Red Velvet Terbuat dari Apa? Ini Penjelasannya!

Kenalan yuk dengan Si Merah yang punya rasa unik

Red Velvet Terbuat dari Apa? Ini Penjelasannya!

penulis:

Ikhsanny Novira Ishlah

Bagikan:

Red velvet adalah salah satu rasa makanan populer ini pasti punya banyak penggemar. Apakah kamu salah satunya?

Red velvet diyakini sudah ada sejak tahun 1800-an. Resep awalnya merujuk pada jenis kue yang juga dikenal dengan nama kue beludru merah dalam Bahasa Indonesia.

Rasa red velver yang manis dan enak cocok dijadikan sebagai bahan utama ataupun campuran beragam makanan dan minuman. Oleh karena itu, bahan red velvet seringkali dijadikan sebagai bahan dessert seperti es krim, milkshake, puding, hingga berbagai jenis kue lainnya Jadi tidak heran jika red velvet begitu populer dan diminati.

Ketika menyantap makanan dengan kandungan red velvet, selalu ada sensasi rasa unik yang membuat kita bertanya-tanya, sebetulnya red velvet terbuat dari apa? Nah, untuk menjawab rasa penasaranmu, berikut penjelasan selengkapnya dari Yummy App!

Apa itu red velvet?

description
ilustrasi kue red velvet (Unsplash.com)

Apa itu red velvet? Red velvet adalah hasil dari campuran beberapa bahan utama yaitu bubuk kakao, buttermilk, dan white vinegar. Campuran tiga bahan utama tersebut merupakan sumber dari rasa unik red velvet dan menghasilkan tekstur yang mirip dengan cokelat, tetapi lebih lembut dan moist.

Sedangkan, warna merah pada awalnya didapatkan dari bubuk cokelat yang mengandung antosianin. Warna ini sebetulnya adalah warna cokelat terang kemerahan.

Seiring perkembangannya, ciri khas warna merah mahoni pada red velvet juga bisa didapatkan dari ekstraksi buah bit yang menghasilkan tampilan cantik dan menggiurkan. Buah bit sendiri merupakan sejenis tanaman umbi-umbian bewarna merah yang tumbuh mengakar di bawah tanah.

Apakah red velvet sama dengan cokelat?

description
ilustrasi buah bit (Unsplash.com)

Sama-sama terbuat dari bubuk kakao dan memiliki rasa dan tekstur yang cenderung mirip, lalu apa bedanya red velvet dengan cokelat? Meski mirip, rasa cokelat pada red velvet tidak sepekat cokelat karena menggunakan bubuk kakao yang lebih sedikit. Selain itu, red velvet memiliki campuran bahan lain yakni buttermilk yang memberikan rasa manis. 

Tak hanya dari segi rasa, dari segi tekstur red velvet cenderung lebih lembut dibanding cokelat. Red velvet seringkali digunakan untuk menghasilkan tekstur yang lembut dan creamy pada makanan.

Hal terpenting yang membedakan red velvet dengan cokelat adalah karakteristik warna merah mahoni yang didapat dari bubuk cokelat muda. Untuk warna merah yang lebih terang dan nyata, digunakan juga ekstrak buah bit atau penghasil warna merah lain pada resep red velvet.

Kini, kamu sudah tahu apa itu red velvet dan juga bahan-bahan pembuatnya. Sebagai tambahan, red velvet cocok sekali dipadukan dengan cream cheese, lho! Perpaduan rasa manis dan tektur lembut red velvet bertemu dengan cream cheese yang gurih, tentunya akan sangat memanjakan lidahmu. Bisa jadi referensi dessert akhir pekan kamu, nih!

Baca Juga: 15 Inspirasi Kue Pernikahan Sederhana Tapi Elegan, Super Cantik!

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

laily puspitasari

laily puspitasari

Red Velvet Buah Bit

Red Velvet Buah Bit

(5.0)

6 langkah

1.8 rb

Artikel Lainnya di kuliner