15 Oleh-oleh Khas Semarang yang Enak dan Legendaris

Kota kaya sejarah yang menyimpan kuliner istimewa

15 Oleh-oleh Khas Semarang yang Enak dan Legendaris

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Semarang, ibu kota provinsi Jawa Tengah, bukan hanya terkenal dengan pesona alam dan situs bersejarahnya, tetapi juga oleh-oleh khasnya yang tak kalah menggugah selera. Diantara banyaknya oleh-oleh yang bisa kamu temui di Semarang, terdapat beberapa yang sangat terkenal dan dijamin enak.

Sobat Yummy dapat membawanya pulang sebagai oleh-oleh untuk keluarga atau teman terdekat. Kali ini Yummy App akan memberikan daftar 15 oleh-oleh khas Semarang yang enak dan legendaris.

1. Lumpia Semarang

lumpia semarang
ilustrasi lumpia semarang (flickr.com/janakaback)

Lumpia semarang merupakan oleh-oleh khas yang wajib dicoba ketika berkunjung ke Semarang.

Terbuat dari kulit lumpia yang tipis dan renyah, lumpia semarang diisi dengan sayuran seperti kubis, taoge, dan wortel, serta daging ayam, telur, dan udang yang dimasak dengan bumbu yang kaya akan rasa. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang kenyal membuat lumpia Semarang menjadi camilan yang disukai oleh banyak orang.

2. Wingko Babat

wingko babat
ilustrasi wingko babat (wiratech.co.id)

Wingko babat adalah oleh-oleh khas Semarang yang terkenal sejak dahulu kala. Terbuat dari kelapa parut, kelapa sangrai, dan gula Jawa yang dikukus hingga matang, wingko babat memiliki aroma yang khas dan rasa yang legit.

Kamu dapat menemui wingko babat di banyak toko oleh-oleh di Semarang dengan beragam varian rasa seperti original, pandan, cokelat, dan keju.

3. Bandeng Presto

bandeng presto
ilustrasi bandeng presto (royco.co.id)

Bandeng presto adalah salah satu oleh-oleh khas Semarang yang tak boleh terlewatkan. Ikan bandeng yang diolah dengan cara presto hingga tulangnya menjadi lembut dan dagingnya empuk, menjadi daya tarik utama oleh-oleh ini.

Bandeng presto dapat dinikmati dengan nasi hangat dan sambal yang pedas. Rasanya yang lezat dan teksturnya yang unik membuat bandeng presto menjadi pilihan favorit para pecinta seafood.

4. Tahu Gimbal

tahu gimbal makanan khas salatiga
ilustrasi tahu gimbal (flickr.com/i nyoman)

Tahu gimbal adalah salah satu oleh-oleh khas Semarang yang sangat terkenal. Terbuat dari tahu goreng yang diisi dengan sayuran seperti kol, taoge, dan wortel, kemudian disajikan dengan sambal petis yang pedas dan bumbu kacang yang gurih.

Rasanya yang enak dan teksturnya yang kriuk membuat tahu gimbal menjadi camilan yang cocok untuk dinikmati saat hangout bersama teman-teman.

5. Brownies Kukus Amanda

Kue khas bandung brownies amanda
ilustrasi Brownies Amanda (instagram.com/citywalks)

Brownies Kukus Amanda adalah oleh-oleh khas Semarang yang sangat populer. Terbuat dari adonan tepung terigu, telur, cokelat bubuk, dan gula, brownies kukus ini memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis.

Sobat Yummy dapat menemui Brownies Kukus Amanda di beberapa outlet di Semarang atau membelinya secara online. Rasanya yang lezat membuat brownies ini cocok sebagai oleh-oleh atau camilan di rumah.

Baca Juga: 8 Oleh-oleh Tasikmalaya yang Terkenal dan Wajib Dibawa Pulang!

6. Risoles

risoles isi sayuran
ilustrasi risoles isi sayuran (flickr.com/Rita Dumais Sim)

Risoles adalah oleh-oleh khas Semarang yang tidak boleh dilewatkan. Terbuat dari kulit lumpia yang diisi dengan isian daging ayam cincang, wortel, kentang, daun bawang, dan bumbu yang khas, risoles kemudian digoreng hingga renyah.

Rasanya yang gurih dan teksturnya yang kriuk membuat risoles menjadi camilan favorit banyak orang. Sobat Yummy bisa mencari risoles di toko oleh-oleh khas Semarang atau mencoba membuatnya di rumah.

7. Wingko Ketan

wingko ketan
ilustrasi wingko ketan (flickr.com/kamekame)

Wingko ketan adalah oleh-oleh khas Semarang yang terbuat dari ketan parut, gula aren, santan, dan pandan. Wingko ketan memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang manis dengan aroma pandan yang khas.

Sobat Yummy dapat menikmati wingko ketan sebagai camilan ringan atau oleh-oleh ketika berkunjung ke Semarang.

8. Gethuk Goreng

gethuk goreng
ilustrasi gethuk goreng (visitjawatengah.jatengprov.go.id)

Gethuk goreng adalah oleh-oleh khas Semarang yang terbuat dari singkong yang dihaluskan, kemudian dicampur dengan gula merah, santan, dan garam. Adonan gethuk kemudian digoreng hingga matang dan memiliki tekstur yang renyah di luar serta lembut di dalam.

Gethuk goreng memiliki rasa yang manis dan gurih, cocok untuk dinikmati sebagai camilan di sore hari.

9. Wingko Babat Klewer

wingko babat klewer
ilustrasi wingko babat klewer (commons.wikipedia.org/Danangtrihartanto)

Wingko babat klewer merupakan variasi dari wingko babat yang terbuat dari bahan dasar kelapa parut, kelapa sangrai, dan gula Jawa. Perbedaannya terletak pada nama dan tempat pembuatannya.

Wingko babat klewer dikenal sebagai oleh-oleh khas Pasar Klewer, yang merupakan pusat oleh-oleh tradisional di Semarang. Rasakan kelezatan wingko babat klewer dan bawa pulang sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan teman terdekat.

10. Sate Kelinci

Sate kelinci berbumbu kacang dengan taburan bawang, cabai, serta kecap
ilustrasi sate kelinci (flickr.com/Julfikar Arif Wibisono)

Sate kelinci adalah oleh-oleh khas Semarang yang unik dan menjadi favorit para pecinta daging eksotis. Dalam penyajiannya, daging kelinci yang empuk dipotong kecil-kecil, ditusuk dengan tusukan sate, dan kemudian dibakar hingga matang.

Sate kelinci biasanya disajikan dengan sambal kacang yang pedas dan nasi hangat. Jika Sobat Yummy tertarik mencoba, sate kelinci dapat Sobat Yummy temui di beberapa tempat di Semarang.

Baca Juga: ​Tips dan Cara Bikin Daging Sate Jadi Super Empuk

11. Roti Ganjel Rel

roti ganjel rel
ilustrasi roti ganjel rel (instagram.com/meyryuvie)

Roti ganjel rel adalah oleh-oleh khas Semarang yang legendaris. Roti ini terbuat dari tepung gaplek, gula jawa, dan rempah-rempah khas. Roti ganjel rel memiliki bentuk memanjang dengan taburan wijen, sementara teksturnya cukup keras dan rasa kayu manis.

12. Keripik Tempe

keripik tempe
ilustrasi keripik tempe (upnyk.ac.id)

Keripik tempe adalah oleh-oleh khas Semarang yang terbuat dari tempe yang diiris tipis, kemudian digoreng hingga renyah. Keripik tempe memiliki rasa gurih dan garing yang enak. Sobat Yummy bisa menikmati keripik tempe ini sebagai camilan sehat atau oleh-oleh bagi orang terdekat.

13. Nastar Keju

nastar keju
ilustrasi nastar keju (flickr.com/ekoph)

Nastar keju adalah oleh-oleh khas Semarang yang merupakan varian dari nastar biasa. Di dalamnya terdapat tambahan keju yang memberikan rasa gurih dan lezat.

Rasakan perpaduan manisnya nastar dan kejunya yang melting di dalam mulut. Nastar keju dapat Sobat Yummy temui di beberapa toko oleh-oleh di Semarang atau mencoba membuatnya sendiri di rumah.

14. Tahu Pong

tahu pong
ilustrasi tahu pong (flickr.com/ryosaeba)

Tahu pong adalah oleh-oleh khas Semarang berupa tahu goreng yang empuk di dalam dan renyah di luar. Tahu pong biasanya diisi dengan sayuran seperti wortel, taoge, dan kol, kemudian dicampur dengan daging ayam cincang dan bumbu yang kaya rasa. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang kriuk membuat tahu pong menjadi camilan yang populer di Semarang.

15. Torakur

torakur khas Bandungan
ilustrasi torakur khas Bandungan (jateng.tribunnews.com)

Torakur atau tomat rasa kurma adalah oleh-oleh khas Bandungan, Semarang yang terbuat dari tomat, gula pasir, garam, dan kapur sirih yang dimasak hingga kecokelatan, lalu dijemur hingga kering. Torakur memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang manis seperti kurma.

Biasanya, torakur disajikan dengan taburan kelapa parut di atasnya. Sobat Yummy bisa membawa pulang Torakur sebagai oleh-oleh khas Semarang yang unik dan lezat.

Itulah daftar 15 oleh-oleh khas Semarang yang enak dan legendaris. Dengan beragam pilihan seperti lumpia Semarang, wingko babat, bandeng presto, tahu gimbal, Brownies Kukus Amanda, hingga torakur.

Sobat Yummy bisa memilih oleh-oleh favoritmu untuk membawa pulang atau sebagai hadiah untuk orang terdekat. Selamat berbelanja dan menikmati kelezatan oleh-oleh khas Semarang!

Baca Juga: 10 Makanan Khas Jawa Tengah yang Terkenal Lezat

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Netty Suherlis

Netty Suherlis

Wingko Babat Teflon

Wingko Babat Teflon

(5.0)

45 mnt

1.5 rb

Artikel Lainnya di kuliner