Resep Kastengel 1 Kg yang Lumer untuk Lebaran

Dijamin semua suka!

Resep Kastengel 1 Kg yang Lumer untuk Lebaran

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Kastengel masuk dalam jajaran kue kering lebaran yang tidak pernah absen di meja tamu. Teksturnya yang gurih dengan rasa manis yang pas, membuat camilan ini digemari semua kalangan.

Kastengel adalah kue kering yang berasal dari resep asli Belanda, lho. Kastengel atau kaasstengels dalam bahasa Belanda, memiliki arti kue keju batangan.

Di Belanda sendiri, kastengel berukuran jauh lebih panjang, mirip baguette, dan biasanya dinikmati bersama sup atau salad. Namun, ketika diperkenalkan di Indonesia, ukurannya menjadi lebih pendek karena keterbatasan ukuran oven.

Pada awalnya, kue ini merupakan sajian eksklusif yang hanya dapat dinikmati oleh kalangan tertentu karena bahan dasar utamanya adalah keju. Resep tradisional ini telah diperkenalkan oleh nyonya-nyonya Belanda sejak zaman dahulu dan menjadi bagian dari hidangan istimewa.

Nah, kali ini, Yummy App sudah menyiapkan resep kastengel 1 kg yang renyah dan lumer untuk disajikan saat lebaran. Yuk, simak!

Bahan-bahan:

  1. 1 kg tepung terigu
  2. 500 gram margarin
  3. 600 gram butter
  4. 200 gram keju cheddar parut
  5. 8 kuning telur
  6. 5 sdm susu bubuk
  7. 2 kuning telur untuk olesan
  8. Keju cheddar parut tambahan untuk taburan

Cara Membuat:

  1. Siapkan wadah besar, campurkan 1 kg tepung terigu dengan 5 sdm susu bubuk. Aduk rata, sisihkan.
  2. Dalam wadah terpisah, kocok lembut 500 gram margarin, 600 gram butter, dan 200 gram keju cheddar parut hingga tercampur rata.
  3. Masukkan 8 kuning telur ke dalam campuran adonan tadi. Aduk hingga semua bahan tercampur merata.
  4. Secara bertahap, tambahkan campuran tepung terigu dan susu bubuk ke dalam adonan sebelumnya. Aduk hingga adonan dapat dibentuk dan tidak lengket di tangan.
  5. Panaskan oven pada suhu 150°C. Sambil menunggu, bentuk adonan menjadi batang kecil atau bentuk sesuai selera Sobat Yummy.
  6. Tata rapi adonan kastengel pada loyang yang sudah dilapisi kertas roti.
  7. Kocok lembut 2 kuning telur, oleskan pada permukaan adonan kastengel menggunakan kuas.
  8. Taburi permukaan kastengel dengan keju cheddar parut tambahan sebelum dipanggang.
  9. Panggang kastengel dalam oven yang sudah dipanaskan selama kurang lebih 25 menit atau hingga kue berwarna keemasan dan matang sempurna.
  10. Setelah matang, keluarkan kastengel dari oven dan biarkan dingin sebelum disajikan atau disimpan dalam wadah kedap udara.

Baca Juga: Resep Kue Semprit 1 Kg yang Renyah dan Lumer

Tips Membuat Kastengel Lumer

tips membuat kastengel renyah dan lumer
ilustrasi kue kastengel (flickr.com/ranicookies)

Selain pemilihan bahan yang berkualitas, kamu juga perlu memerhatikan pengolahan margarin dan butter. Mengolah margarin dan butter yang terlalu keras atau terlalu lembek dapat mempengaruhi tekstur akhir kastengel.

Tak hanya itu, pastikan aduk adonan secara perlahan dan jangan terlalu lama. Pengadukan yang berlebihan dapat menyebabkan adonan menjadi keras setelah dipanggang.

Namun, jika adonan terasa terlalu lembek, simpan dalam lemari es selama 15-30 menit sebelum dibentuk. Ini akan membantu adonan lebih mudah dibentuk dan tidak lengket di tangan.

Lalu, jangan lupa untuk memanaskan oven sebelum memulai memasak. Panggang kastengel dengan suhu yang tidak terlalu tinggi agar matang merata dan tidak gosong. Menggunakan suhu rendah dan waktu yang lebih lama dapat membantu kastengel menjadi renyah dan matang sempurna.

Dengan resep kastengel 1 kg ini, kamu bisa membuat hidangan yang lezat dan menggugah selera untuk keluarga atau tamu yang datang. Memasak sendiri di rumah tidak hanya lebih sehat, tetapi juga bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan.

Jika kamu ingin menemukan resep, nutrisi, maupun rekomendasi kuliner lainnya. Kamu bisa download Yummy App! Karena akan ada banyak resep, dan wawasan kuliner yang harus kalian ketahui.

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Dapur Panda

Dapur Panda

Kastengel Kacang Keju #JagoMasakMinggu7Periode3

Kastengel Kacang Keju #JagoMasakMinggu7Periode3

(5.0)

6 langkah

1.4 rb

Artikel Lainnya di kuliner