​8 Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil, Adakah Bahayanya? 

​Air kelapa sebagai sumber hidrasi yang baik untuk ibu hamil

​8 Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil, Adakah Bahayanya? 

penulis:

Anna Novita Rachim

Bagikan:

Cuaca yang panas adalah saat yang tepat untuk meminum minuman segar seperti air kelapa muda. Tak hanya membuat tubuh terasa segar, minuman yang terkenal digemari di daerah tropis ini juga kaya dengan manfaat yang baik untuk kesehatan terutama untuk ibu hamil. Benarkah begitu?

Melansir dari Alodokter, ternyata secangkir air kelapa muda yang kita minum mengandung berbagai macam nutrisi seperti karbohidrat, serat, protein, vitamin C, antioksidan, magnesium, kalium, dan kalsium. Jadi nggak heran deh kenapa air kelapa itu multifungsi banget!

Khusus untuk kamu yang sedang mengandung, kali ini Yummy ingin berbagi informasi seputar manfaat air kelapa untuk ibu hamil. Intip selengkapnya ya!

1. Air kelapa sebagai penambah energi

1. Air kelapa sebagai penambah energi

Manfaat air kelapa untuk ibu hamil yang pertama adalah dapat menjadi penambah energi. Kandungan kalium, kalsium, dan juga klorida yang ada pada air kelapa muda dapat dijadikan mineral yang baik oleh ibu hamil. Kadar elektrolit yang tinggi di air kelapa juga dapat memberikan tambahan energi untuk ibu hamil beraktivitas. 

2. Meringankan sembelit

2. Meringankan sembelit

Manfaat air kelapa untuk ibu hamil yang kedua adalah dapat meringanka sembelit. Tidak jarang ibu hamil mengalami yang namanya sembelit atau gangguan pencernaan. Nah, mengkonsumsi air kelapa muda adalah langkah tepat untuk mengatasi sembelit, lho! Manfaat air kelapa untuk ibu hamil ini juga memiliki fungsi sebagai antibiotik alami yang dapat melawan bakteri yang menyerang organ pencernaan.

3. Menyeimbangkan kadar asam urat

3. Menyeimbangkan kadar asam urat

Manfaat air kelapa untuk ibu hamil yang berikutnya adalah dapat menyeimbangkan kadar asam urat. Air kelapa muda memiliki sifat diuretik alami. Yang mana fungsinya adalah untuk menyeimbangkan kadar asam urat yang ada pada tubuh. Tidak hanya itu, air kelapa muda juga mampu mengeluarkan racun dan membersihkan saluran kemih ibu hamil.

4. Menyeimbangkan keluarnya urine

4. Menyeimbangkan keluarnya urine

Manfaat air kelapa untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah dapat menyeimbangkan keluarnya urine. Air kelapa muda memiliki kandungan magnesium, potassium, dan mineral yang bekerja baik di dalam tubuh. Ketika ibu hamil minum air kelapa muda ini, urine akan keluar dengan seimbang dan juga mengurangi resiko gagal ginjal.

5. Air kelapa sebagai sumber elektrolit

5. Air kelapa sebagai sumber elektrolit

Perlu kamu ketahui juga, manfaat air kelapa untuk ibu hamil berikutnya dari Yummy App adalah dapat berfungsi sebagai sumber elektrolit. Elektrolit dalam air kelapa muda ini sangat tinggi. Elektrolit merupakan partikel yang dapat berubah menjadi ion bermuatan negatif dan juga positif saat larut dalam air. Elektrolit memiliki manfaat sebagai pembuang limbah sisa dari metabolisme tubuh, membawa nutrisi ke dalam sel, menjaga keseimbangan pH tubuh, dan menjaga tubuh agar tidak terjadi dehidrasi.

Baca Juga: 7 Asupan Gizi dan Nutrisi Untuk Ibu Hamil Muda 

6. Melancarkan sirkulasi darah

6. Melancarkan sirkulasi darah

Banyak ibu hamil yang mengeluh pegal di sekujur tubuh. Hal ini dikarenakan tidak lancarnya sirkulasi darah pada tubuh. Tak hanya itu, tidak lancarnya sirkulasi darah dapat menyebabkan kurangnya suplai oksigen untuk si janin.

Nah, inilah salah satu manfaat air kelapa untuk ibu hamil yang cukup penting, yaitu bisa menjadi melancarkan sirkulasi darah dan menjadi solusi ibu hamil saat merasa pegal. Ini dikarenakan air kelapa muda mengandung kalium dan magnesium yang dapat memompa darah dari jantung ke seluruh tubuh jadi lebih lancar. 

7. Menjernihkan air ketuban

7. Menjernihkan air ketuban

Manfaat air kelapa untuk ibu hamil yang paling penting adalah dapat menjernihkan air ketuban. Air ketuban di dalam tubuh ibu hamil harus terjaga kejernihannya. Mengapa? Karena janin akan menelan air ketuban dan mengeluarkannya kembali menjadi urine. Jika air ketuban berubah menjadi keruh, maka janin dikhawatirkan akan mengalami infeksi, masalah pernafasan, hingga berujung kematian. 

Nah, untuk mengurangi resiko tersebut, meminum air kelapa muda bisa jadi solusinya! Kandungan elektrolit yang ada pada air kelapa muda dapat menjaga kejernihan air ketuban, karena elektrolit bekerja untuk menyerap lendir dan juga kotoran pada air ketuban.

8. Meningkatkan kekebalan tubuh ibu hamil

8. Meningkatkan kekebalan tubuh ibu hamil

Manfaat air kelapa untuk ibu hamil yang terakhir dari Yummy App kali ini adalah dapat meningkatkan kekebalan tubuh ibu hamil. Ibu hamil harus terus berada dalam keadaan tubuh yang fit! Meningkatkan kekebalan tubuh adalah hal yang harus dilakukan untuk menghindari ibu hamil dari paparan penyakit. Mengkonsumsi air kelapa muda dapat berfungsi sebagai antivirus, antijamur, bahkan anti bakteri yang dapat menjaga kamu selama momen kehamilanmu.

Dari sekian banyak manfaat air kelapa untuk ibu hamil yang telah Yummy App sampaikan, ada nggak yah hal yang harus diperhatikan ibu hamil saat mengkonsumsi air kelapa muda? Dan ternyata, ada lho!

Ternyata, air kelapa muda kurang cocok dikonsumsi saat hamil muda. Mengapa demikian?

Adakah Bahaya Air Kelapa Muda untuk Ibu Hamil Muda?

Adakah Bahaya Air Kelapa Muda untuk Ibu Hamil Muda?

Meskipun terbilang minuman yang multifungsi, selain mengetahui beberapa manfaat air kelapa untuk ibu hamil, kamu juga perlu mengetahui efek samping dari mengkonsumsi air kelapa muda untuk ibu hamil.

Kandungan potassium yang ada pada air kelapa muda ternyata dapat berbahaya apabila dikonsumsi secara berlebihan. Jika ibu hamil muda memiliki kelebihan potassium dalam tubuh, dikhawatirkan akan mengganggu kesehatan ibu dan janinnya. 

Air kelapa muda harus dibatasi asupannya, ibu hamil hanya bisa mengkonsumsi satu gelas air kelapa muda per hari. Perhatikan juga kebersihan dari air kelapa muda yang dikonsumsi, apalagi ketika kamu mengkonsumsi air kelapa muda tersebut langsung dari buahnya.

Tak hanya itu, jika kamu ingin mengkonsumsi air kelapa muda kemasan, pastikan tidak ada kandungan tambahan yang dapat mempengaruhi kealamian air kelapa muda itu sendiri.

Nah, itu dia penjelasan seputar manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil dan bahaya yang mungkin didapatkan apabila terlalu banyak mengkonsumsinya. Semoga bermanfaat, ya!

Baca Juga: ​15 Minuman yang Bagus untuk Ibu Hamil, Bisa Atasi Mual!

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Ratna Puspita

Ratna Puspita

Bolu Kukus Mekar Air Kelapa #YummyMPASIChallenge

Bolu Kukus Mekar Air Kelapa #YummyMPASIChallenge

(5.0)

8 langkah

1.3 rb

Artikel Lainnya di nutrisi