20 Oleh-oleh Khas Solo Terpopuler dan Tahan Lama

Rekomendasi buah tangan untuk kamu borong dan bawa pulang!

20 Oleh-oleh Khas Solo Terpopuler dan Tahan Lama

penulis:

Ikhsanny Novira Ishlah

Bagikan:

Berkunjung ke suatu daerah, memang tidak lengkap rasanya jika tidak membawa oleh-oleh dan buah tangan. Selain untuk menghibur keluarga di rumah dan menjadi media dalam menjalin silaturahmi dengan kerabat, oleh-oleh juga akan jadi pengingat bahwa kita pernah berkunjung ke suatu kota atau daerah.

Jika kamu berkunjung ke kota Solo, tetapi belum menentukan oleh-oleh yang cocok untuk dibawa pulang, Yummy App punya 20 rekomendasi oleh-oleh khas Solo yang populer dan tahan lama. Cocok untuk menyempurkan trip-mu di Solo dengan berburu dan belanja oleh-oleh.

1. Serabi notosuman

ilustrasi serabi notosuman
ilustrasi serabi notosuman yang populer (instagram.com/srabinotusuman.surabaya)

Serabi Notosuman adalah kuliner legendaris Solo yang sudah populer dan banyak digemari. Serabi ini seolah jadi buah tangan wajib yang harus dibawa pulang dari kunjungan ke Solo.

Serabi khas Solo berbeda dengan serabi lain di beberapa daerah yang disantap dengan kuah santan dan gula aren yang manis. Serabi Solo justru lebih terkesan praktis karena bisa dimakan langsung yang dikemas dengan cara digulung menggunakan daun pisang.

Terbuat dari tepung beras dan santan, menjadikan rasanya manis, gurih, dan legit. Cocok untuk kamu jadikan oleh-oleh bagi keluarga di rumah.

Untuk mendapatkan serabi Notosuman khas Solo, biasanya ada banyak toko oleh-oleh yang bisa kamu datangi. Salah satu yang terpopuler adalah Serabi Notosuman Ny. Handayani dan Serabi Notosuman Ny. Lidia. Keduanya berada di Jalan Moh. Yamin, Jayengan, Kec. Serengan, Surakarta.

2. Bakpia balong

ilustrasi bakpia balong
ilustrasi bakpia balong khas Solo (instagram.com/bakpiabalongsolo)

Bakpia bukan hanya oleh-oleh khas Jogja, lho! Di Solo, kamu juga dapat menemukan bakpia yang tak kalah enak dan legendaris.

Bakpia balong berukuran sedikit lebih besar dibanding bakpia jogja dan memiliki beragam isian seperti kacang hijau, cokelat, keju, durian, kacang merah, dan daging.

Untuk dapat membawa pulang bakpia balong sebagai oleh-oleh, kamu bisa berkunjung ke tokonya di Jalan Kapten Mulyadi No.17, Sudiroprajan, Kec. Jebres, Surakarta.

3. Solo pluffy

ilustrasi cake solo pluffy
ilustrasi cake dari Solo Pluffy (instagram.com/solopluffy)

Makanan yang satu ini bisa dibilang lebih kekinian, tetapi juga cukup populer dan hits di kalangan masyarakat Solo. Ini merupakan brand kue milik aktris Jessica Mila dan sering menjadi tujuan belanja oleh-oleh para wisatawan saat akan meninggalkan kota Solo.

Kue ini adalah bolu lembut yang dilapisi krim manis dengan berbagai varian rasa. Beberapa varian yang bisa kamu beli dan cicipi adalah varian original, double choco, red velvet, cheese, choco crunchy, hingga blueberry.

Tidak perlu khawatir jika kamu harus menempuh perjalanan yang cukup jauh, kue ini masih bisa awet hingga tiga hari di suhu ruang dan lima hari di dalam lemari pendingin.

Kue ini bisa kamu bawa pulang dengan harga mulai Rp60.000, saja. Gimana, tertarik untuk membeli? Silakan datang ke Jalan Ronggowarsito No. 145, Timuran, Banjarsari, Surakarta.

4. Solo prabu

ilustrasi cake colo prabu
ilustrasi cake Solo Prabu (instagram.com/soloprabu)

Selanjutnya oleh-oleh kekinian khas Solo yang bisa kamu bawa pulang adalah beragam jenis kue dan pastry dari Solo Prabu. 

Kue-kue ini pastinya gak akan gagal memanjakan lidah dan layak dijadikan buah tangan. Ini merupakan brand milik atlet bola basket Febri Utomo.

Beragam jenis cake yang dijual memiliki nama unik seperti Pasopati Red Velvet, Srikandi Strawberry Cheese, Punokawan Cake, Pandawa Sponge Pastry, atau Petruk Tiramisu. Kamu bisa pilih sesuai selera dengan harga mulai dari Rp30.000.

Solo Prabu beralamat di Jl. R. M. Said No.193, Mangkubumen, Banjarsari, Surakarta.

5. Solo floss roll abon gulung

ilustrasi solo floss roll
ilustrasi abon gulung solo floss roll (instagram.com/soloflossroll)

Solo Floss Roll merupakan toko kue yang menjual abon gulung otentik khas Solo. Jajanan yang nikmat ini wajib kamu bawa pulang sebagai buah tangan dan oleh-oleh.  

Abon gulung ini memiliki varian rasa sapi original dan pedas, serta varian ayam. Floss roll-nya tebal dan lembut dengan isian abon asli dan peremium yang cukup banyak, dijamin enak dan kenyang! 

Floss roll abon gulung bisa kamu bawa pulang dengan harga mulai dari sekitar Rp50.000, saja, sangat terjangkau dan tentunya bisa jadi pilihan oleh-oleh yang layak untuk sanak saudara di rumah.

6. Pukis badran

ilustrasi kue pukis badran khas solo
ilustrasi kue pukis badran khas Solo (instagram.com/pukisbadran)

Pukis merupakan salah satu jajanan tradisional yang masih hits dan populer hingga kini. Namun, kali ini, kue pukis yang sudah jadi favorit banyak orang, diberi beragam topping kekinian. Mulai dari cokelat, keju, tiramisu, oreo, kapucino, kismis, kacang, kurma, hingga daging sapi.

Pukis ini juga bisa bertahan hingga 3 hari pada suhu ruang. Pas banget dijadikan buah tangan untuk orang terdekat.

Nah, untuk mendapatkan Pukis Badran ini, kamu cukup merogoh kocek mulai dari Rp. 15.000–Rp50.000, per box tergantung jumlah.

Kamu bisa mengunjungi outlet di Jalan Kenanga 25 Badran, Kotabarat, Solo atau Jalan. Prof. Dr. Soetomo 117, Punggawan, Solo.

7. Java zest bolen pisang

ilustrasi bolen pisang java zest
ilustrasi bolen pisang Java Zest (instagram.com/javazest_official)

Semua pasti setuju dengan kenikmatan dan legitnya bolen pisang. Di Solo, ada bolen pisang hits dari toko kue Java Zest yang bisa kamu bungkus dan jadikan oleh-oleh. Selain bolen pisang yang menjadi juara, kamu juga bisa membeli jenis kue dan pastry lainnya dari toko ini.

Java Zest punya beberapa outlet di daerah Solo Raya, salah satunya kamu bisa datang ke outlet yang berada di Jalan Jendral Sudirman No. 226, Kec. Bendasari, Sukoharjo.

8. Kue mandarijn orion

ilustrasi kue mandarijn orion
ilustrasi kue mandarijn orion (instagram.com/kulinersoloo)

Kue yang satu ini merupakan kue legendaris khas Solo yang sudah ada sejak tahun 1932 dan masih eksis hingga kini.

Kue mandarijn merupakan bolu double layer yang bisa kamu cicipi dalam tiga varian, yakni original, spesial, dan kismis. Teksturnya pun sangat lembut dengan rasa manis yang pas.

Sudah jadi agenda wajib untuk membawa pulang kue legendaris populer ini ketika kamu berkunjung ke Solo.

9. Serbat jahe

ilustrasi minuman serbat jahe
ilustrasi minuman serbat jahe yang populer di Solo (instagram.com/serbatjangkrikmas.id(

Serbat jahe adalah minuman tradisional yang diolah dari jahe sebagai bahan utama dan tambahan rempah-rempah. Minuman ini akan memberikan rasa hangat dan meningkatkan suhu tubuh, sangat cocok diminum pada pagi atau malam hari dan pada saat cuaca sedang dingin-dinginnya.

Minuman ini berbentuk bubuk dan dikemas dalam kemasan kedap udara, tahan lama, dan cocok dijadikan oleh-oleh. Saat akan diminum, kamu hanya tinggal menyeduhnya saja dengan air panas. Praktis, kan?

Baca Juga: 20 Makanan Khas Solo, Dijamin Enak dan Bikin Ketagihan!

10. Roti kecik ganep

ilustrasi roti kecik ganep
ilustrasi roti kecil ganep yang legendaris (instagram.com/kulinersoloo)

Konon, roti kecik adalah roti favorit raja Surakarta Sinuhun Pakubowono X dan menjadi jamuan di kerajaan Surakarta. Tidak heran, roti yang mirip dengan kecik atau isian buah sawo ini, memiliki rasa nikmat dengan cita rasa manis dan gurih.

Teksturnya keras, berbeda dengan jenis roti lainnya, sehingga membuatnya tahan lebih lama dan cocok dijadikan buah tangan.

Kamu bisa mendapatkan roti kecik dari toko Ganep, yakni toko oleh-oleh khas Solo yang juga terkenal seperti toko Orion yang menjual kue mandarijn.

Untuk harga tidak perlu risau, roti ini biasanya dijual dengan harga Rp6.500, hingga Rp40.000, untuk satu kemasannya.

11. Ampyang

ilustrasi ampyang
ilustrasi ampyang yang legit dan bisa tahan lama (app.yummy.co.id/Siti Mudrikah)

Manis-gurihnya ampyang pasti sulit untuk ditolak, apalagi jika kamu rindu makanan jenis ini yang kini sudah jarang ditemui, terutama di kota besar. Jajanan tradisional ini berasal dari Magelang, tetapi kamu juga bisa menemuinya di toko oleh-oleh khas Solo.

Ampyang dibuat dengan bahan baku kacang tanah, gula merah, dan jahe. Rasanya manis, gurih, legit, dan kamu juga bisa merasakan sensasi rasa pedas atau hangat khas jahe saat menggigitnya.

Ampyang cukup tahan lama, sehingga kamu tidak perlu khawatir jika membawa ampyang sebagai buah tangan dan harus menempuh perjalanan jauh menuju kota asal.

12. Brem

ilustrasi brem Solo
ilustrasi brem khas Solo (instagram.com/kangenrasa.id)

Brem merupakan oleh-oleh lainnya yang bisa kamu temui di banyak toko oleh-oleh khas Solo, meskipun sebetulnya berasal dari Jawa Timur.

Brem memiliki rasa manis yang akan mencair begitu menyentuh lidahmu bak manisan gulali yang akan menimbulkan sensasi dingin dan segar di dalam mulut.

13. Intip

ilustrasi intip solo
ilustrasi intip solo yang legendaris (instagram.com/intipsoloasli)

Tidak cukup dengan ampyang dan brem sebagai buah tangan bercita rasa manis dari Solo? Kalau begitu, kamu juga bisa membeli intip! Makanan ini merupakan jajanan tradisional jaman dulu yang masih digemari hingga saat ini.

Intip sebetulnya adalah kerupuk kerak nasi yang dicetak dengan dandang, kemudian digoreng hingga renyah. Rasa manisnya berasal dari olesan gula jawa cair yang akan mengeras setelah didiamkan beberapa saat. Namun, jika kamu ingin mencoba intip original tanpa gula jawa, juga bisa, kok! Intip original juga dijual di banyak toko oleh-oleh.

Intip merupakan salah satu panganan yang tahan lama, cocok untuk kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh.

14. Klengkam kentang

ilustrasi klengkam kentang
ilustrasi klengkam kentang khas Solo (app.yummy.co.id/Putri Umar)

Ini adalah kentang yang diiris tipis-tipis kemudian digoreng dan diberi bumbu rempah. Selain biasanya disantap sebagai pelengkap dalam nasi kuning, kelengkam juga bisa kamu jadikan camilan.

Beberapa orang mungkin mengenal makanan ini sebagai kering kentang yang bercita rasa gurih dan nikmat. Kelengkam dapat dijumpai di toko oleh-oleh khas Solo dan bisa kamu bawa dalam perjalanan jauh sebagai teman ngemil di jalan.

15. Abon

ilustrasi abon tahan lama
ilustrasi abon yang populer dan tahan lama (app.yummy.co.id/Lilis Dapoer Tara)

Abon terkenal di Solo yang biasanya dibeli untuk jadi buah tangan para pelancong adalah abon merk Mesran. Produk ini terdiri dari varian abon sapi dan ayam dengan serat daging yang diberi bumbu pilihan.

Kamu bisa menjadikannya sebagai camilan atau bahkan lauk yang bisa disimpan dalam waktu yang sangat lama.

16. Balung kethek

ilustrasi balung kethek
ilustrasi balung kethek yang manis dan nikmat (app.yummy.co.id/Thea Priestiashanti)

Makanan yang satu ini merupakan camilan manis yang terbuat dari singkong yang dipotong memanjang kemudan digoreng hingga kering. Setelah matang, singkong akan dibaluri dengan gula merah cair yang sebelumnya dimasak bersama bawang merah, bawang putih, cabai, dan air asam jawa.

Hati-hati saat mengunyah, karena bisa jadi kamu mengunyah potongan singkong keras. Oleh karena itu, camilan ini disebut dengan balung kethek yang berarti 'tulang monyet' karena butuh usaha dalam mengunyahnya. Lucu juga, ya?

Balung kethek biasa dijual oleh penjaja makanan di pasar tradisional atau bisa juga kamu temui di toko oleh-oleh.

17. Rengginang solo

ilustrasi rengginang solo
ilustrasi rengginang khas Solo yang renyah dan tahan lama (instagram.com/srirejeki.solo)

Rengginang merupakan makanan tradisional yang lekat sekali dengan image makanan kampung. Namun, kini rengginang semakin dikenal luas dan mulai dijual di beberapa swalayan dan pasar modern.

Rengginang juga disajikan sebagai santapan keluarga keraton dan punya nama sendiri di lingkungan keraton yaitu kembang mayang.

Camilan yang terbuat dari tepung ketan ini bisa kamu peroleh dengan harga yang sangat terjangkau, mulai dari Rp5.000 saja. Jadi, bisa diborong untuk dibagikan ke keluarga dan orang terdekat.

18. Batik solo

ilustrasi kain batik solo
ilustrasi kain batik Solo (instagram.com/batiksolosrirejeki)

Beralih ke oleh-oleh khas Solo nonmakanan, kamu juga bisa menemukan kain batik berkualitas di Solo. Terkenal sebagai salah satu sentra batik di Jawa Tengah, sangat sayang rasanya jika kamu berkunjung ke Solo tanpa membawa sehelai kain batik pun dari sini.

Kamu bisa memilih beragam jenis motif batik khas Solo di antaranya motif kawung, motif parang, motif truntum, motif sidomukti, hingga motif manah dan semen rante.

Selain kain, kamu juga bisa memilih koleksi batik jadi seperti baju atau kemeja, tas, dompet, dan kerajinan dari batik.

Tempat paling terkenal untuk mendapatkan batik di kota Solo adalah Pasar Klewer atau kampung batik Kauman. Dua lokasi ini biasanya jadi serbuan para wisatawan untuk belanja dan berburu oleh-oleh khas Solo.

19. Sovenir dan kerajinan tangan

Masih belum bisa memutuskan akan membawa oleh-oleh apa dari Solo? Mungkin kamu bisa coba berburu suvenir khas Solo seperti gantungan kunci, kaos, wayang, miniatur, gerabah, dan barang-barang unik lainnya yang akan mengingatkan kembali akan kunjunganmu ke Solo dalam beberapa tahun kemudian.

Selain untuk koleksi pribadi, kamu juga bisa memilih oleh-oleh jenis ini untuk dibagikan ke keluarga dan kerabat.

20. Barang antik pasar triwindu

ilustrasi pasar triwindu solo
ilustrasi Pasar Triwindu Solo (instagram.com/pasartriwinduofficial)

Untuk menyempurnakan trip kamu di Solo, kamu bisa mengunjungi Pasar Triwindu Ngarsopuro yang menjual berbagai macam barang antik. Barang antik dari pasar ini bisa kamu beli untuk kenang-kenangan bahwa kamu pernah berkunjung ke kota Solo.

Kamu bisa menemukan benda-benda kuno dan unik seperti topeng, patung, lampu hias, koin kuno, uang kertas dari tahun 1800-an, hingga permainan tradisional.

Pasar ini terletak di Jalan Diponegoro , Keprabon, Kec. Banjarsari, Surakarta dan mulai beroperasi dar pukul 9.00–16.00 WIB.

Itulah 20 oleh-oleh khas Solo yang populer dan tahan lama rekomendasi dari Yummy App buat kamu. Sudah tahu mau bawa oleh-oleh apa saja saat pulang nanti?

Baca Juga: ​20 Inspirasi Oleh-oleh Khas Jakarta yang Wajib hingga Kekinian 

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Lina Dwi S

Lina Dwi S

Pisang Owol Khas Solo

Pisang Owol Khas Solo

(5.0)

6 langkah

2.2 rb

Artikel Lainnya di kuliner