​10 Snack Jepang Halal Terbaik yang Rasanya Oishii

Ada manis dan gurih yang menggoda!

​10 Snack Jepang Halal Terbaik yang Rasanya Oishii

penulis:

Dian Rahma Fika Alnina

Bagikan:

Mengidamkan kudapan ringan khas Negeri Sakura sekarang tidak harus jauh-jauh pergi ke sana. Kamu bisa dengan mudah memesannya lewat situs jual beli online atau bahkan melalui jasa titip terpercaya.

Masalahnya, mencari snack Jepang halal kadang cukup menantang. Karena sebagian produk tidak mencantumkan label halal jadi kita harus lebih teliti membaca komposisi.

Namun, jika kamu ingin solusi praktis mengenai apa saja snack Jepang halal yang boleh dikonsumsi menurut aturan Islam, berikut rekomendasi dari Yummy App!

1. Kibidango

potret kibidango snack Jepang halal
potret kibidango snack Jepang halal (flickr.com/Teruhiro Kataoka)

Rekomendasi snack Jepang halal pertama dari Yummy App adalah kibidango. Kibidango adalah kue tradisional Jepang yang sangat populer berkat kemunculannya dalam legenda lokal Momotaro. Kue kibidango bertekstur kenyal karena terbuat dari campuran tepung millet, tepung beras, dan pemanis tambahan. 

Snack Jepang halal ini memiliki tiga variasi rasa, dari plain, peach dan matcha. Varian orginial memiliki warna putih dan rasa manis dari gula pasir. Kalau kamu membeli rasa peach, kamu dapat mencium harum buah persik dan juga rasa manis segar yang dibalut warna pink. Lalu untuk matcha akan mendapat aroma dan rasa matcha yang kuat.

Kibidango yang telah mendapat sertifikasi halal bisa kamu jumpai di kedai Tottori-Okayama Shimbashi-kan yang berlokasi di kota Tokyo. Kamu bisa membawa pulang satu kotak kibidango dengan menukar 410 yen untuk mendapat 10 buah kue yang dibalut bungkus karakter menggemaskan. Kalau ingin mencicipi semua rasa, belilah satu set untuk harga yang lebih hemat. 

2. Halal Cream Daifuku

potret daifuku snack Jepang halal
potret daifuku snack Jepang halal (twitter.com/@jepangkoey0

Sesuai dengan namanya, halal cream daifuku masuk ke dalam rekomendasi snack Jepang halal dari Yummy App kali ini.

Daifuku adalah jenis kue moci yang sangat populer yang terbuat dari adonan beras ketan yang diisi aneka filling manis. Kudapan ini bertekstur lembut dan memiliki rasa legit yang berasal dari pasta kacang merah, krim atau buah segar. 

Untuk mendapatkan daifuku snack Jepang halal, carilah kemasan yang mencantumkan logo halal. Karena sebagian produk moci bisa memakai gelatin hewan.

Ada empat varian yang bisa dipilih dari daifuku moci, yakni stroberi, mango, green tea dan cafe au lait. Daifuku mocu adalah snack dingin, jadi lebih nikmati dinikmati saat baru keluar dari kulkas.

3. Kaminari Okoshi

potret snack Jepang halal aminari okoshi
potret snack Jepang halal aminari okoshi (flickr.com/tam ami)

Snack Jepang halal yang muslim friendly berikutnya ada kaminari okoshi. Ini adalah kudapan manis berbahan dasar rice cracker yang populer sebagai oleh-oleh dari Asasuka. 

Kaminari okoshi berbentuk kotak atau balok persegi panjang dengan beragam varian rasa misalnya karamel. Rasanya yang ringan dan bertekstur krispi banyak digemari orang. Aroma khas butiran beras yang mengembang juga menambah selera makan.

Dilansir Halal Media Japan, toko yang bisa kamu kunjungi untuk mendapat kaminari okoshi bersertifikat halal adalah Tokiwodo Kaminariokoshi Honpo. Sejak tahun 2017, kedai ini diresmikan sebagai produsen kaminari okoshi halal dari Japan Halal Foundation.

Kamu bisa dengnan gampang melihat logo tersebut di kemasan produk atau di interior maupun eksterior kedai. Menurut penuturan pembuatnya, dibanding resep original tidak ditemukan perbedaan rasa, jadi dijamin kudapan ini  sama enaknya!

4. Dorasen

potret dorasen snack Jepang halal
potret dorasen snack Jepang halal (flickr.com/youthkee)

Penampilan dorasen mungkin akan mengingatkanmu pada dorayaki, tapi ini berbeda jenis kok. Dorasen terdiri dari dua komposisi, yakni rice cracker bernama senbei dan isian manis dari pasta biji-bijian. 

Jika biasanya rice cracker cenderung keras dan sangat renyah, khusus untuk dorasen menggunakan senbai yang lebih lembut. Dipadukan dengan isian manis dari pasta kacang merah dan kedelai hitam, dorasen adalah snack Jepang halal yang cocok disantap bersama teh. 

5. Beni-imo Tart

potret Beni-imo Tart snack Jepang halal
potret Beni-imo Tart snack Jepang halal (flickr.com/Grigoris Miliaresis)

Rekomendasi snack Jepang halal berikutnya dari Yummy App adalah beni-imo tart. Dalam bahasa Jepang beni-imo berarti ubi. Ini menandakan bahan baku beni-imo tart yang diolah menjadi kue cantik berwarna ungu gelap.

Kudapan terkenal dari pulau Okinawaini termasuk snack Jepang halal yang laris diburu oleh wisatawan. Adonan pastry yang renyah menyatu sempurna dengan krim ubi jalar yang lembut dan legit. 

Tidak hanya rasanya yang menawan, tampilan mungil nan manis adalah poin utama dari beni-imo tart ini.

Baca Juga: 21 Makanan Khas Jepang yang Enak dan Mendunia

6. Konpeito

potret konpeito snack Jepang halal
potret konpeito snack Jepang halal (flickr.com/ysmalan)

Konpeito adalah permen tradisional khas Jepang yang terbuat dari campuran gula dan berbagai rasa alami. Misalnya konpeito dengan sensasi soda, melon, hingga bunga sakura.

Mengingat tekstur konpeito yang agak keras untuk dikunyah, itu lebih enak dinikmati perlahan karena akan meleleh di dalam mulut. Secara umum konpeito tidak mengandung bahan hewani atau alkohol, jadi itu dianggap sebagai salah satu snack Jepang halal. 

Gula-gula mini ini biasanya dikemas dengan aneka warna berbeda jadi punya banyak variasi rasa dalam satu bungkusnya. 

7. Tokyo Arare

potret Tokyo Arare snak Jepang halal
potret Tokyo Arare snak Jepang halal (flickr.com/Chie Gondo)

Arare adalah snack Jepang halal legendaris yang sudah ada sejak 1.000 tahun lalu silam. Camilan ini dibuat dari adonan beras ketan yang dipanggang sampai kopong.

Agar mudah dinikmati, adonan tersebut dipotong seukuran satu gigitan. Dengan mengandalkan racikan bumbu spesial dari kecap asin dan bubuk cabai, arare bisa membuatmu ketagihan. 

Produk yang sudah berlabel halal adalah Tokyo Arare, yang menyediakan varian matcha, seaweed, red pepper, hingga wasabi. Brand tersebut juga mengantongi sertifikat vegetarian dan bebas gluten yang bisa kamu dapatkan di toko Osama Do Honten.

Baca Juga: ​10 Mie Jepang Paling Populer di Dunia dan Harus Kamu Coba

8. Okaki

potret Okaki snack Jepang halal
potret Okaki snack Jepang halal (flickr.com/MIYAKE JAPAN)

Snack Jepang halal memang terkenal sangat variatif. Dengan bahan dasar yang sama-sama dari beras ketan, ada begitu banyak kudapan yang dikreasikan. 

Termasuk okaki, keripik goreng yang terbuat dari irisan adonan beras ketan. Okaki memiliki tekstur krispi kopong yang didominasi rasa gurih dan beraoma sedap. 

Bentuk jajanan ini juga sangat beragam, mulai dari pipih, bulat memanjang, hingga persegi panjang. Beberapa produk okaki yang dijamin halal tersedia di toko Tottori-Okayama Shimbashi-kan. 

Pilihannya ada okaki tiga rasa (Koumisanshuu) yang mengombinasikan udang, rumput laut, dan wijen hitam. Kamu juga bisa memilih okaki rasa kacang (Mame-iri Kan Mochi) yang dicampur garam.

9. Umaibo

potret umaibo snack Jepang halal
potret umaibo snack Jepang halal (flickr.com/JakeStiehl)

Kalau kamu penggemar camilan manis-gurih, maka umaibo wajib dipilih. Umaibo ini diklaim menjadi salah satu snack Jepang halal paling oishii di pasaran.

Rasanya mirip dengan olahan jagung manis seperti corn puff yang ringan dan renyah. Varian rasa jagung rebus adalah yang paling direkomendasikan. 

Selain lezat, rasa tersebut menjadi pilihan teraman untuk muslim karena tidak mengandung produk hewan. 

10. Karamucho

potret Karamucho snack Jepang halal
potret Karamucho snack Jepang halal (flickr.com/Pepelipe Perez)

Terakhir, kita juga punya snack Jepang halal yang berbentuk keripik favorit semua orang.  Meski Jepang tidak terkenal dengan makanan pedasnya, karamucho adalah pengecualian. 

Keripik pedas ini punya dua varian utama, spicy chilli dan spicy seaweed. Seperti keripik kebanyakan, karamucho tentu punya tekstur renyah dan rasa yang menggoyang lidah.  Untungnya karamucho juga tersedia di situs jual beli, jadi kamu bisa memesannya secara online.

Snack Jepang halal mayoritas terbuat dari olahan tepung beras ketan yang dipasangkan dengan bahan-bahan unik. Berbagai inovasi kuliner lokal diciptakan untuk membuat camilan menyenangkan dan ramah bagi wisatawan muslim. Nah, kamu bisa pakai rekomendasi di atas untuk berburu camilan Jepang, ya!

Baca Juga: ​2 Cara Mudah Makan Natto, Makanan Khas Jepang yang Sedang Viral

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

nareswari

nareswari

Ichigo Daifuku #JagoMasakMinggu4Periode2

Ichigo Daifuku #JagoMasakMinggu4Periode2

(5.0)

10 langkah

8.6 rb

Artikel Lainnya di kuliner