10 Macam Olahan Kedelai yang Bisa Kamu Konsumsi

Kedelai bisa diolah jadi beragam makanan dan minuman, lho!

10 Macam Olahan Kedelai yang Bisa Kamu Konsumsi

penulis:

Virgina Rizky Adinda

Bagikan:

Sobat Yummy, kalian tahu tidak kalau kacang kedelai dapat diolah menjadi berbagai macam makanan, yang bisa dinikmati baik untuk camilan maupun makanan utama?

Nyatanya, bukan cuman tahu dan tempe saja, lho, makanan yang diolah dari kacang kedelai. Masih ada beragam makanan yang terbuat dari kedelai, dan mungkin juga sudah sering kamu konsumsi tanpa disadari.

Nah, kira-kira apa saja ya makanan yang terbuat dari kedelai? Simak artikel ini sampai habis ya!

1. Kembang Tahu

olahan kedelai kembang tahu
ilustrasi kembang tahu (unsplash.com/shermankwan)

Sobat Yummy pasti sudah tidak asing lagi kan dengan makanan yang satu ini? Ya, kembang tahu yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia ternyata terbuat dari kacang kedelai.

Berbeda dengan tahu yang biasanya, kembang tahu memiliki tekstur yang lebih lembut dan mudah hancur. Rasa dari kembang tahu itu sendiri juga sudah tidak perlu diragukan lagi, dan kelembutan dari kembang tahu sangat memanjakan lidah bagi para penikmatnya. 

Kembang tahu bisa dimasak dengan cara ditumis, atau pun menjadi pendamping makanan lain seperti dipadukan dengan sup ayam.

2. Susu Kedelai

olahan kedelai berupa susu kedelai
ilustrasi susu kedelai (pexels.com/pixabay)

Selain makanan, kedelai juga bisa diolah menjadi minuman bernutrisi seperti susu kedelai. Susu kedelai sendiri merupakan hasil ekstraksi dari biji kedelai yang melalui proses penggilingan, dan juga direbus dengan air panas. 

Bagi Sobat Yummy yang mempunyai alergi dengan susu sapi, susu kedelai bisa jadi alternatif penggantinya. Kandungan yang terdapat dalam susu kedelai sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Kalori yang terkandung di dalam susu kedelai juga tergolong rendah, sehingga sangat tepat dikonsumsi jika kamu sedang memutuskan untuk diet.

3. Rempeyek Kacang Kedelai

rempeyek kacang kedelai
ilustrasi rempeyek kacang kedelai (yummy.co.id)

Kacang kedelai bisa diolah juga menjadi rempeyek, sebagai camilan untuk kamu makan bersama dengan secangkir kopi hangat. Mungkin kamu masih sedikit asing dengan rempeyek kacang kedelai. Namun rasanya tidak kalah, lho, dari rempeyek kacang hijau yang biasa kamu konsumsi. Proses pembuatannya juga tergolong mudah, jadi kamu bisa coba untuk membuat rempeyek kacang kedelai sendiri di rumah.

4. Tepung Kacang Kedelai

tepung kacang kedelai
ilustrasi tepung kacang kedelai (pexels.com/klausnielsen)

Dari namanya saja sudah memberikan kamu informasi kalau tepung ini jelas terbuat dari kacang kedelai murni. Tidak jauh berbeda dengan susu kedelai, tepung kacang kedelai juga melalui berbagai proses seperti pengupasan, lalu biji kedelai dikeringkan, serta digiling sampai halus. 

Biasanya tepung kacang kedelai ini digunakan untuk menjadi bahan dasar pada beberapa jenis makanan seperti donat, sosis, dan juga roti.

Baca Juga: ​10 Kegunaan Tepung Maizena, Bisa Redakan Iritasi

5. Minyak Kedelai

minyak kedelai
ilustrasi minyak kedelai (pexels.com/pixabay)

Kedelai juga dapat diolah menjadi minyak, yang bisa kamu manfaatkan untuk bahan saat memasak. Minyak ini diperoleh dari hasil ekstraksi biji kedelai, sehingga memiliki banyak nutrisi untuk tubuh. Bukan hanya sebagai bahan masakan saja, minyak kedelai juga bisa digunakan untuk perawatan kulit karena mengandung vitamin E.

6. Tempe

tempe kedelai
ilustrasi tempe (pexels.com/cottonbrostudio)

Tempe merupakan makanan dari kedelai yang pasti sudah sering kamu jumpai. Berbeda dengan minyak dan susu kedelai yang merupakan hasil ekstraksi dari biji kedelai, tempe sendiri merupakan hasil dari proses fermentasi kedelai. Nutrisinya yang melimpah, tempe bisa dengan mudah dikerasikan menjadi berbagai macam makanan yang enak untuk dikonsumsi.

Banyak sekali, lho, ragam masakan tempe, seperti tempe tumis mercon, tempe crispy, dan juga tempe mendoan.

7. Tausi

olahan kedelai berupa tausi
ilustrasi tausi (unsplash.com/kaorikubota)

Seperti tempe, tausi juga merupakan hasil olahan dari kacang kedelai yang melalui proses fermentasi. Hanya saja, tausi ini tidak terbuat dari kacang kedelai kuning, melainkan terbuat dari kacang kedelai hitam.

Karena itu warna tausi terlihat lebih gelap jika dibandingkan dengan tempe dan olahan kedelai lainnya. Tausi juga bisa dikreasikan menjadi beragam makanan yang lezat.

8. Tahu

olahan kedelai berupa tahu
ilustrasi tahu (unsplash.com/airamdatoon)

Makanan dari kedelai selanjutnya yang juga sudah sangat kamu kenali adalah tahu. Tahu yang merupakan olahan kedelai ini sering dibuat sebagai makanan pendamping maupun makanan utama. Teksturnya yang mudah untuk dikunyah, membuat tahu menjadi nikmat saat dikonsumsi.

9. Gochujang

korean beef gochujang
ilustrasi korean beef gochujang (yummy.co.id/rizkitapoetri)

Bagi kamu yang gemar menonton drama Korea, gochujang mungkin menjadi salah satu bumbu makanan dari Korea yang kamu ketahui. Gochujang juga terbuat dari campuran kedelai, dan bahan-bahan lainnya.

Bumbu gochujang ini mempunyai rasa pedas dan asin yang khas dari Korea. Saat ini, banyak orang Indonesia juga yang suka dengan cita rasa dari gochujang.

10. Edamame

edamame
ilustrasi edamame (pexels.com/cottonbrostudio)

Edamame sebenarnya merupakan kacang kedelai yang masih muda. Walaupun terbilang belum matang, edamame sendiri tetap bisa dikonsumsi setelah diolah terlebih dahulu. Pengolahan edamame juga tidak sulit, bahkan kamu hanya perlu merebusnya saja untuk bisa menikmati edamame. Edamame dapat dijadikan sebagai camilan rendah kalori untuk kamu yang sedang diet. 

Tentunya banyak sekali olahan kedelai yang bisa dimasak menjadi makanan-makanan dengan rasa yang unik. Kamu juga bisa memilih untuk berkeliling ke tempat makan tradisional hingga yang mewah, untuk menemukan ragam masakan dari olahan kedelai. Yuk, kita kuliner makanan olahan dari kedelai!

Baca Juga: 8 Manfaat dan Cara Mengolah Kacang Kedelai yang Kaya Protein

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Erna

Erna

Peyek Kedelai

Peyek Kedelai

(5.0)

80 mnt

421

Artikel Lainnya di kuliner