Tutup

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

​10 Mie Jepang Paling Populer di Dunia dan Harus Kamu Coba

Beragam mie jepang populer yang wajib dicoba

Mie jepang telah meraih popularitas yang luar biasa di seluruh dunia, kelezatan dan tekstur unik dari mie jepang membuatnya menjadi pilihan utama bagi banyak orang yang mencari pengalaman kuliner yang autentik. 

Dilansir dari Tasteatlas, kali ini Yummy App akan membahas lebih lanjut tentang beberapa mie jepang paling populer, menggali rahasia di balik kelezatan mereka dan mengajak pembaca untuk menjelajahi beragam varietas yang memikat lidah, simak selengkapnya ya.

1. Ramen

ilustrasi mie (freepik.com/vecstock)

Jika sudah berbicara tentang mie jepang, maka tentunya dalam daftar pertama adalah mie ramen.

Pada tahun 1958, namanya berasal dari pengucapan kata dalam bahasa Tionghoa, yakni "lamian" (mie yang ditarik), dan pada tahun yang sama, Nissin Foods memproduksi versi mie instan pertama dengan kuah berperisa ayam yang disebut Chickin Ramen.

Mie ramen populer karena keberagaman rasa dan variasi, serta kemampuannya untuk disesuaikan dengan selera individu. Mie ramen biasanya kenyal, dan ditambahkan dengan bahan pelengkap seperti rebung, jamur, dan irisan daging.

2. Yakisoba

ilustrasi yakisoba (pixabay.com/subarasikiai)

Yakisoba adalah variasi mie goreng ala Jepang. Berasal dari hidangan Tionghoa chow main, mie ini biasanya dicampur dengan berbagai jenis daging dan sayuran. Favorit Jepang umumnya adalah daging babi, kubis, bawang, dan wortel.

Varian mie jepang yang paling umum digunakan dalam hidangan ini adalah mie ramen (terbuat dari tepung gandum) atau mie soba (terbuat dari soba/buckwheat).

Yakisoba populer karena kepraktisannya dan cita rasa yang memikat, mie panggang yakisoba memiliki tekstur yang kenyal, dicampur dengan sayuran dan potongan daging.

Baca Juga: ​10 Rekomendasi Snack Jepang Halal yang Rasanya Oishii!

3. Tankotsu Ramen

ilustrasi tonkotsu ramen (pixabay.com/5amramen)

Tonkotsu merupakan gaya ramen yang unik yang terdiri dari kuah daging babi yang sangat kaya dan berlemak, mie segar, telur dengan kuning yang lembut, dan daging babi yang lembut yang meleleh di mulut. Gaya ramen ini begitu populer dan istimewa sehingga bisa dianggap sebagai hidangan tersendiri, bukan hanya gaya ramen biasa.

4. Shoyu Ramen

ilustrasi shoyu ramen (freepik.com/vecstock)

Biasanya menggunakan kaldu daging atau seafood, yang dicampur dengan kombinasi harum dari kaldu kombu dan kecap. Mie gandum keriting segar biasanya digunakan dalam shoyu ramen. Dimasak secara terpisah, mie jepang ini disajikan dalam mangkuk dan dituangi kuah kental.

Kaldu shoyu ramen memiliki cita rasa gurih dan asin dari kecap kedelai Jepang (shoyu). Mie shoyu ramen biasanya kenyal, disajikan dengan irisan daging, daun bawang, dan kadang-kadang telur rebus.

Baca Juga: ​2 Cara Mudah Makan Natto, Makanan Khas Jepang yang Sedang Viral

5. Tsukemen

ilustrasi mie jepang (freepik.com/vecstock)

Tsukemen memiliki rasa asin, manis, dan umami yang khas. Teksturnya berbeda karena mie jepang ini disajikan terpisah dari kuahnya, dan cenderung lebih tebal untuk menangkap saus tsukemen yang kental. Mie jepang ini populer karena pengalaman menyendok mie dan mencelupkannya ke dalam saus sebelum disantap.

6. Miso Ramen

ilustrasi mie jepang (freepik.com/freepik)

Miso ramen masuk ke dalam kategori mie jepang terpopuler yang memiliki cita rasa kaya dan gurih berkat adanya pasta miso. Mie jepang ini biasanya lebih tebal dan memiliki tekstur kenyal. Keberagaman rasa dan tekstur ini membuatnya menjadi pilihan populer di kalangan penyuka ramen.

Baca Juga: 10 Mie Instan Terenak di Dunia, Sudah Pernah Coba?

7. Shio Ramen

ilustrasi mie jepang (freepik.com/sketchepedia)

Dikenal dengan penggunaan garam sebagai bumbu utama dalam kuahnya, shio ramen merupakan salah satu dari empat kategori ramen berdasarkan rasa. Seperti variasi ramen lainnya, shio ramen salah satu mie jepang terpopuler yang menggabungkan tiga elemen penting: kuah yang lezat, mie, dan berbagai toping.

8. Soba

ilustrasi soba ramen (pixabay.com/fan4tian2)

Soba adalah salah satu mie tradisional Jepang yang populer, terbuat dari tepung gandum hitam dan disajikan baik dalam keadaan panas maupun dingin. Saat disajikan, mie jepang ini diambil dengan sumpit, lalu dihisap dengan suara keras, yang merupakan bagian dari budaya umum di Jepang.

Mie soba sudah ada sejak zaman Edo. Salah satu hidangan soba yang paling umum adalah mori soba, di mana mie dingin disajikan dengan saus tsuyu.

Baca Juga: Apa Boleh Makan Mie Setiap Hari? Bikin Gemuk hingga Malnutrisi!

9. Hakata Ramen

ilustrasi mie jepang (freepik.com/jcomp)

Dari Fukuoka, hakata merupakan salah satu mie jepang yang paling terkenal di negaranya. Dasar dari ramen ini adalah tonkotsu (karena itu, kadang-kadang, terutama di Fukuoka, disebut sebagai tonkotsu ramen, meskipun ada berbagai variasi regional lainnya dari tonkotsu ramen), yaitu kaldu tulang babi kental yang memberikan cita rasa kaya dan kompleks pada hidangan ini.

10. Udon

ilustrasi udon (freepik.com/jcomp)

Udon adalah mie jepang yang tebal dan kenyal yang terbuat dari tepung gandum. Mie ini berbentuk bulat dan memiliki tekstur yang padat dan kenyal. Dalam bentuk paling sederhana, mie udon disajikan dalam kake udon, sup mie dengan kuah yang terbuat dari kecap, dashi, dan mirin.

Dengan mengeksplorasi kelezatan mie Jepang, kita telah memahami keanekaragaman rasa dan keunikan kuliner. Jangan lewatkan pengalaman lengkapnya dengan mengunduh Yummy App segera. Temukan lebih banyak resep autentik dan nikmati sensasi kuliner dari dalam hingga luar negeri. Selamat menikmati!

Bagikan: