10 Oleh-oleh Makanan khas Samarinda yang Lezat dan Wajib Dibeli

Mulai dari amplang hingga lempok durian.

10 Oleh-oleh Makanan khas Samarinda yang Lezat dan Wajib Dibeli

penulis:

Anna Novita Rachim

Bagikan:

Kota Samarinda merupakan ibukota dari Kalimantan Timur. Kota ini dinobatkan menjadi kota yang memiliki pelabuhan tersibuk di Kalimantan. Menurut sejarah, kota ini dulunya adalah wilayah kekuasaan dari Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura. Bukan hanya memiliki budaya yang beragam, makanan di kota ini pun tak luput menjadi incaran para pelancong. 

Kalau kamu ada rencana berlibur ke kota ini, ada banyak makanan khas dari kota Samarinda yang bisa kamu coba! Contohnya ada sate payau yang terbuat dari daging rusa, rabo ruan yang terbuat dari ikan haruan, nasi bekepor, bubur pedas, hingga sup ikan.

Bukan cuma itu, ada juga makanan yang bisa kamu bawa sebagai oleh-oleh, lho! Mau tau apa saja makanannya? Berikut ini Yummy App sudah merangkum oleh-oleh makanan khas Samarinda untuk kamu!

1. Amplang

Amplang kuku macan (Dok. Google Maps/Maulina Sulchan)
Amplang kuku macan (Dok. Google Maps/Maulina Sulchan)

Oleh-oleh pertama adalah amplang! Makanan ringan yang satu ini terbuat dari ikan tenggiri yang dicampurkan dengan tepung kanji. Makanan dengan tekstur yang renyah ini memiliki rasa gurih dan sedikit manis. Banyak orang yang setuju kalau amplang ini adalah makanan ringan yang wajib banget dibeli ketika berlibur ke Samarinda!

2. Abon Ikan Haruan

description
Yummy Apps

Kalau kamu suka banget sama abon, wajib untuk bawa abon ikan haruan ini pulang ke rumah! Makan yang berbahan dasar dari ikan haruan atau ikan gabus ini sangat populer di Samarinda. Rasanya yang gurih dan manis khas abon sukses bikin hidangan ini jadi favorit semua orang. Bahkan abon ini juga sering digunakan sebagai isian makanan lain, seperti lemper. 

3. Bolu Gulung Durian

description
Yummy Apps

Durian dan Samarinda memang nggak bisa dipisahkan! Bolu gulung durian adalah salah satu oleh-oleh dengan rasa durian ini wajib banget kamu beli untuk keluarga di rumah. Bolu dengan tekstur lembut ini terasa lebih istimewa dengan isian selai durian di dalamnya. 

Karena bolu gulung termasuk kue basah, makanan ini gak bisa kamu simpan untuk jangka panjang. Biasanya, batas waktu konsumsi bolu durian ini hanya berkisar 4 hari saja. Kalau kamu mau beli bolu ini sebagai oleh-oleh, pertimbangkan dulu waktu dan situasi ketika pulang, ya!

4. Keminting

description
Youtube/Yuniar Loli Kitchen

Camilan lezat lainnya dari Samarinda adalah keminting. Makanan ini terbuat dari kemiri yang ditambahkan beberapa bahan lainnya, seperti sagu, gula, dan juga tepung. Rasa keminting yang gurih dan manis bakal lumer di dalam mulut! Gak cuma lezat, camilan ini juga punya bentuk yang unik karena menyerupai kerang.

5. Kue Ilat Sapi

description
Flickr

Makanan Ini bukan terbuat dari lidah sapi asli, kok! Kue ilat sapi terbuat dari tepung terigu, telur, gula, dan dengan taburan biji wijen. Teksturnya yang renyah dengan rasa yang manis bikin makanan ini cocok banget kamu nikmati bersama dengan teh atau kopi!

6. Gula Gait

description
Youtube/Melinda Damayanti

Gula gait adalah makanan yang mirip seperti permen. Bahan dasar dari makanan yang satu ini adalah dula aren dan gula pasir. Sekilas, gula gait ini terlihat seperti potongan kayu. Bentuknya yang panjang dan pipih terlihat sangat unik untuk dijadikan oleh-oleh. Di Samarinda sendiri makanan ini bisa kamu temukan dengan mudah di toko oleh-oleh dengan harga yang relatif terjangkau.

7. Lempok Durian

description
Flickr

Pecinta buah durian bakal seneng banget kalau dikasih oleh-oleh lempok durian dari Samarinda ini! Lempok durian ini sekilas terlihat mirip dengan dodol, bedanya ada di rasa manis dari lempok ini. Manisnya terbilang lebih minim dibandingkan dengan dodol pada umumnya. Rasa durian di makanan ini justru lebih menonjol dibandingkan bahan lainnya. Pokoknya pas banget untuk para pecinta durian!

8. Rabo Ruan

Salah satu makanan khas Samarinda yang bisa kamu bawa sebagai oleh-oleh adalah rabo ruan. Makanan ini merupakan suwiran dari ikan haruan dengan tambahan bumbu rempah yang lezat. Rabo ruan ini menggunakan santan saat diolah, makanya kamu harus mempertimbangkan waktu dan situasi dulu sebelum membeli. Karena pada dasarnya makanan bersantan tidak bisa disimpan jangka panjang.

9. Sagon Kelapa

description
Yummy Apps

Sagon kelapa merupakan kue khas Samarinda yang terbuat dari kelapa dan tepung. Teksturnya yang kering dan renyah ini menjadi favorit semua orang! Di Samarinda sendiri, makanan ini biasanya disajikan ketika hari raya keagamaan tiba. Oh iya, makanan ini aman banget buat di simpan jangka panjang, lho!

10. Roti Durian

Roti Durian Panglima
Dok. Google Maps Roti Durian Panglima

Lagi-lagi makanan berbahan dasar durian jadi favorit di Samarinda! Roti Durian Panglima bisa kamu masukkan ke lis oleh-oleh ketika berlibur ke kota ini. Roti nya yang lembut dan isian durian yang lembut dan creamy ini bisa bikin kamu ketagihan. Nah, makanan berbahan dasar roti gak bisa kamu simpan jangka panjang. Waktu konsumsi dari makanan ini berkisar 3–4 hari. Perkirakan waktu sebelum membeli makanan ini sebagai oleh-oleh ya!

Ada banyak banget kan makanan khas Samarinda  yang bisa kamu jadikan oleh-oleh? Kira-kira liburan nanti kamu bakal beli makanan yang mana nih untuk keluarga di rumah? Semoga informasi di atas membantu ya, sobat Yummy!

Baca Juga: 10 Makanan Khas Samarinda Wajib Coba dan Jadi Oleh-Oleh!

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Huda Bawazier

Huda Bawazier

Sambal Gami Bakso Khas Samarinda #JagoMasakMinggu9Periode3

Sambal Gami Bakso Khas Samarinda #JagoMasakMinggu9Periode3

(5.0)

5 langkah

recooks-0

Artikel Lainnya di kuliner