10 Oleh-oleh Khas Banyuwangi yang Terkenal, Unik dan Enak

Kamu juga bisa temukan suvenir unik di Kota Sunrise ini

10 Oleh-oleh Khas Banyuwangi yang Terkenal, Unik dan Enak

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Sobat Yummy, saat berkunjung ke Banyuwangi, tidak lengkap rasanya jika tidak membawa pulang oleh-oleh khas daerah tersebut sebagai kenang-kenangan. Banyuwangi terkenal dengan keragaman kuliner dan produk-produk uniknya.

Di artikel ini, Yummy App akan mengulas aneka macam oleh-oleh khas Banyuwangi yang populer dan banyak dicari. Jadi, pastikan kamu membaca sampai habis!

1. Tape Ketan Coklat

tape ketan coklat khas Banyuwangi
ilustrasi tape ketan coklat khas Banyuwangi (youtube.com/Dapur mamabila)

Oleh-oleh khas Banyuwangi pertama yang tidak boleh kamu lewatkan adalah tape ketan coklat. Tape ketan adalah makanan tradisional yang terbuat dari ketan atau beras ketan yang difermentasi dengan jamur ragi.

Di Banyuwangi, tape ketan coklat sangat populer dan banyak dicari oleh wisatawan. Rasanya yang manis dan teksturnya yang kenyal membuatnya menjadi oleh-oleh yang enak dan unik.

Kamu bisa menikmati tape ketan coklat ini sebagai camilan atau tambahan pada hidangan penutup. Pastikan kamu membelinya di tempat terpercaya agar kualitasnya terjamin.

2. Kopi Osing

kopi osing oleh oleh khas Banyuwangi
ilustrasi kopi Osing khas Banyuwangi (banyuwanginet.com)

Banyuwangi juga terkenal dengan kopi berkualitasnya. Salah satu jenis kopi yang menjadi oleh-oleh khas Banyuwangi adalah kopi Osing.

Kopi Osing adalah hasil olahan biji kopi arabika yang difermentasi dengan tambahan gula aren. Proses fermentasi inilah yang memberikan rasa yang unik pada kopi ini.

Kopi Osing memiliki cita rasa yang ringan, beraroma manis dan rasa yang tidak terlalu pahit. Minuman kopi ini cocok untuk kamu yang tidak terlalu suka dengan rasa pahit pada kopi. Kamu bisa menikmati kopi Osing sebagai minuman hangat atau dingin.

Jika kamu pecinta kopi, jangan lewatkan untuk mencoba kopi Osing ini saat berkunjung ke Banyuwangi, ya.

3. Madu Banyuwangi

Ilustrasi madu
Ilustrasi madu (freepik.com/freepik)

Selain tape ketan dan kopi Osing, oleh-oleh khas Banyuwangi yang sangat populer adalah madu. Banyuwangi memiliki banyak peternakan lebah madu yang menghasilkan madu kualitas terbaik. Madu khas Banyuwangi diproses secara alami dan memiliki rasa yang manis serta kaya manfaat untuk kesehatan.

Kamu bisa membeli madu dalam berbagai kemasan, mulai dari botol kecil hingga kemasan besar. Madu ini bisa kamu konsumsi langsung atau digunakan sebagai tambahan pada makanan dan minuman.

Pastikan kamu memilih madu dari peternakan yang terpercaya untuk mendapatkan kualitas yang terbaik.

4. Keripik Cidas

keripik cidas khas Banyuwangi
ilustrasi keripik cidas khas Banyuwangi (lazada.co.id)

Camilan unik ini juga patut kamu coba saat berkunjung ke Banyuwangi. Keripik cidas adalah camilan dari bawang putih yang dipipihkan, kemudian dibalur tepung singkong dan cabai asli. Bawang putih kemudian digoreng hingga renyah.

Cita rasanya yang gurih, asin, dan uniknya membuat sulit berhenti mengunyah. Kamu bisa mendapatkan keripik cidas di berbagai toko oleh-oleh di Banyuwangi.

Baca Juga: 20 Oleh-oleh Khas Malang yang Hits dan Terkenal

5. Batik

aneka batik Banyuwangi
potret aneka batik Banyuwangi (instagram.com/batik_banyuwangi)

Batik Banyuwangi memiliki ciri khas tersendiri dengan motif-motif yang unik dan warna-warna yang cerah dan gelap. Batik ini diproduksi secara tradisional dengan tangan oleh para pengrajin batik Banyuwangi yang ahli.

Batik Banyuwangi bisa kamu beli dalam bentuk kain per meter atau pakaian siap pakai, seperti baju, dress, atau rok. Kamu juga bisa memilih motif dan warna yang sesuai dengan selera dan kebutuhanmu.

Memiliki batik Banyuwangi sebagai oleh-oleh tidak hanya memberikan seni dan keindahan, tetapi juga mendukung industri lokal. Jadi, jangan ragu untuk membeli batik Banyuwangi saat berkunjung ke sana dan membawanya pulang sebagai oleh-oleh yang istimewa.

6. Sirup Markisa

sirup markisa oleh oleh khas banyuwangi
ilustrasi sirup markisa (pineappleandcoconut.com)

Banyuwangi terkenal sebagai penghasil buah-buahan segar, salah satunya markisa. Para petani mengolah markisa menjadi sirup buah yang memiliki aroma dan rasa yang segar dan manis.

Kamu bisa membeli sirup markisa dalam kemasan botol yang siap untuk dibawa pulang. Nikmati dengan cara mencampurnya dengan air dingin atau digunakan sebagai bahan tambahan pada minuman atau makanan lainnya.

7. Terasi Banyuwangi

terasi udang rebon oleh oleh khas Banyuwangi
ilustrasi terasi udang rebon (linktr.ee/terasiudangrebon)

Bagi Sobat Yummy yang suka memasak, terasi Banyuwangi adalah pilihan yang tepat. Terasi ini dibuat dari rebon atau udang kecil yang difermentasi, menghasilkan aroma dan rasa yang khas untuk masakan Indonesia.

8. Produk Kerajinan Tangan

suvenir kerajinan tangan untuk oleh oleh khas banyuwangi
ilustrasi suvenir anyaman bambu khas Banyuwangi (pariwisatabanyuwangi.com)

Banyuwangi juga terkenal dengan kerajinan tangannya yang beragam, mulai dari tas anyaman, perhiasan, hingga suvenir berbahan dasar kayu dan bambu. Kamu bisa ikut belajar membuat berbagai kerajinan tangan dengan berkunjung ke Desa Tambong, Kecamatan Kabat.

9. Sambal Pecel Banyuwangi

sambal pecel khas Banyuwangi untuk oleh oleh
ilustrasi sambal pecel khas Banyuwangi (youtube.com/Kreasi Culinary Banyuwangi)

Sambal pecel Banyuwangi memiliki cita rasa yang khas dengan paduan bumbu rempah-rempah yang sempurna. Tahan hingga berbulan-bulan, tentunya sambal ini cocok untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh khas Banyuwangi.

10. Bolu Klemben Tape Singkong

Terakhir, jangan lewatkan bolu tape, kombinasi unik antara tape singkong dan adonan bolu yang lembut. Rasa manis dan tekstur yang khas dari bolu tape ini menjadikannya oleh-oleh khas Banyuwangi yang berbeda dan wajib dicoba.

Pastikan kamu membeli oleh-oleh khas Banyuwangi di atas saat berkunjung ke kota yang dijuluki The Sunrise of Java ini, ya. Selamat berwisata dan jangan lupa untuk mencicipi kuliner dan produk unik Banyuwangi lainnya!

Baca Juga: Resep Sambal Andaliman Khas Batak, Pedasnya Beda!

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Astri Anjarwati

Astri Anjarwati

Nasi Pecel Jawa Timur

Nasi Pecel Jawa Timur

(5.0)

9 langkah

638

Artikel Lainnya di kuliner