10 Oleh-oleh Khas Tangerang yang Wajib Dibawa Pulang

Pilihan buah tangan untuk yang menanti di rumah

10 Oleh-oleh Khas Tangerang yang Wajib Dibawa Pulang

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Kota yang terletak di sisi barat Jakarta ini, menyimpan banyak kekayaan kuliner dan budaya yang menarik untuk Sobat Yummy jelajahi. Gak cuma ini, Tangerang juga terkenal dengan berbagai oleh-oleh khasnya yang lezat dan unik, lho! Cocok untuk dibawa pulang untuk teman dan keluarga di rumah.

Jika sedang berkunjung ke Tangerang, pastikan Sobat Yummy membeli jajanan dan makanan khas dari kota ini. Untuk membantu Sobat Yummy memilih buah tangan dari Kota Benteng ini, berikut panduan 10 oleh-oleh khas Tangerang yang wajib dibawa pulang! 

1. Bolu Tape Benteng

Ilsutrasi Bolu Tape Benteng
(instagram.com/safiyya_pastry)

Jika kamu menyukai tape, oleh-oleh satu ini patut dicoba. Sesuai namanya, bolu khas Tangerang ini terbuat dari adonan dengan campuran tape dengan rasa yang khas. Tekstur bolunya lembut, dengan rasa manis serta aroma tape yang menggugah selera.

Bolu tape benteng tersedia dalam beberapa varian rasa, dari original, coklat, keju, stroberi, hingga kismis. Uniknya, bolu ini dibuat tanpa pengawet sehingga hanya bertahan sekitar 4 hari saja.

2. Dodol Ny.Lauw

Dodol Ny.Lauw
(instagram.com/jualdodol_nylauw_tangerang)

Dodol Ny.Lauw merupakan oleh-oleh legend yang kerap diburu wisatawan. Yang istimewa dari dodol ini adalah teksturnya yang empuk serta rasanya yang manis dengan aroma pandan yang harum.

Selain varian original, dodol ini juga memiliki varian wijen dan durian dengan rasa dan aroma yang khas. Kamu juga bisa membeli dodol ini dari pabriknya langsung, lho! Lokasinya berada di Jalan Pintu Air Timur Bouraq No.95, Tangerang.

3. Ketan Bintul

Ketan Bintul
(instagram.com/dunialoka.id)

Jika kamu penikmat jananan tradisional, oleh-oleh khas Tangerang satu ini tidak boleh dilewatkan. Kentan bintul merupakan jajanan pasar yang terbuat dari beras ketan dengan taburan serundeng yang gurih di atasnya. Agar lebih nikmat, kamu bisa coba menyantap ketan bintul bersama kuah empal daging.

Tidak perlu susah-susah untuk mencari panganan satu ini. Kamu bisa menemukannya dengan mudah di toko oleh-oleh, maupun pasar tradisional di sekitar Tangerang.

Baca Juga: Lezatnya Aneka Jajanan Pasar Modern, Dulunya dari Pasar Tradisional

4. Kue Gipang

Kue Gipang
(instagram.com/atiqhomeklik)

Kue Gipang merupakan oleh-oleh khas Tangerang lainnya yang terbuat dari beras ketan yang dicampur air gula. Rasanya manis, dengan tekstur yang sedikit lengket, tetapi tetap tenyah di mulut.

Cemilan ini bisa kamu temukan dengan mudah di warung-warung maupun toko oleh-oleh. Cocok dijadikan cemilan sebagai pendamping kopi dan teh.

5. Sate Bandeng

Sate Bandeng
(instagram.com/kulinerpreneur)

Kamu pecinta sate? Mungkin kamu bisa mencoba oleh-oleh khas Tangerang satu ini. Bedanya, sate ini dibuat menggunakan daging ikan bandeng. Meski begitu, rasanya tak kalah lezat dari sate ayam atau daging. Teksturnya lembu, dengan cita rasa yang gurih dan pedas yang kaya rempah.

Sekilas tampilannya mirip seperti sate lilit dari Bali. Sate bandeng tidak terlalu tahan lama untuk dijadikan oleh-oleh. Jadi, kamu harus langsung memasaknya begitu tiba di rumah.

6. Dodol Cilenggang

Dodol CIlenggang
(instagram.com/dodolspesial_titimugijaya)

Satu lagi dodol khas Tangerang yang bisa kamu jadiin oleh-oleh adalah Dodol Cilenggang. Dodol ini terbuat dari beras ketan hitam serta tambahan biji wijen. Perpaduan rasa dodol yang manis dan legit, serta rasa gurih dari wijen bikin cita rasa dodol ini semakin lezat.

Dodol cilenggang bisa tahan hingga 2 minggu jika disimpan pada suhu ruangan. Sehingga aman buat dijadikan buah tangan, untuk perjalanan jauh sekalipun. Kamu bisa mendapatkannya di toko souvenir maupun toko oleh-oleh di Tangerang.

7. Emping Menes

Emping Menes
(instagram.com/arif_rahman147)

Oleh-oleh khas Tangerang selanjutnya yaitu emping menes. Yang khas dari olahan emping ini adalah bentuknya yang tipis dan tidak terlalu besar. Keripik yang terbuat dari biji melinjo ini memiliki cita rasa yang gurih. Bisa kamu jadikan camilan atau pendamping makanan berkuah, seperti soto atau bakso.

Emping menes ini bisa kamu temukan dengan mudah di toko oleh-oleh khas Tangerang. Ada dua jenis emping yang tersedia. Emping yang sudah digoreng dan siap santap, atau emping mentah yang bisa kamu goreng sendiri di rumah.

Baca Juga: ​Resep Bakso Sapi 1 Kg, Kenyal dan Lembut 

8. Kue Jojorong

Kue Jojorong
(instagram.com/saliracatering)

Kue jojorong merupakan jajanan khas Tangerang yang wajib masuk list kulinermu. Kue ini terbuat dari capuran tepung beras, tepung kanji, dan campuran gula merah kental yang menggugah selera. Cocok dijadikan camilan sore, bersama teh atau kopi.

Sayangnya, kue ini kurang cocok dibawa sebagai oleh-oleh untuk perjalanan jauh. Namun, kamu tetap bisa menikmati kue jorong untuk menemani perjalananmu.

9. Sirup Rosela

Sirup Rosella
(instagram.com/namanya.id)

Sesuai namanya, minuman ini terbuat dari ekstrak bunga rosela. Warnanya merah, dengan rasa manis dan asem yang menyegarkan. Apalagi jika ditambahkan es batu. Cocok untuk diminum saat cuaca panas.

Sirup rosella juga terkenal memiliki banyak khasiat untuk tubuh. Tak heran, minuman khas Tangerang ini jadi oleh-oleh yang cukup banyak diburu oleh wisatawan.

10. Kecap Benteng SH

Kecap Benteng SH
(instagram.com/kecapsh)

Oleh-oleh khas Tangerang terakhir, yaitu kecap legendaris yang sudah diproduksi sejak 1920. Kecap Benteng SH merupakan oleh-oleh khas Tangerang yang populer, khususnya bila berkunjung ke kawasan Pasar Lama Tangerang. 

Rasanya manis dan gurih, dengan kekentalan yang pas untuk menemani  berbagai hidangan seperti bakso, batagor, sate, atau gado-gado. Bagi kamu yang ingin membeli kecap ini, kamu bisa dapatkan di toko oleh-oleh maupun di pertokoan di sekitar Pasar Lama, Tangerang.

Ternyata ole-oleh khas Tangerang cukup banyak dan bervariasi ya Sobat Yummy! Dari bolu, kue basah, keripik, minuman, hinggga kecap lendendaris yang cocok dijaidkan bumbu penyedap untuk berbagai masakan. Jadi, oleh-oleh apa nih yang bakal pilih untuk dibawa pulang?

Penulis: Citra Irhamna

Baca Juga: 10 Oleh-oleh Khas Bogor yang Populer, Paling Dicari Wisatawan

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Welly Herlina

Welly Herlina

Balado Emping Melinjo

Balado Emping Melinjo

(5.0)

7 langkah

recooks-0
recooks-1
Aisah

Aisah

Gado-Gado Siram Surabaya #JajanDiRumah

Gado-Gado Siram Surabaya #JajanDiRumah

(5.0)

8 langkah

1.7 rb

Artikel Lainnya di kuliner