20 Makanan Khas Jawa Barat yang Enak, Jangan Sampai Kelewatan

Beraneka rasa, dari berbahan sayuran hingga kue uniknya

20 Makanan Khas Jawa Barat yang Enak, Jangan Sampai Kelewatan

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Jawa Barat merupakan provinsi dengan kekayaan kuliner yang luar biasa. Di sini, kamu dapat menemukan beragam makanan khas Jawa Barat yang begitu lezat dan menggugah selera.

Mulai dari makanan berat hingga jajanan tradisional, setiap hidangan memiliki citarasa yang khas dan unik. Untuk itu, Sobat Yummy tidak boleh melewatkan kesempatan untuk mencoba 20 makanan khas Jawa Barat yang enak dan wajib dicoba berikut ini. Siapkan diri kamu untuk menjelajahi kelezatan kuliner Nusantara, ya.

1. Soto Bandung

soto bandung makanan khas jawa barat
ilustrasi soto bandung (yummy.co.id/Indry Hapsari)

Soto bandung adalah salah satu makanan khas Jawa Barat yang sangat terkenal. Hidangan ini terdiri dari semangkuk sup bening berisi daging sapi yang empuk, kentang, taoge, dan ditaburi bawang goreng.

Soto bandung memiliki kuah yang gurih dan segar, serta bisa disantap dengan nasi hangat. Rasanya yang lezat membuat soto bandung menjadi pilihan favorit banyak orang.

2. Nasi Timbel

nasi timbel makanan khas jawa barat
ilustrasi nasi timbel (flickr.com/azkram)

Nasi timbel terbuat dari nasi yang dimasak dengan daun pisang. Hidangan tradisional Jawa Barat ini biasanya disajikan dengan beragam lauk seperti ikan goreng, ayam goreng, tahu, tempe, dan sambal.

Keunikan dari nasi timbel terletak pada aroma wangi dari daun pisang yang menyerap ke dalam nasi. Nasi timbel menjadi hidangan yang lezat dan khas Jawa Barat yang patut dicoba.

3. Batagor

batagor bandung makanan khas jawa barat
ilustrasi batagor bandung (yummy.co.id/Mariana)

Tentunya Sobat Yummy sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini, yaitu Batagor. Batagor sendiri adalah singkatan dari bakso tahu goreng.

Hidangan ini terdiri dari bola-bola bakso yang diisi dengan bahan ikan tenggiri dan tahu. Batagor kemudian digoreng hingga crispy dan disajikan dengan saus kacang yang gurih. Rasanya yang renyah dan gurih membuat batagor menjadi salah satu jajanan tradisional favorit di Jawa Barat dan di berbagai wilayah di Indonesia.

4. Cireng

cireng bandung makanan khas jawa barat
ilustrasi cireng bandung (yummy.co.id/Retno Adiesty)

Cireng adalah singkatan dari aci ranginang, yakni makanan berbahan dasar tepung tapioka yang digoreng hingga krispi. Cireng biasanya disajikan dengan saus kacang pedas yang membuatnya semakin lezat. Hidangan ini biasanya dijajakan di jalanan dan menjadi camilan yang populer di Jawa Barat.

5. Surabi

surabi oncom makanan khas Jawa Barat
ilustrasi surabi oncom khas Jawa Barat (flickr.com/irfan septian)

Surabi adalah makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari adonan tepung beras yang dipanggang hingga matang. Makanan tradisional ini memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis.

Variasi surabi pun beragam, seperti surabi oncom, surabi kuah, surabi cisarua, dan lain sebagainya. Cobalah surabi saat berada di Jawa Barat, rasanya pasti menggoyang lidah!

Baca Juga: 20 Makanan Khas Jawa Timur yang Lezat dan Populer

6. Mie Kocok

mie kocok makanan khas jawa barat
ilustrasi mie kocok (flickr.com/rsetia67)

Mie kocok adalah makanan khas Jawa Barat, atau lebih tepatnya dari daerah Bandung yang terdiri dari mie kuning yang direbus dengan kuah kental berbahan dasar kaldu sapi.

Hidangan ini kemudian dilengkapi dengan irisan daging sapi, bakso, tauge, dan taburan bawang goreng. Mie kocok memiliki rasa yang gurih dan nikmat, cocok dijadikan sebagai hidangan pemanjangan perut saat lapar.

7. Peuyeum

peuyeum makanan khas jawa barat
ilustrasi peuyeum (kebudayaan.kemdikbud.go.id)

Peuyeum adalah makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari singkong yang difermentasi menjadi lembut. Rasanya yang legit serta kandungan alkohol yang rendah membuat peuyeum menjadi camilan favorit di Jawa Barat. Selain dimakan langsung, makanan tradisional ini juga bisa diolah menjadi berbagai macam kue tradisional.

8. Sate Maranggi

sate maranggi makanan khas jawa barata
ilustrasi sate maranggi (flickr.com/Siti Mudrikah)

Sate maranggi adalah hidangan sate khas Jawa Barat yang menggunakan bahan dasar daging sapi. Daging sapi pada sate maranggi biasanya dipotong tipis dan disatukan dengan bumbu marinasi yang khas.

Sate-sate ini kemudian dibakar hingga matang dan disajikan dengan sambal khas Jawa Barat. Rasanya yang gurih dan pedas membuat sate maranggi menjadi favorit banyak orang.

9. Lotek

lotek makanan khas Jawa Barat
ilustrasi lotek khas Jawa Barat (yummy.co.id/Anitya Ratna Hapsari)

Lotek adalah salah satu jenis makanan khas Jawa Barat yang termasuk dalam kelompok salad atau sayur-sayuran. Makanan ini biasanya terdiri dari berbagai macam sayuran segar yang direbus atau dikukus, seperti kacang panjang, tauge (kecambah), tahu, dan tempe.

Sayuran-sayuran tersebut kemudian disajikan dengan saus kacang yang terbuat dari bahan dasar kacang tanah yang dihaluskan, dicampur dengan bumbu-bumbu seperti bawang putih, cabai, gula merah, dan garam. Lotek umumnya disajikan dalam porsi besar dan dapat dihidangkan dengan bahan pelengkap seperti kerupuk, emping (kerupuk melinjo), atau krupuk aci.

10. Ketan Susu

ketan susu makanan khas jawa barat
ilustrasi ketan susu (flickr.com/kiaguskemalarlian)

Ketan susu adalah kudapan khas Jawa Barat yang terbuat dari ketan yang dimasak dengan santan dan gula merah. Makanan tradisional ini biasanya disajikan dengan tambahan parutan kelapa dan taburan pulut hitam. Rasanya yang manis dan lezat membuat Ketan susu menjadi hidangan penutup yang sempurna setelah makan.

Baca Juga: 6 Kue Khas Bandung yang Menggiurkan, Pernah Coba?

11. Karedok

karedok makanan khas jawa barat
ilustrasi karedok (flickr.com/rsetia67)

Karedok adalah jenis salad khas Jawa Barat yang terbuat dari campuran sayur mentah seperti kacang panjang, tauge, kol, dan terong. Karedok kemudian disajikan dengan bumbu kacang yang segar dan menyegarkan. Hidangan ini sangat cocok sebagai pelengkap makanan berat atau sebagai hidangan pembuka.

12. Es Goyobod

es goyobod minuman khas jawa barat
ilustrasi es goyobod (yummy.co.id/Laila Dawud)

Wajib coba, es goyobod ini merupakan minuman tradisional Jawa Barat yang terbuat dari campuran jahe, gula merah, dan tape singkong. Es ini memiliki rasa segar dan manis alami, cocok untuk menghilangkan dahaga di cuaca panas. Es goyobod biasanya disajikan dengan es serut dan tambahan tape ketan hitam.

13. Cilok

cilok bandung makanan khas jawa barat
ilustrasi cilok bandung (yummy.co.id/Mama Queen)

Cilok adalah jajanan SD yang terbuat dari adonan tepung tapioka yang dicampur dengan bahan pelengkap seperti tahu, bakso, atau oncom. Cilok biasanya disajikan dengan bumbu kacang pedas yang gurih. Rasanya yang kenyal dan teksturnya yang unik membuat cilok menjadi camilan favorit di Jawa Barat.

14. Cendol

cendol khas Jawa Barat
ilustrasi cendol khas Jawa Barat (yummy.co.id/Nurwanida)

Cendol adalah minuman tradisional Jawa Barat yang terbuat dari adonan tepung beras yang dipanaskan dan diolah menjadi butiran kecil. Butiran cendol kemudian dicampur dengan santan, gula merah cair, dan es serut. Minuman ini memiliki rasa manis dan segar, sempurna sebagai penawar dahaga di cuaca panas.

15. Sop Buntut Goreng

sup buntut goreng makanan khas Jawa Barat
ilustrasi sup buntut goreng (flickr.com/annetannet)

Sop buntut goreng adalah hidangan sop dengan bahan dasar ekor sapi yang dimasak dalam sup yang kaya bumbu hingga empuk, kemudian diolah lebih lanjut dengan cara digoreng hingga kulitnya menjadi renyah.

Sop buntut goreng biasanya disajikan dengan nasi hangat, irisan tomat, dan taburan bawang goreng. Hidangan ini memiliki rasa yang gurih dan lezat. Sop buntut goreng menjadi menu favorit di Jawa Barat yang wajib kamu coba.

Baca Juga: 4 Resep Mudah Minuman Khas Makassar yang Bersantan

16. Sambal Oncom

sambal oncom makanan khas jawa barat
ilustrasi sambal oncom (yummy.co.id/Aisah)

Sambal oncom adalah sambal khas Jawa Barat yang memiliki cita rasa khas. Sambal ini terbuat dari bahan dasar oncom yang dihaluskan dengan campuran bawang merah, bawang putih, cabai, kencur, dan garam. Sambal oncom memiliki rasa yang pedas dan gurih, cocok disajikan sebagai pelengkap hidangan.

17. Docang

docang makanan khas cirebon jawa barat
ilustrasi docang (commons.wikimedia.org/Cahyo Ramadhani)

Docang adalah makanan khas Jawa Barat yang terdiri dari campuran sayur-sayuran seperti toge, kol, dan kacang panjang yang direbus dan diberi bumbu kacang. Hidangan tradisional ini biasanya disajikan dengan lontong dan ditaburi bawang goreng. Rasanya yang gurih dan segar membuat docang menjadi hidangan yang lezat dan sehat.

18. Cilung

cilung makanan khas jawa barat
ilustrasi cilung (yummy.co.id/amalia saras)

Cilung adalah jajanan anak sekolah yang terbuat dari adonan tepung tapioka yang digoreng hingga krispi.

Cilung biasanya disajikan dengan saus kacang pedas dan bisa juga ditambahkan dengan taburan bawang goreng. Rasanya yang gurih dan renyah membuat Cilung menjadi camilan yang nikmat saat kumpul bersama keluarga atau teman-teman.

19. Kue Ape

kue ape khas jawa barat
ilustrasi kue ape (commons.wikimedia.org/Asian Food Network)

Kue ape adalah makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari campuran adonan tepung beras, gula merah, dan kelapa parut.

Makanan tradisional ini kemudian dipanggang hingga matang dan memiliki aroma yang begitu menggoda. Rasanya yang manis dan lembut membuat Kue Ape menjadi hidangan penutup yang disukai banyak orang.

20. Colenak

colenak khas jawa barat
ilustrasi colenak (yummy.co.id/Zunita Salim)

Colenak adalah makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari ketan yang dibakar hingga matang dan disajikan dengan kelapa parut serta gula merah cair.

Makanan tradisional ini memiliki rasa yang manis dan tekstur yang kenyal. Rasanya yang lezat membuat colenak menjadi hidangan penutup yang pas di lidah.

Itulah 20 makanan khas Jawa Barat yang enak dan wajib dicoba. Setiap hidangan memiliki cita rasa yang unik dan menggugah selera. Jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi kuliner-kuliner lezat ini saat berada di Jawa Barat. Selamat menikmati!

Baca Juga: 8 Makanan Khas Tasikmalaya yang Lezat dan Enak, Wajib Coba Banget!

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

andrenia giawati

andrenia giawati

Lotek

Lotek

(5.0)

7 langkah

493

Artikel Lainnya di kuliner