15 Oleh-Oleh dari Jakarta buat Pulang Kampung, Wajib Dibeli!

Banyak makanan khas Betawi, lho!

15 Oleh-Oleh dari Jakarta buat Pulang Kampung, Wajib Dibeli!

penulis:

Anna Novita Rachim

Bagikan:

Bulan suci Ramadan identik dengan momen pulang kampung. Biasanya saat pulang kampung seseorang akan membawa buah tangan khas dari daerah perantauannya.

Kalau kamu salah satu orang yang mudik dari Jakarta, Yummy App punya beberapa rekomendasi oleh-oleh mudik dari Jakarta buat pulang kampung yang wajib kamu bawa! Ada apa saja? Yuk, simak beberapa pilihan oleh-olehnya di bawah ini!

1. Roti Buaya

roti buaya
ilustrasi roti buaya (flickr.com/syafiqirsyadi)

Oleh-oleh mudik pertama yang wajib kamu bawa adalah roti buaya. Bukan cuma bisa dijadikan seserahan saat acara pernikahan, roti buaya juga bisa kamu jadikan oleh-oleh. Banyak produsen roti buaya yang membuat roti ini dengan ukuran kecil sehingga bisa dengan mudah kamu bawa pulang.

Konon katanya, roti buaya ini melambangkan kesetiaan, lho. Hal ini terinspirasi dari kehidupan hewan buaya yang hanya kawin sekali saja selama hidupnya. Menarik banget, kan?

2. Bomboloni

bomboloni
ilustrasi bomboloni (instagram.com/chocban.jakarta)

Meskipun bomboloni ini makanan khas dari Italia, tapi banyak kedai bomboloni yang bisa kamu temukan di Jakarta dan ramai dikunjungi sebagai salah satu oleh-oleh mudik.

Donat dengan tekstur lembut ini memiliki lubang di bagian tengah dan diberi isian lezat. Biasanya bomboloni ini dijual per box dengan isi 6 biji donat berbagai rasa. Untuk harganya juga sangat terjangkau yaitu Rp75 ribu per box.

3. Dodol Betawi

dodol betawi
ilustrasi dodol betawi (insttagram.com/dodolbeko)

Bukan cuma di Garut, dodol juga ada, lho, di Jakarta. Bedanya dodol khas Betawi ini tidak memiliki rasa yang bervariasi seperti dodol garut. Meski begitu, kamu bisa menemukan varian dodol betawi rasa durian, wijen, ketan hitam, dan ketan putih.

Makanan khas Betawi ini biasanya hanya akan diproduksi saat acara besar saja, salah satunya untuk menyambut Idul Fitri dan Idul Adha. alasannya adalah karena proses pembuatan dodol ini cukup rumit dan membutuhkan waktu yang cukup lama yaitu 8 jam.

Meskipun proses pembuatannya rumit, tapi harga dodol betawi ini cukup affordable, kok! Satu buah dodol dengan ukuran 170 gr dibanderol dengan harga Rp18-25 ribu saja. Murah banget, kan?

4. Bir Pletok

bir pletok
ilustrasi bir pletok (flickr.com/sapteka)

Bir pletok adalah salah satu minuman khas yang hadir dari tanah Betawi. Tenang, bahan-bahan pembuatan minuman ini gak mengandung alkohol sama sekali, kok. Penamaan bir ini karena tekstur bir pletok yang berbusa mirip seperti bir pada umumnya. 

Bahan utama pembuatan bir pletok ini bisa bikin badan bugar, lho, karena menggunakan bahan rempah seperti jahe, serai, kayu manis, dan pandan. Minuman ini juga diklaim dapat menyehatkan tubuh, seperti menghangatkan badan dan melancarkan peredaran darah.

Nah, karena minuman ini terbilang unik, makanya banyak orang yang membeli bir pletok sebagai oleh-oleh mudik. Harganya bir pletok ini juga cukup terjangkau, yaitu Rp10 ribu untuk ukuran 250 ml.

5. Telur Gabus

telur gabus
ilustrasi telur gabus (flickr.com/linayuniarti)

Salah satu makanan ringan khas Betawi yang banyak digemari adalah telur gabus. Makanan ringan legendaris dari Jakarta ini terbuat dari tepung terigu, telur, margarin, garam, dan keju. Kenapa disebut telur gabus? Ini dikarenakan bentuknya yang dibuat mirip dengan telur ikan gabus yang kecil dan lonjong. 

Kalau kamu mau membawa makanan ini sebagai buah tangan, kamu bisa menemukannya dengan mudah di toko makanan ringan dan toko oleh-oleh. Harganya juga sangat murah, yaitu berkisar Rp30 ribu per 500 gram.

6. Kembang Goyang

kembang goyang
ilustrasi kembang goyang (flickr.com/candaramawat)

Sesuai dengan namanya, kemabang goyang ini adalah makanan khas Betawi yang memiliki bentuk mirip dengan kelopak bunga. Biasanya makanan ini tersedia dengan 3 variasi rasa, yaitu rasa manis, gurih, keju, dan pandan.

Cara pembuatan makanan ringan ini juga cukup unik. Adonan yang sudah dibuat akan dicetak dan digoyang-goyang hingga terlepas dari cetakannya.

Kalau kamu mau beli kembang goyang sebagai buah tangan, makanan ini bisa dengan mudah kamu temukan di toko oleh-oleh atau makanan ringan. Harganya juga murang banget yaitu Rp10 ribu untuk 100 gram.

7. Semprong

makanan khas Jakarta semprong
ilustrasi semprong (flickr.com/yummyinthetummyblog)

Kue semprong seiring kali dijadikan sajian kue ringan saat hari raya Idul Fitri. Tapi ternyata, makanan ini juga jadi makanan khas masyarakat Betawi.

Makanan yang sudah ada saat zaman penjajahan Belanda ini dimodifikasi dari segi bahan, sehingga lebih mudah dibuat. Biasanya kue semprong ini dijual per satu toples dengan harga Rp70 ribu saja.

Baca Juga: ​10 Oleh-oleh Khas Parepare yang Wajib Dibeli saat Traveling

8. Asinan Betawi

asinan betawi
ilustrasi asinan betawi (flickr.com/dwitarinawidianingrum)

Selain makanan manis, Betawi juga punya makanan segar yang bisa kamu jadikan oleh-oleh yaitu asinan Betawi. Jajanan khas Betawi ini biasanya disajikan seperti salad yang diberi saus kacang yang lezat.

Di dalam asinan Betawi ini terdapat beberapa sayur, seperti tauge, sawi asin, mentimun, wortel, bengkuang, tahu kuning, kacang tanah, dan tambahan kerupuk kuning. Satu porsi asinan Betawi ini biasanya dibandrol dengan harga Rp 20 ribu saja.

Tapi, asinan Betawi ini hanya tahan satu hari di suhu ruangan dan 2-3 hari di kulkas. Jadi, untuk kamu yang menempuh perjalanan cukup jauh, perlu dipertimbangkan, ya.

9. Kacang Condet

kacang condet
ilustrasi kacang condet (flickr.com/anggiesiddhartha)

Kacang condet sering disamakan dengan kacang bawang. Tapi ternyata olahan kacang dari Betawi ini memiliki sedikit perbedaan ari kacang tanah, yaitu dari segi ukuran dan tekstur.

Kacang condet memiliki ukuran yang lebih besar dan tekstur yang lebih empuk dibandingkan dengan kacang tanah. Camilan khas Betawi ini dibanderol dengan harga sekitar Rp30 ribu per toplesnya.

10. Biji Ketapang

biji ketapang
ilustrasi biji ketapang (youtube.com/cooking with hel)

Oleh-oleh bercita rasa manis dari Jakarta lainnya yang bisa kamu beli adalah biji ketapang. Kue kering yang ternyata sudah ada dari zaman dahulu ini terbuat dari tepung terigu, margarin, gula pasir, santan, garam, telur, dan juga vanili.

Keunikan dari biji ketapang ini adalah teksturnya yang keras ketika digigit. Tapi gak usah khawatir, sekarang ini sudah banyak biji ketapang yang dibuat dengan tekstur lembut dan renyah, kok. Biasanya biji ketapang ini dijual dengan harga Rp80 ribu perkilonya. 

11. Opak

kerupuk opak
ilustrasi kerupuk opak (youtube.com/dapuraniq)

Opak adalah camilan khas Betawi yang terbuat dari singkong atau pun ketan. Tekstur renyahnya yang mirip dengan kerupuk membuat makanan ini sangat digandrungi oleh berbagai kalangan. Biasanya opak ini dijual dengan kondisi yang masih mentang seharga Rp30 ribu per kilonya.

12. Sagon Bakar

sagon bakar
ilustrasi sagon bakar (youtube.com/dapurmamabila)

Sagon Betawi adalah salah satu makanan khas yang hampir langka keberadaannya. Makanan ini biasanya dihadirkan saat hari raya yang melambangkan sukacita masyarakat Betawi.

Kue berbahan dasar tepung beras dan kelapa ini memiliki cita rasa yang manis dan gurih. Harga dari sagon bakar ini mulai dari Rp19-27 ribu per toplesnya.

13. Akar Kelape

akar kelapa
ilustrasi akar kelapa (youtube.com/DR COOK)

Akar kelapa merupakan salah satu makanan khas hari raya yang selalu dibuat oleh masyarakat Betawi. Nama akar kelapa sendiri digunakan karena kue kering ini bentuknya sangat mirip dengan akar kelapa.

Selain bentuknya yang unik, rasa manis dan gurih dari akar kelapa ini bisa bikin orang yang memakannya ketagihan. Harga akar kelapa ini juga sangat terjangkau kok yaitu Rp15 ribu per 500 gram.

14. Kue Satoe

kue satoe
ilustrasi kue satoe (youtube.com/mamidennia)

Kue satoe adalah kue khas dari Betawi yang terbuat dari tepung kacang hijau, tepung beras, dan gula. Kue ringan ini memiliki cita rasa yang sangat gurih dan memiliki tekstur yang berbutir seperti pasir.

Masyarakat Betawi biasanya akan menyajikan kue ini saat hari raya tiba, bersama dengan sagin, akar kelapa, dan lainnya. Kue satu ini umumnya dijual per toples dengan harga Rp25 ribu saja.

15. Kue Bangket

kue bangket
ilustrasi kue bangket (youtube.com/dapur menul)

Kue bangket adalah kue kering yang juga berasal dari Betawi. Kue dengan cita rasa manis ini biasa disajikan saat lebaran tiba.

Teksturnya yang lembut dan rasanya yang gurih pas banget untuk menemani waktu santai di kampung halaman dengan secangkir teh atau kopi. Kue bangkit biasanya dijual dengan kemasan toples seharga Rp15 ribu saja. Murah banget, kan?

Sudah sampai mana nih, persiapan pulang kampung lebaran ini? Jangan lupa untuk beli beberapa rekomendasi oleh-oleh dari Jakarta buat pulang kampung tahun ini ya. Semoga membantu, Sobat Yummy!

Baca Juga: ​15 Oleh-oleh Khas Bandung yang Hits dan Kekinian 

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Re Milik

Re Milik

Telur Gabus Keju

Telur Gabus Keju

(5.0)

7 langkah

1.0 rb

Artikel Lainnya di kuliner