Tutup

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

10 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan Tubuh

Mengulik manfaat lidah buaya

Dilansir dari Halodoc, lidah buaya atau aloe vera memiliki sekitar 95 persen kandungan air di dalamnya. Sisanya sebesar 5 persen terdiri dari beragam bahan aktif seperti minyak esensial, asam amino, mineral, vitamin, enzim, dan glikoprotein.

Sejak zaman Mesir kuno, masyarakat telah mengenal dan memanfaatkan tanaman ini untuk pengobatan. Sampai saat ini,  manfaat lidah buaya tetap menjadi pilihan populer dalam mengatasi berbagai masalah kecantikan, kulit, dan rambut.

Salah satu manfaat lidah buaya yang signifikan dari lidah buaya adalah kemampuannya dalam meredakan gejala iritasi akibat terbakar sinar matahari. Tidak hanya itu, manfaat lidah buaya memiliki senyawa aktif yang terkandung dalam tanaman ini juga efektif dalam mempercepat penyembuhan luka kulit yang diakibatkan oleh iritasi atau peradangan.

1. Menurunkan Gula Darah

Mengonsumsi 2 sendok makan aloe vera dapat menurunkan gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Namun, penggunaan tanaman ini bersamaan dengan obat-obatan rutin tidak disarankan, karena dapat menyebabkan penurunan glukosa darah yang terlalu rendah, meningkatkan risiko syok, dan berpotensi membahayakan nyawa.

Dalam artian manfaat lidah buaya itu sebagai obat alami yang bekerja dengan meningkatkan efektivitas insulin pada tubuh.

2. Perawatan Kulit Secara Alami

ilustrasi lidah buaya (pexels.com/scottwebb)

Manfaat lidah buaya yang kedua adalah memiliki efek penenang pada kulit. Oleh karena itu, tanaman ini sering menjadi obat alami untuk mengurangi rasa gatal dan peradangan akibat luka.

Senyawa aktifnya bekerja dengan menghambat produksi prostaglandin E2.Prostaglandin E2 adalah lipid yang tidak hanya berperan dalam proses inflamasi, tetapi juga aktif pada kelenjar sebaceous. Kelenjar ini memiliki kontribusi penting pada kondisi peradangan kulit.

3. Pengobatan Luka Bakar

Manfaat lidah buaya yang berikutnya adalah sebagai pengobatan efektif untuk luka bakar akibat sengatan matahari. Sifat menenangkan, melembapkan, dan mendinginkan pada tanaman ini sangat membantu dalam mengatasi masalah ini.

Baca Juga: 10 Manfaat Jahe untuk Kesehatan

4. Menjaga Kesehatan Mulut agar Lebih Baik

ilustrasi pasta gigi (pexels.com/ronlach)

Menggunakan pasta gigi yang terbuat dari lidah buaya dapat membantu meningkatkan kesehatan gigi dan mulut. Selain itu, pasta gigi alami ini tidak menimbulkan efek samping karena lidah buaya mengandung antibakteri yang efektif membunuh bakteri penyebab masalah gigi dan mengurangi plak 

5. Pemeliharaan Kesehatan Saluran Pencernaan

Manfaat lidah buaya yang selanjutnya adalah menjaga kesehatan saluran pencernaan. Tanaman ini juga dapat membantu menghambat pertumbuhan bakteri H. pylori pada saluran pencernaan yang merupakan penyebab umum dari penyakit tukak lambung.

6. Mengatasi Fisura Anus

ilustrasi lidah buaya (pexels.com/cintiasiqueira)

Fisura anus adalah masalah yang timbul ketika lapisan anus mengalami robekan kecil, yang umumnya disebabkan oleh tinja yang terlalu besar dan keras. Untuk mengatasi masalah ini, disarankan untuk mengoleskan aloe vera dalam bentuk krim sebanyak 3 kali sehari.

Baca Juga: 5 Manfaat Jagung untuk Kesehatan Tubuh

7. Perlindungan dari Bakteri dan Virus

Manfaat lidah buaya lainnya mengandung antioksidan polifenol yang kuat, yang berperan dalam menghambat pertumbuhan bakteri yang menjadi pemicu infeksi. Selain itu, sifat antibakteri, antivirus, dan antiseptik tanaman ini efektif membantu menyembuhkan luka dan masalah kulit.

8. Pengurangan Gejala GERD

ilustrasi sakit (pexels.com/cottonbrostudio)

GERD adalah gangguan pencernaan yang mengakibatkan rasa mulas di perut. Untuk membantu mengurangi gejalanya, Kamu dapat minum 1 hingga 3 ons gel lidah buaya saat makan.

Manfaat lidah buaya untuk GERD ini disebabkan oleh rendahnya toksisitas yang terdapat pada tanaman tersebut.

Baca Juga: 5 Manfaat Bengkoang untuk Kesehatan Tubuh, Kulit dan Sistem Pencernaan

9. Perawatan Kulit dan Jerawat

Manfaat lidah buaya yang berikutnya adalah untuk perawatan kulit dan jerawat karena memiliki sifat antibakteri yang dapat meredakan jerawat dan mencegah perkembangbiakan bakteri yang berpotensi menginfeksi pori kulit.

Selain itu, cara kerjanya adalah dengan membersihkan kotoran dan kelebihan minyak pada permukaan kulit, serta membantu meregenerasi kulit dan mencegah munculnya bekas luka 

10. Penghambatan Proses Penuaan

ilustrasi gel lidah buaya (pexels.com/hypeinternational)

Penuaan adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari dan terjadi ketika kita bertambah usia, ditandai dengan munculnya garis halus pada kulit. Namun, senyawa aktif dalam lidah buaya terbukti efektif dalam melambatkan tanda-tanda penuaan 

Baca Juga: 10 Manfaat Alpukat untuk Kesehatan Tubuh

Dengan segudang manfaat yang ditawarkan, tak heran jika lidah buaya telah lama digunakan sebagai bahan alami untuk perawatan kulit, kesehatan pencernaan, hingga pengendalian gula darah. Namun, perlu diingat bahwa meskipun memiliki manfaat yang luar biasa, penggunaan tanaman ini perlu dipertimbangkan dengan hati-hati, terutama bagi mereka yang tengah mengonsumsi obat-obatan rutin.

Bagi yang ingin mengetahui lebih banyak manfaat alami lainnya atau mencari resep yang sehat, kamu bisa mengunduh Yummy App, aplikasi yang menyediakan beragam resep dan informasi seputar kesehatan secara praktis. 

Bagikan: