Advertisement

Advertisement

Advertisement

​20 Jenis-jenis Pasta Berdasarkan Bentuk dan Ukurannya

​Pasta bukan cuma spaghetti dan fettuccine!

​20 Jenis-jenis Pasta Berdasarkan Bentuk dan Ukurannya

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Spaghetti dan fettucini, mungkin jadi jenis pasta yang sering dipakai di beberapa hidangan Italia. Namun, ternyata ada banyak jenis jenis pasta yang bisa kamu temui di dunia berdasarkan bentuk pastanya, lho! 

Pasta adalah salah satu bahan makanan Italia yang terbuat dari tepung, sayur, hingga umbi-umbian. Hingga saat ini sudah begitu banyak bentuk dan jenis pasta yang menarik untuk dicoba.

Ada pasta yang berbentuk panjang, kecil, berlubang, hingga pasta yang memiliki isian. Sama seperti spaghetti, beberapa jenis pasta ini juga bisa kamu gunakan jika butuh hidangan cepat saji! Nah, terlepas dari kepopulerannya, ketika kita ingin membeli pasta, mungkin seringkali kita lupa dengan nama dan jenis jenis pasta yang ada. 

Maka dari itu, di sini Yummy App akan kasih kamu informasi mengenai jenis-jenis pasta berdasarkan bentuknya, yuk, disimak!

Advertisement

1. Bucatini

1. Bucatini

Jenis pasta pertama adalah butacini. Pasta panjang yang berongga ini sedikit mirip dengan pasta spaghetti, bukan? Namun, karena adanya rongga, butacini ini lebih terlihat bulat dan tebal. Pasta ini bisa kamu gunakan untuk membuat sup, pasta saus, dan juga casserole

Nah, bentuknya yang berlubang, pasta ini bisa bikin pasta yang kamu buat jadi lebih nikmat karena adanya ekstra saus yang ada pada rongganya!

Advertisement

2. Cavatappi

2. Cavatappi

Siapa yang suka membuat mac and cheese di rumah? Jenis pasta yang satu ini bisa jadi alternatif nih, yaitu pasta cavatappi! Pasta berongga dengan bentuk spiral ini dikenal juga sebagai double elbow pasta. Liku-liku yang ada pada pasta ini dapat membuat pasta tetap berada di bentuk yang sama meski sudah di rebus. Bentuk yang unik, bukan?

Selain bisa digunakan sebagai bahan utama mac and cheese, pasta jenis ini juga bisa disajikan untuk hidangan salad dingin ataupun hangat, lho! Menarik, kan?

3. Elbows

3. Elbows

Setelah lihat pasta double elbow, sekarang kita bahas jenis pasta yang bernama single elbow! Pasta elbow atau pasta siku ini juga akrab dikenal dengan sebutan makaroni. Pasta yang memiliki ukuran kecil dan setengah lingkaran ini bisa kamu gunakan untuk membuat hidangan pasta bersaus ataupun casserole. Kalau kamu sering buat mac and cheese, pasti sering banget, yah, pakai pasta jenis ini?

4. Fusilli

4. Fusilli


Salah satu jenis pasta yang sering digunakan selain spaghetti adalah fusilli! Bentuknya yang spiral ini menjadikan pasta fusilli lebih mudah diingat oleh banyak orang. Namun, kamu tahu gak, sih? Ternyata pasta ini memiliki tekstur yang sedikit lebih keras, lho! Maka dari itu, pasta ini sering dihidangkan dengan sayuran dan beberapa topping yang bertekstur lebih empuk!

Nggak cuma itu, pasta ini juga bisa dikombinasikan dengan saus yang creamy dan digunakan di dalam salad pasta.

5. Farfalle

5. Farfalle

Jenis pasta selanjutnya adalah pasta farfalle yang berarti 'kupu-kupu' dalam bahasa Italia. Bentuknya yang kecil dan datang dengan lipatan kecil dianggap sangat unik bagi beberapa orang. Nah, biasanya, pasta ini digunakan untuk membuat salad pasta ataupun hidangan pasta yang creamy!

6. Gemelli

6. Gemelli

Pasta gemelli adalah pasta kebar dalam bahasa Italia. Alasan pasta ini dinamai pasta kembar karena pasta ini terbuat dari dua lembar pasta tipis yang dipilin menjadi satu seperti untaian DNA. 

Tekstur pasta yang lebih kuat dibandingkan pasta yang lain membuat pasta yang satu ini sering digunakan untuk membuat pasta sayuran dan pasta yang berminyak karena lebih mudah untuk dimakan menggunakan garpu!

7. Gnocchi

7. Gnocchi

Tidak seperti jenis pasta pada umumnya yang berbahan dasar gandum, pasta gnocchi ini menggunakan kentang atau ricotte sebagai bahan dasarnya, lho! Pasta yang kaya dengan rasa kentang. Ini tentu menjadi kelebihan dari gnocchi! Kamu bisa mengolah pasta ini dengan menggunakan saus krim atau pun dipanggang dengan saus berbahan dasar tomat! Menarik banget, kan?

8. Lasagna

8. Lasagna

Jenis pasta yang satu ini pasti udah nggak asing di telingamu, yah? Yup, lasagna! Pasta yang panjang dengan bentuk pipih dan lebar ini biasanya dihidangkan dengan tambahan saus tomat, keju, daging giling, dan juga sayuran. Bentuk lasagna yang lebar ini dapat menahan berbagai jenis bahan dengan baik di setiap lapisannya.

9. Linguine

9. Linguine

Linguine sering disebut mirip dengan pasta fettuccine. Namun, ada sedikit perbedaan dari kedua jenis pasta ini, yaitu lembaran fettuccine yang lebih lebar. Linguine biasanya dipasangkan dengan hidangan pasta seafood, pasta krim, dan pasta yang menggunakan banyak saus.

10. Vermicelli

10. Vermicelli

Jenis pasta panjang lainnya yang bisa kamu coba olah adalah vermicelli! Pasta ini memiliki bentuk yang sedikit tipis seperti bihun. Kamu bisa mengolah pasta ini dengan tambahan minyak dan tomat. Selain itu, kamu juga bisa mengolah vermicelli dengan cara direbus menjadi sup ataupun ditumis. 

Baca Juga: ​15 Jenis Jamur yang Bisa Dimakan

11. Penne

11. Penne

Pasta dengan bentuk kecil lainnya adalah pasta penne. Pasta ini juga termasuk pasta yang populer digunakan untuk beberapa hidangan. Pasta yang berbentuk silindris dengan tepi miring dan berongga ini menjadikannya sebagai pasta yang ideal untuk digunakan dalam hidangan yang menggunakan banyak saus.

Pasta penne ini juga dikenal dengan sebutan mostaccioli. Nah, biasanya pasta ini digunakan di dalam casserole maupun hidangan berbahan dasar ayam atau zucchini.

12. Tortiglioni

12. Tortiglioni

Tortiglioni merupakan salah satu variasi dari jenis pasta makaroni yang paling terkenal yang berasal dari daerah Napoli. Bentuknya yang vertikal dan dengan rongga yang besar bisa kamu gunakan untuk membuat pasta dengan saus yang banyak atau digunakan di dalam casseroles.

13. Rotini

13. Rotini

Kalau kamu menyukai fusilli, kamu juga harus mencoba jenis pasta yang satu ini, yaitu pasta rotini! Fusili dan rotini sering dianggap kembar karena bentuknya yang sangat mirip. Satu-satunya perbedaan yang mencolok dari kedua pasta ini adalah pasta rotini memiliki spiral yang lebih rapat dibandingkan fusilli

Nah, pasta ini sangat cocok digunakan dengan berbagai saus, mulai dari saus kental, saus minyak hingga saus krim.

14. Rigatoni

14. Rigatoni

Bukan hanya rotini yang punya kembaran, pasta rigatoni juga sering dibilang mirip dengan pasta penne, lho! Nah, yang bisa membedakan jenis pasta yang bernama rigatoni dengan pasta penne adalah tekstur rigatoni yang sedikit lebih keras dibandingkan penne. Selain itu, garis tepi rigatoni tidak miring seperti penne

Rongga yang ada pada pasta rigatoni berfungsi untuk menahan saus pasta saat dimasak. Maka dari itu, pasta ini sangat cocok dipadukan dengan tambahan saus atau krim!

15. Ravioli

15. Ravioli

Nah, sekarang kenalan, yuk, dengan jenis pasta berisi yang satu ini. Yup, apalagi kalau bukan ravioli! Ravioli ini biasanya sudah diisi sebelum dijual dan dikemas. Namun, kamu juga bisa membuat sendiri isian ravioli dengan bahan-bahan yang kamu suka, seperti daging, sayuran, keju, dan lain-lain. 

Ravioli bisa disebut sebagai pasta yang populer dibandingkan pasta isi lainnya. Biasanya, ravioli disajikan dengan saus tomat sederhana.

16. Tortellini

16. Tortellini

Jika dilihat sekilas, jenis pasta yang bernama tortellini ini bentuknya terlihat seperti fortune cookie, bukan? Nah, pasta isi ini bisa kamu variasikan isiannya dengan bahan-bahan yang kamu suka, lho! Pasta tortellini ini juga biasa diolah dengan kaldu ataupun saus tomat. Kamu juga bisa menambahkan keju parmesan ataupun minyak zaitun agar rasa pastanya lebih enak dan gurih!

17. Ditalini

17. Ditalini

Ditalini merupakan variasi jenis pasta pendek yang menjadi favorit banyak oang. Pasta dengan ukuran super kecil ini ternyata bisa digunakan dalam resep sup dan juga pasta fagioli. Nggak cuma itu, pasta ini juga bisa dicampur dengan beberapa pasta lainnya, lho!

18. Pappardelle

18. Pappardelle
Vincenzo's Plate

Pasta pappardelle adalah salah satu jenis pasta panjang yang lebarnya melebihi lebar pasta fettuccine! Pasta jenis ini hanya diolah dengan saus berbahan dasar daging yang melimpah. Biasanya, pasta ini digunakan untuk hidangan pasta yang berbasis bolognese ataupun seafood. Tapi, nggak ada salahnya kok kalau kamu mau mencampur pasta jenis ini dengan saus yang kamu suka!

19. Conchiglie

19. Conchiglie

Pasta conchiglie adalah jenis pasta pendek yang memiliki bentuk unik seperti cangkang kerang! Pasta ini tersedia dalam beberapa ukuran, mulai dari yang kecil hingga yang lebih besar. Nah, pasta jenis ini itu cocok banget diolah dengan kuah yang kental dan juga dengan tambahan daging! Kebayang, dong, gimana enaknya?

20. Mezzelune

20. Mezzelune

Terlihat seperti dumpling, tapi ini adalah pasta! Jenis pasta isi yang satu ini bernama mezzelune. Pada dasarnya, pasta ini dibuat dengan cara digulung menggunakan tangan dan dipotong menjadi oval. Lalu, di tengahnya diisi dengan isian pilihan sesuai dengan seleramu. Setelah itu, lipat pasta menjadi dua bagian. 

Pasta ini juga sering sebut sebagai half-moon pasta karena bentuknya yang mirip seperti bulan sabit! Unik banget, kan?

Itu dia 20 jenis pasta berdasarkan bentuknya. Kalau kamu mulai bosan dengan spaghetti ataupun fettuccine, beberapa pilihan di atas bisa jadi alternatifnya! Jenis pasta yang mana nih, yang mau kamu coba hari ini?

Baca Juga: 6 Resep Saus Spaghetti dan Cara Membuatnya yang Anti Ribet

Bagikan:

Advertisement

Artikel Terpopuler

Advertisement

resep masakan terkait

Yummy Official

Yummy Official

Creamy Ravioli

Creamy Ravioli

(4.2)

60 mnt

5.3 rb

Artikel Lainnya di kuliner

Advertisement