Resep Mangut Lele Khas Jawa Tengah, Makan Siang Simple dan Enak

Cara membuat mangut lele khas Jawa Tengah semakin lezat.

Resep Mangut Lele Khas Jawa Tengah, Makan Siang Simple dan Enak

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Mangut lele, makanan khas Jawa Tengah ini telah menjadi favorit banyak orang dengan kelezatan dan keunikan rasanya. Pecinta kuliner, khususnya kamu yang menyukai olahan lele dan sambal pedas, tentu tidak akan bisa menolak kenikmatan yang ditawarkan oleh hidangan satu ini. Dalam artikel ini, kita akan membahas tuntas resep mangut lele khas Jawa Tengah beserta tips dan trik agar hasil masakan kamu semakin mantap.

Resep mangut lele

Sebelum memulai memasak, pastikan kamu memiliki bahan-bahan yang dibutuhkan. Bahan utama yang dibutuhkan untuk membuat mangut lele tentu saja adalah lele. Selain itu, kamu juga akan membutuhkan berbagai bahan lain seperti tempe, cabai, bawang putih, bawang merah, lengkuas, daun salam, dan terasi. Penasaran dengan daftar lengkap bahan-bahan yang dibutuhkan? Berikut adalah bahan-bahan yang akan kamu butuhkan untuk membuat mangut lele khas Jawa Tengah.

Bahan-bahan:

  1. ½ kg ikan lele
  2. 800 ml santan, dari ½ butir kelapa
  3. 1 sdm gula merah, sisir
  4. 1 sdt garam
  5. 2 buah tomat, potong-potong
  6. 1 genggam daun kemangi
  7. ½ buah jeruk nipis, untuk melumuri lele
  8. 200 ml air
  9. 6 siung bawang merah
  10. 3 siung bawang putih
  11. 6 buah cabe merah
  12. 5 buah cabe rawit
  13. 2 cm kencur
  14. 2 cm kunyit
  15. 2 butir kemiri, sangrai
  16. 6-8 buah cabe rawit utuh
  17. 2 lembar daun jeruk, sobek-sobek
  18. 2 batang serai, geprek
  19. 2 lembar daun salam
  20. 2 cm lengkuas, geprek

Cara membuat mangut lele

Setelah menyiapkan bahan-bahan, saatnya memulai proses memasak. Tak perlu khawatir, meski tampak rumit, proses memasak mangut lele sebenarnya cukup sederhana dan bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk kamu yang mungkin baru pertama kali mencoba memasak masakan ini. Ikuti saja langkah-langkah berikut untuk membuat mangut lele yang lezat dan menggugah selera.

Cara membuat:

  1. Bersihkan lele dengan teliti, kemudian lumuri dengan air jeruk nipis dan biarkan selama 15 menit. Setelah itu, cuci lele sekali lagi dan goreng hingga teksturnya kering. Sementara itu, haluskan bumbu menggunakan blender.
  2. Siapkan bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabe merah, cabe rawit, kencur, kunyit, kemiri.
  3. Setelah bumbu dihaluskan, panaskan minyak dalam wajan dan tumis bumbu halus bersama dengan daun jeruk, daun salam, serai, dan lengkuas sampai bumbu benar-benar matang dan harum.
  4. Tambahkan air ke dalam wajan dan aduk bumbu sampai tercampur rata. Kemudian, tuangkan santan dan tambahkan garam serta gula merah. Aduk dan masak campuran tersebut hingga mendidih sambil terus melakukan koreksi rasa.
  5. Setelah kuah mendidih, masukkan lele yang telah digoreng ke dalam wajan. Pastikan lele terlapisi dengan bumbu secara merata agar bumbu bisa meresap dengan baik.
  6. Masak terus hingga kuah mulai menyusut. Pada tahap akhir, tambahkan cabe rawit utuh, potongan tomat, dan daun kemangi untuk menambahkan keharuman dan rasa.
  7. Teruskan memasak hingga kuah benar-benar menyusut dan semua bahan telah matang. Matikan api dan sajikan hidangan ini selagi hangat.

Tips agar mangut lele semakin nikmat

Setelah selesai memasak, ada beberapa tips yang bisa kamu coba untuk membuat mangut lele kamu semakin nikmat. Misalnya, dengan menambahkan daun kemangi saat penyajian atau memasak dengan api sedang agar bumbu meresap dengan sempurna. Ingin tahu tips lainnya untuk membuat mangut lele kamu semakin lezat? Yuk, simak tips berikut ini.

Itulah resep lengkap dan tips memasak mangut lele khas Jawa Tengah. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, dijamin kamu bisa memasak mangut lele yang lezat dan menggugah selera. Jangan lupa untuk selalu bereksperimen dengan bahan dan bumbu untuk menciptakan varian rasa yang berbeda. Selamat mencoba dan selamat menikmati!

Baca Juga: 6 Resep Tongseng Sapi yang Harus Kamu Coba!

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Hamdiyah

Hamdiyah

Pecel Lele

Pecel Lele

(5.0)

20 mnt

57

Artikel Lainnya di kuliner