​Resep Bakso Sapi 1 Kg, Kenyal dan Lembut 

Masak bakso mudah, porsi lebih banyak

​Resep Bakso Sapi 1 Kg, Kenyal dan Lembut 

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Bakso sapi merupakan makanan berat yang bisa jadi pengganti nasi di kala lapar melanda. Selain bakso daging yang kenyal dan lembut, makanan ini juga disajikan bersama mie kuning putih, serta kuah dari kaldu yang gurih dan menyegarkan. Bakso juga menjadi salah satu comfort food orang Indonesia yang bisa dinikmati kapan saja, khususnya saat udara terasa dingin di kala hujan.

Meski cukup umum di kalangan masyarakat Indonesia, faktanya makanan satu ini merupakan hasil akulturasi kuliner China dan Indonesia. Di negeri asalnya, bakso dibuat menggunakan daging babi sebagai bahan utamanya. Sedangkan di Indonesia dengan penduduknya yang mayoritas muslim, bakso dibuat dengan mengganti bahan utamanya menjadi daging sapi.

Ada banyak hidangan bakso dengan berbagai jenis penyajian yang bisa ditemukan saat ini, seperti bakso iga, bakso telur, bakso urat, bakso tetelan, bakso mercon, hingga bakso keju. Jika lazimnya bakso berbentuk bulat, ternyata ada juga bakso dengan bentuk gepeng yang unik. Bakso gepeng ini menjadi ciri khas bakso sapi di Pontianak. Berbeda dengan proses pembuatan bakso bulat, bakso gepeng dibuat dengan membentuk olahan daging menjadi pipih dalam kondisi panas. 

Proses pembuatan bakso terbilang mudah. Sobat Yummy bisa membuatnya sendiri di rumah dengan mengikuti resep bakso sapi 1 kg di bawah ini, berikut dengan cara membuatnya.

Bahan-bahan

  1. 1 kg daging sapi tanpa lemak
  2. 240 gr es batu
  3. 2 putih telur
  4. 2 sdt garam
  5. 2 sdt merica bubuk
  6. 4 sdt kaldu bubuk
  7. 2 sdt baking powder
  8. 10 gr bawang merah goreng
  9. 10 gr bawang putih goreng
  10. 250 gr tepung tapioka
  11. Air secukupnya

Cara Membuat

  1. Potong-potong daging sapi, lalu masukkan bersama es batu ke dalam chopper. Chopper hingga halus.
  2. Tambahkan putih telur, chopper kembali hingga halus.
  3. Masukkan bawang merah dan bawang putih goreng, garam, merica bubuk, kaldu bubuk, dan baking powder. Chopper hingga bumbu tercampur rata.
  4. Masukkan tepung tapioka, chopper kembali sampai lembut dan merata.
  5. Rebus air hingga mendidih. Kecilkan api setelah air mendidih.
  6. Ambil 1 sdm adonan bakso, bentuk bulat-bulat, lalu masukkan ke rebusan air.
  7. Setelah bakso menggambang, besarkan sedikit api kompor lalu masak kembali sekitar 5 menit agar bakso matang sempurna.
  8. Siapkan wadah berisi air dingin matang. Angkat bakso yang sudah matang, lalu pindahkan ke wadah air es agar tekstur bakso lebih kenyal.
  9. Rendam sebentar bakso di air dingin, lalu angkat dan tiriskan. Bakso daging sapi siap dihidangkan.

Tidak sulit kan membuat bakso sapi sendiri? Lebih mudahnya lagi, Sobat Yummy juga bisa menggunakan daging sapi giling yang banyak dijual di supermarket. Dengan resep bakso sapi 1 kg ini, Sobat Yummy bisa membuat bakso dalam porsi besar dan menyimpannya di freezer sebagai stok untuk beberapa waktu. Berbagai resep menarik dan tips kuliner lainnya juga bisa Sobat Yummy temukan di Yummy App.

Penulis: Citra Irhamna

Baca Juga: 9 Comfort Food Orang Indonesia, Enak dan Mudah Didapatkan

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

andrenia giawati

andrenia giawati

Bakso Sapi Saus Tiram Manis

Bakso Sapi Saus Tiram Manis

(5.0)

30 mnt

200

Artikel Lainnya di kuliner