Advertisement

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Tampilan Sangat Mirip, Ini Perbedaan Lotek, dan Gado-gado, serta Pecel

Berbeda dari sayuran dasar dan saus kacangnya, lho!

Tampilan Sangat Mirip, Ini Perbedaan Lotek, dan Gado-gado, serta Pecel

penulis:

Hafi Nur Habiba

Bagikan:

Tidak kalah dengan luar negeri yang memiliki salad, Indonesia juga memiliki kuliner khas yang mirip dengan salad yakni lotek, gado-gado dan pecel. Sebenarnya dari cara menyajikan antara salad, lotek, gado-gado, dan pecel hampir mirip.

Salad yang berbahan sayuran dan ditambah berbagai saus untuk saladdressing seperti sesame dressing, caesar, thousand island, dan lain sebagainya. Sedangkan salad Indonesia seperti lotek, gado-gado, dan pecel juga berbahan dasar sayuran lokal akan tetapi ditambah saus kacang untuk dressing-nya.

Ketiganya memiliki perbedaan yang tipis dari segi komposisi. Tak jarang jika Sobat Yummy terkadang tidak dapat membedakan ketiga jenis salad Indonesia tersebut.

So, kali ini Yummy App menjelaskan perbedaan lotek dan gado-gado, serta pecel yang harus kamu tahu, agar tidak tertukar saat membeli atau membuatnya sendiri di rumah.

1. Lotek

perbedaan lotek dan gado-gado
ilustrasi lotek (instagam.com/hiyzy_fooddiary)

Salad Indonesia satu ini merupakan khas dari Sunda dan Jawa Tengah. Secara gari besar, lotek terbuat dari sayuran-sayuran matang seperti kangkung, timun, nangka muda, kacang panjang, tauge, dan bayam.

Saus kacang dari lotek sangat unik, yakni ditambahkan tempe goreng, terasi, dan kencur untuk di uleg menjadi satu. Sehingga menghasilkan saus kacang yang tidak hanya nikmat, tapi juga dengan tekstur yang beragam.

Setiap warung yang menyajikan lotek terkadang memiliki variasi unik pada campuran saus kacangnya. Tak jarang juga, pedagang lotek menambahkan kentang rebus yang ikut diuleg untuk mendapat tekstur saus yang lebih padat.

Beberapa juga sengaja membuat tekstur saus kacang lotek lebih encer dari biasanya. Dominan rasa saus kacang lotek yakni gurih dan manis. Cara penyajiannya lotek yakni mencampur aduk sayur dasar dengan saus kacang menjadi satu dalam cobek.

Baca Juga: 10 Jenis Dressing Salad Paling Populer yang Lezat 

2. Gado-gado

perbedaan lotek dan gado-gado
ilustrasi gado-gado (Instagram.com/galery_reseep)

Jika lotek merupakan jagoan dari Sunda, maka gado-gado merupakan makanan khas dari Betawi. Gado-gado sering disebut sangat mirip dengan lotek, secara tampilan fisik. Dilihat dari segi komposisi bahannya, gado-gado hampir sama dengan lotek. Tapi dengan tambahan kentang rebus, selada, tahu, tempe, irisan telur rebus, dan kubis.

Perbedaan lotek dan gado-gado sangat kentara di saus kacangnya. Pembuatan saus kacang gado-gado melalui proses pemasakan terlebih dahulu, sedangkan saus kacang lotek fresh from the uleg-an.

Saus kacang lotek memiliki tambahan tekstur yang unik. Sementara gado-gado cenderung memiliki tekstur saus yang lembut, dengan warna yang tidak terlalu gelap, karena adanya tambahan santan. Lalu, saus kacang gado-gado tidak memiliki komposisi penambahan kecur sehingga rasanya tidak setajam lotek.

Cara penyajian gado-gado juga berbeda dengan lotek. Jika lotek dicampur aduk antara sayur dasar dan sausnya, sedangkan pada gado-gado saus kacangnya dituang diatas komponen sayuran.

3. Pecel

perbedaan pecel dan gado-gado
ilustrasi pecel (Instagram.com/hannadietdiary)

Salad dari Sunda, sudah. Begitu juga dengan salad dari Betawi. Sekarang giliran salad dari Jawa Timur. Sobat Yummy harus tahu, pecel disebut sudah muncul sejak abad ke-9 Masehi, loh. Tak lekang oleh waktu, pecel masih menjadi favorit masyarakat Indonesia, dan dijadikan menu andalan saat sarapan.

Kuliner satu ini memiliki sayur dasar yang lebih banyak perbedaannya daripada lotek ataupun gado-gado. Selain kangkung dan tauge, pecel juga terdiri dari daun ketela, kecombrang, daun beluntas, kacang panjang, kecipir, daun pegagan dan lain sebagainya.

Bahkan setiap daerah di Jawa Timur memiliki sayur dasarnya sendiri dalam membuat pecel. Misalnya, penambahan semanggi pada pecel khas Surabaya, dan bunga turi pada pecel khas Madiun. Serta pada umumnya, pecel memiliki tambahan lauk yang lebih banyak, seperti ayam bumbu, telur goreng, daging dan lain sebagainya.

Saus kacang pada pecel memiliki kemiripan dengan saus kacang milik lotek. Dalam pembuatannya ada penambahan kencur, yang dapat memperkuat aroma dan rasa saus kacang.

Sudah paham perbedaan ketiga salad dari Indonesia, kan? Meskipun hampir mirip, perbedaan lotek, dan gado-gado, serta pecel ternyata sangat kentara dari sayur dasar dan saus kacangnya.

Umumnya, setiap rumah makan maupun setiap daerah yang menyajikan lotek, gado-gado, ataupun pecel memiliki khasnya sendiri. Mulai dari penambahan bahan yang unik, sebagai penambah nikmat ataupun tekstur.

Baca Juga: 15 Jenis Bubur Khas Nusantara, dari Gurih hingga Legit

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Vhita Hani

Vhita Hani

Pecel Madiun

Pecel Madiun

(5.0)

5 langkah

343

Artikel Lainnya di kuliner