10 Tempat Sarapan di Jogja yang Wajib Dicoba

Yuk, coba beberapa tempat sarapan di Jogja berikut ini

10 Tempat Sarapan di Jogja yang Wajib Dicoba

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Jogja, kota yang dikenal dengan sejarah dan kebudayaannya yang kaya, juga menawarkan kekayaan kuliner yang luar biasa. Salah satu aktivitas yang tak boleh dilewatkan saat berada di Jogja adalah menikmati sarapan di tempat-tempat yang legendaris. Berikut ini adalah sepuluh rekomendasi tempat sarapan di Jogja yang akan memanjakan lidah dan memberikan pengalaman kuliner yang tak terlupakan.

1. Soto Bathok Mbah Katro

resep Soto ayam dengan tauge, bihun, soun,jeruk nipis, dan daging ayam
ilustrasi soto ayam kampung (Yummy App)

Mengawali pagi di Jogja dengan sarapan di Soto Bathok Mbah Katro adalah pilihan yang tepat untuk merasakan keunikan kuliner lokal. Tempat ini menyajikan soto sapi yang kaya rasa dalam mangkuk tradisional dari bathok kelapa. Terletak di Sambisari, Purwomartani, Sleman, tempat ini juga menawarkan pemandangan sawah yang asri yang membuat pengalaman sarapan semakin autentik. Dengan harga yang sangat terjangkau, yaitu Rp5.000 per mangkuk, Soto Bathok Mbah Katro adalah destinasi sarapan yang harus Sobat Yummy coba.

2. Gudeg Mbah Lindu

ilustrasi gudeg dengan sambal krecek
ilustrasi gudeg dengan sambal krecek (flickr.com/Herman Saksono)

Gudeg adalah makanan ikonik Jogja, dan tidak ada tempat yang lebih baik untuk menikmatinya daripada di Gudeg Mbah Lindu. Warung ini telah melayani pengunjung dengan resep gudeg kuno yang telah diwariskan turun-temurun. Lokasinya yang strategis di Jalan Sosrowijayan, dekat dengan kawasan Malioboro, membuatnya mudah diakses oleh para wisatawan yang ingin menikmati sarapan dengan gudeg asli Jogja.

3. Warung Pojok Mbak Yuni

Warung Pojok Mbak Yuni menawarkan suasana yang nyaman dan menu sarapan yang beragam, mulai dari nasi rames dengan lauk pilihan hingga sayur lodeh yang khas. Terletak di Jalan I Dewa Nyoman Oka di Kotabaru, Gondokusuman, warung ini buka mulai pukul 06.00 WIB. Ini adalah tempat yang sempurna untuk menikmati sarapan di Jogja bagi mereka yang mencari pilihan menu lokal yang lezat dan terjangkau.

Baca Juga: 8 Kuliner Malam Solo yang Menjadi Primadona!

4. Soto Pak Marto

Soto Pak Marto di Taman Sari menawarkan kuliner soto yang telah menjadi favorit lokal selama bertahun-tahun. Soto di sini disajikan dengan kuah yang kaya rempah dan pilihan lauk seperti babat dan tempe goreng yang gurih. Sarapan di sini akan memberi kalian kehangatan dan kepuasan yang sempurna untuk memulai hari di Jogja.

5. Soto Sampah

Jangan terkecoh oleh namanya, Soto Sampah adalah salah satu hidden gem di Jogja. Lokasinya di Jalan Kranggan, Cokrodiningratan, Jetis, menawarkan soto dengan konsep unik yang menggunakan berbagai bahan campuran yang membuat penampilannya terlihat 'sampah', tetapi rasanya juara. Dengan harga yang terjangkau, tempat ini layak dikunjungi bagi pencinta kuliner yang ingin mencoba sesuatu yang berbeda untuk sarapan di Jogja.

6. Soto Kadipiro

Soto Kadipiro, yang terletak di Jalan Wates, Kasihan, Bantul, adalah legenda kuliner yang telah berdiri hampir satu abad. Menyajikan soto ayam kampung dengan kaldu yang gurih, tempat ini juga menawarkan berbagai pendamping seperti sate telur puyuh dan tempe bacem. Sarapan di sini tidak hanya mengenyangkan tetapi juga menyegarkan dengan cita rasa tradisional yang kaya.

7. Gudeg Yu Djum

gudeg
gudeg khas Yogyakarta (commons.wikimedia.org)

Gudeg Yu Djum adalah nama yang tidak asing dalam kuliner Jogja. Dengan beberapa cabang yang tersebar di seluruh kota, dapur utama di Mbarek buka mulai pukul 05.00 pagi, memberikan kesempatan untuk menikmati gudeg yang dimasak dengan cara tradisional menggunakan kayu bakar. Sarapan di sini memberikan rasa gudeg khas Jogja yang manis dan memanjakan lidah.

Baca Juga: 15 Makanan Khas Jogja Selain Gudeg, Enak dan Wajib Coba!

8. Lupis Mbah Satinem

kue lupis dengan gula merah dalam balutan daun pisang
ilustrasi kue lupis (flickr.com/areta ekarafi)

Lupis Mbah Satinem di Jalan Bumijo adalah salah satu jajanan pasar yang legendaris di Jogja. Terkenal setelah tampil dalam serial Netflix 'Street Food: Asia', lupis di sini disajikan dengan gula merah dan kelapa, serta makanan tradisional lain seperti cenil dan gatot. Sarapan di sini adalah cara yang manis untuk memulai hari Sobat Yummy di Jogja.

9. Warung Brongkos Handayani

Warung Brongkos Handayani menawarkan brongkos, makanan tradisional Jogja yang mirip rawon tetapi dengan santan. Lokasi di Alun-Alun Kidul membuatnya mudah diakses dan populer di kalangan turis dan penduduk lokal. Sarapan di sini adalah pengalaman kuliner yang menyenangkan dengan suasana yang nyaman.

10. Soto Pak Dalbe

resep soto ayam bening
ilustrasi soto ayam bening (yummy.co.id/Ayu Putri Irianto)

Terakhir, Soto Pak Dalbe di Jalan Jenderal Sudirman menawarkan soto ayam yang lezat dengan kuah yang khas Jogja. Meski hanya berupa gerobak kaki lima, popularitas dan cita rasa soto di sini tidak perlu diragukan. Ini adalah pilihan sempurna bagi kalian yang mencari sarapan yang enak dan autentik di Jogja.

Sarapan di Jogja menawarkan lebih dari sekedar makanan; itu adalah pintu gerbang ke warisan kuliner kota ini. Dari soto hingga gudeg, setiap hidangan sarapan mencerminkan kekayaan budaya dan tradisi Jogja. Pastikan untuk memulai hari Sobat Yummy dengan salah satu, atau beberapa, dari tempat sarapan terbaik ini untuk pengalaman yang tak terlupakan di Jogja. Simak rekomendasi lainnya di Yummy App, ya!

Baca Juga: 16 Tempat Wisata Kuliner Jogja Paling Terkenal

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Anna Hadi

Anna Hadi

Gudeg

Gudeg

(5.0)

120 mnt

2.6 rb

Artikel Lainnya di kuliner