8 Restoran Fine Dining Jakarta Terbaik untuk Berbagai Acara

Lengkap dengan view cantik yang memanjakan mata

8 Restoran Fine Dining Jakarta Terbaik untuk Berbagai Acara

penulis:

Dian Rahma Fika Alnina

Bagikan:

Merencanakan fine dining di Kota Jakarta pasti membuatmu cukup berekspektasi untuk mendapat pelayanan kualitas terbaik. Apalagi jika fine dining itu adalah bagian dari agenda penting seperti perjanjian bisnis, maka memilih restoran yang ideal harus diprioritaskan.  

Untuk mewujudkan pengalaman bersantap yang berkesan, berikut rekomendasi tempat fine dining Jakarta yang dirangkum Yummy App!

1. The Royal Kitchen Jakarta

potret The Royal Kitchen Jakarta
potret The Royal Kitchen Jakarta (twitter.com/@fiapriyani)

Makanan India kerap mendapat reputasi kurang menyenangkan karena penggambaran jajanan street food-nya di media sosial. Namun, persepsi tersebut akan berubah setelah kamu menggunakan layanan makan mewah di The Royal Kitchen. 

Restoran fine dining Jakarta itu menawarkan menu-menu otentik asal India yang terkenal memiliki cita rasa kuat penuh rempah-rempah. Di sini kamu bisa mencoba aneka sajian yang diracik langsung oleh juru masak asal Negeri Bollywood itu. Mulai dari makanan pembuka seperti pani puri, makanan utama seperti fish curry, hingga rasmalai untuk dessert.  

Di lansir laman resi The Royal Kitchen, kamu juga bisa memesan menu vegan yang disediakan. Desain interior yang identik budaya India dan pencahayaan lampu yang hangat, kamu beserta keluarga bisa betah berlama-lama untuk menikmati hidangan.

  • Alamat: The Bellagio Mall, Jalan Mega Kuningan Barat. Kav 3-5, RT2 No.RT.5, Kuningan Tim., Kecamatan Setiabudi, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12950
  • Jam buka: Senin - Minggu: 11.00 - 23.00

2. Lara Djonggrang

potret restoran Lara Djonggrang
potret restoran Lara Djonggrang (Google Maps/Luyi Zheng)

Kamu sedang mencari fine dining Jakarta dengan menu hidangan khas Nusantara? Tempat makan bernama Lara Djonggrang bisa jadi alternatifnya. 

Restoran ini mengusung konsep mistik yang terinspirasi dari legenda cinta tragis antara Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso. Desain dan pernak-pernik interiornya dipenuhi oleh gaya tempo dulu yang memunculkan nuansa romantis-gaib. 

Sementara untuk menu yang ditawarkan sangat beragam, dengan mengacu kekayaan kuliner dapur kuno Indonesia. Kalau kamu penggemar soto atau sate, kamu akan terpuaskan dengan pilihan kedua menu tersebut. 

Bagi turis asing sendiri, tempat ini telah mencatatkan kesan yang sangat baik tentang makanan asli Indonesia. Berkat keunikan bangunan dan sajian populer yang lezat, banyak artis luar negeri yang bertandang ke Lara Djonggrang untuk meninggalkan jejak.

  • Alamat: Jl. Teuku Cik Ditiro No.4, RT.3/RW.2, Gondangdia, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10350
  • Jam buka: Senin - Minggu: 11.00 - 23.00
  • Nomor telepon: 08119108966

3. Harum Manis

potret resto Harum Manis
potret resto Harum Manis (Google Maps/Abdillah Lasta)

Satu lagi fine dining Jakarta yang memperkenalkan kelezatan warisan kuliner Indonesia. Dengan mengambil nama permen kapas "Harum Manis" yang merupakan jajanan jadul, restoran ini berusaha memberikan pengalaman bersantap yang elegan sebagaimana ala bangsawan Jawa.

Komitmen menghadirkan gairah ningrat terasa dari penataan arsitektur dan interior yang menggunakan kayu jati berkualitas tinggi. Dipadukan dengan sentuhan kontemporer yang lebih ringan, nuansa adem adalah hal yang ingin diberikan ke pelanggan.

Restoran Harum Manis berkomitmen untuk menyajikan menu masakan khas daerah, terutama Jawa dan Betawi. Signature dish yang wajib dicoba adalah sate satu meter, yang berisi 10 macam sate di Nusantara. 

Bagi kamu yang berencana mengadakan pesta pernikahan secara intim, restoran Harum Manis menawarkan wedding package 300 porsi ke atas. Untuk pertemuan kelompok yang lebih kecil, ada pula private room yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. 

  • Alamat: Apartemen Pavilion, Retail Arcade, Jl. K.H. Mas Mansyur No.Kav 24, RT.12/RW.11, Karet Tengsin, Jakarta, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10220
  • Jam buka: Senin - Minggu: 11.00 - 15.00 dan 17.30 - 21.00
  • Nomor telepon: (021) 57941727

4. Hakkasan

potret restoran Hakkasan Jakarta
potret restoran Hakkasan Jakarta (Google Maps/David Raditya)

Beralih ke makan malam mewah ala Asia Timur, Hakkasan adalah restoran fine dining Jakarta dengan menu utama chinese food yang dikemas secara premium.

Restoran Hakkasan bermula di London, Inggris, dan membuka beberapa cabang di Amerika Serikat, Eropa, hingga Timur Tengah. Jakarta adalah cabang perdana untuk wilayah Asia Tenggara yang beroperasi sejak tahun 2019.

Menariknya, area loungerooftop adalah inovasi Hakkasan yang baru dipraktikkan pertama kali di Ibu Kota Indonesia ini. Memesan table di area rooftop bisa memanjakanmu dengan keindahan city light Jakarta.

Selain menyediakan hidangan otentik khas Kanton, Hakkasan juga menyiapkan hiburan tambahan seperti musik dan koktail. Suasana yang diatur sedemikian baik, menjadikan pelayanan Hakkasan menempati salah satu restoran Tiongkok terfavorit yang memenangkan penghargaan internasional.

Hakkasan memiliki komitmen teguh terhadap gerakan reduksi plastik. Sehingga pemakaian sedotan plastik sudah digantikan dengan sedotan bambu. 

  • Alamat: Alila Hotel SCBD Lantai 25-26, Jl. Jenderal Sudirman Kavling 52-53, Senayan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 12190.

Baca Juga: 15 Rekomendasi Restoran Keluarga di Jakarta yang Nyaman

5. Henshin

potret restoran Henshin Jakarta
potret restoran Henshin Jakarta (henshinjakarta.com)

Restoran fine dining Jakarta yang juga memamerkan keindahan panorama kota adalah Henshin. Berlokasi di gedung The Westin lantai paling pucuk, Henshin dinobatkan menjadi restoran mewah tertinggi di Jakarta.

Dalam bahasa Jepang, henshin bermakna transformasi, yang mewakili perubahan tempat dari paling bawah hingga paling atas saat kamu dibawa naik oleh lift dalam hitungan detik. 

Di lantai ke-67 kamu bisa menikmati lounge bar dan memesan aneka minuman. Bila reservasi pada sore menjelang malam, kamu bisa menikmati sunset sepuasnya dengan hanya terhalang kaca.

Sementara untuk ke restonya kamu harus naik lagi ke lantai 68 dan 69. Di awal kamu mungkin bisa menebak bahwa Henshin adalah restoran Jepang, tapi apakah itu saja?

Ternyata jenis hidangan yang disajikan Henshin adalah perpaduan kuliner khas Negeri Sakura dan Peru. Kombinasi itu disebut dengan Nikkei, yang menghadirkan keunikan dari segi rasa rasa maupun penampilan.

Kalau beruntung, chef akan mengantarkan makanan langsung ke mejamu dan menjelaskan tentang hidangan tersebut. Rasa makanan yang memuaskan lidah akan makin berkesan dengan pelayanan yang ramah. 

  • Alamat: Hotel The Westin Jakarta, Jl. H. R. Rasuna Said No.Kav.C-22A, RT.2/RW.5, Karet Kuningan, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan
  • Jam buka: Senin - Minggu: 17.00 - 23.00
  • Nomor telepon: (021) 27887768

6. Oso Ristorante Indonesia

potret suasana Oso Ristorante Indonesia
potret Oso Ristorante Indonesia (Google Maps/Oso Ristorante Indonesia)

Mencari fine dining Jakarta tentu harus mempertimbangkan restoran Eropa yang terkenal elegan dan modern.

Terletak di lantai ke-46 The Plaza Office Tower, restoran mewah ini menyuguhkan keelokan pemandangan kota Jakarta dari atas ketinggian. Desain interior Oso Ristorante memberi kesan yang glamor, dengan beragam lampu kristal dan dibalut dekorasi pastel ala rococo.  Pengaturan ruangan yang amat romantis itu sangat cocok untuk merayakan momen bahagia seperti peringatan hari jadi, ulang tahun, hingga lamaran pernikahan.

Karena hanya menggunakan produk berkelanjutan kualitas terbaik, pengalaman bersantap kuliner Italia di Oso Ristorante dianggap salah satu yang paling berkesan di Jakarta. Menu yang direkomendasikan ada piza, pasta, makanan laut, hingga oalahan daging yang juicy.

Kamu juga bisa memesan aneka jenisa wine yang diperoleh dari 60 wilayah berbeda di Italia. Ada juga pilihan keju lezat  yang disimpan di rung khusus, menunggu untuk disajikan kepada pelanggan.

  • Alamat: The Plaza Office Tower, Jl. M.H. Thamrin No.28 - 30, RT.9/RW.5, Gondangdia, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10350
  • Jam buka: Senin - Minggu: 12.00 - 22.00
  • Nomor telepon: (021) 29922448

7. Ruth’s Chris Steak House

potret resto Ruth’s Chris Steakhouse
potret resto Ruth’s Chris Steakhouse (Google Maps/Eddy Rachmat)

Makan malam mewah dengan steak memang tidak pernah salah. Apalagi jika fine dining di restoran steak legendaris yang sudah diakui secara global. 

Racikan steak yang juicy dan melting adalah karya terbaik dari Ruth's Chris Steak House. Bahkan hanya dengan mentega saja, daging kualitas unggulan tidak akan berbohong soal rasa.

Kamu bisa berekspektasi besar pada daging sapi AS bermutu unggul yang dipanggang dengan sempurna. Setiap steak akan disajikan di hot plate untuk memastikan suhu terjaga sampai di meja tamu.

For your information Sobat Yummy, Ruth's Chris Steak House di Jakarta merupakan cabang ke-11 di Asia. Ekspansi itu menandakan komitmen restoran untuk menyajikan steak premium dengan sentuhan rasa khas New Orleans, yang unik.

Selain steak kualitas terbaik, kamu juga dapat menikmati sederet kelezatan klasik New Orleans seperti Shrimp Remoulade, Crabtini, Barbecued Shrimp dan Bread Pudding dengan Whiskey Sauce. 

Kalau kamu merasa ini cocok dengan seleramu, kamu bisa datang ke lokasinya di Somerset Grand Citra Jakarta, Ground Floor, Jl. Prof. DR. Satrio No.Kav 1, RT.5/RW.2, Kuningan, Kuningan Tim., Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan. 

  • Alamat: Somerset Grand Citra Jakarta, Ground Floor, Jl. Prof. DR. Satrio No.Kav 1, RT.5/RW.2, Kuningan, Kuningan Tim., Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12940
  • Jam buka: Senin - Minggu: 11.30 - 15.00 dan 17.00 - 22.00
  • Nomor telepon: (021) 5221178

8. Javanegra Gourmet

potret resto Javanegra
potret resto Javanegra (Google Maps/J Chung)

Jika menginginkan fine dining Jakarta yang lebih minimalis tapi tetap luxury, pilihlah Javanegra Gourmet. 

Javanegra adalah restoran keluarga bergaya Omakase yang menyajikan kelezatan otentik hidangan Spanyol-Mediterania. Di sini kamu akan dibawa dalam perjalanan gastronomi untuk dimanjakan oleh aneka masakan ikonik dari Chef Andrea Peresthu.

Dengan interior menyerupai sebuah bar kontemporer bergaya Spanyol, hanya tersedia ruang untuk 40 pelanggan. Sehingga jika ingin merasakan makan malam mewah di sini, kamu harus melakukan reservasi. 

Pelengkap hidangan Javanegra adalah berbagai minuman kopi khas Indonesia. Datanglah ke alamat Jl. Kramat Pela Raya No.212, RW.7, Pulo, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, untuk merasakan pengalaman menarik.

  • Alamat: Jl. Kramat Pela Raya No.212, RT.10/RW.7, Pulo, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12140
  • Jam buka: Senin - Minggu: 09.00 - 22.00
  • Nomor telepon: 081318613638

Restorang fine dining Jakarta sangat beraneka rupa hidangannya. Mulai dari kuliner asli Indonesia, Tiongkok, Jepang, hingga Mediterania. Masing-masing karakter itu disajikan secara mewah dengan konsep interios yang mengagumkan mata. Jika sempat, apakah kamu ingin melakukan reservasi di semua tempat?

Baca Juga: Pentingnya Table Manner, Etika Makan dalam Jamuan Formal 

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

E. A. Firdaus

E. A. Firdaus

Pasta Udang

Pasta Udang

(5.0)

9 langkah

453

Artikel Lainnya di kuliner