Resep Chicken Katsu yang Gurih dan Renyah

Ketahui langkah-langkah membuat chicken katsu yang gurih dan renyah di rumah

Resep Chicken Katsu yang Gurih dan Renyah

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Masakan Jepang kini tak lagi menjadi hal asing di Indonesia. Salah satu makanan yang paling diminati adalah chicken katsu. Chicken katsu adalah potongan daging ayam yang dilapisi tepung roti, lalu digoreng sampai berwarna keemasan. Rasanya yang gurih dan tekstur renyah menjadi ciri khas dari masakan ini. Nah, kali ini kita akan membahas tentang resep chicken katsu yang gurih dan renyah ala rumahan.

Bahan-bahan

Bahan-bahan yang dibutuhkan dalam membuat chicken katsu antara lain adalah 400 gram daging ayam filet atau daging ayam tanpa tulang dan beberapa bahan-bahan lainnya, berikut ini adalah bahan-bahan resep chicken katsu selengkapnya.

Bahan-bahan:

  1. 400 gram ayam fillet
  2. 5 siung bawang putih
  3. ½ sdm bubuk all purpose seasoning
  4. 1 sdm saus tiram
  5. 1 sdt kaldu bubuk
  6. ½ sdt lada bubuk
  7. Secukupnya garam
  8. 2 sdm minyak goreng
  9. 10 sdm tepung terigu serbaguna
  10. 200 gram tepung roti
  11. Air mineral secukupnya

Cara membuat chicken katsu

Cara membuat:

  1. Iris fillet ayam menjadi potongan yang tipis dan lebar. Ulek bawang putih hingga halus dan campurkan dengan kaldu bubuk, garam, saus tiram, all purpose seasoning, lada bubuk, dan sedikit minyak goreng.
  2. Aduk rata bumbu yang telah dihaluskan dengan bawang putih, lalu oleskan secara merata pada setiap potongan daging ayam. Biarkan ayam terendam dalam marinasi selama kurang lebih 5 menit.
  3. Sambil menunggu marinasi, siapkan adonan tepung pelapis dengan mencampurkan tepung terigu dan air hingga mencapai konsistensi yang tidak terlalu kental namun juga tidak terlalu cair. Celupkan potongan ayam yang telah dimarinasi ke dalam adonan tepung.
  4. Setelah itu, gulingkan ayam yang sudah dicelup tepung ke dalam tepung roti, pastikan kedua sisi daging terlapisi secara merata dengan menekan-tekan tepung roti agar melekat sempurna.
  5. Panaskan minyak di wajan dengan api sedang ke kecil, lalu goreng ayam hingga berwarna keemasan dan matang sempurna.
  6. Setelah ayam matang, angkat dan tiriskan dari minyak panas untuk menghilangkan kelebihan minyak.
  7. Chicken katsu yang renyah dan lezat kini siap untuk disajikan. Anda dapat menikmatinya dengan saus favorit atau sebagai pelengkap hidangan lain.

Tips agar chicken katsu semakin nikmat

Untuk hasil yang lebih renyah, kamu bisa menyimpan daging ayam yang sudah dibalur tepung panir ke dalam freezer selama 15 menit sebelum digoreng. Selain itu, pastikan minyak yang digunakan dalam jumlah banyak dan benar-benar panas sehingga chicken katsu bisa matang sempurna dan hasilnya lebih renyah.

Demikianlah resep chicken katsu yang gurih dan renyah. Dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan dan cara membuat yang praktis, kamu bisa mencoba membuat chicken katsu di rumah. Selamat mencoba!

Baca Juga: Resep Citul, Aci Tulang Khas Sunda yang Menggugah Selera

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

delvi iss

delvi iss

Chicken Katsu Sambal Matah

Chicken Katsu Sambal Matah

(5.0)

30 mnt

142

Artikel Lainnya di kuliner