10 Tempat Buka Puasa di Jakarta, Lesehan sampai All You Can Eat

Pilih tempat yang paling nyaman buatmu

10 Tempat Buka Puasa di Jakarta, Lesehan sampai All You Can Eat

penulis:

Langgeng Irma Salugiasih

Bagikan:

Buka puasa selalu menjadi momen yang paling dinantikan ketika Ramadan. Bukan soal akhirnya bisa melepas dahaga saja. Tapi juga ungkapan rasa syukur dan kelegaan karena berhasil menjalani puasa seharian dengan semaksimal mungkin.

Sebenarnya buka puasa bisa dilakukan di mana saja. Namun, pada waktu terentu, sebagian orang ingin merasakan suasana dan santapan baru saat buka puasa bersama orang tersayang. Nah, berikut tempat buka puasa di Jakarta sebagai referensi kamu di bulan Ramadan nanti.

1. Kampung Kecil

potret restoran kampung kecil
potret Kampung Kecil, restoran Sunda di Jakarta Barat (Google Maps/Ricky Muljana)

Rekomendasi pertama untuk tempat buka puasa di Jakarta yaitu Kampung Kecil. Tempatnya luas, terdiri dari saung lesehan yang mengelilingi kolam ikan hias, kursi indoor dan outdoor, sampai ruang makan ber-AC.

Suasananya khas pedesaan banget, dari ornamen kayu dan bambu sampai dilengkapi properti foto bergaya tradisional. Kampung Kecil berlokasi di Jalan Puri Kembangan, Kedoya Selatan. Harga dan rasanya affordable, cocok buat tempat buka bersama yang memanjakam mata.

2. Warung Nagih

potret warung nagih di jakarta
potret Warung Nagih (Google Maps/Jonathan Pangemanan)

Anak Jakarta Selatan pasti sudah gak asing dengan tempat makan satu ini. Terletak di tepi Jalan Kapten Tendean, Mampang Prapatan, Warung Nagih layak jadi tempat buka puasa yang menyediakan makanan enak dengan harga yang murah meriah.

Menunya ada banyak, mulai dari aneka jus dan roti bakar, nasi goreng, kwetiaw, nasi bali, hingga Western food. Soal rasa, sesuai namanya, pasti nagih! Pastikan kamu ke sini beberapa jam sebelum adzan Maghrib biar kebagian kursi, ya.

3. Food Plaza PIK

suasana Food Plaza PIK
potret suasana Food Plaza PIK (Google Maps/Nina Liu)

Ini dia salah satu tempat terbaik buat berburu kuliner lezat di Jakarta Utara. Saat Ramadan tiba, Food Plaza PIK dipastikan tidak pernah sepi pengunjung.

Tenant-tenant makanan berjajar sepanjang halaman, menawarkan aneka menu mulai dari kopi kekinian, seafood, Western, Chinese, vegan eatery, dan tentunya masakan Indonesia. Lalu, untuk tempat makannya kamu bisa pilih area indoor maupun outdoor.

4. Al Jazeerah Restaurant & Cafe

Al Jazeerah Signature Restaurant & Lounge
interior restoran Al Jazeerah Signature, Jakarta (Google Maps/Fajrul Falah)

Di kawasan Menteng, kamu bisa menemukan restoran Yaman yaitu Al Jazeerah Signature. Menawarkan aneka masakan Timur Tengah yang kaya rempah dan menggugah selera.

Pada area indoor, nuansa kental Turki yang khas begitu terasa, lengkap dengan ornamen lampu mozaik dan piring-piring antik. Area rooftop pun tak kalah estetik dengan tanaman hias, meja kursi kayu, dan lampu gantung moonlight yang menambah nice ambience.

5. Larazeta Restaurant and Gallery

LARAZETA Restaurant and Gallery
potret LARAZETA Restaurant and Gallery (Google Maps/Karina Saraswati)

Sensasi kulineran di galeri ala Timur Tengah bisa kamu dapatkan Larazeta Restaurant. Kaligrafi dan dekorasi Arabian menghiasi seluruh ruangan. Terdapat ruang lesehan bernuansa Islami yang bisa digunakan untuk kajian bersama sebelum buka puasa.

Restoran ini menyajikan menu olahan domba dan kambing pangang, berpadu dengan bumbu dan saus khas Timur Tengah yang begitu lezat. Larazeta Restaurant berlokasi di Jalan Tebet Barat, Jakarta Selatan, sekitar 600 meter dari Pasar Tebet.

6. House 89 Restaurant & Cafe

potret House 89 Restaurant & Cafe
potret House 89 Restaurant & Cafe (Google Maps/Chen PauLie)

Cari tempat buka puasa di daerah Tanjung Duren Barat buat sekalian nongkrong? Kamu wajib ke House 89 Restaurant & Cafe. Interiornya perpaduan Jepang dan Indonesia yang sederhana namun unik, dilengkapi bar di area tengah dan sepeda ontel.

Cita rasa makanannya juara, baik untuk menu Indonesian, Japanese, maupun Western. Ditambah suasananya yang cozy abis dengan dinding mural yang estetik dan warm lighting. Dijamin kamu bakal betah berlama-lama, deh!

7. Layar Seafood

restoran Layar Seafood
potret suasana di restoran Layar Seafood (Google Maps/Bintang Akbar Maulana)

Salah satu tempat makan terkenal di kawasan Jakarta Barat yang menyajikan seafood dan ikan air tawar. Selain disuguhi makanan yang lezat, kamu juga bakal dimanjakan dengan nuansa earth tone yang mewah namun homey.

Di sisi lain, kamu bisa menemukan rak akuarium berisi macam-macam ikan, kepiting, dan udang. Meski begitu, kebersihan area dan makanannya sangat terjaga. Jadi kamu bisa santap nikmat dengan nyaman. Jangan lupa reservasi beberapa hari sebelumnya supaya kebagian meja, ya.

8. Tugu Kunstkring Paleis

restoran Tugu Kunstkring Paleis bernuansa belanda yang khas
potret restoran Tugu Kunstkring Paleis, Jakarta (tuguhotels.com)

Sensasi makan ala kerajaan Belanda bisa kamu rasakan di restoran yang berada di Jalan Teuku Umar No.1, Gondangdia, Menteng ini. Tugu Kunstkring Paleis merupakan perpaduan dari galeri seni, toko, dan restoran yang megah. Menawarkan pengalaman fine dining yang tak terlupakan, baik dari ambience maupun hidangannya.

Asyiknya lagi, kamu bisa menemukan ruang makan privat dengan suasana tradisional dari berbagai negara di sini. Mulai dari Suzie Wong Lounge yang berselimut nuansa Hong Kong tahun 1950an, lalu Raden Saleh Room, Soekarno 1950 Room, hingga Colonial Rijsttafel Room.

9. Hachi Grill

suasana di restoran Hachi Grill
potret restoran all you can eat Hachi Grill (Google Maps/Syarifah Khalida)

Rekomendasi tempat buka puasa selanjutnya yaitu Hachi Grill, restoran all you can eat yang sudah mengantongi sertifikati halal MUI. Restoran ini berlokasi di Jl. Gatot Subroto No.177a, Menteng Dalam.

Mengusung konsep modern casual dining, Hachi Grill menyediakan paket shabu-shabu dan yakiniku dengan rasa otentik dan segar. Untuk dissert, kamu pun bisa pesan jajanan Indonesia seperti bubur ketan hitam dan rujak.

10. Shabu Hachi

suasana di restoran all you can eat Shabu Hachi
potret suasana di restoran all you can eat Shabu Hachi (Google Maps/Isti Dutton)

Satu lagi restoran all you can eat di Jakarta yang sudah bersertifikat halal MUI. Shabu Hachi mengusung konsep individual soup dan waktu yang diberikan yaitu 2 jam.

Banyak pilihan paketnya juga nih, tentunya dengan harga dan raw ingredients yang berbeda. Bertempat di Jl. Ampera Raya No.127, Ragunan, pastikan kamu buat reservasi dulu sebelum datang di sini, ya.

Itulah rekomendasi tempat makan buka di Jakarta yang memiliki suasana menyenangkan dan hidangan lezat. Cocok buat buka bersama ramai-ramai maupun dinner romantis bareng pasangan.

Baca Juga: 10 Tempat Buka Puasa di Bandung yang Asyik buat Bukber

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Novi Nirwanti Lova

Novi Nirwanti Lova

Beef Bulgogi Yakiniku

Beef Bulgogi Yakiniku

(5.0)

5 langkah

604

Mama Queen

Mama Queen

Chicken Pop Rock Saus BBQ

Chicken Pop Rock Saus BBQ

(5.0)

6 langkah

recooks-0

Artikel Lainnya di kuliner