Resep Nastar Lembut dan Mudah Dibuat,  Cocok untuk Cemilan Natal!

Sedia payung sebelum hujan, Sedia nastar sebelum pertemuan

Resep Nastar Lembut dan Mudah Dibuat,  Cocok untuk Cemilan Natal!

penulis:

Zulfatul Jannah

Bagikan:

Sedia payung sebelum hujan mungkin adalah peribahasa yang sering kita dengar. Tetapi mungkin sedia nastar sebelum pertemuan adalah peribahasa yang pas untuk perayaan Natal 2023 ini.

Nastar yang biasanya menjadi kue kering untuk menjamu tamu ini sepertinya sudah menjadi makanan yang wajib disajikan di atas meja ketika natal, tahun baru ataupun lebaran.

Makanan yang berisikan selai nanas ini memang menjadi favorit banyak kalangan. Rasa kuenya yang gurih disandingkan dengan selai nanas yang manis di dalamnya menjadi perpaduan yang sangat lezat ketika sudah berada di mulut. 

Namun tahukan Sobat Yummy tentang sejarah kue nastar. Sedikit cerita tentang kue nastar, faktanya kue kering yang berisikan selai nanas ini berasal bukan dari Indonesia, melainkan dari negeri penjajah Belanda.

Nama nastar awalnya adalah gabungan dari Bahasa Belanda yaitu Ananas yang berarti nanas dan taartjes atau tart yang berarti kue . Awalnya nastar masuk ketika Belanda datang ke nusantara.

Pada saaat itu, orang Belanda ingin memakan kue pie. Akan tetapi, mereka kesulitan dalam mencari buah blueberry, stoberi maupun apel dengan kematangan yang sama dengan buah yang ada di Belanda.

Dikarenakan mereka tidak menemukan buah dengan kematangan yang sama mereka menggantinya dengan nanas sebagai salah satu alternatifnya. Jadilah Pie dengan isian selai nanas yang kemudian mengalami modifikasi seiring berjalannya waktu menjadi nastar yang biasanya kamu makan.

Biasanya nastar berbentuk bulat dengan warna kuning dan keju di atasnya. Akan tetapi banyak juga nastar yang retak, terlalu padat, bahkan bewarna berbeda jika kamu menggunakan resep yang salah atau takaran yang keliru. 

Agar hal itu tidak terjadi, gunakanlah resep nastar dibawah ini dijamin rasa nastar akan mengigatkanmu kembali dengan kehagatan keluarga yang tercipta di hari natal maupun lebaran. Dijamin mudah dan enak!

Baca Juga: ​15 Makanan Khas Natal dari Indonesia hingga Mancanegara

Resep Kue Nastar

Ilustrasi Nastar
Ilustrasi Nastar (yummy.co,id/Nensi Nuraliah)

Bahan-bahan:

  1. 150 gr Mentega
  2. 100 gr Margarin
  3. 90 gr Gula Halus
  4. 3 Kuning Telur
  5. 250 gr Tepung Terigu
  6. 50 gr Susu Bubuk
  7. 100 gr Tepung Maizena
  8. 1/4 sdt Vanila bubuk
  9. 50 gr Keju Parut
  10. 200 ge Gula Pasir
  11. 1 kg Nanas Matang (parut)
  12. 1 Kuning Telur
  13. 1 sdt Susu Kental Manis
  14. 1 sdm Minyak

Cara Membuat Kue Nastar

Ilustrasi bahan membuat nastar
Ilustrasi bahan membuat nastar (yummy.co.id/Nensi Nuraliah)

Cara membuat kue nastar:

  1. Masak nanas yang sudah diparut di atas wajan hingga air nanas berkurang, masukan gula pasir, aduk terus hingga air menyusut dan tekstur seperti selai dan bisa dibentuk.
  2. Potong isian menjadi beberapa bagian kecil, kemudian bentuk menjadi bulat (agar tidak lengket, basahi tangan dengan air).
  3. Mixer bahan utama hingga tercampur rata, matikan mixer.
  4. Masukan bahan kering ke adonan bahan utama, aduk menggunakan spatula.
  5. Potong adonan secukupnya, pipihkan lalu beri isian selai.
  6. Tutup kembali dengan adonan hingga selai tertutup dan bulatkan.
  7. Tata adonan nastar yang sudah diisi selai di atas loyang, kemudian oven selama 20 menit. Tiriskan.
  8. Olesi nastar dengan bahan olesan, lalu panggang lagi di dalam oven selama 10 menit hingga olesan kering.
  9. Setelah matang, keluarkan lagi loyang, simpan nastar di atas cooling rack hingga dingin. Setelah dingin simpan nastar di dalam toples kedap udara.

Tips Membuat Nastar Anti Gagal

Ilustrasi memasak nastar
Ilustrasi memasak nastar (instagram.com/dian_chemil_cake)
  1. Saat mencampur gula mentega dan telur, jangan terlalu lama sampai mengembang. Hal itu menyebabkan hasil kuenya akan meleber dan kurang padat. Cukup campurkan sampai tercampur sempurna saja.
  2. Gunakan gula halus agar hasilnya lembut dan tidak menggerindil. Bila terpaksa menggunakan gula pasir, kamu harus mengaduknya sampai benar benar larut tapi jangan sampai overmixed.
  3. Untuk waktu pemanggangan, sesuaikan dengan oven masing-masing. Bila kue sudah terlihat berubah warna menjadi sedikit kecokelatan, artinya sudah matang. 

Cara Menyimpan Nastar agar Awet

Ilustrasi nastar di toples
Ilustrasi nastar di toples (yummy.co.id/Mutia_ica)
  1. Menyimpan di dalam toples yang kedap udara.
  2. Menambahkan silica gel di dalam tempat penyimpanan nastar.
  3. Memberikan label tanggal pembuatan.
  4. Menyimpanya di freezer menggunakan tempat yang tertutup.
  5. Kemas nastar satu - persatu menggunakan plastik kecil.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Membuat Nastar Anti Retak, Lumer, dan Kinclong ala Yummy

Jadi bagaimana resep kue nastar di atas Sobat Yummy? mudah, kan? Dengan resep nastar nanas ini, dijamin rasanya makin enak dan anti retak. Jangan lupa juga untuk memperhatikan takaran bahan agar rasa dan tekstur nastar tetap maksimal.

Selain resep nastar di atas, Kamu juga akan menemukan banyak resep, tips, maupun rekomendasi tentang kuliner di Yummy App. Jangan lupa download aplikasi Yummy App untuk menemukan resep enak lainnya!

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Laila Dawud

Laila Dawud

Nastar Keju Lembut Lumer

Nastar Keju Lembut Lumer

(5.0)

60 mnt

236

Artikel Lainnya di kuliner