Comscore Tracker

​9 Menu Diet Andalan Tya Ariestya dan Tips Sukses Turun 19 Kg!

Intip tips program diet Tya Ariestya yang sempat viral!
​9 Menu Diet Andalan Tya Ariestya dan Tips Sukses Turun 19 Kg!

Sempat viral, diet ala artis tanah air Tya Ariestya sukses menginspirasi banyak orang di Indonesia. Kesuksesannya menjalani program diet ini akhirnya ia merangkumnya menjadi sebuah buku yang berisikan tips diet Tya Ariestya.


Pada buku The Journey of Fit Tya Ariestya ini, wanita yang lahir di tanggal 30 maret 1986 ini mengklaim bahwa kesuksesan program dietnya ini berhasil menurunkan berat badannya sebanyak 19 kg dalam jangka waktu 4 bulan.


Nggak cuma itu, ia membagikan juga menu-menu makanan yang ia santap selama menjalani program diet tersebut. Wah, kira-kira apa aja yah menu makanan yang dimakan selama diet ala Tya? Yummy sudah merangkumnya untuk kamu lho! Yuk, intip informasinya dibawah ini!

Menu Diet Ala Tya Ariestya

Nah, buat kamu yang pengen mengikuti program diet ala Tya ini, hal pertama yang harus diperhatikan adalah kamu harus banget mengatur pola makan yang benar. 


Aturan pola makan yang benar ini, nggak bisa kamu atur sendiri. Penting untuk kamu mengikutsertakan dokter gizi untuk memantau asupan makanan yang sesuai dengan kondisi tubuhmu yah! Yuk, langsung aja kta lihat menu makanan yang disantap Tya Ariestya selam diet!

 

1. Nasi Goreng Tanpa Minyak

Siapa yang nggak tergiur sama makanan yang satu ini? Yup, nasi goreng! Menu makanan pertama yang dikonsumsi tya adalah nasi goreng tanpa minyak. Semua Bumbu yang digunakan untuk memasak nasi goreng ini nggak ada bedanya kok, sama! 


Tapi, seperti namanya Tya menghindari memasak nasi goreng dengan tambahan minyak sebagai base memasaknya.

 

2. Nasi Garlic Tanpa Minyak

Makanan lezat yang dikonsumsi Tya selanjutnya adalah nasi garlic. Lagi-lagi, nasi garlic yang dibuatnya mengenyampingkan penggunaan minyak. Walaupun begitu, menurutnya rasa nasi garlic yang ia santap tetap lezat kok!

 

3. Roti Gandum

Nah, kalau ini sudah lumrah banget dikonsumsi para pejuang tubuh ideal, apa lagi kalau bukan roti gandum! Pada program diet yang dilakukan Tya, ia mengkonsumsi roti gandum setiap harinya sebagai cemilan lho.

 

4. Ayam Cabai Hijau

Tya juga mengkonsumsi makanan lezat, seperti ayam cabe hijau ini! Nggak dipungkiri, kalau saat diet rasa ingin memakan makanan yang sedap tuh godaan terbesar, iya kan? Nah, Tya menyiasati hal ini dengan mencoba membuat ayam cabai hijau yang dimasak tanpa menggunakan minyak dan gula. Jadi, tetap sehat kan?

 

5. Sup Putih Telur

Makanan andalan Tya lainnya adalah sup putih telur. Makanan yang memiliki tekstur lembut dan lezat ini menggunakan sayur-sayuran sebagai topping tambahan, seperti brokoli dan wortel. Telur yang digunakan juga harus dikukus dulu supaya tidak tercampur sengan kuah supnya. Di jamin enak deh!

 

6. Melon

Camilan lainnya yang dikonsumsi Tya adalah buah melon. Buah yang mengandung vitamin A, B, C, serta protein, kalsium, dan fosfor ini mengandung banyak sekali air yang bisa menambah hidrasi tubuh.

 

7. Ayam Gulai

Lagi diet makan ayam gulai? Bisa! Di program diet Tya Ariestya ini, kamu bisa mengkonsumsi ayam gulai yang dimasak dengan tidak menggunakan santan. Kamu bisa menggunakan susu evaporasi sebagai bahan pengganti santan yah!

 

8. Ayam Balado Tanpa Minyak

Selain ayam gulai, kamu juga masih bisa makan ayam balado kok! Sama seperti yang sebelumnya, telur balado ini dimasak tidak menggunakan minyak dan gula yah. Walaupun begitu, rasanya masih enak banget lho!

 

9. Putih Telur

beda dengan sup putih telur yang sebelumnya ia buat. Tya juga menambahkan menu lainnya yaitu putih telur goreng. tentu, saat menggorengnya ia tidak menggunakan minyak sama sekali. Solusinya adalah kamu bisa menggunakan teflon anti lengket saat memasak yah!

Tips Diet Ala Tya Ariestya

Selain masih bisa mengkonsumsi makanan yang enak-enak. Tya juga membagikan tips menarik yang wajib kamu ikuti nih agar program diet berjalan lancar. Apa aja? Yuk, langsung kita bahas!


1. Aturan Jam Makan

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah aturan jam makan. Hal ini dilakukan untuk memantau asupan makanan yang kamu konsumsi selama satu hari penuh. Ingat! Hindari cheating (makan telat waktu, mencicipi makanan, dan lainnya). Berikut ini jadwal makan yang dibuat Tya:


Jam 09.00 : sarapan

Jam 12.00 : makan siang

Jam 15.30 : cemilan sore

Jam 19.00 : makan malam

Jam 21.00 : cemilan malam


Pola makan ini terus berulang di setiap harinya, kamu juga harus makan tepat waktu sesuai dengan jadwal yang kamu buat, hanya ada toleransi waktu 5 menit yah! 


Selain itum jaga juga tingkat hidrasi tubuh, kamu perlu minum air putih maksimal 3 liter per hari dan menghindari makanan yang mengandung minyak, terigu, dan gula.


2. Olahraga Jalan

Tya selalu melakukan olahraga jalan setiap harinya selama 45 menit penuh setiap hari. Bukan dengan jalan yang geraknya cepat yah, kamu hanya perlu jalan santai tapi nonstop selama 45 menit.


Nggak cuma olahraga aja, ia juga menyarankan untuk tidur teratur selama 6-8 jam perhari.


3. Boleh Minum Air Es

Siapa bilang minum air es itu bikin gendut? Nyatanya nggak kok! Di diet ala Tya ini, kamu masih bisa mengkonsumsi air dingin kok. Kamu juga masih boleh lho minum es teh manis, tapi dengan catatan gula yang digunakan itu harus gula diet yah!


4. Porsi Nasi

Hal penting yang menurut Tya adalah konsumsi nasi saat makan. Porsi nasi yang ia makan saat melakukan diet hanya sebanyak 5-6 sendok makan saja. Perubahan ini bisa kamu lakukan bertahap selama 2 minggu agar metabolisme di dalam tubuhmu bisa leluasa beradaptasi. 

 

Nah, itu dia menu makanan dan tips diet ala artis cantik Tya Ariestya yang wajib kamu tahu! Semoga informasi kali ini bermanfaat yah. Selamat mencoba!