​Apa itu Detox? Begini Cara Kerja dan Manfaatnya untuk Tubuh!

​Perlukah tubuhmu mendapatkan detox?

​Apa itu Detox? Begini Cara Kerja dan Manfaatnya untuk Tubuh!

penulis:

Anna Novita Rachim

Bagikan:

Tidak bisa dimungkiri kalau tubuh kita melakukan banyak aktivitas yang dapat terpapar berbagai bahan kimia beracun. Setelah beberapa tahun menyimpan racun dalam tubuh, mungkin kamu perlu cara yang tepat untuk membersihkan diri dari racun tersebut. Cara sehat yang banyak orang lakukan saat ini adalah menjalani detoksifikasi.

Detox adalah proses diet dengan kurun waktu singkat yang dilakukan untuk membuang racun di dalam tubuh. Detoksifikasi bisa mendorong kebiasaan sehat seseorang untuk mengkonsumsi makanan sehat, olahraga yang cukup, dan tetap terhidrasi. 

Biasanya, seseorang yang melakukan detox akan mengikuti beberapa cara diet tertentu. Ada juga yang menggunakan produk khusus dengan klaim dapat membersihkan tubuh dari racun, meningkatkan kesehatan, hingga dapat menurunkan berat badan.

Sebelum kamu melakukan detox, berikut ini ulasan mengenai cara kerja dan manfaat detox yang wajib kamu tahu.

Cara kerja detox tubuh

Wanita sedang minum sebotol minuman detox
ilustrasi minum minuman detox (freepik.com/prostooleh)

Ketika tubuh sedang di detoksifikasi, tubuh akan beristirahat dan memperbaiki dirinya sendiri. Tanpa kamu sadari, proses detox ini akan mengeluarkan racun dari tubuh melalui urine, feses, atau keringat.

Racun yang sempat berada pada tubuhmu itu memiliki dampak negatif yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan, seperti sakit kepala, penimbunan lemak, dan penyakit serius lainnya. Dalam dunia detox, ada beberapa jenis detox yang bisa kamu gunakan. Berikut ini jenis detox yang populer digunakan:

  • Detoksifikasi cair seperti minum jus, air lemon-cabai rawit, teh herbal, dan menghindari minuman berkafein juga beralkohol.
  • Food Cleansing Detox seperti diet makanan mentah, makanan dengan antioksidan tinggi, makanan organik, dan mengurangi konsumsi gula.
  • Penggunaan suplemen.
  • Detoksifikasi eksternal melibatkan hal-hal seperti mandi garam epsom, mandi uap, dan sauna.
  • Akupunktur.
  • Enema.

Akan lebih baik jika kamu ingin melakukan detox konsultasikan terlebih dahulu kondisi tubuh dan jenis detox yang baik untuk tubuhmu, ya!

Baca Juga: Pilihan Minuman Penurun Berat Badan yang Cocok untuk Diet

Manfaat detox tubuh

Seorang wanita sedang mengukur lingkar perut setelah detox
ilustrasi mengukur lingkar perut setelah detox (freepik.com/freepik)

Berikut ini beberapa manfaat detox tubuh yang bisa kamu rasakan!

1. Mengurangi peradangan

Peradangan di dalam tubuh terjadi ketika tubuh terkena cedera atau terbentur benda asing. Selama proses detox, tubuh akan menggunakan sel darah putih untuk melindungi tubuh dari bakteri, virus, dan infeksi yang disebabkan paparan racun.

2. Meningkatkan energi

Ketika tubuhmu sedang menumpuk racun, kamu mungkin akan merasa lelah atau mudah lelah. Hal seperti ini bisa menghambat aktivitasmu sehari-hari, bukan?

Daripada mengkonsumsi minuman berkafein untuk meningkatkan energi, melakukan detox akan memberikanmu manfaat yang lebih dari sekedar menambah energi. Melakukan detox juga dapat bisa membuatmu tetap terhidrasi dengan baik.

3. Kesehatan kulit

Manfaat detox tubuh lainnya adalah menyehatkan kulit sehingga kulit lebih bersih, sehat, dan halus. Ketika tubuh kamu menyimpan terlalu banyak racun, racun ini akan mencoba keluar melalui pori-pori. Hal inilah yang membuat kulitmu mudah berjerawat, bau badan, hingga mengalami penuaan dini.

4. Menurunkan berat badan

Kenaikan berat badan juga bisa disebabkan karena penumpukan racun dalam tubuh dan pola makan yang buruk. Dengan melakukan detox tubuh, pola makan sehat yang kamu lakukan akan berpengaruh dengan penurunan berat badan. 

Setelah penurunan berat badan terjadi, sebaiknya kamu meneruskan pola makan yang sehat agar tubuh tetap fit!

5. Memperkuat sistem imun tubuh

Terlalu sering sakit bisa jadi karena racun yang terlalu menumpuk dalam tubuh. Detox tubuh dapat membantu membebaskan organ tubuhmu untuk bekerja sesuai fungsinya. Hal ini yang menyebabkan kekebalan tubuh meningkat dan tubuhmu dapat menyerap nutrisi jauh lebih baik!

6. Membantu menetralkan pernafasan

Bau mulut bisa disebabkan oleh usus besar yang sedang kotor. Selama melakukan detox tubuh, racun dan kotoran yang berada di usus besar akan dibersihkan sehingga dapat berfungsi kembali. 

7. Rambut yang lebih sehat

Rambut terlihat kusam dan pertumbuhannya terhambat? Itu bisa jadi karena terlalu banyak kotoran dari produk rambut yang kamu gunakan. Detox tubuh ini dapat membantu rambut tumbuh lebih cepat dan terlihat lebih sehat. 

Menarik sekali bukan manfaat yang dihasilkan dari detox tubuh di atas? Meskipun detox tubuh dapat membantu membersihkan tubuh, sangat penting untuk tidak melakukannya secara berlebihan, ya! Melakukan detox yang berlebihan hanya akan menyebabkan lebih banyak efek buruk dibandingkan dengan manfaat-manfaat tadi.

Baca Juga: ​10 Menu Jus Sehat yang Bagus untuk Diet dan Menurunkan Berat Badan

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Lukman Hidayat

Lukman Hidayat

Detox Juice

Detox Juice

(4.8)

6 langkah

2.0 rb

Artikel Lainnya di nutrisi