Resep Kue Semprit 1 Kg yang Renyah dan Lumer

Siapkan untuk camilan Lebaran, yuk!

Resep Kue Semprit 1 Kg yang Renyah dan Lumer

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Siapa pun pasti setuju, kue semprit adalah salah satu kue kering yang paling disukai banyak orang. Kue berbentuk bunga ini memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang khas, membuat siapa pun yang mencicipinya pasti akan ketagihan.

Kue semprit berasal dari Jerman. Di negara tersebut, kue ini disebut spritzgeback atau spritz cookies yang berarti "menyemprotkan", sesuai dengan cara pembuatannya yang unik.

Di Indonesia, kue semprit telah menjadi ikon saat momen lebaran atau acara-acara spesial. Mau tahu cara membuatnya? Berikut resep kue semprit 1 kg yang bisa kamu coba di rumah.

Bahan-bahan:

  1. 1 kg tepung terigu
  2. 550 gram blueband kiloan
  3. 5 butir kuning telur
  4. 450 gram gula halus
  5. 30 gram tepung maizena
  6. 1 saset susu bubuk
  7. 2 bungkus vanili bubuk
  8. Kenari, selai nanas, atau cokelat butir sesuai selera untuk bahan pelengkap

Cara Membuat:

  1. Campurkan 550 gram blueband dengan 450 gram gula halus. Aduk rata menggunakan mikser pada kecepatan rendah hingga tercampur sempurna.
  2. Masukkan 5 butir kuning telur ke dalam campuran blueband dan gula, lalu mikser lagi hingga bahan tercampur merata dan teksturnya menjadi lembut.
  3. Dalam wadah terpisah, ayak 1 kg tepung terigu bersama dengan 30 gram tepung maizena, 1 saset susu bubuk, dan 2 bungkus vanili bubuk agar tercampur rata dan halus.
  4. Secara bertahap, masukkan campuran tepung terigu ke dalam adonan blueband, kuning telur, dan gula. Aduk perlahan menggunakan spatula atau mikser kecepatan rendah hingga semua bahan tercampur rata.
  5. Pastikan adonan kue semprit konsistensinya pas, tidak terlalu keras dan tidak terlalu lembek. Jika adonan terasa terlalu kaku, Sobat Yummy bisa menambahkan sedikit blueband.
  6. Siapkan spuit kue dengan cetakan bunga atau bentuk favorit Sobat Yummy, lalu masukkan adonan ke dalam spuit.
  7. Semprotkan adonan ke atas loyang yang telah dialasi kertas roti, dengan jarak yang cukup agar kue tidak saling menempel saat mengembang.
  8. Tambahkan kenari, selai nanas, atau cokelat butir di atas tiap kue sesuai dengan selera Sobat Yummy sebagai hiasan.
  9. Panaskan oven terlebih dahulu pada suhu 150°C, kemudian panggang kue selama kurang lebih 20-25 menit atau hingga kue berwarna keemasan.
  10. Setelah matang, keluarkan kue semprit dari oven dan biarkan dingin sebelum disajikan.

Baca Juga: Resep Kue Semprong Manis dan Renyah, Beda dengan Egg Roll!

Cara membuatnya gampang, bukan? Dengan resep kue semprit 1 kg ini, kamu bisa membuat kue semprit yang lezat dan jumlahnya banyak untuk momen spesial.

Jika kamu ingin menemukan resep, nutrisi, maupun rekomendasi kuliner lainnya. Kamu bisa download Yummy App! Karena akan ada banyak resep, dan wawasan kuliner yang harus kalian ketahui.

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Diena Kitchen

Diena Kitchen

Brownies Kering Mini

Brownies Kering Mini

(5.0)

45 mnt

2.7 rb

Artikel Lainnya di kuliner