15 Oleh-Oleh Khas Padang Terpopuler, Wajib Dibeli!

Oleh-oleh yang disukai para wisatawan!

15 Oleh-Oleh Khas Padang Terpopuler, Wajib Dibeli!

penulis:

Virgina Rizky Adinda

Bagikan:

Padang merupakan salah satu kota dengan pesona alamnya yang luar biasa, dan menjadi kota yang paling besar di pantai barat Sumatera. 

Kota di Sumatera Barat yang satu ini juga cukup dikenal dengan legenda Malin Kundangnya yang mendunia, loh, kamu pasti sudah tahu, kan? Eits, tak cuma keindahan alam dan legendanya saja yang terkenal, kuliner khas Padang juga cukup populer karena rasanya yang sangat lezat.

Jika kamu sedang berkunjung ke Padang, jangan sampai lupa untuk membeli oleh-oleh khas Padang untuk dibawa pulang ke rumah, ya. Yuk, Sobat Yummy jangan lupa dicatat!

1. Karak Kaliang

karak kaliang
ilustrasi karak kaliang (instagram.comnovalina171717)

Oleh-oleh khas Padang yang pertama adalah camilan yang rasanya gurih dan garing banget, dan pastinya kamu bakal jatuh cinta, deh. Namanya karak kaliang, cemilan yang terbuat dari tepung ubi kayu atau singkong dengan campuran garam dan bawang putih.

Kamu bisa dengan mudah menemukan karak kaliang di berbagai tempat penjualan oleh-oleh. Karak kaliang jadi makanan yang wajib banget kamu bawa pulang, karena rasanya yang enak dan juga ringan dibawa-bawa.

2. Keripik Sanjai

oleh oleh khas padang keripik sanjai
ilustrasi keripik sanjai (instagram.com/putibungsu05)

Camilan dari singkong lainnya yang juga merupakan oleh-oleh khas Padang yang wajib kamu bawa pulang adalah keripik sanjai. Camilan khas Padang ini punya rasa yang cukup pedas, biasanya dibuat dengan menggunakan bumbu balado.

Walaupun pedas, keripik sanjai sangat enak untuk dinikmati saat kumpul bersama keluarga ataupun teman-teman. Tapi kalau kamu tidak suka pedas, ada juga keripik sanjai yang punya rasa original dan asin.

3. Kerupuk Jangek

Oleh oleh khas padang kerupuk jangek
ilustrasi kerupuk jangek (instagram.com/satepadangsidi)

Tak hanya jadi makanan khas Jawa Timur, kerupuk yang dibuat dari kulit sapi juga ternyata menjadi makanan khas di Padang. Bedanya, di Jawa Timur kerupuk tersebut dinamakan kerupuk rambak, sedangkan di Padang bernama kerupuk jangek. Memiliki cita rasa yang asin, kerupuk jangek sangat cocok dibawa pulang sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah. Kerupuk jangek juga bisa kamu beli mentahannya, lalu digoreng sendiri di rumah.

4. Dendeng Daun Singkong

dendeng daun singkong
ilustrasi dendeng daun singkong (yummy.co.id/imana'imah)

Dendeng biasanya merupakan makanan yang terbuat dari irisan daging sapi yang dibuat kering. Berbeda dengan di Padang, alih-alih menggunakan daging sapi, masyarakat di sana membuat dendeng dari daun singkong.

Selain rasanya yang gurih dan nikmat, dendeng dari daun singkong ini juga katanya bisa untuk dikonsumsi bagi para pengidap kolesterol.

Baca Juga: 15 Oleh-oleh Khas Aceh yang Paling disukai Wisatawan 

5. Kipang Kacang

Oleh oleh khas padang kipang kacang
ilustrasi kipang kacang (instagram.com/dunialoka.id)

Kipang kacang adalah cemilan yang berbahan dasar dari kacang tanah yang dicampur dengan gula merah. Hal itu membuat kipang kacang mempunyai rasa yang manis karena rasa dari gula merah cukup mendominasi.

Sekilas mirip dengan ampyang dari Jawa, tapi rasa keduanya punya rasa khas dari masing-masing daerah.

6. Bolu Batik

Oleh oleh khas padang bolu batik
ilustrasi bolu batik (instagram.com/bolubatik_retnodyah)

Jangan kira motif batik hanya diperuntukkan pada pakaian saja, di Padang, motif batik jadi desain menarik untuk kue bolu.

Dikenal dengan sebutan bolu batik, kue ini memiliki bentuk seperti bolu gulung, dengan rasanya yang manis seperti kue bolu pada umumnya. Kue unik dari Padang yang satu ini wajib kamu borong deh untuk dibawa pulang!

7. Galamai

Oleh oleh khas padang galamai
ilustrasi galamai (instagram.com/owwgalamai)

Camilan yang biasa kamu kenal dengan nama dodol atau jenang ternyata ada versi Padangnya, loh!

Namanya gamalai, yang berbahan dasar dari tepung beras ketan, santan, dan dicampur juga dengan gula aren. Oleh-oleh khas Padang ini punya rasa yang manis dan pasti digemari oleh sanak keluarga.

8. Dadiah

oleh oleh khas padang dadiah
ilustrasi dadiah (instagram.com/overthrowmerch)

Dadiah merupakan makanan yang terbuat dari susu sapi kerbau dan mempunyai tekstur seperti yoghurt.

Susu kerbau akan difermentasikan terlebih dahulu selama kurang lebih 2-3 hari, sebelum akhirnya bisa dikonsumsi. Dadiah mempunyai cita rasa yang asam seperti yoghurt pada umumnya.

Baca Juga: 20 Oleh-oleh Khas Lampung yang Wajib Diborong Pulang

9. Keripik Balado Shirley

oleh oleh khas padang keripik balado shirley
ilustrasi keripik balado shirley (instagram.com/keripik_temannonton)

Oleh-oleh khas Padang selanjutnya ada keripik balado shirley, cemilan yang terkenal dengan rasa pedasnya yang nikmat.

Keripik balado shirley terbuat dari kentang, emping, dan juga keripik singkong. Penggemar pedas harus bawa keripik balado shirley pulang ke rumah, untuk dijadikan cemilan sore bersama dengan teh atau kopi.

10. Rendang Paru

oleh oleh khas padang rendang paru
ilustrasi rendang paru (instagram.com/dapua_uni_ani)

Rendang paru mungkin sudah biasa kamu temui saat berkunjung ke rumah makan padang yang ada di berbagai kota. Tapi tentu rasanya berbeda jika kamu membeli rendang paru secara langsung di Padang.

Punya rasa yang asin dan pedas, rendang paru ini cukup banyak dinikmati oleh masyarakat di luar Padang.

11. Rendang Suwir Ayam

oleh oleh khas padang rendang ayam suwir
ilustrasi rendang ayam suwir (instagram.com/animaryani)

Jika kamu tidak terlalu suka dengan daging sapi, rendang ayam suwir bisa jadi solusi untuk kamu makan bumbu khas Padang. Makanan yang satu ini cukup awet jika kamu bawa pulang, dan panaskan kembali saat di rumah, lalu santap bersama dengan nasi hangat dan lauk lainnya.

12. Kue Sapik

Oleh oleh khas padang kue sapik
ilustrasi kue sapik (instagram.com/dunialoka.id)

Kue sapik terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan santan, gula, dan sedikit sentuhan bubuk kayu manis. Sering dikenal seperti semprong karena rasanya, kue sapik ini memiliki bentuk yang hampir sama seperti cemilan crepes. Teksturnya cukup renyah dan rasanya yang gurih, akan mudah untuk kamu sukai.

13. Rendang Telur Kering

Oleh oleh khas padang rendang telur kering
ilustrasi rendang telur kering (instagram.com/rendangtelur.smd)

Tak hanya ada rendang dari ayam dan daging, Padang juga punya rendang telur kering yang rasanya gak kalah enak. Keripik ini terbuat dari telur yang diolah dengan bumbu rendang, dan dibuat kering. Rasanya gurih, pedas, cocok disantap bersama keluarga.

14. Roti Randang

Oleh oleh khas padang roti randang
ilustrasi roti randang (instagram.com/sovifooddiary)

Oleh-oleh khas Padang lainnya yang perlu kamu bawa untuk keluarga di rumah adalah roti randang. Jika pada umumnya  roti berisikan daging asap, keju, ataupun cokelat, roti randang justru diisi dengan daging rendang yang siap disantap.

Biasanya pada bagian atas roti randang dilengkapi dengan mozarella dan oregano, yang membuat rasanya semakin nikmat.

15. Rendang Daging Sapi

Oleh oleh khas padang daging rendang sapi
ilustrasi daging rendang sapi (instagram.com/bukuresep_ajaib)

Kamu pasti sudah sering makan nasi padang dengan menu rendang daging sapi, kan? Tapi apa kamu pernah coba rendang daging sapi langsung dari Padang?

Kalau belum pernah, kamu harus bawa rendang daging sapi ini pulang ke rumah, ya. Rendang ini cukup awet karena melalui proses memasak yang cukup lama.

Dengan daftar di atas, kamu jadi gak perlu kebingungan lagi mau bawa oleh-oleh khas Padang yang mana, karena semuanya sangat lezat di lidah. Selamat membeli, dan hati-hati saat perjalanan pulang dari Padang, ya!

Baca Juga: 8 Oleh-Oleh Makanan Khas Sorong Paling Terkenal, Pernah Cobain?

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Laila Fitria

Laila Fitria

Baby Lobster Saos Padang

Baby Lobster Saos Padang

(5.0)

8 langkah

693

Artikel Lainnya di kuliner