​20 Oleh-oleh Khas Jakarta Kekinian dan Wajib Dibeli

Liburan tahun baru keluar kota, bawa oleh-oleh jangan lupa!

​20 Oleh-oleh Khas Jakarta Kekinian dan Wajib Dibeli

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Liburan sebentar lagi, sudah ada rencana keluar kota mengunjungi kerabat dan saudara, atau sekadar bersantai menghindari penatnya ibu kota? Bagi kamu warga Jakarta yang sebentar lagi menyambut liburan tahun baru atau libur sekolah, bisa banget, bawa oleh-oleh khas Jakarta berikut untuk sanak keluarga di luar kota.

Atau mungkin kamu warga luar Jakarta yang liburan ini memutuskan berkunjung ke Jakarta? Jangan lupa saat pulang nanti membawa buah tangan untuk keluarga di rumah, ya!

Mulai dari oleh-oleh legendaris hingga yang hits dan kekinian, yuk, simak daftar rekomendasi oleh-oleh khas Jakarta dari Yummy App berikut ini.

1. Kue kembang goyang

kembang goyang
iStockphoto.com

Ada yang sudah tahu kalau ternyata kue ini adalah kue khas Betawi? Kue dengan tekstur yang renyah dan memiliki cita rasa gurih ini mungkin sudah cukup akrab denganmu karena memang sudah menyebar di berbagai daerah di Indonesia karena kenikmatannya. Sesuai namanya, kue ini berbentuk kembang atau bunga yang sedang mekar.

Kue ini cocok dijadikan oleh-oleh khas Jakarta karena cukup awet disimpan di suhu ruang selama beberapa minggu dan pastinya cocok di lidah banyak orang.

2. Kue akar kelapa

kue akar kelapa, oleh oleh khas jakarta
app.yummy.co.id

Sebagian orang juga mungkin sudah tidak asing dengan kue yang satu ini, ya. Kue akar kelapa juga termasuk salah satu jajanan legendaris khas Betawi yang sudah menyebar di banyak daerah di Indonesia.

Kue ini sering hadir juga pada saat perayaan atau momen-momen besar, seperti lebaran. Namun tidak ada salahnya membawa pulang kue ini langsung dari Jakarta karena selain khas, kue ini juga bisa bertahan lama disimpan di suhu ruang.

Seperti namanya, kue ini berbentuk seperti akar dan memiliki cita rasa yang renyah dan cenderung manis. Oleh orang Jakarta sendiri, kue ini juga kerap disebut kue procot dan sering dijadikan oleh-oleh khas Jakarta.

3. Dodol betawi

ilustrasi dodol betawi
iStockphoto.com

Siapa, sih, yang tidak kenal dengan jajanan populer yang satu ini? Bukan hanya Garut, Betawi juga punya dodol khas yang sudah hits sejak lama sebagai oleh-oleh khas Jakarta.

Dodol Betawi termasuk salah satu makanan yang tidak pernah absen dibawa pulang oleh warga Jakarta perantauan ke kampung halaman saat kembali ke rumah. Meski kini sudah banyak kehadiran camilan dan makanan kekinian, namun dodol masih eksis dan selalu bisa kamu dapatkan untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Dodol Betawi juga punya banyak varian, mulai dari yang original hingga rasa buah-buahan. Rasa gurih dan manis serta teksturnya yang legit tentunya bikin Sobat Yummy ketagihan!

4. Roti buaya

Roti buaya
app.yummy.co.id

Roti buaya seringkali disajikan pada acara-acara adat Betawi, terutama di acara perkawinan dan tentunya bisa menjadi salah satu oleh-oleh khas Jakarta paling ikonik. Roti ini melambangkan pernikahan yang setia dengan satu sama lain dan rukun sampai ajal menjemput seperti halnya buaya yang selalu setia pada pasangannya.

5. Kue semprong

kue semprong
app.yummy.co.id

Satu lagi kue khas Jakarta yang juga terkenal di banyak derah lain di Indonesia, yaitu kue semprong. Di daerah lain, kue ini dikenal dengan beberapa nama yang berbeda, seperti kue sapit atau kue dampit yang digulung sehingga berbentuk pipa.

Kue ini memiliki cita rasa yang khas, tidak terlalu manis, dan renyah saat digigit. Karena kelezatannya inilah, kue ini cocok untuk dijadikan oleh-oleh khas Jakarta untuk Sobat Yummy.

6. Tape uli

tape uli
iStockphoto.com

Apa ada yang sudah pernah makan tape uli? Atau, ini justru baru pertama kalinya kamu dengar soal makanan ini?

Tape uli memiliki cita rasa yang legit khas beras ketan putih yang dinikmati dengan uli yang memiliki rasa sedikit asam. Masyarakat Betawi sangat menggemari makanan yang satu ini dan biasanya lebih nikmat disantap bersama dengan kopi.

Namun, tape uli tidak bisa disimpan terlalu lama karena terbuat dari beras ketan putih. Sebaiknya, untuk kamu yang ingin membawa tape uli sebagai oleh-oleh khas Jakarta, disarankan untuk mempertimbangkan jarak dan waktu tempuh di perjalanan, ya, Sobat Yummy!

7. Bir pletok betawi

Bir pletok betawi
iStockphoto.com

Jakarta juga memiliki oleh-oleh berupa minuman kesehatan, yakni bir pletok. Meskipun dinamakan demikian, tetapi minuman ini sama sekali tidak mengandung alkohol, kok! Bir pletok murni hanya minuman kesehatan yang terbuat dari berbagai tumbuhan obat yang memiliki khasiat baik bagi tubuh, seperti jahe, serai, daun pandan, dan rempah-rempah lain.

Bir pletok biasanya ada yang tersedia dalam kemasan bubuk dan siap minum, sehingga cocok untuk kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh khas Jakarta.

8. Pencok betawi

Pencok merupakan salah satu jajanan yang cukup menarik untuk dibawa pulang, terlebih untuk kamu yang belum pernah coba atau bahkan belum pernah dengar soal jajanan yang satu ini. Biasanya, masyarakat Betawi juga menyajikan makanan ini di acara pernikahan, sehingga seringkali disebut sebagai pencok pengantin.

Pencok berbaan dasar kentang yang diiris tipis-tipis yang digoreng dan dibumbui dengan beragam bumbu dan rasa seperti rasa bawang, rasa pedas, dan lain-lain.

9. Kue geplak

kue geplak
www.instagram.com/jakartadulukala

Kue ini merupakan jajan tradisional khas Betawi yang kini sudah mulai langka dan jarang dijumpai. Namun, jika kamu menyempatkan diri khusus berkunjung ke toko oleh-oleh khas Jakarta, kue geplak biasanya masih bisa ditemui di sana. Industri rumahan di kawasan Bintaro juga masih banyak yang memproduksi kue ini jika kamu punya waktu untuk berkunjung.

Kue geplak dinamai demikian karena proses pembuatannya yang digeplak atau ditepuk-tepuk. Tekstur kuenya lembut dengan cita rasa yang manis cocok untuk dijadikan oleh-oleh khas Jakarta untuk Sobat Yummy.

10. Kue telur gabus

kue telur gabus
app.yummy.co.id

Kue khas Betawi yang satu ini bercita rasa gurih dan ringan yang mudah diterima di lidah banyak orang. Kue gabus keju juga sudah banyak dikenal oleh masyarakat di beberapa daerah lain. Namun, kamu tetap bisa kok membawanya sebagai oleh-oleh khas Jakarta karena kue ini cukup tahan lama dan hanya perlu disimpan di suhu ruang di dalam wadah yang tertutup.

11. Kue rangin

kue rangi
iStockphoto.com

Kue rangi merupakan jajanan yang terbuat dari tepung sagu atau tepung kanji dan kelapa parut yang dipanggang. Kue rangi berbentuk seperti kue pukis dengan tekstur yang lebih lembut dan tidak sepadat kue pukis.

12. Kue putu mayang

12. Kue putu mayang
iStockphoto.com

Kue ini merupakan kue putu yang dinikmati dengan cara mencelupkannya ke dalam gula aren. Kue putu mayang hadir dengan tampilan warna-warni dan bentuk yang khas. Kue ini juga cukup mudah ditemukan di setiap sudut Jakarta.

13. Kue cincin

description
app.yummy.co.id

Sesuai namanya, kue ini berbentuk seperti cincin dengan lubang di tengahnya. Kue ini dibuat dari campuran gula aren dan tentu saja memiliki rasa yang manis. Selain rasanya yang enak, kue cincin juga masih mudah ditemui di toko oleh-oleh.

14. Kue biji ketapang

description
app.yummy.co.id

Kue biji ketapang adalah camilan gurih yang sering dijumpai pada momen lebaran. Ternyata kue ini merupakan khasnya Jakarta, lho! Kue ini terbuat dari tepung yang dicampur dengan parutan kelapa di dalamnya sehingga terasa sangat gurih dan renyah.

15. Keripik buah kering

15. Keripik buah kering
iStockphoto.com

Di Jakarta, kamu juga bisa menemui aneka jenis buah-buahan yang potong-potong dan dikeringkan tanpa menghilangkan cita rasa asli dan manisnya buah. Pengeringan buah ini bertujuan agar dapat bertahan lebih lama dan untuk mendapatkan pengalaman baru menikmati buah.

Keripik buah ini merupakan salah satu inovasi jajanan modern yang bisa kamu jadikan oleh-oleh khas Jakarta. Pilihan buahnya pun beragam, seperti buah melon, apel, jambu, dan nangka.

16. Marguerite nougat

16. Marguerite nougat
iStockphoto.com

Marguerite nougat adalah salah satu oleh-oleh kekinian yang bisa kamu bawa pulang dari Jakarta. Jajanan ini beru hadir di Jakarta beberapa tahun belakangan dan bisa banget kamu coba untuk dijadikan oleh-oleh khas Jakarta.

Marguerite nougat adalah home made nougat yang dibuat tanpa bahan pengawet dan juga gluten free, lho! Rasanya manis, gurih, serta legit yang bisa bikin ketagihan.

17. Jakarta cheese factory

17. Jakarta cheese factory
www.instagram.com/jakartacheesefactory

Cheese Factory merupakan salah satu toko kue kekinian dan hits di Jakarta. Akhir-akhir ini, juga banyak warga Jakarta atau warga luar Jakarta yang berkunjung ke Jakarta memilih belanja oleh-oleh di tempat ini. Kamu bisa memilih banyak jenis kue mulai dari bolu hingga bolen yang cukup awet bertahan beberapa hari yang pastinya cocok kamu bawa dalam perjalanan.

Bagi kamu yang ingin berkunjung, Cheese Factory punya banyak cabang di daerah Jakarta yang bisa kamu jadikan pilihan untuk dikunjungi.

18. Hokkaido baked cheese tart

18. Hokkaido baked cheese tart
www.instagram.com/hokkaido.id

Hokkaido cheese tart merupakan salah satu kue tart dari toko kue hits di Jakarta yaitu Hokkaido. Selain di Jakarta, Hokkaido juga memiliki beberapa cabang di beberapa kota lainnya di daerah Jabodetabek dan juga beberapa kota lain di Pulau Jawa seperti Bandung dan Surabaya.

Hokkaido baked cheese tart juga punya banyak varian rasa, mulai dari yang original, blueberry, red velvet, hingga matcha. Selain cheese tart-nya, kamu juga bisa menumpai beragam pattiserie yang tak kalah enak.

19. Union jakarta

19. Union jakarta
www.instagram.com/unionjkt

Union Jakarta merupakan outlet bakery dan classic brasserie yang bisa kamu pilih untuk menemukan oleh-oleh yang akan dibawa pulang dari Jakarta.

20. Royce' chocolate

20. Royce' chocolate
www.instagram.com/roycechocolate.id

Royce' Chocolate merupakan sebuah brand yang memperoduksi cokelat dengan beragam jenis pilihan produk cokelat yang berkualitas. Beberapa yang terkenal adalah nama chocolate yang merupakan velvety cokelat yang lembut dan meleleh begitu masuk ke mulut. Selain nama chocolate, beberapa pilihan favorit lainnya adalah potatochips chocolate, chocolate bar, chocolate wafer, dan baton cookies.

Kini kamu tidak perlu bingung lagi mau bawa oleh-oleh khas Jakarta seperti apa untuk orang-orang terdekat saat berkunjung dari Jakarta. Kira-kira mana pilihan oleh-oleh yang akan kamu bawa pulang pada liburan kali ini?

Penulis: Ikhsanny Novira Ishlah

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Nita Wahyuni Lubis

Nita Wahyuni Lubis

Kue Akar Kelapa #RabuEkstraPoin

Kue Akar Kelapa #RabuEkstraPoin

(4.4)

10 langkah

5.9 rb

Artikel Lainnya di kuliner