8 Makanan dari Kacang Kedelai yang Enak, Unik, dan Bergizi

Harus tahu, olahan kacang kedelai ada banyak macamnya!

8 Makanan dari Kacang Kedelai yang Enak, Unik, dan Bergizi

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Kalau mendengar makanan dari kacang kedelai, apa yang kamu pikirkan? Biasanya kita akan terpikir tahu dan tempe. Namun, sebetulnya olahan kedelai tidak hanya itu, lho!

Ada berbagai macam olahan kacang kedelai yang unik, lezat, dan cocok untuk menjadi menu harian dan dietmu. Hal ini dikarenakan kandungan kacang kedelai yang kaya akan protein nabati. Apa saja makanan dari kedelai tersebut? Simak uraian berikut, ya. Termasuk pula, kamu yang vegan. 

1. Tempe

tempe
ilustrasi tempe (commons.wikimedia.org)

Tentu saja, tempe harus masuk dalam lis ini. Tempe adalah salah satu makanan khas Indonesia yang sering disebut sebagai dagingnya para vegan dan vegetarian.

Tempe merupakan hasil fermentasi kacang kedelai dengan menggunakan beberapa jenis kapang rhizopus. Kacang kedelai yang terkandung tertutup oleh jamur yang berwarna putih atau abu-abu lembut. Di Indonesia, tempe biasa dimasak sebagai olahan sayur hingga makanan pendamping.

2. Tahu

tahu goreng
ilustrasi tahu goreng (commons.wikimedia.org)

Selain tempe, tahu juga salah satu olahan kacang kedelai yang paling populer di dunia. Negara-negara di Asia banyak menggunakan tahu sebagai bagian dari bahan dasar makanan tradisional mereka. Contohnya, sup miso dari Jepang yang sering dicampur dengan tahu lembut atau kungpao tofu dari China. Di Indonesia sendiri, tahu juga menjadi bahan utama beberapa masakan, seperti opor atau baceman.

3. Natto

description
Flickr

Natto adalah kacang kedelai yang difermentasi dan merupakan makanan tradisional dari Jepang. Berbeda dengan kedua olahan kacang kedelai di atas, kamu masih bisa melihat bentuk kacang kedelai di hidangan ini.

Hal ini dikarenakan, meski difermentasi, tidak ada serabut putih yang menutupi seperti tempe. Tekstur hasil fermentasi yang terlihat adalah lengketnya kacang kedelai ini pada satu sama lain. Di Jepang, natto sering menjadi menu sarapan dengan dicampur shoyu dan disantap bersama nasi.

Baca Juga: 12 Teknik Memasak Profesional yang Wajib Diketahui!

4. Miso

4. Miso
IDN Times

Datang pula dari Jepang, miso adalah makanan dari kacang kedelai yang sedap disantap dan aman untuk menu diet. Seperti natto, miso juga merupakan produk kedelai yang difermentasi hingga berbentuk seperti pasta.

Miso sendiri menjadi bahan dasar banyak hidangan di Jepang. Mulai dari yang paling sederhana seperti sup miso hingga menjadi campuran kuah miso ramen yang cukup populer.

5. Oncom

5. Oncom
IDN Times

Kali ini kembali ke Indonesia, olahan kacang kedelai selanjutnya adalah oncom. Oncom adalah makanan tradisional asal daerah Sunda. Makanan ini merupakan hasil produk fermentasi antara kacang kedelai dan ragi.

Selain kacang kedelai, kacang-kacangan lain seperti kacang tanah juga bisa digunakan sebagai bahan dasar pembuatan oncom. Oncom biasa menjadi bahan untuk masakan atau isian snack khas Indonesia.

6. Kecap

6. Kecap
IDN Times

Kecap yang sering digunakan sebagai bumbu utama berbagai masakan asal Jawa Tengah dan Yogyakarta juga merupakan hasil olahan kacang kedelai. Tidak hanya kecap manis yang sering kita gunakan, jenis kecap lain dari luar negeri seperti shoyu asal Jepang juga merupakan olahan dari kacang kedelai. Kacang kedelai yang digunakan biasanya merupakan kacang kedelai hitam sehingga memberikan warna hitam pada hasil produknya.

7. Tauco

7. Tauco
IDN Times

Ada beberapa fakta yang perlu kamu ketahui mengenai tauco. Salah satunya adalah tauco yang sering ditemukan di Cianjur ini, sebenarnya berasal dari tanah China.

Usut punya usut, orang-orang Tionghoa yang bermigrasi ke Cianjur pada tahun 1880 membawa tauco sebagai bahan dasar masakan mereka. Sejak saat itu, Cianjur dikenal sebagai daerah di Indonesia yang banyak menggunakan tauco sebagai bumbu pada masakan daerahnya. Fakta lainnya, makanan ini dari kedelai, lho!

8. Doenjang

8. Doenjang
IDN Times

Setelah dari Indonesia dan Jepang, kita melihat olahan kacang kedelai dari Korea yaitu doenjang. Doenjang biasanya digunakan sebagai bumbu dasar masakan seperti bagaimana miso digunakan di Jepang.

Proses fermentasi doenjang bisa jadi cukup lama karena biasanya mulai dari 6 minggu hingga bertahun-tahun. Olahan babi maupun sup di Korea, biasanya dimasak dengan menggunakan doenjang sebagai bumbunya.

Itu dia 8 makanan dari kacang kedelai yang perlu kamu ketahui, mulai dari bahan dasar hingga bumbu dasar dari Indonesia, Jepang, dan Korea. Umumnya, kacang kedelai banyak diolah di negara-negara Asia. Oleh karena itu, kamu bisa menemukan banyak negara Asia yang menggunakan kacang kedelai sebagai bahan dasar untuk bumbu dari makanannya. Menarik dan menambah pengetahuan kulinermu, bukan?

Baca Juga: ​Cara Goreng Tahu Bulat Anti Gagal, Lengkap dengan Tipsnya

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Yummy Official

Yummy Official

Lumpia Ayam Kulit Tahu

Lumpia Ayam Kulit Tahu

(4.7)

30 mnt

12 rb

Artikel Lainnya di kuliner