15 Oleh-oleh Khas Surabaya yang Wajib Dibawa Pulang

Dari camilan yang gurih sampai kue lembut

15 Oleh-oleh Khas Surabaya yang Wajib Dibawa Pulang

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Surabaya, selain terkenal dengan wisata yang menarik, juga memiliki beragam kuliner yang menggugah selera. Banyak sekali kuliner Surabaya yang dapat dinikmati, dari yang rasanya manis hingga yang rasanya asin.

Nah, kali ini Yummy punya rekomendasi oleh-oleh khas Surabaya yang cocok dijadikan buah tangan untuk orang terkasih di kampung halaman. Apa saja, ya?

1. Lapis Surabaya

oleh-oleh lapis surabaya
ilustrasi lapis surabaya (dok. Yummy App/Erna)

Kurang afdal bila berkunjung ke Surabaya tapi tidak mencoba dan membawa pulang oleh-oleh khas Surabaya yang satu ini, yaitu lapis surabaya. Seperti namanya, kue ini berbentuk kotak dan terdiri dari dua sampai tiga lapis. Teksturnya lebih lembut dari kue bolu dan di tengah-tengah lapisan diberi isian selai stroberi atau buttercream.

2. Spikoe Surabaya

spikoe kuno surabaya
ilustrasi spikoe kuno surabaya (dok. Yummy App/Laila Dawud)

Oleh-oleh khas Surabaya yang kedua dari Yummy App adalah Spikoe. Spikoe berasal dari bahasa Belanda ‘Spekkoek’ yang artinya kue yang berlapis seperti lemak pada bagian perut babi. Resep spikoe sudah ada dari zaman Belanda, lho.

Spikoe mempunyai bentuk dan tekstur yang mirip dengan lapis surabaya. Kue ini juga memakai rempah dalam bahan-bahannya. Di Surabaya sendiri, ada beberapa merek spikoe terkenal di antaranya Spikoe Resep Kuno, Spikoe Livana, dan Spikoe Kenari Santi.

3. Sambal Bu Rudy

Sambal Bu Rudy surabaya
ilustrasi Sambal Bu Rudy (sambalburudy.com)

Siapa, sih, yang tidak kenal dengan sambal Bu Rudy? Kalau ke Surabaya, sambal Bu Rudy adalah oleh-oleh khas Surabaya yang wajib dibawa pulang.

Bu Rudy mengeluarkan lima macam sambal di antaranya sambal teri, petis, bawang, ijo, dan bajak. Selain sambal, ada juga makanan lain seperti lauk-pauk, camilan, keripik, dan lain-lain.

4. Siropen Telasih

Siropen Telasih surabaya
ilustrasi Siropen Telasih (dok. Reyhan Noval Zaki via bangga.surabaya.go.id)

Oleh-oleh khas Surabaya berikutnya adalah Siropen Telasih, dan tahukan kamu, bahwa Siropen Telasih ternyata sudah terkenal sejak tahun 1923, lho. Merek sirop ini mempunyai banyak varian rasa. Kamu bisa memilih rasa buah-buahan maupun bunga seperti stroberi, leci, jeruk keprok, dan mawar, hingga rasa minuman manis seperti moka, tiramisu, dan karamel.

5. Sirop Mangrove

Sirup Mangrove
ilustrasi Sirup Mangrove (jadesta.kemenparekraf.go.id)

Salah satu ikon pesisir timur Surabaya adalah sirop mangrove ini. Dilansir Jawapos, sirop mangrove berasal dari buah pohon mangrove bernama bogem.

Dengan mencampurkan 2 kg gula, 1 kg bogem, sera 2 liter air, dapat menghasilkan 2,5 liter sirop. Sirop mangrove sendiri dapat dibeli langsung di rumah produksinya di Wonorejo, Pasuruan atau di Desa Wisata Banyuurip Mangrove Center, Gresik.

6. Suoklat

suoklat, oleh-oleh khas Surabaya
ilustrasi suoklat, oleh-oleh khas Surabaya (twitter.com/suoklatsuroboyo)

Oleh-oleh khas Surabaya yang berikutnya Suoklat, yang merupakan singkatan dari Suroboyo Coklat. Olahan coklat yang terbuat dari 56 persen kakao ini mempunyai banyak pilihan rasa di antaranya premium coklat, dark chocolatecrispy, coklat kopi, hingga coklat jahe. 

Baca Juga: ​15 Makanan Khas Balikpapan yang Wajib Kamu Cicipi Saat Traveling!

7. Kerupuk ikan kenjeran

kerupuk ikan kenjeran, oleh-oleh khas Surabaya
ilustrasi kerupuk ikan kenjeran, oleh-oleh khas Surabaya (dok. Lapis Kukus Surabaya Pahlwan)

Pantai Kenjeran adalah salah satu wisata terkenal di Surabaya. Di sana, terdapat penjual yang menjajakan berbagai macam kerupuk, dan salah satu yang terkenal menjadi oleh-oleh khas Surabaya adalah kerupuk ikan kenjeran.

Kerupuk yang ditawarkan pun bermacam-macam, mulai dari udang, cumi-cumi, hingga rumput laut. Kerupuk tersebut bisa dibeli matang maupun mentah.

8. Kerupuk udang lobster

kerupuk udang khas Sidoarjo
ilustrasi kerupuk udang khas Sidoarjo (flickr.com/Happy Shoppers Online)

Karena masa expired yang lama, kerupuk udang lobster juga jadi oleh-oleh khas Surabaya yang merupakan buah tangan pilihan wisatawan saat berkunjung ke Surabaya. Camilan satu ini cocok banget jadi teman santap nikmat, baik disandingkan dengan makanan berkuah maupun makanan pedas.

9. Ayam dan Bebek Djangkep

Ayam dan Bebek Djangkep khas Jawa Timur
ilustrasi Ayam dan Bebek Djangkep (djangkep.co.id)

Belum lengkap rasanya bila ke Surabaya, tetapi tidak mencoba olahan ungkep Djangkep. Oleh-oleh khas Surabaya yang bernama Djangkep ini, menyediakan ayam dan bebek yang diungkep dan dikemas dalam kemasan vakum. Tersedia dua pilihan rasa, yaitu betutu dan bumbu kuning, serta dua pilihan ukuran yaitu satu dan setengah. 

10. Bandeng asap

bandeng asap
ilustrasi bandeng asap (budaya-indonesia.org)

Bandeng asap memang sudah terkenal sebagai salah satu oleh-oleh khas Surabaya. Ciri khas dari makanan satu ini adalah bandeng tanpa tulang yang diasap sehingga rasa asapnya menguar ke mana-mana. Ada dua merek yang cukup terkenal, yaitu Bandeng Juwana dan Bandeng Bogarasa.

11. Kopi bandrek

kopi bandrek
ilustrasi kopi bandrek (cikopi.com)

Kopi bandrek merupakan salah satu oleh-oleh khas Surabaya. Kopi jenis ini terbuat dari gula putih, gula palem, kopi, krim nabati, jahe, dan ramuan rempah tradisional lainnya.

Kopi ini tersedia dalam dua rasa yaitu original dan coffee cream. Satu paknya berisi lima bungkus yang masing-masing bungkus terdapat 30 gram kopi bandrek.

12. Kerupuk rambak

kerupuk rambak
ilustrasi kerupuk rambak (commons.wikimedia.org/Midori)

Kerupuk rambak tak ubahnya kerupuk kulit dan telah menjadi oleh-oleh khas Surabaya sejak dulu. Kerupuk ini enak dinikmati sebagai camilan bersama keluarga atau dimakan dengan nasi atau makanan berkuah.

13. Abon Sapi Padmosusastro

abon sapi Padmosusastro Surabaya
ilustrasi abon sapi Padmosusastro Surabaya (youtube.com/Devi Ardia)

Padmosusastro sebenarnya merupakan nama jalan di Kelurahan Pakis, Kecamatan Sawahan, Surabaya. Jalan ini ditetapkan menjadi sentra usaha abon sapi.

Dulu hanya ada satu pengusaha abon sapi, yaitu Ibu Sarti. Abon yang diproduksinya adalah abon sapi dengan rasa pedas dan manis. Sekarang di jalan tersebut sudah ada enam rumah tangga yang memproduksi abon sapi.

14. Almond Crispy

Almond Crispy
ilustrasi Almond Crispy (wisatarasasurabaya.com)

Camilan kekinian yang pasti bikin orang rumah senang. Almond crispy adalah kue berbentuk bulat pipih yang terasa renyah dan lembut di mulut.

Meski kemunculannya belum lama, tapi jajanan manis satu ini langsung jadi favorit wisatawan saat berkunjung ke Surabaya. Kamu bisa pilih varian rasa green tea, coklat, dan original cheese.

15. Kue Patata

kue Surabaya Patata
ilustrasi kue Surabaya Patata (surabayapatata.com)

Dalam daftar terakhir oleh-oleh khas Surabaya dari Yummy App kali ini adalah kue Patata. Sama halnya dengan bolu Joeang, kue Patata juga diusung oleh kakak-beradik selebritas yaitu Oki Setiana Dewi dan Ria Ricis. Kue Patata adalah kue yang terbuat dari kentang. Terdapat enam pilihan rasa yaitu cheese patata, nutella patata, black patata, green tea patata, banana peanut patata, dan tiramisu patata.

Itu tadi oleh-oleh khas Surabaya yang wajib kamu bawa pulang. Harganya relatif terjangkau dan rasanya dijamin enak. Jadi, mau borong oleh-oleh yang mana, nih, guys?

Baca Juga: ​10 Resep Kue Kering Oven Tangkring dan Cara Menggunakannya

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Vina Himatur

Vina Himatur

Tahu Tek Surabaya

Tahu Tek Surabaya

(5.0)

5 langkah

509

Artikel Lainnya di kuliner