8 Resep Olahan Daging Kambing Enak, Cocok Juga untuk Menu Sehari-hari

Enak, sedap, dan gak bau prengus

8 Resep Olahan Daging Kambing Enak, Cocok Juga untuk Menu Sehari-hari

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Memasak olahan daging kambing untuk perayaan Idul Adha klasik dengan hidangan tongseng, gulai, dan rendang. Selain itu, apakah ide resep masakan lain untuk mengolah daging kambing?

Yummy App hadir dengan rekomendasi resep olahan daging kambing yang mudah dibuat. Selain cocok untuk sajian Idul Adha, menu ini bisa jadi lauk harian juga, lho!

1. Kari Kambing

1. Kari Kambing
IDN Times

Di Yummy App, kamu akan menemukan resep kari kambing ala Yummy yang enak. Resep ini membutuhkan bumbu dasar seperti bawang putih dan merah, jahe, cabai, cengkih, kayu manis, dan beberapa rempah-rempah lainnya. Resep Kari Kambing ala Yummy ini juga membutuhkan yoghurt plain untuk memberikan kesan creamy pada masakanmu nanti.

Langkah-langkah memasaknya tidak banyak, hanya lima langkah. Kamu akan memulai dengan menumis bawang putih dan bawang merah hingga harum. Setelahnya, rempah-rempah lainnya menyusul untuk ditumis. Selepas dilihat cukup, daging kambing dimasukkan hingga teksturnya berubah. Terakhir, masukkan yoghurt, susu, tomat, air dan garam hingga semua bumbunya meresap pada daging dan empuk.

Bahan-bahan:

  1. 600 gr daging dan tulang kambing
  2. 750 ml air
  3. 200 ml santan
  4. 2 sdm bumbu kari instan
  5. 1 batang serai
  6. 2 lembar daun salam
  7. 4 lembar daun jeruk
  8. 1 batang kayu manis
  9. 2 buah bunga lawang
  10. 3 butir kapulaga
  11. 4 butir cengkeh
  12. Secukupnya garam
  13. 1 sdt gula pasir
  14. 3 sdm minyak goreng
  15. 15 buah cabe merah keriting
  16. 6 siung bawang merah
  17. 4 siung bawang putih
  18. 1 sdt ketumbar
  19. 1/2 sdt jinten
  20. 1/2 sdt merica
  21. 1/4 buah biji pala
  22. 4 butir kemiri sangrai
  23. 2 cm jahe
  24. 1 cm kunyit

Cara membuat:

  1. Buat bumbu halus terlebih dahulu, yang terdiri dari cabe merah keriting, bawang merah, bawang putih, ketumbar, jinten, merica, biji pala, kemiri, jahe dan kunyit.
  2. Mulailah dengan menggoreng bumbu yang telah dihaluskan hingga aromanya tercium harum. Kemudian, tambahkan serai, daun jeruk, dan daun salam ke dalamnya, dan lanjutkan penggorengan hingga semua bumbu matang secara merata.
  3. Selanjutnya, masukkan bumbu kari siap pakai ke dalam tumisan bumbu, dan aduk hingga tercampur rata.
  4. Setelah itu, tambahkan potongan daging dan tulang kambing ke dalam campuran bumbu, aduk hingga semua bahan tercampur baik, dan biarkan hingga warna daging berubah.
  5. Pindahkan campuran daging dan bumbu ke dalam sebuah panci besar, lalu tambahkan air secukupnya. Tambahkan juga cengkeh, bunga lawang, kayu manis, dan kapulaga. Tutup panci dan masak di atas api sedang hingga daging menjadi empuk.
  6. Terakhir, tuangkan santan ke dalam panci, bumbui dengan garam dan gula pasir, dan aduk hingga semua bahan tercampur rata. Masak hingga kuah mendidih dan tampak berminyak di permukaan. Sajikan hidangan lezat ini bersama dengan roti cane atau maryam sebagai pelengkap.

2. Gyoza Nasi Goreng Kambing

2. Gyoza Nasi Goreng Kambing
IDN Times

Menginginkan resep yang tidak terlalu buat pusing? Nasi Goreng Kambing adalah jawabannya. Memasak nasi goreng bisa menjadi solusi pada kebuntuan memikirkan menu masakan. Namun, ada yang berbeda dari resep rekomendasi dari Yummy App ini. Bukan nasi goreng kambing biasa melainkan Gyoza Nasi Goreng Kambing!

Kamu bisa menemukan resep ini di Yummy App dengan judul Gyoza Nasi Goreng Kambing yang diunggah oleh salah satu chef Yummy, Laila Dawud. Resep ini bisa dibuat menarik perhatian anak-anak kecil dengan menggunakan kulit gyoza warna-warni yang cantik. 

Bahan-bahan:

  1. Kulit dimsum warna warni secukupnya
  2. 300gr daging kambing potong dadu
  3. 450gr nasi semalam
  4. 100gr minyak samin
  5. 100ml kaldu kambing/air
  6. 2cm Kayu manis
  7. 1 lembar bay leaf
  8. 2 batang bawang pre iris
  9. 7 siung bawang merah iris tipis
  10. 4 siung bawang putih iris tipis
  11. ¼ sdt kunyit bubuk
  12. ¼ sdt jintan bubuk
  13. 2 biji cengkeh bubuk
  14. 2 biji kapulaga bubuk
  15. ½ sdt merica bubuk
  16. Kecap Manis BANGO secukupnya
  17. Garam secukupnya

Cara membuat:

  1. Awali dengan menumis bawang menggunakan minyak samin hingga mengeluarkan aroma yang sedap, lalu campurkan potongan daging kambing dadu ke dalamnya dan aduk hingga tercampur merata.
  2. Kemudian, tambahkan nasi ke dalam tumisan daging, bersama dengan kecap, garam, dan bumbu-bumbu lainnya. Aduk semua bahan hingga tercampur secara homogen.
  3. Setelah itu, masukkan potongan daun bawang ke dalam campuran nasi, aduk hingga semua bahan tercampur rata, lalu matikan api kompor.
  4. Ambil selembar kulit dimsum dan isi dengan nasi goreng yang telah dibuat tadi, kemudian lipat dan tutup kulit dimsum hingga menyerupai bentuk gyoza. Ulangi proses ini sampai semua nasi goreng terbungkus.
  5. Selanjutnya, panaskan minyak dalam wajan dan goreng nasi goreng yang telah dibungkus dengan kulit dimsum hingga teksturnya menjadi kering dan renyah. Setelah itu, tiriskan nasi goreng gyoza dari minyaknya.
  6. Untuk penyajian, hidangkan nasi goreng gyoza kambing ini bersama dengan saus kacang atau jenis saus favorit Anda lainnya untuk menambah kelezatan.

3. Kambing Oven Sederhana

3. Kambing Oven Sederhana
Yummy App

Bosan dengan rebusan daging dan daging bakar? Daging kambing yang dioven mungkin akan terdengar menarik. Apabila kamu memiliki oven di rumah, resep kambing oven sederhana bisa dicoba. Resep ini bisa menjadi alternatif resep klasik olahan daging kambing ketika kamu menginginkan menu yang unik dan mudah. 

Bumbu bisa dipersiapkan dengan menghaluskan semua rempah dengan blender agar mudah. Setelahnya, persiapkan daging dengan melumuri daging kambing dan biarkan meresap semalaman di dalam kulkas. Kamu perlu memanaskan oven dengan suhu 180 derajat celsius dan melapisi loyang dengan alumunikum foil terlebih dahulu. Ketika daging siap, oven selama satu jam dengan api bawah.

Bahan-bahan:

  1. 300 gr daging kambing
  2. 1,5 sdt merica bubuk
  3. 2 sdt ketumbar bubuk
  4. 2 sdt jintan bubuk
  5. 5 sdm kecap manis
  6. 1 sdt gula pasir
  7. 1 sdt garam
  8. 1 sdm kaldu jamur
  9. 10 siung bawang putih
  10. 100 ml minyak goreng
  11. 1 ruas jahe

Cara membuat:

  1. Pertama-tama, lakukan penyayatan pada daging kambing menggunakan pisau untuk mempermudah bumbu meresap. Siapkan oven Anda dengan suhu 180 derajat Celsius, dan lapisi loyang yang akan digunakan dengan aluminium foil untuk mencegah daging lengket pada loyang.
  2. Selanjutnya, ambil bawang putih, minyak goreng, dan jahe, lalu haluskan ketiganya menggunakan blender hingga menjadi pasta halus. Pindahkan pasta ini ke dalam sebuah wadah besar, tambahkan gula, garam, merica, ketumbar, jintan, kecap manis, dan kaldu jamur. Aduk semua bahan hingga tercampur secara merata.
  3. Setelah bumbu tercampur rata, lumuri daging kambing dengan bumbu ini secara menyeluruh. Pastikan seluruh permukaan daging terlapisi bumbu. Kemudian, simpan daging yang sudah dibumbui ke dalam kulkas dan biarkan semalaman, agar bumbu benar-benar meresap ke dalam daging.
  4. Keesokan harinya, keluarkan daging kambing dari kulkas dan letakkan di atas loyang yang telah dilapisi aluminium foil. Gunakan kuas untuk memastikan bumbu merata pada seluruh bagian daging. Tutup daging dengan aluminium foil untuk menjaga kelembaban daging saat dipanggang.
  5. Masukkan loyang ke dalam oven yang telah dipanaskan, dan panggang daging menggunakan api bawah selama satu jam. Setelah waktu tersebut, keluarkan daging dari oven, olesi sekali lagi dengan bumbu, balik daging, dan lapisi lagi dengan sisa bumbu. Tutup kembali daging dengan aluminium foil dan panggang selama satu jam lagi dengan api yang sama.
  6. Apabila satu jam berikutnya telah berlalu, buka penutup aluminium foil dan lanjutkan memanggang daging dengan api atas selama 15 menit untuk memberikan warna yang cantik pada permukaan daging. Sesuaikan waktu pemanggangan dengan karakteristik oven yang Anda gunakan.

4. Nasi Kebuli Kambing

4. Nasi Kebuli Kambing
IDN Times

Nasi kebuli adalah salah satu resep masakan khas Timur Tengah dan banyak dimodifikasi di berbagai daerah di Indonesia. Resep ini, seperti resep masakan Timur Tengah lainnya, khas dengan rempah seperti kapulaga, jinten, dan cengkih. Kalau kamu mengikuti resep dari chef Yummy, Retno Adiesty, kamu bisa menyajikannya untuk keluarga besar.

Resep nasi kebuli kambing ini pada dasarnya dibagi menjadi dua bagian yaitu langkah untuk mengolah daging kambingnya dan langkah-langkah untuk memasak nasi kebuli. Kamu perlu memulai dengan memasak daging kambingnya terlebih dahulu untuk memastikan dagingnya empuk dan bumbu teresap dengan baik.

Bahan-bahan:

  1. 1 1/4 kg beras butir panjang, cuci dan tiriskan
  2. 500 gr daging kambing, potong sesuai selera
  3. 500 gr iga kambing
  4. 50 gr kismis
  5. 500 ml santan
  6. 200 ml susu UHT
  7. 300 ml air
  8. 1 sdm garam (sesuai selera)
  9. 1 bungkus kaldu sapi instan
  10. 2 sdm minyak samin/butter/margarin
  11. Secukupnya minyak sayur
  12. 1 buah bawang bombay, cincang kasar
  13. 4 ruas kayu manis
  14. 2 batang sereh, geprek
  15. 2 lembar daun salam
  16. 3 lembar daun jeruk
  17. 3 tangkai daun kari, ambil daunnya
  18. 5 siung bawang putih
  19. 12 butir bawang merah
  20. 1 ruas telunjuk kunyit
  21. 1 ruas telunjuk jahe
  22. 9 butir kapulaga arab, sangrai
  23. 7 butir cengkeh, sangrai
  24. 3 butir pekak , sangrai
  25. 2 sdm ketumbar butiran, sangrai
  26. 1/2 sdt merica hitam, sangrai
  27. 1 sdt jinten, sangrai
  28. 1/4 sdt adas, sangrai

Cara membuat:

  1. Siapkan bumbu halus yang terdiri dari bawang putih, bawang merah, kunyit, jahe, ketumbar, merica, jinten, dan adas.
  2. Siapkan juga bumbu-bumbu rempah utuh, yang terdiri dari bawang bombay, kayu manis, sereh, daun salam, daun jeruk, dan daun kari.
  3. Selanjutnya mulai dengan memanaskan minyak dalam panci presto, lalu tambahkan minyak samin untuk aroma yang khas. Tumis bawang bombay hingga lembut dan layu. Selanjutnya, tambahkan bumbu yang telah dihaluskan dan rempah-rempah utuh, masak hingga bumbu matang dan harum.
  4. Lanjutkan dengan memasukkan potongan daging dan iga kambing ke dalam panci, bumbui dengan garam dan kaldu sapi bubuk, lalu masak hingga daging berubah warna.
  5. Setelah itu, tuangkan air, susu, dan santan ke dalam campuran daging, aduk sebentar, kemudian tutup panci presto. Masak selama 10 menit setelah panci mulai mendesis. Matikan api dan biarkan daging terus mengempuk dalam sisa panas selama 10-15 menit.
  6. Kemudian, gunakan benda untuk menyangga katup panci agar uap panas bisa keluar dan buka tutup panci. Tiriskan daging dan iga kambing yang telah empuk dari panci.
  7. Nyalakan api kompor lagi, masukkan beras ke dalam panci dan aduk hingga semua cairan terserap oleh beras. Tambahkan kismis untuk sedikit kelezatan manis.
  8. Pindahkan beras yang sudah setengah matang ke dalam kukusan yang telah dipanaskan. Lanjutkan mengukus hingga beras benar-benar matang, sekitar 30 menit.
  9. Sementara itu, goreng daging dan iga kambing yang telah ditiriskan dalam sedikit minyak hingga benar-benar matang dan berwarna kecoklatan.
  10. Untuk penyajian, letakkan nasi kebuli yang telah matang sebagai dasar, lalu tambahkan topping daging kambing goreng di atasnya. Sajikan selagi hangat untuk rasa yang paling nikmat.

Baca Juga: Resep Tongseng Kambing Tanpa Santan dan Dengan Santan, Istimewa!

5. Kicik Kambing

5. Kicik Kambing
IDN Times

Kicik kambing adalah masakan dengan bumbu yang mirip dengan tongseng. Perbedaannya adalah kicik kambing lebih kering dan tidak kaya akan kuah seperti tongseng. Olahan daging kambing yang satu ini berasal dari Yogyakarta dan memiliki cita rasa yang cenderung manis karena menggunakan kecap manis.

Kamu bisa memulai dengan menyiapkan daging kambing dengan merebus atau dipresto hingga empuk. Potong-potong daging sesuai selera. Selanjutnya, tumis bumbu dasar hingga harum lalu aduk dengan daging kambing yang sudah empuk. Tambahkan air dan biarkan mendidih lalu tambahkan bumbu lainnya hingga kuah menyusut dan kering.

Bahan-bahan:

  1. 500 gram daging kambing
  2. 4-5 sdm kecap manis
  3. 1 sdt merica
  4. 3-4 buah cabe rawit merah, iris
  5. 2 sdm gula merah
  6. Air secukupnya
  7. Garam dan penyedap rasa secukupnya
  8. Minyak goreng secukupnya
  9. 2 siung bawang putih
  10. 2 siung bawang merah
  11. 1 butir kemiri
  12. 1 batang sereh
  13. 3 lembar daun salam
  14. 2 lembar daun jeruk
  15. 2 ruas lengkuas

Cara membuat:

  1. Mulai dengan merebus daging kambing hingga teksturnya menjadi empuk, kemudian potong-potong sesuai dengan ukuran yang diinginkan.
  2. Selanjutnya, goreng bumbu yang telah dihaluskan bersama dengan bumbu tambahan lainnya hingga aroma harum tercium.
  3. Setelah itu, masukkan potongan daging kambing ke dalam tumisan bumbu, aduk merata agar semua potongan daging terlapis bumbu dengan sempurna.
  4. Lanjutkan dengan menuangkan air ke dalam campuran daging dan bumbu, biarkan hingga air mendidih.
  5. Selanjutnya, tambahkan kecap manis, garam, merica, penyedap rasa, gula merah, dan irisan cabe rawit ke dalam rebusan. Aduk rata dan lakukan penyesuaian rasa sesuai dengan selera.
  6. Biarkan masakan terus dimasak hingga kuah berkurang dan mengental, lalu sajikan selagi masih hangat untuk dinikmati.

6. Sop Konro

6. Sop Konro
IDN Times

Selain tongseng dan gulai, sop konro juga merupakan salah satu resep klasik mengolah daging kambing yang perlu dicoba. Resep ini berasal dari daerah Sulawesi, tepatnya dari Makassar.

Bagian daging yang akan dibutuhkan adalah bagian iga. Bumbunya sedikit mirip dengan tongseng dan gulai yang membutuhkan jinten. Namun, sop konro juga memerlukan kluwek, yang biasa dipakai untuk rawon ala Jawa Timur. Menu ini juga disajikan dengan kacang tanah yang memberikan tekstur tambahan yang unik.

Bahan-bahan:

  1. 300 gram iga sapi
  2. 1 batang serai, geprek
  3. 4 lembar daun salam
  4. 1 ruas jari jahe
  5. 2 batang daun bawang
  6. 1 sdt gula merah, iris tipis
  7. 6 siung bawang merah
  8. 3 siung bawang putih
  9. 1/2 sdt merica butiran
  10. 1/4 sdt ketumbar
  11. 2 buah isi kluwek
  12. Irisan daun bawang
  13. Sambal

Cara membuat:

  1. Mulailah dengan merebus iga sapi dalam air bersama dengan serai, daun salam, dan jahe untuk mendapatkan kaldu yang aromatik.
  2. Sementara iga sedang direbus, haluskan bawang merah, bawang putih, merica, kluwek yang sudah direndam hingga lunak, dan kemiri hingga menjadi pasta yang halus.
  3. Panaskan sedikit minyak pada wajan, lalu tumis pasta bumbu yang telah dihaluskan hingga aromanya tercium.
  4. Siapkan bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, merica, ketumbar, dan kluwek.
  5. Setelah itu, tuangkan campuran bumbu halus ke dalam panci berisi rebusan iga sapi, tambahkan garam sesuai selera, dan masak hingga bumbu tercampur rata dan meresap ke dalam daging.
  6. Terakhir, angkat iga sapi yang telah bercampur dengan bumbu dan tuangkan ke dalam mangkuk saji. Taburi dengan bawang goreng dan sajikan bersama sambal untuk menambah kelezatan.

7. Tongseng Kambing

7. Tongseng Kambing
IDN Times

Tentu saja, apabila kamu sedang mencari resep Tongseng Kambing untuk Idul Adha tahun ini, Yummy App juga punya! Ada berbagai resep Tongseng Kambing yang tersedia dari berbagai chef Yummy, salah satunya yang ditulis oleh Annisaa T.K ini. Resepnya hanya membutuhkan total 5 steps.

Pertama, jangan lupa untuk mencuci bersih daging dan dipotong dadu untuk mempermudah konsumsi. Kedua, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Ketiga, masukkan dan aduk daun jeruk dengan daging kambing hingga berubah warna. Keempat, masukkan larutan bumbu kari dan tambahkan sedikit santan disusul sisa bumbu lainnya. Pastikan daging tidak dimasak terlalu lama agar tidak alot. Terakhir, masukkan kol dan tomat lalu sajikan dengan irisan daun bawang atau bawang goreng.

Bahan-bahan:

  1. 500 gr daging kambing
  2. 5 lembar kubis
  3. 1 batang bawang pre
  4. 1 buah tomat
  5. 10 buah cabe rawit
  6. Secukupnya seasoning
  7. 2 sdm kecap manis
  8. 3 sdm krimer fiber
  9. 700-1000 ml air
  10. 3 batang serai
  11. 5 lembar daun jeruk
  12. 3 lembar daun salam
  13. 1 ruas jahe
  14. 1 ruas lengkuas
  15. 2 buah bunga lawang (pekak)
  16. 3 butir kapulaga
  17. 3 buah cengkeh
  18. 7 siung bawang merah
  19. 5 siung bawang putih
  20. 7 cabe merah besar
  21. 3 butir kemiri bakar
  22. 10 butir merica
  23. 1/2 sdt ketumbar
  24. 1 sdt kunyit
  25. Sejumput jinten

Cara membuat:

  1. Mulai dengan merebus daging kambing menggunakan teknik waktu 7 menit mendidih, 30 menit istirahat, dan 5 menit mendidih lagi, kemudian tiriskan.
  2. Lanjutkan dengan menyiapkan bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabe merah besar, kemiri bakar, merica, ketumbar, kunyit, jinten dan proses hingga lembut menggunakan blender.
  3. Bersihkan bumbu aromatik seperti serai, jahe, dan lengkuas, kemudian geprek untuk memperkuat aromanya.
  4. Panaskan minyak dalam wajan dan tumis campuran bumbu halus dan bumbu aromatik hingga matang dan harum.
  5. Setelah itu, tambahkan daging kambing yang telah direbus ke dalam tumisan bumbu, aduk rata.
  6. Tuangkan air kedalamnya dan masukkan larutan krimer fiber ke dalam campuran untuk menambah kekentalan.

8. Gulai Kambing

8. Gulai Kambing
IDN Times

Selain tongseng, gulai kambing adalah resep berbahan dasar daging kambing yang terkenal dimasak untuk merayakan Idul Adha. Di Yummy App, kamu bisa menemukan resep Gulai Kambing yang dimasak dengan mudah dan cepat. Tentu saja dengan 5 langkah mudah ala Yummy.

Bahan-bahan:

  1. 250 gr daging kambing
  2. 3 daun jeruk
  3. 1 ruas laos
  4. 2 kapulaga
  5. 3 cengkeh
  6. 1 ruas kecil kayu manis
  7. 1 st bubuk gule (bisa diskip)
  8. 1/2 santan instan ukuran kecil
  9. 2 daun bawang potong memanjang
  10. 2 sm minyak untuk menumis
  11. Secukupnya gula
  12. Secukupnya garam
  13. Secukupnya kaldu ayam
  14. Secukupnya lada bubuk
  15. Secukupnya air
  16. 3 cabe merah
  17. 3 bawang merah
  18. 2 bawang putih
  19. 1 ruas kunyit
  20. 1 ruas jahe
  21. 1 ruas kencur
  22. 1/2 st ketumbar
  23. 1/2 st jintan
  24. 1/2 kemiri

Cara membuat:

  1. Persiapkan terlebih dahulu semua bahan yang diperlukan, kemudian masak daging kambing menggunakan panci presto hingga empuk dan sisihkan.
  2. Untuk bumbu, haluskan bawang merah, bawang putih, cabe merah, kunyit, kencur, jahe, ketumbar, dan jintan menjadi satu pasta yang lembut.
  3. Selanjutnya, panaskan minyak dalam wajan dan mulai menumis pasta bumbu halus bersama dengan daun jeruk, laos, kapulaga, kayu manis, dan cengkeh sampai mengeluarkan aroma yang harum.
  4. Tambahkan sedikit air ke dalam tumisan bumbu, kemudian masukkan potongan daging kambing yang telah dipresto, aduk hingga bumbu merata pada daging.
  5. Lanjutkan dengan menambahkan garam, gula, kaldu bubuk, dan lada bubuk ke dalam masakan, aduk rata dan biarkan kuah mulai mendidih.
  6. Pada tahap akhir, tuangkan santan dan tambahkan potongan daun bawang, biarkan masakan mendidih lagi sampai kuahnya sedikit berkurang. Cek dan sesuaikan rasa sesuai keinginan, kemudian angkat dan hidangan siap untuk disajikan.

Mulai dari resep klasik seperti tongseng hingga resep unik layaknya gyoza, bisa jadi ide olahan daging kambing untuk kamu merayakan Idul Adha atau menu sehari-hari. Masih ada banyak rekomendasi resep masakan daging kambing lainnya yang hanya bisa kamu temukan di Yummy App. Ayo unduh sekarang sebagai pedoman memasak yang mudah!

Penulis: Embun Nadha Pawestri

Baca Juga: 9 Olahan Daging Sapi Terenak ala Yummy App

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Yummy Official

Yummy Official

Gulai Kambing

Gulai Kambing

(4.7)

40 mnt

recooks-0
recooks-1
recooks-2
recooks-3

+3

Lyliput Kitchen's

Lyliput Kitchen's

Rica-Rica Balungan Kambing

Rica-Rica Balungan Kambing

(5.0)

5 langkah

781

Artikel Lainnya di kuliner