Inilah Perbedaan Quaker Oats Biru dan Merah yang Wajib Kamu Tahu!

​Mana yang lebih bagus?

Inilah Perbedaan Quaker Oats Biru dan Merah yang Wajib Kamu Tahu!

penulis:

Anna Novita Rachim

Bagikan:

Oats adalah salah satu biji-bijian yang paling sehat di dunia. Mengandung bebas gluten dan merupakan sumber vitamin, oats juga kaya mineral, serat, dan antioksidan yang penting bagi tubuh.

Oats terbuat dari gandum utuh yang dikenal juga dengan nama avena sativa. Biasanya oats disantap untuk sarapan yang dibuat dengan direbus dalam air atau susu. Sering kali juga dibuat menjadi makanan padat seperti muffin dan pancake

Kamu bisa menemukan berbagai macam produk dan jenis oats untuk disantap, salah satunya Quaker Oats yang memproduksi 3 jenis oats yang populer. 

Banyak orang yang mengenal merek oats ini dengan kemasan merah dan biru. Kira-kira apa ya, perbedaan dari Quaker Oats biru dan merah?

Manfaat baik oats bagi tubuh

oats
ilustrasi oats (pexels.com/Monserrat Soldú)

Sering dianggap sebagai makanan yang sehat, sebenarnya apa saja manfaat mengkonsumsi oats bagi tubuh?

  • Mengkonsumsi semangkuk oats dapat membantu asupan serat per harinya. Selain bisa melancarkan sistem pencernaan, serat juga dapat melindungi tubuh dari penyakit, seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan kanker.
  • Mampu menurunkan kolesterol. Oats memiliki beta-glukan yang mudah luruh di dalam tubuh dan terbukti untuk menurunkan kolesterol. 
  • Dapat mengontrol berat badan, fiber dan protein di dalam oats bisa memberikan rasa kenyang lebih lama. Hal ini berimbas pada berat badanmu jika dikonsumsi secara rutin.
  • Melindungi tubuh dari tekanan darah tinggi. Oatmeal mengandung antioksidan yang disebut avenanthramides yang dapat melindungi tubuh dari penyakit jantung koroner dan tekanan darah tinggi. Selain itu, kandungan antioksidan juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh untuk melawan infeksi. 

Jenis-jenis oats yang sering dimasak

1. Instant oats

instant oats
ilustrasi instant oats (youtube.com/Quaker Oats Indonesia)

Instant oats terkenal dengan kemasannya yang berwarna merah. Oats jenis ini adalah oatmeal yang diproduksi untuk dimasak dengan waktu yang lebih cepat.

Hal tersebut terjadi karena oats jenis ini sudah melalui proses masak yang panjang. Sebelum dikemas, oats dikukus terlebih dahulu dalam waktu lama hingga setengah matang. Setelah itu, oats digiling pipih menjadi serpihan yang cukup halus, kemudian oats dikeringkan, dan dikemas. 

Tekstur dari instant oats ini lebih halus, creamy, dan mudah menyerap air. Makanya, banyak sekali yang menggunakan instant oats untuk diolah menjadi bubur dan makanan cepat saji lainnya. 

Lalu, bagaimana nutrisi yang terkandung di dalam instant oats? Di dalam satu porsi instant oats (40 gr) rata-rata memiliki 3,4 gram lemak, 4 gram protein, dan juga 4,3 gram serat.

2. Quick oats

perbedaan quaker oats merah dan biru
ilustrasi quick oats (youtube.com/Quaker Oats Indonesia)

Quick oats adalah produk Quaker Oats dengan kemasan berwarna bir muda. Oats jenis ini merupakan oats yang paling banyak diolah dan membutuhkan waktu yang cepat dalam memasaknya. Seperti oats lainnya, quick oats juga diproses mulai dari biji-bijian dan kulitnya. 

Berbeda dengan rolled oats yang utuh, quick oats diproduksi dengan membuat kulitnya terlebih dahulu dan dikukus hingga setengah matang. Setelah itu, oats digiling terlebih dahulu hingga menghasilkan oats yang lebih tipis. Oats dengan bentuk yang tipis inilah yang membuat quick oats lebih cepat dimasak.

Baca Juga: 7 Jenis Oat yang Cocok untuk Diet, Mana Pilihanmu?

3. Rolled oats

3. Rolled oats
Youtube/Quaker Oats Indonesia

Rolled oats ini memiliki kemasan berwarna biru tua. Oats jenis ini adalah sereal gandum yang telah diproses lebih ringan dua jenis oats sebelumnya.

Rolled oats atau old-fashioned oats ini terbuat dari oat menir yang dikeringkan dan dipanaskan sebelum digiling menjadi serpihan datar. Setelah itu, oats akan dipanggang ringan untuk menstabilkan lemak alami di dalam oats agar waktu penyimpanannya lebih lama. 

Rolled oats dikenal dengan serpihan yang lebih tebal dibandingkan dengan instant oats dan quick oats. Hal ini yang menyebabkan rolled oats membutuhkan lebih banyak waktu saat dimasak.

Lalu, berapa banyak kandungan nutrisi yang ada pada rolled oats? Setiap 100 gram rolled oats terdapat vitamin B1, vitamin B5, mineral, serat, dan juga beta-glukan. Biasanya oats jenis ini banyak diolah untuk makanan seperti kue gandum, panekuk, biskuit, hingga bubur. 

Jadi, apa perbedaan Quaker Oats kemasan merah dan biru?

Umumnya, Quaker Oats merah dan biru hanya berbeda pada bentuk dan cara memasak. Quaker Oats kemasan merah dibuat lebih halus dan mudah diolah dengan campuran air panas. Begitu juga dengan Quaker Oats kemasan biru dengan label quick oats juga dibuat dibuat lebih pipih agar lebih mudah dimasak.

Dari ketiga oats di atas, yang memerlukan waktu sedikit lama untuk dimasak adalah Quaker Oats rolled oats. Oats jenis ini juga lebih banyak digunakan untuk membuat berbagai resep overnight oats

Perbedaan lainnya ada pada indeks glikemiks. Indeks glikemiks merupakan suatu ukuran yang digunakan untuk mengindikasi berapa cepat karbohidrat yang ada pada makanan diubah menjadi gula di dalam tubuh manusia. Instant oats memiliki sebanyak 83 indeks glikemik dan rolled oats sebanyak 55 indeks glikemiks

Itulah penjelasan tentang perbedaan dari Quaker Oats merah dan biru. Kalau Sobat Yummy lebih suka mengolah Quaker Oats jenis apa, nih? Jangan lupa untuk cek berbagai resep olahan oats di Yummy Apps, ya. Semoga membantu!

Baca Juga: 7 Resep Olahan Oatmeal Mudah dan Nikmat, untuk yang Lagi Diet!

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Febriyana W

Febriyana W

Oatmeal Rendah Lemak

Oatmeal Rendah Lemak

(4.0)

5 langkah

478

Artikel Lainnya di kuliner