​7 Macam Sayur yang Wajib Dimakan Setelah 7 Hari Imlek

Ada makna dan filosofinya lho!

​7 Macam Sayur yang Wajib Dimakan Setelah 7 Hari Imlek

penulis:

Anna Novita Rachim

Bagikan:

Hari ketujuh di kalender lunar pertama, seringkali dikenal sebagai hari manusia atau Renri bagi etnis Tionghoa. Menurut tradisinya, seorang dewi menciptakan binatang yang berbeda-beda pada hari yang berbeda juga. Di hari ketujuh setelah dunia tercipta, barulah manusia diciptakan.

Untuk merayakan terlahirnya manusia ke dunia, masyarakat Tionghoa biasanya akan merayakannya dengan memakan hidangan tujuh macam sayur.

Makna dibalik menyantap tujuh macam sayur di hari raya Imlek ini adalah kekayaan dan juga kemakmuran. Seperti makanan lain yang juga dihidangkan saat hari raya Imlek, makanan khusus Renri ini juga memiliki filosofi tersendiri. 

Sebenarnya tidak ada aturan tetap dalam pemilihan sayuran di hidangan yang disajikan. Namun, ada beberapa sayuran yang wajib kamu gunakan karena memiliki makna penting di baliknya.

Filosofi Sayuran

description
Flickr

Makanan yang disajikan di hari perayaan Imlek memiliki makna dan filosofi yang beragam bagi warga Tionghoa. Begitu pula dalam tradisi menyantap tujuh macam sayuran di hari ketujuh setelah Tahun Baru Imlek.

Meskipun tidak ada aturan yang tetap mengenai sayuran yang harus ada dalam acara ini, namun ada beberapa sayuran yang wajib kamu sajikan. Di antaranya:

1. Daun Bawang Cina (大蒜)

Juga diucapkan sebagai da suan, daun bawang cina adalah sayuran favorit dan umum dihidangkan selama perayaan Imlek berlangsung. Mengapa sayur ini wajib ada di hidangan tujuh macam sayur? Alasannya adalah karena nama da suan terdengar seperti menghitung (uang). Karena itu sayur ini dilambangkan sebagai keberuntungan atau diibaratkan dengan menghitung kekayaan. 


2. Daun Bawang (葱)

Daun bawang adalah sayuran yang disukai, terutama sebagai hiasan. Sayur ini juga sangat populer selama Tahun Baru Imlek karena sering diibaratkan dengan kata "pintar".


3. Bayam Cina (菠菜)

Sayuran ini memiliki makna "Naga Terbang" yang membawa keberuntungan. Tak heran jika orang Tionghoa menghubungkan sayuran ini dengan keberuntungan. Selain itu, sayur bayam cina juga mengandung vitamin A, vitamin B, dan zat besi yang tinggi yang membawa banyak manfaat bagi tubuh.


4. Mustard Greens (大菜)

Mustard greens atau da cai memiliki makna sebagai keberuntungan dan kemakmuran. Sayuran ini tidak hanya memberi kamu kekayaan tapi juga kaya akan nutrisi. Sayur ini dikemas dengan beberapa vitamin seperti vitamin A, C, dan K, serta antioksidan.

Cara Membuat Hidangan 7 Macam Sayur

description
Freepik

Di dalam hidangan tujuh macam sayur ini, biasanya masyarakat Tionghoa akan menambahkan beberapa irisan daging babi tanpa lemak atau daging lainnya sesuai selera. Mereka juga akan membumbui sayur ini hanya dengan bumbu sederhana yang bisa kamu temukan di rumah.

Bagaimana cara membuatnya? Simak resepnya di bawah ini ya, Sobat Yummy!

Bahan-bahan:

  • 2 batang daun bawang cina;
  • 2 ikat Bok Choy;
  • 2 buncis Cai Xin;
  • 1 batang besar bayam cina;
  • 1 batang sawi;
  • 1 kepala kecil kubis napa;
  • 2 batang daun bawang;
  • Minyak secukupnya;
  • 5 siung bawang putih (dicincang);
  • 2 sendok teh bumbu ayam/jamur;
  • Garam dan merica secukupnya;
  • 1 porsi daging, potong-potong (opsional);
  • Bawang goreng (opsional).


Cara memasak:

  1. Potong sayuran sesuai kebutuhan;
  2. Panaskan minyak di wajan atau penggorengan. Tumis bawang putih dan daun bawang hingga harum;
  3. Tambahkan daging dan sisa sayuran. Tumis dengan api besar;
  4. Tambahkan penyedap rasa, garam dan merica sesuai selera. Aduk rata dan sajikan;
  5. Tambahkan potongan bawang putih goreng (opsional).

Itu dia informasi seputar sayur 7 macam yang dihidangkan saat Imlek dan cara membuatnya. Jangan lupa persiapkan apabila tahun ini kamu merayakan Tahun Baru Imlek ya, Sobat Yummy!

Baca Juga: 7 Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Saat Imlek, Benarkah Membawa Sial?

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Ayu Aura

Ayu Aura

Tumis Sayur Brokoli Wortel

Tumis Sayur Brokoli Wortel

(5.0)

8 langkah

382

Artikel Lainnya di kuliner