4 Fakta Air Nabeez, Infused Water Favorit Rasulullah yang Mudah Dibuat

Minuman favorit Rasulullah SAW

4 Fakta Air Nabeez, Infused Water Favorit Rasulullah yang Mudah Dibuat

penulis:

Dian Rahma Fika Alnina

Bagikan:

Kurma dikenal sebagai salah satu buah favorit Nabi Muhammad SAW. Cara beliau menikmati kurma pun ternyata tidak hanya dengan dikonsumsi langsung. Beliau juga terbiasa membuat olahan infused water yang terbuat dari kurma, yang disebut air nabeez. 

Cita rasa kurma yang legit memang cocok dijadikan sajian minuman. Meski identik dengan rasa manis, kurma tetap aman dikonsumsi oleh penderita diabetes sebab indeks glikemiknya yang rendah. Jadi, air nabeez ini bisa dinikmati siapa pun asalkan mengikuti resep dan cara minum ala Rasulullah SAW. 

Nah, kali ini kita akan membahas fakta-fakta menarik tentang air nabeez mulai dari hukum mengonsumsinya, manfaatnya untuk kesehatan, hingga resep pembuatannya. Simak sampai habis, ya!

1. Mengenal Fakta Tentang Air Nabeez

ilustrasi air nabeez
ilustrasi air nabeez (freepik.com/azerbaijan_stockers)

Nabeez atau nabidh adalah minuman tradisional dari Arab yang biasanya terbuat dari rendaman air kurma, sehingga memiliki rasa manis dan menyegarkan.

Pembuatan nabeez ini dikenal dengan istilah intibadz, yang melibatkan proses merendam buah kering seperti kurma atau kismis ke dalam wadah tertutup selama jangka waktu tertentu. 

Air nabeez juga bisa ditambahkan madu sebagai pemanis tambahan. 

2. Hukum Mengonsumsi Air Nabeez

ilustrasi air nabeez
ilustrasi air nabeez (freepik.com/azerbaijan_stockers)

Meski air nabeez adalah salah satu minuman kesukaan Nabi Muhammad SAW, tapi meniru mengonsumsi itu tidak dihitung sebagai aktivitas sunnah yang berpahala. 

Pengkategorian itu didasarkan pada perbuatan minum air nabeez yang menunjukkan sifat manusiawi Rasulullah, dan bukan sesuatu yang disyariatkan.

Dilansir dari Muslim.or.id, hukum membuat dan meminum air nabeez adalah diperbolehkan (mubah) menurut para ulama. Kemubahan itu diberikan selama air nabeez tidak difermentasikan dan belum berubah menjadi alkohol. 

Tata cara Rasulullah menikmati air nabeez dijelaskan dalam HR. Muslim yang artinya adalah:

"Dari Ibnu Abbas RA, ia berkata, 'Rasulullah SAW pernah dibuatkan rendaman kismis dalam satu bejana, kemudian beliau minum rendaman tersebut pada hari itu, juga esok harinya dan keesokan harinya. Pada sore hari ketiga beliau memberima minuman tersebut kepada yang lain, jika masih ada yang tersisa, beliau pun menuangnya.' "

Berdasarkan hadits tersebut, air nabeez harus diminum dalam waktu 12 jam setelah waktu perendaman pada suhu kamar dan dihabiskan dalam 2-3 hari. Lebih dari itu, air nabeez akan berfermentasi dan menjadi arak yang dilarang dalam Islam.

Baca Juga: 10 Jenis Kurma dan Manfaatnya, Kenali Bedanya Sebelum Beli

3. Manfaat Air Nabeez

ilustrasi air nabeez
ilustrasi air nabeez (freepik.com/8photo)

Lebih dari sekadar minuman biasa, air nabeez adalah tonik alkali yang punya sifat detoks karena mengandung antioksidan yang tinggi.

Ketika dikonsumsi, air nabeez bisa membantu mentralkan racun dalam tubuh dan mengelola penyakit yang terkait stres oksidatif, ini didasarkan pada studi manfaat kurma tahun 2019 yang dimuat Journal of Pharmacy & Bioallied Sciences

Merendam kurma atau kismis dalam air selama beberapa jam tidak hanya membuat air terasa manis, tapi juga melepaskan vitamin dan mineral yang tersimpan di buah tersebut. Alhasil, nutrisi itu lebih mudah dicerna tubuh dan kaya akan serat larut. 

Jika terbuat dari kurma, air nabeez otomatis akan memiliki semua manfaat kesehatan buah palem itu. Mulai dari mendukung fungsi pencernaan dengan optimal, menjaga hidrasi tubuh, dan mengisi kembali energi dengan sangat efektif. 

Beberapa kegunaan yang tidak terbatas pada itu, akan sangat bermanfaat terutama di bulan puasa. Di mana sebagian orang bermasalah dengan naiknya asam lambung akibat makan besar secara mendadak atau turunnya kadar cairan tubuh yang memengaruhi pasokan energi.

Nah, masalah itu dapat diselesaikan oleh air nabeez mengingatkan profil nutrisi kurma yang mengagumkan. Silakan buktikan sendiri, ya!

4. Resep Air Nabeez

ilustrasi air nabeez kurma
ilustrasi air nabeez kurma (freepik.com/Freepik)

Kalau kamu tergirur dengan manfaat air nabeez, kamu bisa dengan mudah membuatnya di rumah. Meski kamu bebas memakai jenis apa saja, tapi kurma ajwa dan kismis manaqqa direkomendasikan untuk membuat minuman energi dengan kualitas terbaik. Berikut resep pembuatan air nabeez:

Bahan-bahan:

  1. 5 buah kurma (lipatkan jika ingin membuat untuk lebih banyak orang atau ingin membuatnya lebih manis).
  2. 500 ml air matang.

Cara membuat:

  1. Pisahkan kurma dari bijinya. 
  2. Rendam kurma dalam air matang di tempat sejuk seperti termos mini atau teko. Jaga agar wadahnya tetap tertutup.
  3. Biarkan terendam selama 8-12, atau paling baik semalaman. 
  4. Air nabeez yang siap minum akan tampak kecokelatan menyerupai teh. 

Cara menikmati:

  1. Sebelum menuang air nabeez ke dalam gelas, saring untuk memisahkan buah kurma. 
  2. Kamu juga bisa menyertakan buah kurma dalam gelas untuk dimakan dengan sendok. 
  3. Air nabeez bisa dikonsumsi sejak 12 jam sampai hari ketiga setelah dibuat. Lebih dari itu air nabeez akan bermentasi dan menjadi racun karena bersifat memabukkan. Sehingga jika disimpan lebih dari tiga hari, air nabeez bisa haram diminum.

Kamu dapat mengganti kurma dengan kismis jika menginginkan rasa yang lebih segar dan asam. 

Ada sebagian orang yang menyebut air nabeez adalah minuman sunnah ala Rasulullah SAW, tapi sebutan itu tidaklah tepat. Kesepakatan ulama menyatakan bahwa mengonsumsi air nabeez bersifat diijinkan dan bukan disunahkan. 

Meski begitu, air rendaman kurma tetap bernutrisi tinggi karena bermanfaat bagi tubuh. Jadi, kamu tidak akan rugi mencobanya di rumah. 

Baca Juga: 7 Manfaat Susu Kurma dan Cara Membuatnya, Stamina Terjaga saat Puasa

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Yummy Official

Yummy Official

Puding Kurma

Puding Kurma

(4.7)

20 mnt

5.7 rb

Lukman Hidayat

Lukman Hidayat

Air Nabeez  (Infused Water) Kurma

Air Nabeez (Infused Water) Kurma

(5.0)

7 langkah

recooks-0

Artikel Lainnya di nutrisi