​Apa Itu Golden Garlic?

simak penjelasan tentang golden garlic termasuk penyebabnya

​Apa Itu Golden Garlic?

penulis:

Bella Charina Putri

Bagikan:

Apakah Sobat Yummy pernah menemukan bawang putih yang memiliki warna kuning keemasan dengan tekstur agak lembek dan cenderung lengket? Jika kalian pernah menemukannya, biasanya banyak yang mengira bahwa bawang tersebut sudah tidak layak dikonsumsi. Eits, tunggu dulu. Yuk simak faktanya berikut!

Baca Juga: ​10 Cara Menghilangkan Bau Bawang Putih di Mulut, Dijamin Ampuh

Apa itu Golden Garlic?

Bawang dengan ciri-ciri yang telah dijelaskan di atas merupakan golden garlic atau yang juga disebut sebagai waxy breakdown garlic. Menurut Oregon Sate University Clinic, kondisi tersebut biasanya dikarenakan adanya perubahan fisiologis yang terjadi setelah panen.

Terdapat 3 kecurigaan alasan mengapa kondisi tersebut terjadi:

  1. Lingkungan sebelum panen yang mendorong laju respirasi yang tinggi; dan suhu ringan (68-75 °F) selama panen, pengawetan, dan pengeringan.
  2. Sinar matahari yang berlebihan saat proses pengeringan, sebab akan mempengaruhi bawang yang ada pada sisi yang terekspos.
  3. Ventilasi yang buruk dalam penyimpanan dan transportasi/distribusi.

Gejala golden garlic tidak akan terlihat sampai kulit yang mengelilingi bawang dikupas. Namun, bawang yang terkena kondisi tersebut mungkin akan menunjukkan area kecil berwarna kuning muda yang agak cekung dan sedikit menyusut. Dalam satu rumpun bawang bisa saja terserang satu per satu dan bercampur dengan siung-siung bawang yang sehat.

Apakah Golden Garlic Aman Dimakan?

golden garlic
Ilustrasi golden garlic (blogs.cornell.edu/Margaret McGrath)

Beberapa sumber mengatakan bahwa golden garlic sebaiknya dibuang dan tidak dikonsumsi. Namun, beberapa sumber lainnya mengatakan bahwa fermentasi golden garlic terjadi secara alami tanpa mikroorganisme luar sehingga masih dapat dikonsumsi.

Oleh karena itu, kembali lagi ke kondisi golden garlic ketika Sobat Yummy menemukannya. Apabila baunya masih tidak terlalu menyengat dan teksturnya tidak terlalu berlendir maka golden garlic masih dapat dimakan.

Cara Penyimpanan dan Penggunaan

golden garlic
Ilusrasi golden garlic (wsmag.net)

Lebih baik untuk langsung mengolah golden garlic setelah Sobat Yummy mendapatkannya karena golden garlic mudah untuk busuk jika kulitnya telah dikupas. Atau masukkan dalam freezer agar prosesnya tidak berlanjut.

Biasanya golden garlic memiliki rasa yang lebih kuat dibanding bawang putih biasa. Oleh karenanya, golden garlic kerap diolah seperti biasa yakni sebagai bahan masakan agar lebih sedap.

Baca Juga: 10 Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan Tubuh

Nah, itulah penjelasan mengenai golden garlic yang harus Sobat Yummy ketahui. Untuk memudahkan Sobat Yummy untuk memilih kreasi makanan lainnya sekaligus mengetahui apa saja nutrisinya, yuk, segera unduh Yummy App.

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

izsaiz

izsaiz

Bekal Udang Goreng Bawang Putih

Bekal Udang Goreng Bawang Putih

(5.0)

15 mnt

1.2 rb

Artikel Lainnya di nutrisi