​15 Rekomendasi Makanan yang Awet untuk Anak Kos

​Tetap perhatikan cara menyimpannya, ya!

​15 Rekomendasi Makanan yang Awet untuk Anak Kos

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Sangat penting bagi anak kos untuk memiliki stok makanan yang awet disimpan dalam waktu cukup lama. Sebab, tinggal sendiri kadang membuat sebagian anak kos ingin melakukan segala hal dengan praktis dan mudah, termasuk soal makanan.

Alih-alih membeli makanan di luar setiap hari, kamu bisa menyetok makanan untuk beberapa alasan, salah satunya berhemat. Menyetok makanan akan sangat membantu dan memudahkan ketika dalam keadaan terdesak.

Tapi, bingung juga, ya, harus stok makanan apa? Nah, berikut rekomendasi makanan yang awet disimpan, cocok untuk stok makanan anak kos. 

1. Abon

abon makanan yang awet untuk anak kos
ilustrasi abon ayam (dok. Yummy App/Lilis Dapoer Tara)

Abon adalah olahan daging kering yang disuwir dan diberi bumbu. Ada bermacam varian rasa, baik yang original ataupun pedas sehingga kamu punya bisa memilih sesuai selera.

Cara menyimpan abon juga mudah, cukup ditutup dengan rapat pada suhu ruang. Tidak perlu cara khusus, dan abon akan tetap awet. Menikmati abon bisa dengan sepiring nasi hangat, atau dengan menambahkan lauk sederhana.

2. Kering tempe

kering tempe makanan yang awet untuk anak kos
ilustrasi kering tempe (dok. Yummy App/Vhita Hani)

Ini adalah olahan khas rumahan yang terbuat dari tempe. Biasanya tempe dipotong kecil-kecil seukuran korek api dan digoreng kering, kemudian diberi bumbu pedas manis.

Selain tempe, biasanya juga diberi tambahan lain seperti teri dan kacang tanah yang menambah sedap masakan.

Kering tempe bisa disimpan di wadah tertutup dan ditempatkan di suhu ruang. Menikmatinya pun cukup dengan nasi panas atau menambahkan lauk dan sayur sesuai selera.

3. Kering kentang

kering kentang makanan yang awet untuk anak kos
ilustrasi kering kentang (dok. Yummy App/Thea Priestiashanti)

Kering kentang, atau banyak juga yang mengenalnya sebagai kentang mustofa. Sama halnya dengan kering tempe, proses pengolahan kering kentang pun juga digoreng hingga kering dan diberi bumbu pedas-manis. Bisanya, selain dijadikan lauk, kering kentang juga bisa dijadikan camilan yang membuat mulutmu tetap bergerak di kala bosan.

4. Aneka sambal

sambal matah makanan yang awet untuk anak kos
ilustrasi sambal matah (dok. Yummy App/Wini Yulita

Nah, bagi yang suka pedas, sambal merupakan stok wajib yang harus tersedia di kos. Sekarang sudah banyak produk yang menjual sambal dengan berbagai jenis variasi di pasaran. Seperti sambal bawang, sambal teri, sambal terasi, sambal jeruk, sambal cumi, sambal cakalang, dan lain-lain. Pengemasannya pun rapi dan higienis serta harganya juga cukup terjangkau dan mudah didapatkan.

5. Dendeng

dendeng batokok makanan yang awet untuk anak kos
ilustrasi dendeng batokok (dok. Yummy App/Nulli)

Dendeng adalah olahan daging sapi yang diiris tipis, dikeringkan, kemudian digoreng. Dendeng bisa jadi salah satu alternatif konsumsi protein hewani bagi anak kos karena tidak perlu disimpan di kulkas.

Cukup simpan dalam wadah kedap udara dan tutup rapat. Disarankan agar menyimpan dendeng polos kering yang belum dilumuri sambal.

6. Telur

makanan yang awet untuk anak kos
ilustrasi telur ayam (pexels.com/pixabay)

Telur juga salah satu makanan yang wajib kamu stok di kos. Mengolahnya gampang dan hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja. Bisa digoreng, direbus, atau menjadi pelengkap dalam makananmu agar.

Baca Juga: Ini Perbedaan Oat, Muesli, dan Granola, Lebih Baik Mana?

7. Telur asin

telur asin makanan yang awet untuk anak kos
ilustrasi telur asin (pixabay.com/andryhariana)

Telur asin juga menjadi salah satu pilihan makanan yang mudah disimpan. Dibandingkan telur biasa, masa simpan telur asin juga lebih lama karena telah melalui serangkaian proses pengolahan.

Menyimpan telur asin bisa di dalam suhu ruang dan pastikan ditaruh pada tempat yang aman.

8. Sarden kaleng

sarden kalengan makanan yang awet untuk anak kos
ilustrasi sarden kalengan (pexels.com/towfiqu-barbhuiya)

Sarden kaleng adalah jenis makanan berikutnya yang bisa dijadikan pilihan untuk nyetok di kosan. Sarden kaleng sangat mudah ditemui di pasar, minimarket, atau tempat belanja dengan harga terjangkau.

9. Kornet kaleng

kornet kalengan makanan yang awet untuk anak kos
ilustrasi kornet kalengan (youtube.com/Mashed)

Kornet adalah olahan daging cincang yang diawetkan dan dikemas di dalam kaleng. Masa penyimpanannya juga terbilang lama hingga beberapa tahun.

Kornet bisa dijadikan campuran berbagai macam bahan masakan dan sebagai pelengkap makanan. Seperti mencampurnya ke dalam telur goreng, nasi goreng, atau tumisan.

10. Sereal

sereal makanan yang awet untuk anak kos
ilustrasi sereal (pexels.com/fransson)

Pilihan lainnya yang bisa disimpan dalam jangka waktu cukup lama dan hanya perlu diletakkan di suhu ruang adalah sereal. Namun, jika kamu hanya sendiri di kos, lebih baik memilih sereal dalam kemasan kecil yang bisa habis dalam beberapa hari.

Takutnya, jika cara penyimpanannya tidak benar, sereal yang kamu beli dengan jumlah banyak akan melempem. Untuk itu, tetap perhatikan cara penyimpanan. Simpan di wadah kedap udara dan segera tutup rapat sisanya setelah diambil.

11. Roti tawar atau roti gandum

roti gandum makanan yang awet untuk anak kos
ilustrasi roti tawar dan roti gandum (pexels.com/marianna-olle)

Roti tawar putih atau roti gandum merupakan salah satu pilihan praktis untuk sarapan. Cocok untuk kamu anak kos yang punya sedikit waktu untuk menyiapkan makan pagi. Kedua jenis roti ini bisa dimakan dan dipadukan dengan berbagai jenis selai atau dibuat roti lapis telur atau kornet.

Namun, masa simpan roti tawar biasanya tidak lebih dari seminggu. Jadi, pastikan kamu membeli ukuran kecil atau sedang saja yang bisa habis dalam waktu beberapa hari. Terutama jika kamu tinggal sendiri di kos.

12. Pasta

spageti kering makanan yang awet untuk anak kos
ilustrasi spageti kering (pexels.com/jeshoots)

Bagi yang bosan dengan mi instan, pasta dan spageti kering bisa jadi salah satu pilihan stok bahan makanan untuk disimpan di kos. Pasta dan spageti kering bisa disimpan lama tanpa perlu kulkas. Cara penyajiannya pun mudah dan sudah ada saus instan yang dijual bersamaan dengan pasta atau spageti.

13. Sosis dan nugget

nuget makanan yang awet untuk anak kos
ilustrasi nuget (pexels.com/evgeniya-davydova)

Jika di kos ada kulkas, kamu bisa menyetok nugget dan sosis di dalam kulkas. Saat ingin menikmati, tinggal menggorengnya sebentar di dalam minyak panas dan dicocol menggunakan saus sambal atau saus tomat.

14. Aneka camilan

granola makanan yang awet untuk anak kos
ilustrasi camilan sehat kaya serat (pexels.com/ella-olsson)

Jika khawatir dengan alasan kesehatan, kamu bisa menyimpan camilan sehat dan rendah kalori dan kaya serat yang sudah banyak beredar di pasaran. Camilan bisa jadi senjata andalan untuk menunda rasa lapar atau mengisi sementara perut yang kosong sebelum menyantap makanan berat.

Jangan lupa untuk selalu utamakan makan makanan bergizi dan cukup nutrisi, ya. Camilan saja tidak cukup untuk memenuhi gizi harianmu.

15. Susu bubuk

susu bubuk makanan yang awet untuk anak kos
ilustrasi susu bubuk (food.ndtv.com)

Bagi yang ingin tambahan nutrisi dari susu, kamu bisa stok susu bubuk di kos. Dibandingkan susu cair, masa simpan susu bubuk lebih lama. Kamu tinggal menyeduhnya dengan air hangat saat akan meminumnya.

Itulah 15 rekomendasi makanan anak kos yang awet untuk distok. Meski makanan tersebut bisa bertahan cukup lama, namun kamu tetap harus memperhatikan cara penyimpanannya.

Jika tidak, makanan ini pun juga bisa berjamur, melempem, atau bahkan dikerubungi serangga. Jangan sampai stok makanan dalam jumlah banyak, tetapi akhirnya harus dibuang karena cara menyimpan yang kurang tepat. 

Penulis: Ikhsanny Novira Ishlah

Baca Juga: 10 Cara Menyimpan Sayuran di Kulkas agar Awet dan Tidak Layu

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Sinta Muller

Sinta Muller

Kering Kentang Mustofa

Kering Kentang Mustofa

(5.0)

9 langkah

588

Artikel Lainnya di kuliner