Resep Seblak Cobek atau Seblak Coet Viral ala Rafael Tan, Ngeunah!

Seblak coet viral ala Rafael Tan

Resep Seblak Cobek atau Seblak Coet Viral ala Rafael Tan, Ngeunah!

penulis:

Dian Rahma Fika Alnina

Bagikan:

Seblak selama ini identik dengan kuah merah pedasnya yang bisa bikin mulut panas dan menggoyang lidah. Namun belakangan, seblak cobek tanpa kuah mendapat sorotan di berbagai media sosial.

Pelopor yang digadang-gadang menaikkan pamor seblak cobek adalah anggota boyband SMASH, Rafael Tan. Lewat postingan di akun Tiktok @rafaell_1616, pria berusia 36 tahun itu membagikan aktivitas makan-makan, termasuk seblak. 

Uniknya, seblak yang dinikmati Rafael hanya menggunakan bahan sederhana dan diolah langsung di atas cobek. Rafael menyebut hidangannya sebagai seblak asli dari Garut. Postingan Rafael ini sangat viral dan kini ia disebut-sebut sebagai Duta Seblak di Indonesia. 

Viralnya seblak cobek / seblak coet

potret seblak cobek
potret seblak cobek (twitter.com/@avoiar)

Sejak diunggah pada Rabu, 28 April, video seblak cobek Rafael sudah ditonton sebanyak 13 juta kali per Selasa, 23 Mei 2023.

Alasan di balik kepopuleran itu disebabkan oleh banyaknya netizen yang antusias dengan seblak cobek. Sebagian menyebut bahwa seblak cobek yang dibagikan Rafael adalah versi originial seblak khas tempo dulu. 

Seperti komentar yang ditulis akun Tiktok @heny_1380, "Seblak asli ini kyk gini.. teu jiga ayena loba caian seblak teh", yang berarti "Seblak asli ini kayak gini, seblak sekarang kebanyakan air".

Komentar tersebut mendapatkan tanda suka dari 14 ribu pengguna seolah menyetujui hal yang sama. Gara-gara seblak cobek yang viral, Rafael didapuk warganet sebagai duta seblak. 

Gelar itu disambut dengan senang hati oleh Rafael, terbukti lewat penobatan duta seblak yang dilakukannya secara mandiri. Nah, lalu bagaimana cara membuat seblak cobek yang kelezatannya sudah diakui banyak orang?

Resep seblak coblek / seblak coet

ilustrasi bahan seblak cobek
ilustrasi bahan seblak cobek (twitter.com/@sunwoogemas)

Untuk membuat seblak cobek atau seblak coet, kamu hanya membutuhkan sedikit bahan dan langkah memasak yang singkat. Kamu bahkan tidak memerlukan perintilan yang beraneka rupa yang biasa hadir di seblak pada umumnya. Berikut resep seblak cobek yang bisa kamu coba!

Bahan:

  1. Kerupuk putih mentah secukupnya
  2. 10 buah cabai rawit 
  3. 2 siung bawang putih
  4. 2 ruas jari kencur, bersihkan
  5. 1 batang daun bawang, iris halus
  6. Minyak goreng seperlunya
  7. Garam dan penyedap rasa

Cara membuat:

  1. Rebus kerupuk hingga empuk, sisihkan. 
  2. Ulek cabai rawit, bawang putih, kencur. Tambahkan garam dan penyedap rasa, aduk merata. 
  3. Masukkan irisan daun bawang, ulek bersama sambal.
  4. Panaskan minyak goreng hingga benar-benar tua. Minyak yang kurang panas bisa membuat sambal terasa langu.
  5. Siram minyak panas sedikit demi sedikit ke cobek, sambil diulek. Cicipi dan koreksi rasa. 
  6. Jika sambal terasa kurang matang, kamu bisa menumisnya sebentar (opsional).
  7. Masukkan kerupuk yang sudah direbus ke cobek, aduk-aduk dengan sambal sampai merata. 
  8. Seblak cobek siap dinikmati.

Baca Juga: Cara Membuat Seblak Sederhana ala Yummy

Rekomendasi makanan viral lain dari Rafael Tan

potret cilor dan maklor
potret cilor dan maklor (Google Maps/Cilor maklor dalansugeh)

Kalau kita mengintip akun Tiktok Rafael, ada beragam makanan lain yang juga diulas olehnya. Misalnya cilung (aci gulung), cilor (aci telur), cipuk (aci kerupuk), bacil (bakso cilok), hingga cimin (cilok mini). 

Kesamaan dari semua jajanan itu adalah menggunakan aci atau tepung kanji sebagai bahan dasarnya. Berkat ketelatenan Rafael dalam me-review olahan aci, warganet memotivasinya untuk menjadi duta aci. 

Rafael mengaku tidak keberatan, tapi sepertinya kita harus bersabar untuk melihat bagaimana rencana itu akan direalisasikan. Penasaran dong, Sobat Yummy?

Seblak cobek yang dianggap sebagai versi asli khas Garut memang kontras dengan seblak yang selama ini dikenal. Tanpa siraman kuah, seblak cobek bisa menonjolkan rasa kencur dan pedas dari rawit secara maksimal. Selain enak, resep seblak cobek juga mudah dibuat, jadi kamu bisa langsung memasaknya di rumah!

Baca Juga: ​8 Makanan dari Aci dan Cara Membuatnya yang Mudah

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Whenie Beckham

Whenie Beckham

Seblak Kering

Seblak Kering

(5.0)

9 langkah

907

Artikel Lainnya di kuliner