​10 Oleh-oleh Khas Parepare yang Wajib Dibeli saat Traveling

​Makanan-makanan ini paling diminati wisatawan, lho!

​10 Oleh-oleh Khas Parepare yang Wajib Dibeli saat Traveling

penulis:

Anna Novita Rachim

Bagikan:

Berwisata ke kota Parepare kurang lengkap rasanya kalau kamu tidak membeli oleh-oleh untuk orang di rumah. Bukan hanya terkenal sebagai kota kelahiran B.J Habibie, Parepare yang berada di Sulawesi Selatan juga memiliki banyak makanan yang bisa kamu jadikan oleh-oleh, lho!

Supaya kamu nggak bingung harus beli oleh-oleh apa di Parepare, Yummy App punya beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Parepare yang wajib kamu beli. Catat, ya, Sobat Yummy!

1. Mantao

Oleh-oleh mantao khas Parepare
ilustrasi mantao khas Parepare (flickr.com/kaltimbox)

Makanan pertama yang wajib kamu beli adalah mantao. Makanan khas dari Parepare ini sudah populer dijadikan sebagai oleh-oleh dan menjadi favorit para wisatawan.

Kamu bisa memilih beberapa rasa mantao untuk dibawa pulang, seperti rasa daging, coklat, keju, hingga kacang. Gak usah bingung beli mantau di mana, karena banyak sekali penjual hidangan ini di sepanjang jalan Parepare.

2. Barongko

Oleh-oleh barongko khas Sulawesi Selatan
ilustrasi Barongko (flickr.com/graceqwe)

Barongko merupakan makanan khas dari Sulawesi Selatan yang terbuat dari pisang dan santan. Makanan ini dibalut dengan daun pisang dan dimasak dengan cara dikukus.

Makanan dengan rasa gurih ini juga bisa kamu beli untuk oleh-oleh saat berkunjung ke Parepare. Selain rasanya yang enak, harga barongko ini juga sangat terjangkau, lho!

3. Apang paranggi

Oleh-oleh kue apang paranggi khas Parepare
ilustrasi kue apang paranggi (youtube.com/melisachristy)

Kue apang paranggi ini sudah ada sejak zaman Portugis dan bertahan hingga sekarang karena memiliki rasa yang enak. Adonannya yang manis dan bertekstur seperti bolu ini selalu menjadi favorit di berbagai acara.

Karena apang paranggi ini sangat spesial, kamu bisa membelinya sebagai oleh-oleh. Selain enak, harga makanan ini juga terbilang cukup murah.

4. Bagea

Oleh-oleh kue bagea khas Sulawesi Selatan
ilustrasi kue bagea (youtube.com/dishisgan)

Bagea merupakan kue berbahan dasar sagu yang renyah dan gurih. Makanan khas Sulawesi Selatan ini bisa dengan mudah kamu dapatkan di berbagai toko oleh-oleh di Parepare. Sama seperti yang lainnya, harga makanan ini juga sangat affordable!

5. Kacipo

Oleh-oleh kacipo khas Parepare
ilustrasi kacipo (youtube.com/yuniarlolikitchen)

Makanan yang terlihat seperti onde-onde ini wajib kamu beli untuk oleh-oleh. Onde-onde versi mini ini tidak memiliki isi seperti onde-onde yang kita tahu pada umumnya.

Tekstur kacipo yang renyah dan rasanya yang gurih pasti bakal jadi favorit. Kamu bisa beli kacipo ini di toko oleh-oleh Parepare dengan harga yang murah per kilonya.

6. Sanggara balanda

Oleh-oleh sanggara balanda khas Bugis
ilustrasi sanggara balanda (youtube.com/bundaaqilcooking)

Sanggara balanda adalah makanan olahan pisang khas dari suku Bugis. Makanan ini biasanya dihidangkan saat berbuka puasa sejak zaman Belanda.

Makanan ini terbuat dari pisang raja yang digoreng dan ditaburi dengan saus vla khusus dan ditaburi dengan keju juga kacang. Unik banget, bukan?

7. Baje canggoreng

Oleh-oleh baje canggorang khas Parepare
ilustrasi baje canggoreng (youtube.com/ghabalfaazkazielfaaz)

Buat kamu si pecinta kacang, wajib buat beli baje canggoreng ini sebagai oleh-oleh saat traveling ke Parepare.

Makanan khas dari Parepare ini berbahan dasar kacang yang dibalut dengan saus gula merah. Setelah itu, adonan dikeringkan hingga memiliki tekstur yang renyah. Rasa baje canggoreng yang unik inilah yang harus kamu pilih sebagai oleh-oleh!

8. Sikaporo

Oleh-oleh kue sikaporo khas Bugis
ilustrasi kue sikaporo (youtube.com/ummifatmacooking)

Kue yang berasal dari Bugis ini terbuat dari tepung beras, santan, dan telur yang kemudian dikukus. Memiliki tekstur yang lembut dan cita rasa yang manis dan gurih, membuat makanan ini pas banget dijadikan oleh-oleh. Sikaporo bisa kamu temui di berbagai toko oleh-oleh Parepare dengan harga yang terjangkau.

9. Saraba

Oleh-oleh minuman saraba khas Sulawesi Selatan
ilustrasi minuman instan saraba (youtube.com/henkhadizsink)

Ada satu minuman dari Sulawesi Selatan yang wajib juga kamu coba dan bawa pulang sebagai oleh-oleh, yaitu saraba. Minuman ini merupakan campuran dari jahe yang dipadukan dengan berbagai rempah pilihan dan diseduh dengan menggunakan susu.

Minuman ini sangat populer di Sulawesi, lho, dan biasanya diminum saat malam hari. Untuk oleh-oleh, saraba ini juga tersedia dalam kemasan saset yang berbentuk bubuk. Minuman ini bakal pas banget untuk menemani waktu istirahatmu di rumah nanti.

10. Roti berre

Oleh-oleh roti berre khas Parepare
ilustrasi roti berre (youtube.com/laurentcooking)

Roti berre jadi salah satu makanan yang terkenal di Parepare. Makanan yang berasal dari Bugis ini biasanya dihadirkan di berbagai acara besar di Sulawesi. Roti berre ini berbahan dasar tepung beras dan pisang yang dimasak di atas wadah tanah liat sampai matang. 

Cara makannya juga cukup unik, karena biasanya warga Parepare akan menambahkan madu atau lauk lain. Bahkan roti berre juga bisa dimakan sebagai pengganti nasi, lho. Meski begitu, makanan ini bisa kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh khas dari Parepare.

Itulah beberapa rekomendasi oleh-oleh khas dari Parepare untuk kamu bawa pulang ke rumah. Selain memiliki rasa yang enak, makanan dan minuman di atas juga rata-rata dibanderol dengan harga yang terjangkau. Semoga membantu, ya!

Baca Juga: 10 Oleh-oleh Makanan khas Samarinda yang Lezat dan Wajib Dibeli

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Anisa Ajeng

Anisa Ajeng

Bagea #JagoMasakMinggu10Periode3

Bagea #JagoMasakMinggu10Periode3

(5.0)

8 langkah

454

Artikel Lainnya di kuliner