7 Makanan Berkuah Pedas yang Enak dan Bikin Banjir Keringat

Awas lambung panas

7 Makanan Berkuah Pedas yang Enak dan Bikin Banjir Keringat

penulis:

Dian Rahma Fika Alnina

Bagikan:

Di saat-saat tertentu, makanan berkuah bisa menjadi penolong dari keringnya tenggorokan. Terutama saat terserang pilek, mendambakan makanan pedas berkuah sudah sewajarnya, bukan?

Nah, untuk itu Yummy App menyiapkan rekomendasi kuliner yang cocok buat para pecinta makanan pedas. Tanpa basa-basi, simak referensi makanan berkuah berikut ini!

1. Seblak

potret seblak
potret seblak (twitter.com/@yhasnann)

Makanan berkuah yang wajib dipertimbangkan buat mengganjal perut adalah seblak. Hidangan asli Sunda ini menggunakan banyak cabai rawit untuk memunculkan rasa pedas.

Kencur yang wajib hadir dalam resep seblak berguna untuk menambah rasa dan aroma sedap. Dengan bahan utama kerupuk mentah yang dimasak kuah pedas, kamu bebas menambah topping apa saja untuk lauknya. 

Mulai dari ceker, sosis, telur, atau sayur sawi, semuanya bisa menyempurnakan penyajian seblak. Gurih-pedas yang menjadi ciri khas seblak dijamin bisa bikin kamu berkeringat. 

2. Soto Tauco

potret soto tauco makanan khas Tegal
potret soto tauco makanan khas Tegal (Google Maps/Cemet LH dan Faozan Rizal)

Kalau kamu bosan dengan rasa soto yang gurih bersantan, saatnya melirik soto tauco khas Tegal. Soto tauco memiliki rasa asin-asam segar, karena dibuat dengan fermentasi kedelai. 

Makanan berkuah ini bisa dibuat pedas dengan menambahkan sambal yang disediakan warung makan. Kamu bisa memilih daging sapi atau ayam untuk pelengkapnya. Jangan lupa tambahan perasaan jeruk nipis biar makin nikmat!

3. Baso Aci

potret baco aci
potret baco aci (Google Maps/Agung Geboy)

Baso aci merupakan kuliner khas Garut yang terkenal pedas. Makanan berkuah ini tidak terlalu berminyak seperti bakso sapi. Sementara adonan baksonya terbuat dari tepung kanji tanpa imbuhan daging, sehingga kenyal mirip tekstur cilok. 

Uniknya, setiap baso aci disii oleh cincangan tulang muda yang kriuk-kriuk saat dikunyah. Baso aci punya variasi pugasan super meriah misalnya batagor kering, tetelan daging sapi, ceker ayam, dan banyak lagi. 

Kamu bisa meracik makanan ini sesuai tingkat kepedasan yang diinginkan. Beragam bumbu yang tersedia ada sambal, saus cabai, hingga bubuk cabai yang siap mewujudkan selera pedasmu. 

Baca Juga: 10 Makanan yang Cocok untuk Dibawa ke Rumah Pacar, Camer Pasti Suka

4. Tekwan

tekwan oleh-oleh khas palembang
potret tekwan (pexels.com/Jamaludin Muh)

Makanan berkuah pedas dari Palembang tidak hanya pempek, lho. Ada tekwan yang rasanya lebih ringan dan gurih, yang juga terbuat dari daging ikan.

Tekwan mengingatkan pada bakso ikan, tapi bentuknya lebih tidak beraturan. Sayur yang ditambahkan juga khas, yakni irisan timun dan jamur kuping. Biasanya tekwan dilengkapi dengan bihun, jadi pesan seporsi pasti mengenyangkan. 

Selain enak dinikmati dengan kuah original, tekwan akan bertambah nikmat saat ditambah sambal. 

5. Tom Yam

ilustrasi tom yam
ilustrasi tom yam (pexels.com/Jana Ohajdova)

Tom yam adalah makanan berkuah merah sejenis sup dari Thailand. Hidangan ini memiliki rasa pedas dan asam yang dibuat dengan isian jamur, seafood, atau daging ayam.

Tipe kuah tom yam yang agak pekat dihasilkan dari campuran susu dan santan. Sehingga selain rasa pedas yang menyenggarkan, kamu bisa mendapatkan rasa creamy yang bikin pengen tambah nasi.

6. Sayur Asem

potret sayur asem
potret sayur asem (flickr.com/Han Wenqing)

Soal makanan berkuah, kuliner Indonesia juga tidak mau kalah. Sayur asem adalah pilihan yang sulit ditolak saat kamu ngidam semangkuk makanan pedas yang menyegarkan. 

Isian komplit mulai dari jagung manis, kacang panjang, labu siam, hingga nangka muda bisa bikin kamu kalap. Apalagi saat dicampur sambal yang pedas dengan lauk ikan asin, sudah pasti bikin bablas.

7. Bakmi Jawa Rebus

potret bakmi jawa
potret bakmi jawa rebus (flickr.com/nvfitriani)

Memisahkan bakmi rebus dari daftar makanan berkuah adalah hal yang mustahil. Irisan cabai rawit yang dicemplungkan kuah panas bakmi adalah sumber pedas yang dicari. 

Tambahan telur orak-arik yang membuat kuah sedikit nyemek, membuat bakmi makin lumer di mulut. Apalagi jika dimakan pakai acar timun, berlipat ganda kesegarannya! 

Makanan berkuah pedas memang terasa nikmat saat cuaca sedang dingin dan tubuh butuh dihangatkan. Sajian lokal hingga internasional siap menyegarkan indra perasa dengan ragam menu yang ada. 

Kalau disuruh memilih, mana yang tipemu banget, nih?

Baca Juga: ​Resep Nasi Goreng Kuah ala Kota Kediri, Cocok Jadi Menu Akhir Bulan!

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Lingz

Lingz

Tom yam seafood

Tom yam seafood

(5.0)

5 langkah

1.7 rb

Artikel Lainnya di kuliner