​15 Oleh-oleh Khas Bandung yang Hits dan Kekinian 

​Ke Bandung belum lengkap tanpa bawa ini!

​15 Oleh-oleh Khas Bandung yang Hits dan Kekinian 

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Jalan-jalan ke Bandung rasanya tidak lengkap jika tidak membawa buah tangan yang menarik dari kota tersebut. Kali ini, Yummy App akan memberikan rekomendasi oleh-oleh khas Bandung yang pastinya hits dan kekinian yang wajib kamu tahu. 

Kota yang akrab dengan sebutan kota kembang ini memiliki aneka ragam kudapan menarik yang bisa kamu icipi dan bagikan ke orang-orang terdekatmu. Berikut adalah pilihan oleh-oleh khas Bandung yang bisa kamu bawa pulang.

1. Pisang Bolen Kartika Sari

description
pisang bolen Kartika Sari (Instagram.com/kartikasaribakery)

Siapa yang tidak kenal Kartika Sari? tempat oleh-oleh ini pastinya langsung terlintas di benak semua orang ketika berada di Bandung. Salah satu makanan yang wajib dibawa pulang adalah pisang bolennya. Perpaduan pisang yang dibalut kulit pastry renyah menjadikan cemilan ini terasa lezat.

Selain pisang bolen, di sana terdapat banyak pilihan seperti aneka pastry dan kue-kue lainnya yang bisa kamu bungkus dan jadikan oleh-oleh. Tokonya terletak di beberapa tempat di Bandung dan pusatnya ada di Jalan H. Akbar Nomor 4, Kebon Kawung.

2. Batagor Riri

description
batagor riri (Instagram.com/batagor_riri)

Batagor merupakan singkatan dari baso tahu goreng. Makanan khas Bandung yang satu ini terbuat dari ikan tenggiri dengan campuran tepung tapioka. Ketika disiram saus kacang dan perasan jeruk nipis, rasanya akan sangat lezat.

Batagor Riri merupakan salah satu tempat batagor yang banyak direkomendasikan. Jika kamu mau berkunjung, letaknya berada di Jl. Burangrang No. 41, Lengkong.

3. Kopi Aroma

description
kopi aroma khas Bandung (kopiaroma.id)

Kota Bandung punya kopi legendaris, loh. Rupanya, toko Kopi Aroma ini sudah berdiri sejak lama dan sangat populer. Salah satu ciri khas dari Kopi Aroma ini ialah proses pembuatannya masih menggunakan alat tradisional sehingga cita rasanya tidak berubah.

Harga kopi di Kopi Aroma ini juga terbilang murah, hanya sekitar Rp20 ribuan kamu sudah bisa mendapatkan Kopi Aroma Robusta. Daripada penasaran, langsung saja mampir ke tokonya yang berlokasi di Jl. Banceuy No. 51, Braga, Sumur Bandung.

4. Picnic Roll Prima Rasa

description
picnic roll Prima Rasa (Instagram.com/primarasabakeryandpastry)

Jika kamu ada di Bandung, jangan lupa untuk mampir ke Prima Rasa. Pasalnya, di tempat oleh-oleh satu ini kamu bisa menemukan banyak kudapan enak dan menarik, salah satunya Picnic Roll ini!

Dibuat dari daging cincang dengan balutan kulit pastry dan telur rebus di dalamnya membuat makanan ini terasa lezat dan juga unik. Tidak hanya picnic roll, kamu juga bisa memilih menu lainnya seperti brownies, puding, dan aneka cake.

5. Surabi

description
surabi khas Bandung (Instagram.com/soerabibandunghw_padang)

Surabi merupakan salah satu makanan khas Bandung yang sangat populer. Kudapan yang terbuat dari tepung beras sebagai bahan utamanya ini sangat cocok disantap saat masih hangat. Meskipun saat ini surabi sudah ada di kota-kota lain, namun tetap saja rasanya belum lengkap jika tidak mencoba surabi khas Bandung.

Salah satu tempat surabi di Bandung yang cukup populer adalah Surabi Enhai di Jalan Setiabudi.

6. Peyeum

description
peyeum khas Bandung (mamang.id)

Ingat Bandung pasti ingat peyeum. Peyeum merupakan produk olahan dari singkong yang kemudian ditaburi ragi dan disimpan di tempat tertutup. Selain bisa dimakan langsung, peyeum juga bisa diolah menjadi beberapa makanan, lho.

Jika kamu berkunjung ke Kota Bandung, tidak sulit untuk menemukan makanan ini. Pasalnya, hampir di setiap pusat oleh-oleh pasti menjual peyeum.

7. Brownies Kukus Amanda

description
brownies kukus Amanda (Instagram.com/amandabrownies)

Brownies kukus Amanda ini memiliki ciri khas tersendiri, yakni variannya yang beraneka ragam, mulai dari cokelat original, cheese cream, blueberry, pandan, tiramisu, hingga choco marble. Selain itu, perpaduan rasa coklat yang legit dan tekstur brownies yang lembut juga menjadi faktor mengapa makanan ini wajib kamu coba!

8. Gepuk Nyonya Ong

description
Gepuk Nyonya Ong (bandungcity.net)

Gepuk Nyonya Ong merupakan salah satu oleh-oleh khas Bandung yang berasal dari daging sapi. Gepuk ini juga diolah menjadi berbagai macam varian olahan seperti beef original, beef salty, beef ekstra pedas, hingga chicken spicy. Soal rasa, tidak perlu diragukan lagi!

Gepuk Nyonya Ong ini sangat cocok disantap dengan nasi hangat. Berlokasi di Jalan Dr. Djunjunan 155E, tempat ini selalu ramai dikunjungi pembeli, loh.

9. Tahu Susu Lembang

description
toko tahu susu lembang (bolulembang.co.id)

Tahu Susu Lembang ini tidak bisa kamu lewatkan untuk oleh-oleh. Pasalnya, kenikmatan tahu susu ini tidak bisa kamu dapatkan pada tahu-tahu pada umumnya.

Dengan bahan dasar kedelai dan susu murni yang digunakan, tahu susu lembang ini punya cita rasa yang gurih dan lezat. Tahu Susu Lembang berlokasi di Jalan Raya Lembang Nomor 177, Jayagiri, Kabupaten Bandung Barat.

10. Belah Doeren

description
Belah Doeren khas Bandung (Instagram.com/belahdoeren)

Belah Doeren ini tempat yang wajib kamu datangi, apalagi jika kamu seorang pencinta durian. Ada banyak olahan durian dari dessert hingga pastry yang pastinya lezat, salah satunya chewy soes durian. Cemilan-cemilan ini sangat cocok dijadikan oleh-oleh khas Bandung, mengingat toko atau tempat yang menjual aneka ragam makanan berbahan dasar durian belum banyak.

11. Bolu Susu Lembang

description
ilustrasi bolu susu lembang (instagram.com/bolulembang)

Bolu Susu Lembang adalah salah satu kue yang terkenal karena memiliki tekstur yang sangat lembut dan cita rasanya yang enak. Tidak hanya itu, harga kue ini juga cukup murah, yakni sekitar Rp29 ribu saja, lho. Jika kamu ingin membelinya sebagai oleh-oleh, kue ini sudah cukup banyak dijual di berbagai toko di Kota Bandung. Namun, gerai utamanya terletak di Jl. Raya Lembang No. 275.

12. Cireng Rujak

description
ilustrasi cireng (instagram.com/_dewigunawan_)

Cireng alias aci digoreng merupakan salah satu kudapan yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Sunda. Sementara tambahan bumbu rujak pada cireng merupakan inovasi baru yang juga membuat cita rasanya semakin unik. 

Cireng rujak ini bisa kamu temukan dengan mudah dalam keadaan belum digoreng, sehingga bisa disantap saat masih hangat. Selain rasanya yang enak, cemilan ini juga cukup praktis. Cocok banget kamu jadikan oleh-oleh! 

13. Bandung Makuta

description
instagram.com/bandungmakuta

Siapa yang tak kenal dengan Bandung Makuta? Kue ini adalah salah satu usaha milik artis terkenal, Laudya Cynthia Bella. Makuta sendiri merupakan kue yang dilapisi oleh puff pastry dengan baluran saus toping dengan aneka rasa. 

Bagi kamu pencinta manis, Bandung Makuta cocok banget nih untuk dibawa pulang. Tenang, harganya cukup bersahabat kok! Harganya mulai dari Rp60 ribuan saja. Untuk tempatnya sendiri, Bandung Makuta terletak di Jl. Van De Venter Nomor 2. 

14. Bandung Kunafe

description
instagram.com/bandungkunafe

Satu lagi usaha kuliner milik artis yang cocok dijadikan oleh-oleh khas Bandung adalah Bandung Kunafe milik Omesh dan Irfan Hakim. Bandung Kunafe merupakan kue bertekstur lembut dengan varian rasa, antara lain cheese, greentea, chocolate, tiramisu, nutella, hingga durian.

Selain lezat, kue ini juga terbilang cukup terjangkau. Harga satu kotaknya sekitar Rp60 ribuan. Dengan rasa dan harga yang terjangkau, tidak perlu ragu untuk langsung membungkusnya sebagai oleh-oleh. Penasaran? Kamu bisa mengunjungi tokonya yang berlokasi di Jl. Banda No. 23, Citarum, Bandung Wetan.

15. Keripik Maicih

description
instagram.com/infomaicih

Cemilan dari Bandung yang satu ini cocok banget nih buat kamu yang suka pedas. Keripik Maicih merupakan cemilan berupa keripik singkong, baso goreng, seblak, dan gurilem yang dibalut dengan bumbu pedas. Salah satu ciri khasnya adalah kamu bisa memilih tingkat kepedasannya dari mulai level 1 hingga level 10. Hayo, berani coba tidak?

Itulah aneka oleh-oleh khas Bandung yang hits dan kekinian yang bisa kamu coba. Kira-kira, mana yang membuatmu tertarik?

Penulis: Alya Madani

Baca Juga: 20 Tempat Makan Keluarga di Bandung, Enak dan Nyaman!

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Yummy Official

Yummy Official

Mie Kocok Bandung

Mie Kocok Bandung

(4.8)

60 mnt

15 rb

Yummy Official

Yummy Official

Roti Bakar Bandung Coklat Keju

Roti Bakar Bandung Coklat Keju

(4.7)

30 mnt

recooks-0
recooks-1
recooks-2
recooks-3

+36

Artikel Lainnya di kuliner