep masakan lain untuk mengolah daging kambing?

Yummy App hadir dengan rekomendasi resep olahan daging kambing yang mudah dibuat. Selain cocok untuk sajian Idul Adha, menu ini bisa jadi lauk harian juga, lho!

1. Kari Kambing

1. Kari Kambing
IDN Times

Di Yummy App, kamu akan menemukan resep kari kambing ala Yummy yang enak. Resep ini membutuhkan bumbu dasar seperti bawang putih dan merah, jahe, cabai, cengkih, kayu manis, dan beberapa rempah-rempah lainnya. Resep Kari Kambing ala Yummy ini juga membutuhkan yoghurt plain untuk memberikan kesan creamy pada masakanmu nanti.

Langkah-langkah memasaknya tidak banyak, hanya lima langkah. Kamu akan memulai dengan menumis bawang putih dan bawang merah hingga harum. Setelahnya, rempah-rempah lainnya menyusul untuk ditumis. Selepas dilihat cukup, daging kambing dimasukkan hingga teksturnya berubah. Terakhir, masukkan yoghurt, susu, tomat, air dan garam hingga semua bumbunya meresap pada daging dan empuk.

2. Gyoza Nasi Goreng Kambing

2. Gyoza Nasi Goreng Kambing
IDN Times

Menginginkan resep yang tidak terlalu buat pusing? Nasi Goreng Kambing adalah jawabannya. Memasak nasi goreng bisa menjadi solusi pada kebuntuan memikirkan menu masakan. Namun, ada yang berbeda dari resep rekomendasi dari Yummy App ini. Bukan nasi goreng kambing biasa melainkan Gyoza Nasi Goreng Kambing!

Kamu bisa menemukan resep ini di Yummy App dengan judul Gyoza Nasi Goreng Kambing yang diunggah oleh salah satu chef Yummy, Laila Dawud. Resep ini bisa dibuat menarik perhatian anak-anak kecil dengan menggunakan kulit gyoza warna-warni yang cantik. 

3. Kambing Oven Sederhana

3. Kambing Oven Sederhana
Yummy App

Bosan dengan rebusan daging dan daging bakar? Daging kambing yang dioven mungkin akan terdengar menarik. Apabila kamu memiliki oven di rumah, resep kambing oven sederhana bisa dicoba. Resep ini bisa menjadi alternatif resep klasik olahan daging kambing ketika kamu menginginkan menu yang unik dan mudah. 

Bumbu bisa dipersiapkan dengan menghaluskan semua rempah dengan blender agar mudah. Setelahnya, persiapkan daging dengan melumuri daging kambing dan biarkan meresap semalaman di dalam kulkas. Kamu perlu memanaskan oven dengan suhu 180 derajat celsius dan melapisi loyang dengan alumunikum foil terlebih dahulu. Ketika daging siap, oven selama satu jam dengan api bawah.

4. Nasi Kebuli Kambing

4. Nasi Kebuli Kambing
IDN Times

Nasi kebuli adalah salah satu resep masakan khas Timur Tengah dan banyak dimodifikasi di berbagai daerah di Indonesia. Resep ini, seperti resep masakan Timur Tengah lainnya, khas dengan rempah seperti kapulaga, jinten, dan cengkih. Kalau kamu mengikuti resep dari chef Yummy, Retno Adiesty, kamu bisa menyajikannya untuk keluarga besar.

Resep nasi kebuli kambing ini pada dasarnya dibagi menjadi dua bagian yaitu langkah untuk mengolah daging kambingnya dan langkah-langkah untuk memasak nasi kebuli. Kamu perlu memulai dengan memasak daging kambingnya terlebih dahulu untuk memastikan dagingnya empuk dan bumbu teresap dengan baik.

Baca Juga: Resep Tongseng Kambing Tanpa Santan dan Dengan Santan, Istimewa!

5. Kicik Kambing

5. Kicik Kambing
IDN Times

Kicik kambing adalah masakan dengan bumbu yang mirip dengan tongseng. Perbedaannya adalah kicik kambing lebih kering dan tidak kaya akan kuah seperti tongseng. Olahan daging kambing yang satu ini berasal dari Yogyakarta dan memiliki cita rasa yang cenderung manis karena menggunakan kecap manis.

Kamu bisa memulai dengan menyiapkan daging kambing dengan merebus atau dipresto hingga empuk. Potong-potong daging sesuai selera. Selanjutnya, tumis bumbu dasar hingga harum lalu aduk dengan daging kambing yang sudah empuk. Tambahkan air dan biarkan mendidih lalu tambahkan bumbu lainnya hingga kuah menyusut dan kering.

6. Sop Konro

6. Sop Konro
IDN Times

Selain tongseng dan gulai, sop konro juga merupakan salah satu resep klasik mengolah daging kambing yang perlu dicoba. Resep ini berasal dari daerah Sulawesi, tepatnya dari Makassar.

Bagian daging yang akan dibutuhkan adalah bagian iga. Bumbunya sedikit mirip dengan tongseng dan gulai yang membutuhkan jinten. Namun, sop konro juga memerlukan kluwek, yang biasa dipakai untuk rawon ala Jawa Timur. Menu ini juga disajikan dengan kacang tanah yang memberikan tekstur tambahan yang unik.

7. Tongseng Kambing

7. Tongseng Kambing
IDN Times

Tentu saja, apabila kamu sedang mencari resep Tongseng Kambing untuk Idul Adha tahun ini, Yummy App juga punya! Ada berbagai resep Tongseng Kambing yang tersedia dari berbagai chef Yummy, salah satunya yang ditulis oleh Annisaa T.K ini. Resepnya hanya membutuhkan total 5 steps.

Pertama, jangan lupa untuk mencuci bersih daging dan dipotong dadu untuk mempermudah konsumsi. Kedua, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Ketiga, masukkan dan aduk daun jeruk dengan daging kambing hingga berubah warna. Keempat, masukkan larutan bumbu kari dan tambahkan sedikit santan disusul sisa bumbu lainnya. Pastikan daging tidak dimasak terlalu lama agar tidak alot. Terakhir, masukkan kol dan tomat lalu sajikan dengan irisan daun bawang atau bawang goreng.

8. Gulai Kambing

8. Gulai Kambing
IDN Times

Selain tongseng, gulai kambing adalah resep berbahan dasar daging kambing yang terkenal dimasak untuk merayakan Idul Adha. Di Yummy App, kamu bisa menemukan resep Gulai Kambing yang dimasak dengan mudah dan cepat. Tentu saja dengan 5 langkah mudah ala Yummy.

Mulai dari resep klasik seperti tongseng hingga resep unik layaknya gyoza, bisa jadi ide olahan daging kambing untuk kamu merayakan Idul Adha atau menu sehari-hari. Masih ada banyak rekomendasi resep masakan daging kambing lainnya yang hanya bisa kamu temukan di Yummy App. Ayo unduh sekarang sebagai pedoman memasak yang mudah!

Penulis: Embun Nadha Pawestri

Baca Juga: 9 Olahan Daging Sapi Terenak ala Yummy App

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Yummy Official

Yummy Official

Gulai Kambing

Gulai Kambing

(4.7)

40 mnt

recooks-0
recooks-1
recooks-2
recooks-3

+3

Lyliput Kitchen's

Lyliput Kitchen's

Rica-Rica Balungan Kambing

Rica-Rica Balungan Kambing

(5.0)

5 langkah

728

Artikel Lainnya di kuliner