Advertisement

Advertisement

Advertisement

17 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Magelang, dari Makanan hingga Barang

Jangan sampai kebingungan dengan ragam pilihannya

17 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Magelang, dari Makanan hingga Barang

penulis:

Dian Rahma Fika Alnina

Bagikan:

Bagi kamu yang sedang mengunjungi kota Magelang, tidak akan lengkap rasanya jika pulang tanpa membawa buah tangan. 

Oleh-oleh khas Magelang ini punya beragam produk yang menunjukkan nilai-nilai kearifan lokal. Mulai dari makanan hingga kerajinan tangan karya penduduk setempat. 

Biar gak tambah penasaran, berikut rekomendasi oleh-oleh terkenal dari Magelang yang sudah dirangkum Yummy App untukmu!

Advertisement

1. Getuk trio

potret getuk trio oleh-oleh khas Magelang (tokopedia.com/kdrsnack_official)
potret getuk trio oleh-oleh khas Magelang (tokopedia.com/kdrsnack_official)

Rekomendasi oleh-oleh khas Magelang kita awali dengan kudapan yang berbahan dasar singkong rebus alias getuk. Konon katanya, Magelang adalah asal kota produsen getuk pertama sejak zaman pendudukan Jepang di Indonesia. 

Maka tak heran, getuk juga jadi makanan khas Magelang yang cukup melegenda. Getuk trio sendiri memiliki keistimewaan dari tampilan tiga warna yang tersusun kontras, dari merah mudah, putih, dan cokelat, yang membuatnya menggugah selera.

Perpaduan trio warna itulah yang menjadi ide penamaan getuk dengan cita rasa manis nan gurih ini. Kamu tidak akan kesusahan menemukan getuk trio di toko oleh-oleh, karena itu akan terpajang di sepanjang rak. 

Cukup dengan membayar mulai dari Rp25.000 kamu bisa mencicipi kelembutan getuk trio. Hasil tumbukan singkong yang direbus lama menghasilkan tekstur pulen yang hanya akan kamu temui di getuk. 

Nama Getuk Trio sendiri mewakili salah satu merek produsen, merek lain ada Getuk Eco, Getuk Marem, Getuk Sarinah, dan Getuk Trio Rasa.

Advertisement

2. Getuk bolen

getuk bolen khas magelang
ilustrasi getuk bolen (budaya-indonesia.org)

Berkembangnya usaha kuliner membuat inovasi makanan semakin beragam. Contoh saja, makanan khas Magelang berupa getuk bisa disulap menjadi hidangan pastry

Apakah mungkin? Tentu saja. Pelopor dari jajanan yang disebut getuk bolen ini adalah Fiori Bakery and Patisery. Seperti bolen pada umumnya, bagian luar akan terlapisi kulit tipis khas puff pastry, sementara isiannya adalah getuk lembut dengan baragam varian rasa. 

Kamu bisa memilih dari original, cappucino, cokelat, kopi, tape, durian, dan masih banyak lagi. Keunikan cita rasa getuk yang manis dan kulit pastry yang renyah sangat cocok menjadi oleh-oleh khas Magelang. 

Jika tertarik, kamu bisa singgah ke toko kue yang ada di Jl. Pangeran Diponegoro No. 17, Magelang, Magelang Tengah, Jawa Tengah.

3. Keripik getuk

keripik getuk khas Magelang (pesonanusantara.co.id)
keripik getuk khas Magelang (pesonanusantara.co.id)

Sebelum move on dari getuk, ada satu lagi olahan yang sayang jika dilewatkan. Oleh-oleh khas Magelang ini tidak kalah unik dengan rekomendasi sebelumnya. 

Inovasi getuk yang dijadikan keripik akan memberikan pengalaman baru untuk lidah kamu. Seperti namanya, keripik getuk terbuat dari irisan tipis getuk yang dijemur kering, kemudian digoreng hingga krispi.

Dominasi rasa dari gurih keripik ini akan membuatmu ketagihan. Tekstur renyahnya akan membuatmu lupa kalau ini berwujud asal getuk. Karena melalui proses penggorengan, keripik getuk bisa bertahan lama sampai beberapa minggu. Jadi, cocok untuk dibawa pulang ke luar kota. 

4. Permen tape

permen tape khas magelang
ilustrasi permen tape (youtube.com/Dapur Nana's)

Untuk kamu yang pernah mencicipi tape, pasti familiar dengan asam manis khas fermentasi singkong. Nah, selain dinikmati langsung, kamu juga bisa mencicipi tape dalam versi permen yang lebih awet dan tahan lama. 

Tape singkong yang sudah matang akan dicampur dengan gula putih serta kelapa parut, yang kemudian dimasak hingga mengering. Selanjutnya adonan itu dicetak berbentuk persegi panjang dan dibungkus memakai kertas minyak aneka warna. 

Kalau kamu penasaran bagaimana rasa permen tapi yang unik ini, kamu bisa membungkusnya dengan membayar sebesar Rp23.000 untuk kemasan 500 gram. 

5. Tape ketan

ilustrasi tape ketan (tokopedia.com/rumahSAGRAHA)
ilustrasi tape ketan (tokopedia.com/rumahSAGRAHA)

Selain tape singkong, makanan khas Jawa Tengah lain dari kategori tape adalah yang menggunakan beras ketan. Tipe dari hidangan ini lebih berair dibanding tape singkong, dan biasa menjadi campuran berbagai jenis es. 

Untuk tape ketan yang dijajakan di Magelang biasanya memiliki warna hijau muda yang menggunakan sari daun katuk sebagai pewarna. Sementara untuk cita rasa tape ketan adalah perpaduan dari manis dan sedikit asam yang terasa segar. Cocok sekali untuk pencuci mulut.

Salah satu produk tape ketan yang terkenal di Magelang dihasilkan oleh Kecamatan Muntilan. Agar tahan lama, tape ketan ini biasa dikemas dalam cup plastik warna bening yang bisa menggoda mata yang melihatnya. 

Nah, kalau kamu berminat, kamu bisa menyiapkan dana mulai Rp25.000 untuk membeli kemasan terkecil. 

6. Wajik

wajik khas magelang
ilustrasi wajik (yummy.co.id/Herlin Wulan)

Membahas makanan yang manis-manis tidak pernah lengkap tanpa wajik. Panganan yang terbuat dari beras ketan ini juga terkenal sebagai oleh-oleh khas Magelang.

Dipadukan dengan santan dan gula merah, wajik yang pulen akan menghasilkan rasa legit di tiap gigitan. Hidangan tradisional ini sangat pas untuk kamu yang gemar jajanan basah ala pasar.

Rasa manis khas gula jawa tidak hanya akan mendominasi rasa, tapi juga menjadi ciri khas warna cokelat dari wajik. Variasi lain adalah yang menggunakan pandan untuk menghasilkan warna hijau alami. 

Salah satu pioner produsen wajik di Magelang adalah toko pusat oleh-oleh Wajik Week. Beralamatkan di Jl. Kauman No. 86 Kauman, Salaman, Magelang, toko ini buka dari jam 07.00–20.00 WIB. 

7. Sate pisang

potret sate pisang oleh-oleh khas Magelang
potret sate pisang oleh-oleh khas Magelang (Google Maps/Bob)

Mampir ke Magelang akan semakin berkesan jika kamu menyempatkan waktu mencicipi kudapan berikut ini. Dinamakan sate pisang karena bahan utama yang digunakan adalah pisang kepok merah.

Pertama-tama pisang akan direbus dengan tingkat kematangan yang pas. Setelah proses perebusan, pisang akan dipotong menjadi beberapa bagian dan ditusuk menyerupai sate.

Bedanya, sate pisang ini tidak melewati tahap pemanggangan. Namun, itu tidak mengurangi keunikannya sama sekali, karena penyajian sate pisang akan diguyur dengan kuah kental bercita rasa gurih khas santan.

Dari segi pengalaman mencoba, sate pisang ini memberikan kesan seperti makan kue nagasari. Perpaduan manis alami dari pisang, dengan adonan tepung yang gurih tidak mungkin salah.  

Nah, agar semakin mantap, teman makan sate pisang ini biasanya adalah wedang ronde. Kamu bisa mencoba keduanya di warung Ronde Miroso yang terletak di Jl. Medang No. 6A, Rejowinangun Utara, Magelang Tengah.

Jika kamu datang dari sekitar kota Magelang, sate pisang ini bisa jadi salah satu oleh-oleh khas Magelang. Meski tidak tahan lama, hidangan ini masih bisa bertahan jika tempat tujuanmu hanya berjarak 2–3 jam. 

8. Buntil daun talas

buntil daun talas khas magelang
ilustrasi buntil daun talas (yummy.co.id/dewi hana)

Apakah kamu pernah mendengar hidangan bernama buntil? Jika ini yang pertama kali, maka kamu harus menggunakan imajinasi untuk membayangkan kenikmatannya. 

Buntil adalah jenis lauk yang terbuat dari parutan kelapa muda berbumbu, yang dicampur dengan teri, lalu dibungkus dengan dedaunan. Pada umumnya daun yang dipakai adalah daun pepaya, atau singkong. 

Di Magelang sendiri, buntil ini dilapisi oleh daun talas muda dengan isian yang ditambah petai atau udang rebon. Sentuhan terakhir yang membuat buntil ini makin istimewa adalah cara masaknya yang direbus dalam kuah santan.

Buntil daun talas memang lebih enak jika disantap langsung di tempat. Namun, bagi kamu yang ingin membawanya pulang, ini juga bisa jadi opsi menarik selama kamu tidak tinggal jauh dari Magelang.

Baca Juga: 20 Oleh-oleh Khas Solo Terpopuler dan Tahan Lama

9. Gula kacang

ilustrasi gula kacang oleh-oleh khas Magelang (flickr.com/FX Sudarmadi)
ilustrasi gula kacang oleh-oleh khas Magelang (flickr.com/FX Sudarmadi)

Oleh-oleh khas Magelang selanjutnya adalah gula kacang yang telah dikenal banyak orang. Panganan yang juga disebut ampyang ini menonjolkan rasa gurih dari kacang tanah, yang menyatu serasi dengan legit gula merah.

Kalau kamu menyukai makanan bertekstur, maka ampyang patut dicoba. Kacang tanah yang dipertahankan utuh akan memberikan pengalaman mengunyah yang tidak biasa. 

Selain lelehan gula merah yang memanjakan lidah, kamu juga akan mendapati after taste jahe yang menghangatkan tenggorokan.

Gula kacang juga mudah ditemui di berbagai kedai dan sangat cocok dijadikan buah tangan mengingat daya simpannya yang lama. Apakah kamu tertarik membelinya?

10. Grubi

oleh-oleh khas magelang grubi
ilustrasi grubi (yummy.co.id/Enggar Nugraheni Putri)

Tidak jauh-jauh dari ubi dan gula merah, jajanan lokal dari Magelang juga mempunyai yang namanya grubi alias kremes ubi. Camilan ini dibuat dari parutan ubi yang digoreng, lalu dicampur karamel gula jawa, dan dibentuk bulat sampe menjadi padat. 

Karena parutan ubinya tipis, jadi ini bertekstur renyah dan mudah dikunyah. Karamel yang menyelimuti grubi juga menegaskan teksturnya yang krispi. 

Tidak perlu ragu jika ingin membungkus grubi sebagai oleh-oleh sepulang dari Magelang. 

11. Tahu gundul

potret tahu gundul oleh-oleh khas Magelang (tokopedia.com/Cemilan Ndeso 168)
potret tahu gundul oleh-oleh khas Magelang (tokopedia.com/Cemilan Ndeso 168)

Kalau Magelang punya kupat tahu untuk makanan utama khas daerah, maka versi camilannya ada tahu gundul. Kata gundul di sini mendeskripsikan bentuk tahu yang bulat mulus seperti kepala botak. 

Nah, makanan ringan ini terbuat dari adonan tahu yang dicampur bumbu dan tepung, kemudian digoreng dalam bentuk bola-bola kecil sampai kering. 

Hasil akhirnya tahu akan kopong di dalam dan krispi secara keseluruhan. Kalau harus mencari persamaan, maka tahu bulat kering adalah analogi yang sepadan dari segi tekstur, rasa, dan wujud. 

Kamu bisa membawa tahu gundul pulang sebagai oleh-oleh khas Magelang dan menilai apakah itu benar-benar mirip dengan tahu bulat kering.

12. Slondok

oleh-oleh khas magelang keripik slondok
ilustrasi keripik slondok (flickr.com/s_tieka | paxelmarket.co)

Setelah yang manis-manis kita akan lebih menyoroti oleh-oleh khas Magelang dengan cita rasa gurih. Hampir mirip dengan keripik getuk, ada juga makanan ringan lain yang terbuat dari ketela yang digoreng sampai renyah. 

Bedanya, slondok masuk tipe kerupuk karena komposisi ketelanya tidak sedominan di keripik getuk. Singkong yang telah direbus, dicampur bumbu dan bahan tambahan, lalu dicetak memanjang dan dijemur. 

Setelah itu kerupuk slondok digoreng sampai mengembang. Rasa original slondok adalah gurih asin, dengan sedikit rasa manis yang nagih. Untuk variasinya, kerupuk slondok juga ada yang ditambah rasa pedas.

Kini sebagian toko juga menyediakan slondok versi yang belum digoreng agar bisa tahan lama di perjalanan. 

13. Pothil ketumbar

potret pothil ketumbar oleh-oleh khas Magelang (tokopedia.com/raosmagelang)
potret pothil ketumbar oleh-oleh khas Magelang (tokopedia.com/raosmagelang)

Ada satu lagi panganan lokal khas Magelang yang terbuat dari ketela, nih. Namanya pothil yang biasa dibumbui dengan ketumbar. Bahan dan cara pembuatan pothil juga menyerupai slondok, tapi bentuknya melingkar seperti cincin.

Penggunaan ketumbar pada pothil menjadi daya tarik tersendiri. Karena aroma dan rasa yang dihasilkan akan gurih, khas rempah berbentuk bulat mungil ini. 

Sebagai camilan, pothil tidak akan membuatmu bosan. Jadi, tak perlu ragu untuk membawa serta pothil ke destinasi pulang.

14. Unthuk cacing

potret unthuk cacing oleh-oleh khas Magelang (tokopedia.com/soto bathok mbak ilik)
potret unthuk cacing oleh-oleh khas Magelang (tokopedia.com/soto bathok mbak ilik)

Rekomendasi oleh-oleh khas Magelang dari kategori makanan akan ditutup oleh jajanan bernama unthuk cacing. Camilan ini terbuat dari campuran tepung, gula, mentega, dan air, yang adonanannya digoreng dalam minyak panas. 

Bentuknya yang melingkar tak beraturan dianggap mirip anatomi cacing, dan asal nama unthuk sendiri  bermakna buih menurut bahasa Jawa. 

Di daerah Jawa Tengah, makanan ini juga dikenal sebagai unthukyuyu (kepiting sungai). Unthuk cacing khas Magelang punya rasa manis dan tekstur renyah karena tambahan mentega di adonannya. 

15. Miniatur candi

miniatur candi dan stupa Borobudur
ilustrasi miniatur candi dan stupa Borobudur (tokopedia.com/carisouvenir)

Kalau kamu mengincar oleh-oleh Khas Magelang dalam bentuk cendera mata, miniatur candi bisa jadi opsi yang menarik. Sebagai daerah dengan landmark Candi Borobudur, maka sangat mudah menemukan miniatur candi yang dijual di toko suvenir. 

Seperti halnya tanda mata dari tempat wisata lain, kamu dapat mengagumi keindahan candi dengan memajang miniaturnya di rumah. Mungkin suatu saat nanti kamu bisa tertarik untuk berkunjung ke Magelang lagi.

16. Kerajinan pahat batu

potret kerajinan pahat batu di Magelang (Google Maps/Black AmiSui)
potret kerajinan pahat batu di Magelang (Google Maps/Black AmiSui)

Masih berkaitan dengan miniatur candi yang terbuat dari batu, Magelang juga terkenal akan sentra kerajinan pahat batu. 

Daerah penghasil kerajinan ini terpusat di Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang. Produk yang dihasilkan sangat beragam, mulai dari cobek, ornamen hiasan dinding, sampai ada miniatur relief candi. 

Jenis material yang digunakan adalah batu andesit warna hitam yang diperoleh dari sungai-sungai berhulu di Gunung Merapi. Karena berasal dari endapan erupsi Merapi, batu itu memiliki kualitas tinggi.

Sehingga membuat hasil karya pahat batu di Muntilan sangat dihargai, baik di dalam negeri maupun yang diekspor ke luar negeri. 

17. Kerajinan gerabah

ilustrasi kerajinan gerabah oleh-oleh khas Magelang (Google Maps/Daniel Prabowo)
ilustrasi kerajinan gerabah oleh-oleh khas Magelang (Google Maps/Daniel Prabowo)

Rekomendasi oleh-oleh khas Magelang yang terakhir adalah aneka kerajinan gerabah. Tidak hanya unggul dalam memproduksi kerajinan pahat batu, Magelang juga memiliki pusat kerajinan gerabah yang terletak di Dusun Klipoh. 

Pilihan hasil kerajinan dari tanah liat ini juga tak kalah banyak. Kamu bisa melihat peralatan rumah tangga seperti kendi, piring, cangkir, atau juga pot bunga. Menariknya, miniatur candi dari tanah liat juga tersedia. 

Bagi kamu yang tertarik membuat gerabah juga bisa belajar langsung dari ahlinya. Paket wisata edukasi banyak disediakan untuk memfasilitasi keingintahuan wisatawan. 

Rekomendasi oleh-oleh Khas Magelang mencirikan keunikan karakteristik setempat. Pilihan makanan dari yang manis hingga gurih, semakin lengkap dengan aneka cendera mata hasil kerajinan tangan. 

Semoga referensi ini membantu kamu menemukan pilihan, ya!

Baca Juga: ​15 Oleh-Oleh Khas Jogja yang Murah dan Kekinian  

Bagikan:

Advertisement

Artikel Terpopuler

Advertisement

resep masakan terkait

iffah foodies

iffah foodies

Soto Khas Magelang

Soto Khas Magelang

(5.0)

5 langkah

3.7 rb

Artikel Lainnya di kuliner

Advertisement