​15 Oleh-Oleh Khas Jogja, Makan hingga Souvenir, Wajib Dibawa Pulang

Beli oleh-oleh enak tanpa harus menguras kantong!

​15 Oleh-Oleh Khas Jogja, Makan hingga Souvenir, Wajib Dibawa Pulang

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Sebagai kota yang sering dijadikan sebagai destinasi wisata, Yogyakarta menyajikan aneka ragam pilihan oleh-oleh khas berupa makanan dan barang yang bisa kamu pilih sebagai buah tangan untuk diberikan ke kerabat.

Untuk membantu kamu yang sedang kebingungan memilih, berikut beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Jogja yang sudah terangkum dari berbagai sumber.

1. Bakpia

1. Bakpia
bakpia patok khas Jogja (Instagram.com/bakpiapatuk75)

Bakpia adalah salah satu makanan wajib ketika kamu berkunjung ke Kota Jogja. Kue dengan variasi isi yang beragam seperti coklat, kacang hijau, keju, hingga durian ini bercita rasa manis dan empuk. Salah satu bakpia yang terkenal dan direkomendasikan sebagai salah satu oleh-oleh khas Jogja adalah Bakpia Pathuk 75 dan 25.

2. Gudeg

2. Gudeg
gudeg khas Jogja (Instagram.com/gudegyudjum)

Gudeg merupakan salah satu makanan khas Jogja. Rasanya, belum lengkap jika kamu ke Jogja tanpa membawa pulang gudeg. Biasanya, gudeg disajikan dengan lauk ayam, tahu, tempe, dan sambel krecek.

Salah satu tempat gudeg yang terkenal di Jogja adalah Gudeg Yu Djum. Tidak perlu khawatir gudeg akan basi saat dibawa pulang, karena kamu bisa membawa gudeg kering untuk dijadikan sebagai oleh-oleh khas Jogja.

3. Yangko

3. Yangko
yangko makanan khas Jogja (jogjasiana.net)

Yangko merupakan makanan yang terbuat dari tepung ketan dengan isian yang bervariasi. Yangko ini sering kali disebut sebagai mochi-nya Jogja. Teksturnya yang kenyal serta bentuknya yang mungil membuat kudapan satu ini cocok kamu jadikan sebagai oleh-oleh. Selain itu, yangko juga dapat dengan mudah ditemukan di berbagai pusat oleh-oleh Yogyakarta. 

4. Coklat Monggo

4. Coklat Monggo
coklat monggo (Instagram.com/chocolatemonggo)

Bosan dengan makanan berat? Kamu bisa menjadikan Coklat Monggo sebagai pilihan untuk oleh-oleh khas Jogja. Keunikan dari Coklat Monggo ini ialah pemiliknya berkebangsaan Belgia, sehingga rasa coklat di tempat ini hampir sama seperti cokelat di negeri Belgia.

Kamu bisa datang ke Jalan Dalem KG III/978, Kotagede, Yogyakarta untuk membeli coklat tersebut. Selain itu, kamu juga bisa melihat langsung proses pembuatannya, lho!

5. Tasuba (Tahu Susu Bakso)

5. Tasuba (Tahu Susu Bakso)
tahu susu baso (Instagram.com/tasuba.co.id)

Tidak hanya Kota Semarang, Kota Jogja juga memiliki Tasuba (Tahu Susu Bakso) yang tidak kalah enak. Karena cita rasanya yang lezat sekaligus harganya yang cukup murah, Tasuba ini cocok dijadikan oleh-oleh khas Jogja. Lokasi gerainya terletak di Jl. Laksda Adisucipto km 7,6 Yogyakarta. 

6. Peyek Mbok Tumpuk

6. Peyek Mbok Tumpuk
peyek mbok tumpek (gudeg.net)

Makanan yang satu ini hampir mirip dengan peyek, namun bentuknya cenderung tidak beraturan serta jumlah kacangnya lebih banyak. Peyek Mbok Tumpuk mempunyai rasa yang gurih, lezat, dengan sensasi kriuk yang pas di mulut. Kamu bisa mengunjungi toko oleh-oleh Geplak dan Peyek Mbok Tumpuk di JL. KHA. Wahid Hasyim No. 104, Bantul, jika ingin mencobanya.

7. Wedang Uwuh

7. Wedang Uwuh
wedang uwuh (Instagram.com/wedanguwuh.berkawan)

Jika bosan dengan makanan, kamu bisa mencari alternatif berupa minuman sebagai oleh-oleh khas Jogja. Wedang uwuh adalah pilihan yang tepat untuk itu. Dengan bahan dasar rempah-rempah, minuman ini dapat menghangatkan tubuh. Jika kamu ingin membelinya, minuman ini bisa kamu dapatkan di berbagai toko oleh-oleh Jogja.

8. Walang Goreng (Belalang Goreng)

8. Walang Goreng (Belalang Goreng)
belalang goreng (Instagram.com/walanggorenghandayani)

Oleh-oleh khas Jogja yang satu ini terbilang unik sekaligus cukup ekstrim. Walang goreng atau belalang goreng ini punya cita rasa yang gurih, renyah, dan bisa kamu jadikan cemilan. Makanan ini bisa dengan mudah kamu temukan di kios-kios sepanjang jalan di Gunungkidul. 

9. Batik Jogja

9. Batik Jogja
batik jogja (anekawisata.com)

Tidak lengkap rasanya jika mampir ke Jogja tanpa membawa batik khas Jogja. Jika kamu sedang mencari buah tangan berupa benda, batik Jogja merupakan salah satu pilihan yang tepat. Dengan motif tradisional yang beragam, batik Jogja akan menambah keindahan jika dikenakan. Kamu bisa mendapatkan batik ini di kawasan Malioboro dan Pasar Beringharjo. 

10. Kaos Dagadu

10. Kaos Dagadu
kaos Dagadu Jogja (Instagram.com/dagadudjokdja)

Jika kamu mencari buah tangan yang hits, kekinian, sekaligus unik, kamu bisa membeli Kaos Dagadu. Pilihan kaos dari Dagadu ini berisi plesetan-plesetan lucu yang sangat menghibur. Kamu bisa berkunjung langsung ke Dagadu Djokdja di Jl. Gedongkuning 128, Yogyakarta, untuk memilih sekaligus membelinya.

11. Gerabah Kasongan

Jika kamu ingin berburu kerajinan, gerabah kasongan tidak boleh terlewatkan. Gerabah kasongan memiliki beragam bentuk dan punya kualitas yang bagus. Kerajinan berupa guci, vas bunga, pot bunga, hingga asbak bisa kamu dapatkan untuk dijadikan buah tangan. Alamat lengkapnya ada di Pedukuhan Kajen, Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Kab. Bantul, Yogyakarta.

12. Blangkon

12. Blangkon
ilustrasi blangkon Jogja (Instagram.com/bakulblangkonjogja)

Jika kamu bingung membelikan oleh-oleh khas Jogja berupa barang, kamu bisa memilih blangkon sebagai pilihan. Blangkon tradisional Jawa ini sangat kental dengan unsur budaya sehingga akan sangat identik jika menjadi buah tangan. Kamu bisa mendapatkan pakaian khas Jogja ini di Pasar Beringharjo atau sepanjang jalan Malioboro. 

13. Kerajinan Perak

13. Kerajinan Perak
ilustrasi kerajinan perak (jogjaspace.com)

Kerajinan perak merupakan salah satu cinderamata khas Jogja yang banyak digemari wisatawan. Bagaimana tidak, kerajinan perak di sini tersedia dengan bentuk yang beragam mulai dari perhiasan hingga hiasan rumah. Kualitasnya pun tidak perlu diragukan lagi. Jika ingin mendapatkannya, kamu bisa datang ke Kotagede yang berjarak 5 KM dari pusat kota Yogyakarta.

14. Tas Rotan

14. Tas Rotan
tas rotan (Instagram.com/tanpopoproject)

Barang yang satu ini akan sangat cocok bagi kamu pencinta fashion. Siapa sangka batang rotan dapat disulap menjadi tas cantik yang juga unik. Jika kamu mau membelinya, kamu bisa langsung menuju Pasar Beringharjo. Untuk harganya, kamu bisa menawarnya terlebih dahulu agar sesuai dengan anggaran belanjamu.

15. Suvenir Malioboro

description
ilustrasi suvenir di sepanjang Malioboro (Unsplash.com/Arif Kusuma)

Siapa yang akan menolak jika diberi suvenir lucu khas Malioboro? Pasalnya, hampir setiap orang menyukainya. Jika kamu sedang berjalan-jalan di Jogja, jangan lupa untuk berburu suvenir berupa gantungan kunci, gelang, dompet, hingga tas di pedagang kaki lima sepanjang jalan Malioboro. Selain motifnya yang lucu, harganya juga sangat bersahabat untuk kantong, lho. Cocok banget buat oleh-oleh!

Itu dia 15 rekomendasi oleh-oleh khas Jogja berupa makanan dan barang yang bisa kamu jadikan sebagai buah tangan. Ada yang menarik perhatianmu?

Penulis: Alya Madani

Baca Juga: 15 Makanan Khas Jogja Selain Gudeg, Wajib Coba!

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Wahid Nur Fajri

Wahid Nur Fajri

Gudeg #JagoMasakMinggu8Periode3

Gudeg #JagoMasakMinggu8Periode3

(5.0)

8 langkah

743

Artikel Lainnya di kuliner