20 Oleh-oleh Khas Tegal Paling Populer dan Harus Dibawa Pulang

simak rekomendasi oleh-oleh khas Tegal yang wajib dibeli

20 Oleh-oleh Khas Tegal Paling Populer dan Harus Dibawa Pulang

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Sobat Yummy, ketika berkunjung ke suatu daerah, rasanya belum lengkap jika tidak membawa oleh-oleh khas dari sana. Nah, bagi Sobat Yummmy yang berkunjung ke Tegal, tidak ada salahnya mencoba oleh-oleh khas Tegal yang lezat dan unik.

Nah, kali ini, Yummy App akan membahas 20 oleh-oleh khas Tegal yang harus Sobat Yummy coba dan bawa pulang untuk orang terdekat. Yuk, simak!

1. Mendoan khas Tegal

resep tempe mendoan
ilustrasi tempe mendoan (yummy.co.id/annyrisyani)

Mendoan adalah salah satu oleh-oleh khas Tegal yang paling terkenal. Makanan ini terbuat dari tahu yang digoreng dengan tepung, sehingga memiliki tekstur renyah di luar dan lembut di dalam. Mendoan biasanya disantap sebagai camilan atau pendamping makan nasi. Rasanya yang gurih dan enak membuat mendoan menjadi favorit bagi banyak orang.

2. Emping melinjo

emping
ilustrasi emping (instagram.com/a_elisacha)

Emping melinjo adalah oleh-oleh khas Tegal yang terkenal dengan rasa gurih dan renyah. Emping melinjo merupakan keripik yang terbuat dari biji melinjo yang diolah dengan cara dipipihkan lalu digoreng. Rasanya yang unik dan teksturnya yang renyah membuat emping melinjo menjadi camilan yang digemari oleh banyak orang.

Sobat Yummy bisa menemukan emping melinjo di berbagai toko oleh-oleh di Tegal. Sobat Yummy bisa membelinya dalam kemasan kecil sebagai camilan di perjalanan atau dalam kemasan besar untuk oleh-oleh keluarga dan teman.

3. Olos

potret olos makanan khas Tegal (facebook.com/Arga Bocahe)
potret olos makanan khas Tegal (facebook.com/Arga Bocahe)

Olos adalah gorengan yang berbentuk bulat dan terbuat dari tepung serta  biasanya berisi irisan kol, daun bawang, dan cabai rawit. Menjadi salah satu makanan khas Tegal, Sobat Yummy harus mampir untuk mencoba makanan pedas satu ini!

4. Dodol Tegal

ilustrasi dodol betawi
iStockphoto.com

Dodol Tegal adalah oleh-oleh khas Tegal yang terbuat dari campuran ketan, gula, kelapa, dan santan. Rasanya yang manis, kenyal, dan lembut membuat dodol Tegal menjadi oleh-oleh yang sangat digemari.

Sobat Yummy bisa menemukan dodol Tegal di beberapa toko oleh-oleh di Tegal. Dodol ini tersedia dalam berbagai varian rasa, seperti sirsak, kelapa, dan original. Pilihlah rasa yang Sobat Yummy suka dan nikmati kelezatannya!

5. Tahu aci

potret tahu aci makanan khas Tegal (flickr.com/Happy Tjahyono)
potret tahu aci makanan khas Tegal (flickr.com/Happy Tjahyono)

Kurang afdol rasanya jika Sobat Yummy berkunjung ke Tegal tapi belum merasakan kuliner satu ini. Tahu aci terbuat dari tahu kuning yang kemudian diberlah dan diberi adonan aci yang terbuat dari tepung kanji.

6. Sagon bakar

sagon bakar
ilustrasi sagon bakar (youtube.com/dapurmamabila)

Sagon bakar adalah oleh-oleh khas Tegal yang terbuat dari ketan, kelapa parut, dan gula kelapa. Makanan ini memiliki rasa manis dan tekstur yang renyah karena dipanggang. Sagon bakar seringkali dikonsumsi saat hari raya Idul Fitri dengan dijadikan sebagai suguhan tamu.

7. Gemblong ocar-acir

potret gemblong makanan khas Tegal (facebook.com/Halimah Sa'diyah)
potret gemblong ocar acir makanan khas Tegal (facebook.com/Halimah Sa'diyah)

Gemblong ocar-acir atau gemblong kocar-kacir merupakan salah satu jajanan tradisional khas Tegal yang wajib Sobat Yummy coba saat berkunjung ke sana. Gemblong terbuat dari singkong yang dikupas lalu direbus dan ditumbuk hingga halus. Gemblong ocar-acir disajikan dengan ditaburi kelapa parut serta dituangi gula merah cair yang manis.

8. Getuk lindri

ilustrasi getuk lindri (flickr.com/citrakusuma)
ilustrasi getuk lindri (flickr.com/citrakusuma)

Getuk lindri adalah oleh-oleh khas Tegal berupa kue tradisional yang terbuat dari singkong yang diolah menjadi adonan yang kenyal. Kue ini memiliki rasa manis dan biasanya diberi topping kelapa parut.

9. Rempeyek kacang daun kucai

rempeyek kacang
ilustrasi rempeyek kacang (yummy.co.id)

Rempeyek atau peyek khas Tegal biasanya menggunakan kacang tanah sebagai taburan di dalam adonan tepungnya. Selan itu, daun kucai juga menjadi kondimen yang harus ada dalam peyek khas Tegal sehingga membuatnya menjadi renyah, harum, dan gurih.

10. Bakpia

description
Youtube

Bakpia juga merupakan oleh-oleh khas yang populer di banyak daerah di Indonesia, termasuk Tegal. Bakpia Tegal memiliki rasa yang unik dan berbeda dengan bakpia dari daerah lain. Bakpia Tegal biasanya terbuat dari adonan tepung terigu dengan berbagai isian, seperti kacang hijau, cokelat, atau keju.

11. Rujak teplak

potret rujak teplak khas Tegal
potret rujak teplak khas Tegal (Google Maps/Ira Puspitasari)

Rujak teplak merupakan makanan Khas Tegal yang terdiri dari kurang lebih sembilan macam sayuran seperti jantung pisang, singkong, kol, lamtoro, kangkung, timun, kacang panjang, pare, dan tauge. Isian itulah yang kemudian membedakan rujak teplak dengan rujak lainnya.

12. Sate blengong

potret sate blengong makanan khas Tegal
potret sate blengong makanan khas Tegal (facebook.com/Agus Rochadi)

Sate blengong, makanan khas Tegal yang unik, dibuat dari daging bebek lokal yang dikenal sebagai blengong. Sate ini disajikan dengan bumbu kacang atau kecap yang lezat, menjadikannya oleh-oleh yang khas dan menggugah selera.

13. Kupat blengong

potret kupat blengong makanan khas Tegal
potret kupat blengong makanan khas Tegal (facebook.com/Agus Rochadi)

Kupat blengong adalah kuliner khas Tegal yang mengolah hewan hasil perkawinan silang antara bebek dengan andhog menjadi masakan berbentuk sate dengan siraman kuah merah serta potongan ketupat.

14. Kerupuk mlarat

kerupuk melarat
ilustrasi kerupuk melarat (instagram.com/ellyhandojo)

Kerupuk mlarat adalah camilan khas Tegal yang terkenal. Kerupuk ini memiliki rasa yang gurih dan tekstur yang renyah, cocok untuk dijadikan camilan saat berkumpul bersama keluarga atau teman. Disebut kerupuk mlarat atau melarat karena kerupuk satu ini tidak digoreng, melainkan memakai pasir yang telah dibersihkan dan dipanaskan.

15. Kacang bogares Tegal

15. Kacang bogares Tegal
Ilustrasi kacang bogares khas tegal (tokopedia.com/wafalia)

Kacang Tegal adalah camilan khas yang terbuat dari kacang tanah berkualitas yang dibumbui dan digoreng dengan sempurna. Rasanya yang gurih dan krenyes menjadikannya favorit banyak orang. Kacang satu ini memiliki aroma bawang putih dan digoreng menggunakan pasir.

16. Serabi Tegal

Serabi dari tepung beras dan pinggirnya yang garing renyah kecoklatan
ilustrasi serabi Notosuman (instagram.com/serabinotosuma_bsd)

Serabi Tegal adalah camilan tradisional yang lezat. Dibuat dari tepung beras dan santan, serabi ini memiliki tekstur yang lembut dengan topping kelapa parut dan gula merah. Serabi Tegal bisa menjadi oleh-oleh yang manis untuk dinikmati bersama keluarga.

17. Glotak

potret glotak makanan khas Tegal
potret glotak makanan khas Tegal (facebook.com/Ginger Ma Niac)

Glotak atau yang juga disebut sebagai glotak balungan adalah makanan tradisional unik khas Kota Tegal yang terbuat dari ampas kedelai (gembus) yang dimasak dengan campuran tulang ayam.

18. Telur asin

Telur asin makanan yang awet tanpa kulkas
ilustrasi telur asin (instagram.com/putri.a.kusuma)

Telur asin merupakan oleh-oleh yang sering dibawa pulang dari Tegal. Dengan rasa gurih yang khas, telur asin Tegal cocok dijadikan lauk nasi rames atau pendamping makanan berkuah lainnya.

19. Soto tauco Tegal

potret soto tauco makanan khas Tegal
potret soto tauco makanan khas Tegal (Google Maps/Cemet LH dan Faozan Rizal)

Soto tauco khas Tegal biasanya memiliki kuah berwarna pekat kecokelatan dengan cita rasa manis. Soto tauco biasanya berisi tauge, nasi, daun bawang, bawang goreng, dengan suwiran ayam atau daging atau babat goreng.

20. Bandeng presto

bandeng presto
ilustrasi bandeng presto (royco.co.id)

Bandeng Presto adalah makanan khas Tegal yang terkenal. Ikan bandeng diolah dengan cara dipresto hingga tulangnya lunak dan bisa dimakan. Bandeng Presto biasanya disajikan dengan sambal yang pedas dan gurih.

Baca Juga: 10 Oleh-oleh Khas Medan yang Selalu Menjadi Pilihan Wisatawan

Itulah 20 oleh-oleh khas Tegal yang wajib Sobat Yummy bawa pulang saat berkunjung ke Tegal, mulai dari mendoan, emping melinjo, dodol Tegal, sagon bakar, getuk lindri, hingga bakpia, semuanya memiliki rasa yang lezat dan unik. Pastikan untuk mencoba dan membeli oleh-oleh khas Tegal ini agar pengalaman  berkunjung ke Tegal menjadi lengkap dan tak terlupakan.

Nah, jika Sobat Yummy ingin mengetahui lebih banyak lagi, yuk, unduh Yummy App dan temukan beragam informasi terkait.

Penulis: Bella Charina Putri

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Nauval Qissisina

Nauval Qissisina

Glotak Khas Tegal

Glotak Khas Tegal

(5.0)

6 langkah

6.9 rb

Artikel Lainnya di kuliner